8 Kata Bijak untuk Anak agar Semangat Meraih Kesuksesan

kata bijak untuk anak sukses

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar kata bijak untuk anak yang berbunyi, “kesuksesan anak berarti kesuksesan orang tua juga”. Memang betul bahwa setiap orang tua mendambakan anaknya bisa sukses. 

Itu sebabnya, kita harus menanamkan prinsip asuh yang bijaksana sedari anak masih berusia muda. Untuk itu, berikut kami rangkum 8 kata bijak yang bisa menginspirasi para orang tua dalam mendidik anak. Simak bersama, yuk! 

1. Bersabar Sebagai Kunci Kesuksesan

kata bijak soal bersabar

Belajar dari perjalanan hidup tokoh-tokoh ternama dunia, dapat disimpulkan bahwa kesabaran adalah salah satu kunci utama kesuksesan. Perlu dipahami bahwa manusia pada umumnya memang  selalu menginginkan kesuksesan yang bersifat instan. 

Itu sebabnya, sebagai orang tua kita perlu menanamkan pikiran bahwa bersabar bukan berarti kita lemah, melainkan sebaliknya yaitu bahwa bukti kita tegar. Jadi, jangan cepat putus asa ketika mengalami kegagalan dalam hidup. 

2. Jangan Takut Berbuat Salah

kata bijak untuk anak soal kesalahan

Ketika melihat anak berbuat kesalahan, sebaiknya jangan langsung menegurnya dengan nada tinggi. Sebaliknya, beri tahu secara perlahan bahwa berbuat kesalahan merupakan hal yang wajar dan pasti pernah dilakukan oleh semua orang. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita belajar dari kesalahan tersebut dan tidak melakukannya kembali. 

Meski terkesan sederhana, hal ini dapat membangun mental anak agar berani melangkah untuk mencapai suatu kesuksesan. Jadi, jangan ragu menerapkan kata bijak untuk anak di atas, ya. 

3. Jangan Pernah Berhenti Belajar

kata bijak untuk anak soal belajar

Setiap manusia tidak pernah lepas dari proses belajar. Mulai dari belajar jalan, melewati masa sekolah, hingga kerja atau membangun suatu bisnis. Nah, penting bagi para orang tua menekankan pada anak bahwa meski telah dewasa, keinginan belajar tidak boleh hilang. 

Setiap anak harus belajar dari keberhasilan dan kegagalan yang dialami untuk pada akhirnya bisa meraih cita-cita yang diidamkan. Jadi, berapapun usia mereka, ajarkan untuk jangan pernah berhenti belajar. 

4. Kesuksesan Ada di Tangan Mereka

kata bijak untuk anak soal kesuksesan

Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih secara instan, dibutuhkan kerja keras dan kemauan dalam menggapainya. Nah, yang dapat memberikan semangat untuk sukses itu adalah diri sendiri. 

Untuk itu, ajarkan pada sang anak bahwa mereka harus berusaha untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Cara didik seperti ini dapat memotivasi anak untuk berusaha demi kesuksesan mereka. Jadi, jangan ragu untuk bersikap tegas, ya. 

5. Keberuntungan Hanya Datang pada Orang yang Berusaha

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

kata bijak untuk anak soal keberuntungan

Jika ingin sukses, kita tidak bisa hanya mengharapkan keberuntungan belaka. Dibutuhkan usaha keras untuk bisa pada akhirnya mencapai suatu kesuksesan. Hal inilah yang perlu diajarkan pada anak sedari mereka berusia muda. 

Jadi, jika sang anak memiliki keahlian dalam sebuah bidang, dukung mereka dalam mencari peluang yang sesuai dengan bidangnya. 

6. Semua Terjadi Karena Suatu Alasan

kata bijak untuk anak soal tantangan

Dalam menjalani hidup, pasti akan ada tantangan yang perlu dilalui. Baik kegagalan dalam sekolah, kerja, membangun usaha, hubungan, dan masih banyak lagi. Untuk mempersiapkan anak dalam menghadapi hal tersebut, tanamkan sedari mereka kecil bahwa segala hal terjadi karena suatu alasan. 

Tidak apa jika merasa kecewa, namun sebaiknya segera bangkit dari rasa sedih tersebut dan belajar untuk ikhlas serta melihat hikmah atas permasalahan tersebut. 

7. Semua Terjadi Karena Suatu Alasan

kata bijak untuk anak soal cita-cita

Setiap anak pasti memiliki cita-cita yang ingin diraih. Untuk itu, dorong mereka untuk memiliki cita-cita yang luar biasa dan terus beri dukungan bahwa mereka bisa mencapainya dengan usaha keras. Sekalipun gagal, jangan cepat menyerah dan terus berusaha untuk meraihnya. 

8. Semua Terjadi Karena Suatu Alasan

kata bijak untuk anak soal nasib

Dalam menjalani hidup, tentu akan ada kalanya kita berada di bawah roda kehidupan. Di masa sulit seperti itu, sebaiknya beri dukungan kepada anak bahwa menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Justru, berusahalah lebih keras untuk membuktikan bahwa mereka lebih berharga daripada kegagalan itu. 

Selain memberikan ajaran moral melalui kata bijak untuk anak di atas, kita juga harus menjadi orang tua siaga yang mampu menyiapkan segala keperluan anak sebelum ia membutuhkannya. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan anak pada asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang tepat. Semangat terus dalam mendidik anak, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →