Usir Was-was dengan Kawal Gadget Pakai Asuransi, Bukan Cuma Garansi

Ceroboh itu mahal harganya. Hukum itu berlaku untuk apapun, termasuk gadget. Misalnya ceroboh menjatuhkan gadget. Bayangkan deh, betapa dongkolnya hati melihat gadget dalam waktu sekejap jadi rongsokan gara-gara tercebur di kamar mandi atau jatuh di jalan sampai terlindas mobil.

 

Padahal gadget itu hidup matinya kita. Kadang di situ ada data-data penting pekerjaan sampai foto-foto kenangan yang tak ternilai harganya.

 

Soal ceroboh ini, jelas kita tak bisa mengklaim garansi.  Garansi dari pabrikan biasanya hanya melindungi gadget dari kerusakan akibat cacat produksi. Kerusakan di luar itu, jelas menjadi tanggung jawab konsumen.

 

Di sinilah pentingnya mempertimbangkan perlunya program perlindungan yang lebih dari sekadar garansi pabrikan. Gampangannya, gadget pun layak diasuransikan. Dengan begitu, segala kerusakan sebagai akibat dari ‘ketidaksengajaan atau hal-hal yang tak diinginkan’, bakal ditanggung asuransi.

 

Gambaran asuransi gadget ini sekilas mirip-mirip dengan asuransi mobil yang berjenis TLO alias total lost only. Asuransi akan memberi penggantian jika kerusakan mencapai 80 persen sampai hilang karena dicuri. Tuh, mirip-mirip TLO kan.

 

Di Indonesia sendiri, produk asuransi gadget ini cukup banyak. Siapa saja yang menawarkan produk perlindungan gadget ini?

 

E-Guard (AIG)

Produk ini adalah hasil kerja bareng antara asuransi AIG dengan Trecprotec dengan sebutan Ponsel Proteksi.

 

Skemanya full protection yang meliputi perlindungan terhadap aksi kejahatan (penodongan, pencurian, dll), kerusakan fisik, dan akibat yang disebabkan kecerobohan pemakai. Jika hilang akan diganti yang baru sementara kalau rusak bakal diservis dengan komponen yang baru.

 

Preminya cukup terjangkau mulai dari Rp 22 ribu per bulan atau Rp 237 ribu per tahun. Tentu saja besaran premi ini tergantung dengan nilai gadgetnya. Jika salah satu gadget, misalnya smartphone masuk golongan premium, bisa jadi preminya bakal lebih mahal.

 

Global APlus (Adira Insurance)

Produk ini ditawarkan lewat kerjasama dengan gerai PT Global Teleshop Tbk. Produk ini melindungi risiko risiko-risiko kecelakaan tidak disengaja yang menyebabkan kerusakan pada barang elektronik yang dijual melalui gerai ritel Global Apple yang tentunya ada biaya tambahan lagi.

 

Insiden yang dimaksud adalah terjatuh dan terlindas, terkena cairan, terjatuh ke dalam air, kebakaran dan kebongkaran serta pencurian yang didahului tindak kekerasan atau pengrusakan. Di samping itu, produk ini juga mencakup kerugian akibat gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, banjir, topan dan badai.

 

Menariknya lagi, Global APlus juga memberikan perlindungan asuransi kepada si pemilik gadget. Jika si empunya gadget mengalami kecelakaan yang berakibat cacat tetap atau meninggal dunia, maka berhak mendapatkan dana santunan sampai dengan Rp20 juta.

 

iProtectZ dan iProtect for Mac (Zurich Insurance)

Produk ini hanya berlaku untuk melindungi produk-produk Apple.  iProtectZ untuk mengawal iPad dan iProtect untuk perlindungan Mac. Program perlindungan ini lazimnya ditawarkan bagi konsumen yang membeli produk Apple di iBox dengan menambah biaya premi lagi.

 

Konsumen akan mendapat perlindungan selama 12 bulan sejak tanggal pembelian. Segala kerusakan ditanggung di mana proses klaim membutuhkan paling cepat tiga hari kerja dan paling lambat tujuh hari kerja. Klaimnya meliputi insiden rusaknya gadget secara tak sengaja seperti tersiram cairan, jatuh, sampai bencana alam. Oh ya, perlindungan ini hanya berlaku setahun saja dan tak bisa diperpanjang.

 

Himax Protection

Perlindungan ini dikhususkan untuk smartphone besutan Himax. Sama seperti produk asuransi gadget lainnya, Himax Protection melindungi smartphone dari kecerobohan penggunanya. Mulai dari terendam air, jatuh ke air rebusan mie instant, sampai bencana alam.

 

Demi perlindungan ini, pemilik diminta merogoh kocek Rp 299 ribu untuk berlaku selama setahun. Setelah itu? Ya tak berlaku lagi karena kontrak perlindungannya hanya setahun saja. Selama masa perlindungan, setiap kerusakan akan diganti komponen yang baru sampai diberikan unit terbaru jika kerusakan tak bisa ditangani.

 

Expro (Sinar Mas)

Sinar Mas juga punya asuransi perlindungan gadget. Di awal perkenalannya menggaet PT Extra Proteksi Indonesia (Expro) dengan melindungi BlackBerry yang di-bundling dengan layanan selular dari operator XL Axiata.

 

Perlindungan ini hanya berlaku selama setahun saja sejak tanggal pembelian ponsel. Tidak ada perpanjangan asuransi dengan alasan kebijakan itu disesuaikan dengan garansi yang tertera dalam gadget tersebut. Maka itu, dalam pengajuan klaim mesti menyertakan formulir asli aplikasi Expro, kartu garansi asli, struk pembelian asli, dan kartu identitas pemakai.



Gimana? Tertarik ikutan program perlindungan gadget? Kalau Anda termasuk golongan yang menunjukkan kecintaan pada gadget sebagai bagian dari gaya hidup, produk ini bisa dipertimbangkan kok.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →