10 Kebiasaan Hemat ala Keluarga Kerajaan, Patut Ditiru!

keluarga kerajaan Inggris

Pangeran Charles, putra dari Ratu Elizabeth II dikenal menerapkan gaya hidup hemat. Ternyata tak hanya ayah Pangeran William dan Pangeran Harry saja yang memiliki kebiasaan hemat, keluarga kerajaan Inggris lainnya pun melakukan hal sama.

Meski memiliki harta melimpah tak membuat keluarga kerajaan Inggris menghabiskan banyak uang untuk gaya hidup mewah. Mereka justru lebih memilih bergaya hidup hemat. 

Kebiasaan hemat tersebut diterapkan mereka dalam berbagai hal. Mulai dari makanan, perjalanan, hingga hiburan. 

Apa saja sih kebiasaan hemat yang kerap dilakukan keluarga kerajaan Inggris? Yuk, ketahui di sini seperti dilansir dari Wartaekonomi:

Memakai Busana yang Sama

kate middleton dan ratu elizabeth
Memakai busana sama (Instagram/@theroyalfamily)

Keluarga kerajaan pasti menjadi pusat perhatian di mana pun berada. Meski menjadi pusat perhatian, mereka gak malu mengenakan pakaian yang sudah pernah dipakai sebelumnya untuk beberapa kali momen.

Itu seperti yang dilakukan Kate Middleton dan Ratu Elizabeth. Keduanya diketahui kerap mengenakan busana yang sama untuk lebih dari satu perjamuan resmi.

Belanja Pakaian Murah

kate middleton
Belanja pakaian murah (Instagram/@theroyalfamily)

Mengenakan busana couture design kerap dilakukan keluarga kerajaan seperti Kate Middleton maupun istri Pangeran Harry, Meghan Markle.

Tak hanya tampil mewah dalam balutan gaun couture, mereka juga bisa tampil chic dengan anggaran terbatas.

Para pengamat kerajaan mengungkapkan, Kate beberapa kali tertangkap kamera memakai busana keluaran merek GAP dan Zara.

Tak hanya Kate, Meghan Markle juga dikabarkan kerap memakai busana merek Everlane dan J.Crew. Itu membuat beragam merek pakaian tersebut ludes terjual setelah dipakai para keluarga kerajaan tersebut.

Sarapan Sederhana

pangeran william sekeluarga
Sarapan sederhana (Instagram/@theroyalfamily)

Tinggal di sebuah istana yang di dalamnya dilengkapi berbagai perabot mewah dengan banyak asisten rumah tangga tentu terbayang dalam pikiran hidup bak raja dan ratu yang dikelilingi gaya hidup mahal.

Tapi, jangan salah, Ratu Elizabeth justru memiliki kebiasaan sangat hemat. Saat sarapan, dia hanya menuang semangkuk sereal sederhana seperti cornflakes disimpan dalam wadah plastik untuk dimakan bersama buah-buahan. Ternyata sederhana banget ya!

Memasak untuk Diri Sendiri

Pangeran William, Ratu Elizabeth sekeluarga
Memasak untuk diri sendiri (Instagram/@theroyalfamily)

Sudah terbiasa mandiri, Kate Middleton dikabarkan memasak untuk keluarganya, termasuk membuat menu makan makan kesukaan Pangeran William yaitu ayam panggang. Di sisi lain, pangeran William kerap terlihat sedang berbelanja bahan makanan sendiri.

Memanfaatkan Makanan Sisa

Pangeran Charles dan Camila
Memanfaatkan makanan sisa (Instagram/@theroyalfamily)

Salah seorang mantan koki keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja untuk Pangeran Charles dan Putri Diana sejak tahun 1989 hingga 2000, Carolyn Robb, mengatakan kepada racked.com bahwa keluarga kerjaan inggris tidak membuang makanan sisa yang berlimpah. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pangeran Charles akan meminta makanan sesuai porsi makannya dan sisa makanan akan dimasukkan ke dalam makanan berikutnya. Makanan tersebut bakal dia makan keesokan harinya.

Terbang dengan Kelas Ekonomi

Ratu Elizabeth
Terbang dengan kelas ekonomi (Instagram/@theroyalfamily)

Keluarga kerajaan Inggris seperti Ratu Elizabeth memang tidak akan pernah menggunakan penerbangan komersial. 

Siapa yang sangka, Pangeran Harry dan Meghan Markle diketahui melakukan penerbangan dengan British Airways kelas ekonomi untuk pergi ke Nice menghabiskan pergantian tahun 2018 lalu.

Memilih untuk Memperbaiki daripada Mengganti

Ratu Elizabeth
Pilih memperbaiki daripada membeli baru (Instagram/@theroyalfamily)

Bergelar Ratu, Elizabeth tentu memiliki uang banyak yang tidak akan habis tujuh turunan. Namun, dia bukan tipe yang akan membeli berbagai barang sesuai keinginannya. 

Dia lebih memilih untuk memperbaiki sarung tangannya yang sudah usang daripada membeli yang baru. Gak heran jika Ratu Elizabeth masih memiliki sepasang sarung tangan dari 40 tahun lalu. 

Patut untuk ditiru ya! Daripada membeli barang baru, lebih baik memperbaiki barang yang sudah ada agar bisa dipakai lagi.

Membuat Sendiri daripada Menyewa

Kate Middleton saat menikah dengan Pangeran William
Membuat sendiri daripada menyewa (Instagram/@theroyalfamily)

Di balik kemegahan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, siapa sangka kalau Duchess of Cambridge itu memilih untuk merias sendiri wajahnya daripada menyewa jasa MUA.

Untuk mewujudkannya, Katemengikuti kelas make up sebelum hari bahagianya itu.

Memanfaatkan Bekas Bungkus Kado

Ratu Elizabeth
Memanfaatkan bekas bungkus kado (Instagram/@theroyalfamily)

Seorang penulis biografi Kate Williams menungkapkan, Ratu Elizabeth enggak akan menyia-nyiakan kertas kado bekas. 

Sejak masih muda, Ratu menghaluskan bungkus kado dan pita dari tempat sampah agar dapat digunakan kembali.

Menyimpan Barang Selama Mungkin

Ratu Elizabeth
Menyimpan barang selama mungkin (Instagram/@theroyalfamily)

Selain memanfaatkan bekas bungkus kado, Ratu Elizabeth juga memiliki kebiasaan unik lainnya. Dia memilih menyimpan barang yang disukainya selama mungkin.

Terbukti, dia masih menyimpan koper Globe-Totter yang dimilikinya sejak tahun 1947. Hebat!

Itulah 10 kebiasaan hemat ala keluarga Kerajaan Inggris yang bisa ditiru. Jadi, kalau bisa hemat kenapa harus boros?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →