Kecelakaan Tol BSD yang Pernah Terjadi, Begini Menghindarinya

kecelakaan tol bsd

Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dimana saja dan kapan saja tanpa pernah bisa kita prediksi. Ada banyak kasus kecelakaan tol BSD kawasan Tangerang yang juga pernah terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi dengan atau tanpa melibatkan pengguna jalan lain, serta memungkinkan untuk menelan korban jiwa maupun kerugian material. 

Kecelakaan yang pernah terjadi di tol BSD dan sekitarnya

Bagi kamu yang pernah melewati tol BSD, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan menerapkan protokol keselamatan yang tepat selama berkendara. 

Karena, pernah ada beberapa kasus kecelakaan tol BSD yang terjadi. Contohnya seperti kasus-kasus berikut ini.

Kecelakaan beruntun tol BSD Km 01.800 A

Kecelakaan beruntun ini terjadi di tahun 2017, terjadi di ruas jalan tol BSD arah Pondok Indah KM 01.800 A pada jam 07.00 WIB dan melibatkan lima mobil sekaligus. 

Menurut keterangan saksi, lima mobil yang terlibat dalam kecelakaan beruntun ini meliputi mobil Toyota Avanza berpelat nomor B 1274 WKA dan Toyota Avanza berpelat nomor B 2271 DP. 

Selain itu, juga melibatkan Toyota Innova berpelat nomor B 1652 SYC, Nissan Xtrail berpelat nomor B 2248 SOO dan VW Scirocco berpelat nomor B 399 GSR.

Kecelakaan ini disebabkan karena pengemudi mobil Avanza memperlambat laju kendaraannya dan mobil di belakangnya tidak bisa menjaga jarak amannya. Beruntungnya, kecelakaan ini tidak menelan korban jiwa.

Kecelakaan beruntun tol BSD Km 09.500

Kecelakaan nahas ini terjadi pada tahun 2019 di ruas tol BSD KM 09.500. Kejadian diawali oleh pengemudi mobil Mitsubishi dengan nomor plat B 378 BEL yang datang dari arah Jakarta, menabrak pembatas jalan sampai memasuki jalur yang berlawanan.

Berdasarkan hasil interogasi dan keterangan saksi, pengemudi mobil Mitsubishi yang melaju dari arah Jakarta itu menabrak pembatas jalan KM 09.500 karena diduga kurang konsentrasi.

Setelah menabrak pembatas jalan, pengemudi mobil Mitsubishi menabrak kendaraan kedua. Lalu, kendaraan kedua menabrak kendaraan ketiga di jalur dua. 

Selanjutnya, kendaraan ketiga ditabrak oleh kendaraak keempat dengan posisi kendaraan keempat menghadap ke timur. 

Kecelakaan ini menelan satu korban jiwa, dan empat korban lainnya luka-luka. Ini juga termasuk salah satu kasus kecelakaan tol BSD, Tangerang yang patut diperhatikan.

Kecelakaan di exit tol BSD

Kecelakaan ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @idbdg dengan menyebutkan tempat kejadian di Exit Tol BSD pada pukul 15.00 WIB. 

Ketika video ini diunggah, belum diketahui pasti apa penyebab kecelakaan beruntun ini. Menurut keterangan pengemudi lain, kecelakaan ini menyebabkan kemacetan yang cukup panjang di jalur yang mengarah ke EXIT tol BSD.

Itulah beberapa kasus kecelakaan yang pernah terjadi di tol BSD. Bukan hanya itu, area tol lain di sekitar BSD juga pernah mengalami kasus kecelakaan, seperti kecelakaan di tol Karawaci dan tol daerah Tangerang lainnya.

Jenis kecelakaan yang bisa terjadi di jalan tol

Kecelakaan lalu lintas adalah peristiwa yang terjadi dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang dapat menelan korban jiwa serta kerugian material.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kecelakaan lalu lintas dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan korban kecelakaan meliputi:

  • Kecelakaan lalu lintas ringan, kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan dan (atau) barang saja
  • Kecelakaan lalu lintas sedang, yaitu kecelakaan yang mengakibatkan luka ringan pada korban serta kerusakan kendaraan dan (atau) barang
  • Kecelakaan lalu lintas berat, kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia atau mengalami luka berat
  • Selain itu, kecelakaan lalu lintas dibagi menjadi dua berdasarkan karakteristik kejadiannya, yaitu: 

    Kecelakaan tunggal

    Kecelakaan tunggal adalah kecelakaan yang hanya melibatkan satu pengendara tanpa melibatkan pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Contoh kecelakaan tunggal yaitu menabrak pohon, tergelincir, serta terguling akibat ban pecah.

    Kecelakaan beruntun 

    Kecelakaan beruntun adalah kecelakaan yang melibatkan pengguna ataupun pengendara jalan lain secara beruntun. 

    Cara berkendara aman untuk menghindari kecelakaan

    Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kepadatan arus lalu lintas ataupun kelalaian pengendara, seperti contoh kasus kecelakaan tol BSD yang sudah disebutkan di atas.

    Untuk mengantisipasi dari kemungkinan terjadinya kecelakaan, penting bagi para pengendara untuk berkendara secara aman dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

    Memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan

    Jika kamu akan bepergian jauh, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memeriksa kondisi kendaraan sebelum digunakan. 

    Jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin, tekanan angin, oli, serta rem mobil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

    Atur posisi senyaman mungkin

    Meski terkesan sepele, ternyata mengatur posisi berkendara yang nyaman  menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan. 

    Terutama ketika akan bepergian jauh, atur terlebih dahulu posisi ternyaman agar tidak terjadi kram, pegal, maupun hal lainnya.

    Menggunakan sabuk pengaman

    Bagi pengendara mobil, jangan pernah lupa untuk menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman ini berfungsi untuk melindungi pengemudi dan pengendara dari risiko kecelakaan seperti benturan.

    Atur kecepatan berkendara 

    Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan selalu cek kaca spion serta perhatikan pengendara lain yang ada di sekitarmu.

    Perhatikan rambu lalu lintas

    Sebagai pengendara yang baik, kamu harus disiplin dengan rambu lalu lintas yang ada sesuai ketentuan. Jangan sesekali menerobos lampu merah karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

    Jangan menggunakan ponsel ketika berkendara

    Penggunaan ponsel ketika berkendara dapat mengurangi konsentrasi yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

    Jika harus mengecek ponsel saat berkendara, lebih baik untuk berhenti dan menepi terlebih dahulu. 

    Istirahat jika lelah dan mengantuk 

    Jika mulai merasa lelah maupun mengantuk, maka lebih baik untuk beristirahat terlebih dahulu dan jangan terus mengemudi.

    Karena banyak sekali kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang memaksakan diri untuk tetap mengemudi dalam keadaan lelah dan mengantuk. 

    Pentingnya punya asuransi mobil

    Kecelakaan lalu lintas masih menjadi momok yang menyeramkan bagi para pengendara maupun pengguna jalan. Pasalnya, kecelakaan dapat datang kapan saja, dimana saja, dan pada siapa pun tak terkecuali.

    Kecelakaan lalu lintas dapat mengakibatkan luka hingga menelan korban jiwa, atau kerusakan pada kendaraan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk punya asuransi mobil.

    Tips dari Lifepal! Asuransi mobil berfungsi sebagai proteksi finansial dari kemungkinan kerusakan yang disebabkan karena kecelakaan, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan biayanya. 

    Karena, biaya perbaikan mobil saat mengalami kerusakan tidaklah murah, apalagi kalau kerusakannya parah karena kecelakaan. 

    Untuk mendapatkan proteksi secara menyeluruh, kamu bisa memilih asuransi all risk. Sedangkan asuransi TLO (total loss only), hanya menanggung biaya kerusakan parah saja.

    Pilihlah jenis asuransi mobil sesuai dengan kebutuhanmu. Cari tahu perhitungan premi dengan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini.

    FAQ seputar kecelakaan tol BSD

    Kecelakaan yang terjadi di tol BSD disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kelalaian pengendara seperti supir lelah dan mengantuk. Selain itu, kecelakaan lalu lintas juga dapat disebabkan karena melanggar aturan lalu lintas maupun kondisi mobil yang kurang memadai.
    Tentunya, asuransi mobil sangatlah penting untuk memberikan perlindungan terhadap keuanganmu. Saat terjadi kecelakaan, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan mobil yang tinggi, karena biaya tersebut bisa ditanggung dengan asuransi mobil. Jadi, sebaiknya asuransikan mobilmu sejak awal kalau kamu sudah punya mobil pribadi.