Kumpulan Berita Kecelakaan Tol Cikampek Terbaru

kecelakaan tol cikampek

Berita mengenai kecelakaan Tol Cikampek mungkin sudah sering terdengar. Jika kamu mengetikkan kata kunci kecelakaan Tol Cikampek hari ini di Google, ada saja beritanya, kan?

Penyebabnya bermacam-macam, tapi umumnya disebabkan oleh kelalaian pengemudi, seperti mengantuk, berkendara melebihi batas maksimum, dan kurangnya antisipasi pengemudi . Dilansir dari berbagai portal berita online, bulan Januari 2022 saja sudah tercatat tiga kecelakaan di tol Jakarta-Cikampek. 

Lalu, bagaimana dengan bulan-bulan sebelumnya? Sudah berapa kecelakaan yang terjadi di tol Cikampek? 

Berikut adalah kumpulan berita Tol Cikampek. 

Kumpulan berita kecelakaan di Tol Cikampek

Jalan Tol Cikampek adalah jalan yang menghubungkan kota Jakarta dan Cikampek dengan total panjang 83 km. Jalan ini memiliki peranan yang sangat penting dan merupakan salah satu infrastruktur penting nasional. 

Namun, kecelakaan mobil, minibus, truk, dan kendaraan lainnya kerap terjadi di jalan tol ini. Dihimpun dari berbagai portal berita online, berikut kumpulan berita kecelakaan di Tol Cikampek terbaru di tahun 2022 serta kecelakaan di tahun sebelumnya.  

Kecelakaan beruntun terjadi 2 kali di Tol Jakarta-Cikampek

Kecelakaan tol Jakarta Cikampek hari ini, Rabu, 10 Oktober 2020 adalah kecelakaan beruntun sebanyak dua kali di tol Jakarta-Cikampek. Kecelakaan beruntun pertama terjadi pada pukul 07.45 WIB, tepatnya di KM 14 Jalan Tol Japek elevated arah Cikampek yang melibatkan 6 kendaraan.

Sementara kecelakaan beruntun kedua terjadi pada pukul pukul 13.05 WIB, tepatnya di KM 35 arah Cikampek. Diduga kurangnya antisipasi pengendara belakang menjadi penyebab dua kecelakaan beruntun ini.  

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun pertama maupun kedua. Hanya kerugian materi saja.

Kecelakaan Maut di Ruas Tol Cikampek KM 70.800

Senin 12 Oktober 2020, sekitar pukul 05.00 WIB, terjadi kecelakaan maut di ruas jalan Tol Cikampek KM 70.800. 

Pada jam-jam pagi seperti ini memang cukup rawan sehingga banyak orang yang nampaknya penasaran dengan kecelakaan yang mereka saksikan sehingga mencari “kecelakaan di tol Cikampek tadi pagi”.

Diduga sopir yang mengantuk dan tidak dapat mengontrol laju mobil, menjadi penyebab kecelakaan yang melibatkan mobil Minibus dari arah Cirebon menuju Jakarta ini. 

Kecelakaan di Tol Cikampek ini menewaskan tiga orang penumpang, yakni supir Minibus, seorang penumpang, dan seorang anak berusia 9 tahun yang juga merupakan penumpang Minibus tersebut. Sementara korban lainnya selamat dan hanya mengalami luka ringan. 

Kecelakaan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek KM 51

Info kecelakaan tol Cikampek lainnya terjadi Pada Sabtu, 4 September 2021. Terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan 8 kendaraan di tol Jakarta-Cikampek KM 51 arah Cikampek. Kecelakaan terjadi pada pukul 01.30 WIB. 

Dalam kecelakaan beruntun tersebut melibatkan kendaraan minibus hingga truk. Kejadian bermula saat kendaraan Daihatsu Granmax Pickup melaju di lajur 3, tetapi karena terjadi kepadatan lalu lintas, kendaraan tersebut mengurangi kecepatannya. 

Kemudian, dari arah belakang, tiba-tiba jenis mobil Honda Mobilio menabraknya dan diikuti kendaraan lain di belakangnya saling tabrakan hingga terjadilah kecelakaan beruntun tersebut. 

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada kecelakaan beruntun di tol Jakarta-Cikampek ini. Namun, tercatat ada empat orang penumpang yang mengalami luka-luka. 

Kecelakaan Beruntun di Tol Jakarta Cikampek KM 49.800

Kecelakaan tol Cikampek lainnya yakni tabrakan beruntun di KM 49.800 arah Cikampek pada 30 Oktober 2021 yang melibatkan 11 kendaraan. Kecelakaan terjadi akibat kendaraan pertama mengurangi kecepatan secara mendadak. 

Akibat kurangnya antisipasi pengendara mobil kedua sehingga menabrak kendaraan pertama, lalu disusul kendaraan berikutnya hingga total melibatkan 11 kendaraan. Akibat kecelakaan tersebut, dua orang mengalami luka ringan. 

2 Mobil Alami Kecelakaan di Tol Jakarta Cikampek KM 51

Berita kecelakaan tol cikampek hari ini, Rabu 23 November 2021 adalah kecelakaan yang melibatkan dua jenis mobil, yakni Toyota Yaris dan Wuling. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di KM 51 tol Jakarta-Cikampek arah Karawang Barat atau Jakarta. 

Kejadian bermula saat kendaraan Toyota Yaris yang dikendarai oleh seorang wanita datang dari arah Cikampek menuju Jakarta menabrak kendaraan Wuling yang berada di depannya pada KM 51.  

Akibat peristiwa kecelakaan ini, satu penumpang mobil Toyota Yaris mengalami luka. Selebihnya, hanya kerugian materi saja. 

Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek KM 54

Kecelakaan di Tol Cikampek kembali terjadi pada 12 Desember 2021, tepatnya di KM 54 pada pukul 05.30 WIB. Kecelakaan maut itu bermula ketika kendaraan minibus yang ditumpangi empat orang melaju dari arah Jakarta menuju Cikampek. 

Sesampainya di KM 54, minibus tersebut menabrak bagian belakang kanan dump truk. Peristiwa naas ini, menewaskan dua orang dan dua orang lainnya mengalami luka berat. 

3 Kendaraan Alami Kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek

Memasuki awal tahun 2022, tiga kendaraan mengalami kecelakaan di tol Jakarta-Cikampek, lebih tepatnya di Bekasi Barat KM 12 arah Cikunir pada tanggal 5 Januari 2022. Belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan dan ada atau tidaknya korban dari kecelakaan yang terjadi di jalur 4 tol Jakarta-Cikampek ini. 

Bus Pariwisata Tabrak Truk di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 57

Senin, 17 Januari 2022 kembali terjadi kecelakaan tol Jakarta Cikampek. Kecelakaan yang melibat bus pariwisata dengan truk ini, bermula saat bus tersebut melintas dari arah Cikampek menuju arah Jakarta.

Saat melewati KM 57, tiba-tiba bus tersebut oleng hingga akhirnya menabrak truk dan terguling. Diduga sopir dalam kondisi mengantuk yang  menjadi penyebab kecelakaan ini.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Beberapa penumpang bus hanya mengalami luka ringan. 

Jumlah Korban dan Jenis Kecelakaan di Tol Cikampek

Berdasarkan data BPS Provinsi DKI Jakarta, berikut jumlah korban dan jenis kecelakaan Tol Cikampek tahun 2018 hingga 2020. 

Indikator KecelakaanRuas Jalan Tol Jakarta-Cikampek
201820192020
  1. Jumlah kecelakaan
468365276
  1. Jumlah korban meninggal
312622
  1. Faktor penyebab :
  1. Pengemudi
415330238
  1. Kendaraan
473235
  1. Lingkungan
633
  1. Tidak diketahui
0

Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol 

Kecelakaan di jalan tol bisa menimpa siapa saja. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi kendaraan yang kurang baik, kelalaian pengemudi, dan sebagainya. 

Namun, kamu bisa menghindari atau meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan tol terutama bagi yang nyetir mobil di malam hari dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. 

Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Sebelum berkendara, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan apakah ada ban yang bocor, kempes, atau baut yang kendor. Cek juga kondisi mesin, kelistrikan, dan pendingin berjalan dengan normal. 

Kendaraan yang kondisi baik tidak hanya nyaman digunakan, tetapi juga aman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, baik di jalan tol maupun jalan raya biasa. 

Ini penting sekali terutama untuk kamu yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil pribadi

Persiapkan kondisi fisik saat berkendara

Kecelakaan di jalan tol paling banyak disebabkan oleh kelalaian pengemudi, seperti menyetir dalam kondisi mengantuk maupun kurangnya antisipasi jaga jarak.

Oleh karena itu, pastikan kamu beristirahat dengan cukup sebelum berkendara sehingga bisa fokus berkendara hingga sampai tempat tujuan dengan selamat. 

Selain itu, hindari pula melakukan kegiatan berbahaya, seperti berkendara dalam kondisi mabuk, merokok di jalan, dan mengantuk saat berkendara. 

Patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol

Setiap ruas jalan tol memiliki aturan batas kecepatan maksimum berkendara di jalan tol. Umumnya, batas kecepatan maksimum yang diizinkan berkisar antara 80-100 kilometer per jam (KPJ). 

Peraturan tersebut dibuat demi keselamatan dan keamanan bersama. Oleh karena itu, perhatikan jarum speedometer mobil agar tidak melebihi batas kecepatan maksimal berkendara di jalan tol. 

Gunakan perlindungan dari asuransi mobil terbaik 

Sebagai pengendara mobil, kamu tentunya tidak mau dong bila mengalami kecelakaan. Namun sayangnya, risiko semacam itu bisa saja terjadi, entah karena faktor kelalaian sendiri maupun orang lain. 

Sebagai perlindungan finansial untuk mobil kamu, penting sekali untuk menggunakan asuransi mobil terbaik. 

Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya perbaikan akibat kerusakan kecil maupun besar di bengkel rekanan perusahaan asuransi. Cari tahu asuransi mobil yang cocok untuk kendaraan kamu dengan mengikuti kuis dari Lifepal berikut ini. 

Setelah mendapatkan rekomendasi asuransi mobil yang tepat, hitung perkiraan biaya premi asuransinya menggunakan kalkulator berikut ini. 

Pertanyaan seputar kecelakaan Tol Cikampek

Berdasarkan data dari BPS Provinsi DKI Jakarta, setidaknya ada tiga faktor utama penyebab kecelakaan di tol Cikampek, yaitu pengemudi, kendaraan, dan lingkungan. 

Namun, dari ketiga faktor penyebab tersebut, kecelakaan di tol Jakarta Cikampek paling banyak disebabkan oleh kelalaian pengemudi mobil, seperti menyetir dalam kondisi mengantuk, kurangnya antisipasi jaga jarak, hingga mengemudi melebihi batas kecepatan berkendara di jalan tol.

Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.