Kekayaan hingga Triliunan, Ini Rahasia para Investor yang Sukses Investasi

Udah punya niatan berinvestasi tahun ini? Agar rencana kamu yang satu ini berjalan sesuai harapan, mulailah mempersiapkannya dengan belajar investasi.

Kamu bisa belajar investasi mulai dari buku, sekolah pasar modal, baca-baca website finansial, hingga aplikasi saham. Selain dari sumber-sumber di atas, kamu juga bisa belajar investasi dengan mengikuti tips-tips dari para investor yang udah terbukti sukses.

Seperti yang kamu tahu, banyak investor yang benar-benar telah membuktikan dirinya bisa meraih kekayaan berkat berinvestasi. Salah satunya yang paling terkenal, yaitu Warren Buffett.

Asal tahu aja nih, Warren Buffett bisa mengumpulkan harta hingga US$ 80,6 miliar atau Rp 1.166 triliun karena kelihaiannya dalam berinvestasi. Nama Buffett makin terkenal karena sikapnya yang dermawan dan gak pernah pelit ilmu.

Nah, kamu pasti penasaran apa tipsnya sehingga Buffett bisa berhasil dalam berinvestasi. Gak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa tips dari para investor yang terbukti sukses buat kamu yang lagi belajar investasi.

Baca juga: 5 Ide Resolusi Positif Tahun Baru 2019 yang Bisa Kamu Terapkan

1. Jangan pernah berinvestasi ke bisnis yang gak kamu pahami

Bisnis (Shutterstock).

Warren Buffett pernah bilang investasi yang benar itu adalah berinvestasi di bisnis yang emang benar-benar dipahami. Inilah kenapa ia bisa sukses seperti sekarang ini. Sebab selama ini ia menginvestasikan uangnya di bidang yang benar-benar ia ketahui.

Belum pernah ada berita yang mengabarkan Buffett berinvestasi dengan mengikuti sentimen pasar. Ia selalu mencari tahu terlebih dulu saham-saham tersebut dengan melihat fundamental perusahaannya.

Tentu aja apa yang dilakukan Buffett bisa menjadi pelajaran bagi kamu yang sedang belajar saham. Siapa tahu nanti kamu bakal menjadi sukses seperti dirinya.

2. Pelajari fundamental perusahaan

Saham
Saham

Inilah sebabnya Warren Buffett selalu melakukan analisis fundamental sebelum ambil keputusan membeli saham. Benjamin Graham, gurunya, udah menekankan betapa pentingnya mempelajari fundamental perusahaan sebelum membeli saham.

Lewat bukunya The Intelligent Investor, Graham membagikan ilmunya buat yang sedang belajar investasi. Ilmu yang termuat dalam bukunya tersebut bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

Dalam bukunya tersebut, Graham menekankan betapa pentingnya memahami fundamental perusahaan dengan melihat:

  • Sektor perusahaan.
  • Pendapatan atau revenue yang diperoleh.
  • Current ratio.
  • Utang yang dimiliki perusahaan.
  • Earning per share atau EPS.
  • Price to earning ratio.
  • Pembayaran dividen yang dilakukan perusahaan.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

3. Fokus pada perusahaan bukan sahamnya

Perusahaan Apple

Hal senada juga dikatakan Peter Lynch. Salah satu investor kakap dunia ini menekankan pentingnya buat fokus pada perusahaan kalau pengin membeli saham. Baginya, investasi bisa sukses bukan semata-mata karena sahamnya, tapi karena perkembangan perusahaannya.

Itulah kenapa Lynch selalu mengingatkan mereka yang belajar investasi agar selalu mengamati perkembangan perusahaan sebagai petimbangan buat membeli saham.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Hal ini dikatakannya buat mengingatkan para investor supaya gak melihat besar kecilnya harga saham. Sebab bagi Lynch, kesehatan perusahaan yang menentukan besaran harga saham nanti.

4. Cari tahu siapa CEO di balik perusahaan tersebut

CEO Evernote Chris O'Neill. (Instagram)
CEO Evernote Chris O’Neill. (Instagram)

Carl Icahn yakin bahwa kemajuan perusahaan tergantung dari siapa Chief Executive Officer atau CEO di belakang perusahaan tersebut. Kalau CEO itu sukses membawa perusahaannya berkembang pesat, saham perusahaan itu dengan sendirinya bakal naik harganya.

Inilah kenapa bos dari Ichan Enterprises ini menyarankan orang-orang yang sedang belajar investasi buat mencari tahu CEO perusahaan yang sahamnya sedang diincar. Apakah CEO perusahaan tersebut emang cakap dalam mengelola perusahaan atau gak.

Baca juga: Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

5. Cari perusahaan yang labanya terus bertumbuh

Profit atau laba perusahaan (Shutterstock).

Dari dalam negeri, ada investor yang terkenal akan kesuksesannya, yaitu Lo Kheng Hong. Gimana gak sukses? Gara-gara berinvestasi saham, ia bisa memiliki aset senilai Rp 2,5 triliun.

Banyak orang yang penasaran gimana caranya Lo Kheng Hong bisa meraup kekayaan sebanyak itu. Investor yang pernah menjadi kepala cabang bank ini gak segan membagikan tips-tips buat yang sedang belajar investasi.

Menurut Lo Kheng Hong, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham.

  • Seperti apa pengelolaan perusahaan yang sahamnya akan dibeli?
  • Gimana masa depan bisnis perusahaan?
  • Apakah laba perusahaan bakal terus bertumbuh?
  • Gimana pertumbuhan pertumbuhan perusahaan secara jangka panjang?
  • Bandingkan price earning ratio (PER) dengan perusahaan sejenis.

Sampai sini udah tahu kan apa tips-tips belajar investasi dari para investor yang udah terbukti sukses? Tinggal diikuti aja nih tips-tips di atas. Dan satu lagi, jangan pernah berhenti belajar ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →