Pangeran Harry & Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris, Kekayaannya Segini!

Jumlah kekayaan Pangeran Harry dan Meghan Markle langsung menjadi topik hangat pembicaraan setelah Duke dan Duchess Sussex itu mengumumkan akan mundur sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris.

Kekayaan adik Pangeran William itu jadi sorotan karena keputusannya mundur dari keluarga kerajaan Inggris untuk mandiri secara finansial. Hal tersebut diungkapkan lewat akun Instagram resmi mereka, @sussexroyal.

Dalam pernyataannya, mereka memastikan mengambil langkah itu setelah berbulan-bulan melakukan introspeksi dan diskusi internal. 

Meski mundur dari keluarga kerajaan Inggris, mereka akan mengambil peran baru di Inggris dan Amerika Selatan.

Dengan langkah tersebut, pasangan yang baru saja dikaruniai anak ini berdasarkan struktur kerajaan tak akan lagi menerima dana lewat Sovereign Grant (SG).

SG bertanggung jawab membayar keperluan keluarga kerajaan, termasuk biaya tempat tinggal resmi dan ruang kerja mereka. 

“Di bawah struktur (kerajaan) saat ini, Harry dan Meghan tak lagi berhak atas penghasilan profesional,” bunyi informasi yang tertera di situs tersebut seperti dikutip dari Town & Country.

Lantas, berapa sih harta kekayaan Pangeran Harry dan Meghan Markle jika mundur dari keluarga kerajaan Inggris?

Jumlah harta 

kekayaan
Jumlah harta (Instagram/@sussexroyal)

Berdasarkan data dari Forbes, keluarga kerajaan memiliki harta bersih mencapai US$ 88 miliar atau sekitar Rp 1,22 kuadriliun. 

Situs Celebritynetworth memperkirakan, pendapatan bersih Pangeran Harry hanya US$ 40 juta atau sekitara Rp 554,5 miliar .

Hasil itu berasal dari warisan Putri Diana dan Ibu Ratu, serta upahnya saat menjadi Kapten di Angkatan Darat Inggris.

Sementara itu, pendapatan bersih Meghan Markle hanya senilai US$ 5 juta atau setara Rp 69,3 miliar. Jika ditotal jumlah harta mereka berdua maka senilai Rp 623,8 miliar.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Menikah, Ini Rincian Biayanya

Perbedaan dengan keluarga kerajaan Inggris

kekayaan
Perbedaan dengan keluarga Inggris (Instagram/@sussexroyal)

Menurut Forbes, jika di bandingkan dengan Pangeran William yang menghasilkan antara US$ 68 ribu atau sekitar Rp 942,6 juta hingga US$ 74 ribu atau setara Rp 1,03 miliar di AU Inggris.

Sementara pendapatan Pangeran Harry di AD Inggris hanya mendapat US$ 50 ribu hingga US$ 53 ribu per tahun.

Sedangkan ayah mereka, Pangeran Charles, mampu memperoleh uang dari Kadipaten Cornwall yang saat ini bernilai US$1,3 mliar atau setara Rp 18,02 triliun. 

Sebagian dari uang itu digunakan untuk keperluannya dengan sang istri, Camilla Rosemary Shand. 

Baca juga: Wow! Ternyata Ini Rumah Mewah Pangeran Harry dan Meghan Markle

Jadi media sendiri

kekayaan
Jadi media sendiri (Instagram/@sussexroyal)

Seperti dilansir dari Town & Country, dalam Instagram resmi mereka di bagian berjudul “media”, Duke dan Duchess menjelaskan bagaimana ke depannya mereka akan melanjutkan hubungan dengan media. 

“Harapan tulus mereka adalah perubahan dalam kebijakan media ini akan meningkatkan akses dan memberi Duke dan Duchess kemampuan untuk berbagi informasi lebih bebas dengan masyarakat,” jelas mereka.

Lebih lanjut, mereka mengungkapkan, akan berhenti bekerja dengan sistem Royal Rota, sebuah kelompok wartawan cetak dan siaran khusus yang diberikan akses untuk  kerajaan atau kumpulan media Gedung Putih yang melindungi Presiden Amerika Serikat. 

“Mereka akan berbagi informasi secara langsung kepada publik yang lebih luas melalui saluran komunikasi mereka,” kata mereka.

“Memberikan akses ke media yang kredibel dan berfokus pada pelaporan berita obyektif,” sambung bunyi penjelasan tersebut. 

Itulah perkiraan jumlah harta Pangeran Harry dan Meghan Markle yang memutuskan keluar dari kerajaan Inggris, dan rencana ke depan mereka setelah tak lagi jadi Royal Family.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis