Punya Kekayaan Rp 24 Miliar, Ini Daftar Harta Ketua MPR Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan. (Tempo/Panca Syurkani)

Ketua MPR Zulkifli Hasan lagi ramai diperbincangkan belakangan ini karena pidatonya yang menyinggung utang negara.

Dalam sidang tahunan MPR pada 16 Agustus yang lalu, Zulkifli diberi kesempatan buat menyampaikan pidatonya. Dalam pidato tersebut, pak Ketua MPR ini menyebut rasio utang gak aman alias berbahaya buat perekonomian negara.

Kontan aja isi pidatonya itu mengundang perdebatan yang kencang banget di media sosial. Sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani turut berkomentar dengan menyebut kritik Zulkifli Hasan sesat karena gak disertai data.

Terlepas dari polemik yang menyeret namanya, ada fakta menarik dari sosok politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Usut punya usut, kekayaan yang dimiliki pria kelahiran 17 Mei 1962 ini mencapai Rp 24,8 miliar.

Hartanya jauh lebih besar dari kekayaan Gatot Nurmantyo, mantan panglima TNI.

Dikutip dari Anti-Corruption Clearing House (ACCH) KPK, ini nih aset yang dimiliki Zulkifli Hasan.

1. Punya properti lebih dari Rp 12 miliar

Dalam laporan yang dikirimnya ke KPK tahun 2014, Zulkifli Hasan memiliki sembilan properti yang tersebar di Jakarta dan Bogor, mulai dari tanah dan bangunan.

Salah satu properti paling mahal berlokasi di Jakarta Timur yang nilainya mencapai Rp 3.472.960.000. Luas tanahnya 1.427 meter persegi dan bangunan 958 meter persegi.

Dihitung-hitung, total nilai properti Zulkifli mencapai Rp 12.570.044.000.

2. Cuma punya Toyota Alphard senilai Rp 650 juta

Gak disangka, dengan jabatannya yang tinggi, ternyata Zulkifli Hasan cuma punya satu mobil. Itu juga mobil keluaran lama.

Seperti laporan LHKPN yang disampaikannya tahun 2014, Zulkifli memiliki satu mobil Toyota Alphard keluaran tahun 2009. Mobil ini nilainya mencapai Rp 650 juta.

3. Punya investasi dengan nilai Rp 1,5 miliar

Kekayaan yang dimiliki Zulkifli Hasan ada yang berasal dari investasi. Nilainya mencapai Rp 1,5 miliar.

Investasi yang dilakukan Ketua MPR ini meliputi investasi logam mulia senilai Rp 1,1 miliar dan investasi batu mulia yang nilainya sekitar Rp 400 juta.

4. Investasi surat berharga sebesar Rp 6,02 miliar

Selain investasi dalam bentuk logam mulia dan batu mulia, Zulkifli Hasan juga menyimpan kekayaannya dalam bentuk surat berharga bernilai Rp 6.027.000.000.

Ada tujuh surat berharga dengan tahun investasi yang berbeda-beda. Mulai dari tahun 1988 hingga 2012. Paling besar adalah investasi tahun 2005, yaitu sebesar Rp 4,5 miliar.

5. Punya simpanan giro Rp 4,82 miliar ditambah US$ 50 ribu

Kekayaan Zulkifli Hasan juga disimpan dalam wujud giro. Ada yang nilainya Rupiah, ada juga yang Dolar.

Giro Rupiah yang disimpan Zulkifli mencapai Rp 4.829.201.318. Sementara Dolar yang disimpannya sekitar US$ 50 ribu.

Oh iya, perlu diketahui juga, Zulkifli punya utang dengan nilai mencapai Rp 1,5 miliar. Meski sepertinya besar, tapi itu masih jauh lebih kecil ketimbang pendapatannya.

Jadi, gimana menurutmu tentang kekayaan Zulkifli Hasan? Share pendapatmu di kolom komentar ya!