Agar Makin Makmur di 2020, Begini Lho Cara Kelola Keuangan yang Mudah

kelola keuangan

Kelola keuangan merupakan salah satu cara yang sahib dilakukan bagi kebanyakan orang agar dapat mengatur pengeluaran. Menyongsong 2020, gimana nih caranya kamu mengelola keuanga yang benar? 

Tahun bari, tentunya kamu pengin sekali bukan memiliki resolusi baru yang tentunya bikin merdeka finansial. Pasti kebanyakan dari kamu gak mau masa harus berkutat dengan utang terus? 

Nah biar gak terus berkutat dengan utang, ada baiknya nih kamu pintar-pintar kelola keuangan. Jika kamu pandai mengelola keuangan setiap bulannya dijamin deh buat menabung maupun berinvestasi mudah sekali. 

Gak cuma itu, kamu juga mempersiapkan segala rencana-rencana buat di hari tua. Misalkan, kamu pengin sekali menikmati masa tuamu menetap di Bali atau gak khawatir lagi soal finansial lagi. 

Seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa, (31/12) banyak cara bagaimana mengelola keuanganmu, gimana ya? Yuk mendingan lansung aja baca artikelnya di sini. 

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Abaikan perkataan orang lain

kelola keuangan
Abaikan nih orang berkata apa, fokus dengan apa yang kamu miliki saat ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mark Cuban pemilik Tim basket Dallas Mavericks mengatakan kepada para followernya di akun Twitter miliknya agar mengabaikan ada kata orang. Miliarder ini menawarkan tujuh saran bagi pengikutnyå untuk mempersiapkan penurunan ekonomi , termasuk ‘Jangan dengarkan kata “pakar” tentang prediksi tahun mendatang’. 

Gak cuma Mark Cuban saja, ahli ekonomi George Washington University, Tara Sinclair menyarankan agar kamu fokus dengan apa yang dimiliki saat ini. Lebih jelasnya sih, kamu harus mengetahui asal muasalnya dan langkah yang terbaik buat dilakukan adalah fokus dengan apa yang dapat kamu kendalikan. 

Cuban pun menambahkan agar kamu pandai-pandai nih buat menabung lebih banyak dan berprestasi di tempat kerja. 

Baca juga: Tren Keuangan 2020, Termasuk Generasi Cashless yang Makin Banyak?

Perjuangkan keinginanmu dan cita-cita

kelola keuangan
Kejar keinginanmu di tahun mendatang, niscaya nih kamu bakal menuai hasilnya kelak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Maksud dari perjuangkan keinginanmu dan cita-cita ini banyak sekali maknanya. Misalkan kamu pandai atau mengetahui bagaimana caranya bernegosiasi soal gaji. Ya buat sebagian orang memang negosiasi gaji gak semuanya mudah dilakukan, tapi kalau kamu sampai gak bisa melakukan negosiasi gaji ya artinya kamu gak bisa nih memenuhi keinginanmu. 

“Dalam hal negosiasi gaji, waktu yang tepat adalah kemarin,” terang salah satu pendiri serta CEO platform investasi digital Ellevest, Sallie Krawcheck.

Selain itu, ia juga menambahkan “Dan jika kamu gak melakukannya kemarin, waktu yang tepat adalah hari ini”. Oh iya satu lagi nih, kamu jangan berasumsi kalau kerja kerasmu selalu diperhatikan. 

Baca juga: Biar Gak Jadi Sobat Misqueen, Hapus Kebiasaan Buruk Ini di 2020

Selalu upgarde kemampuanmu, masa mau begitu aja!

kelola keuangan
Upgrade skills mu di dunia pekerjaan atau apapun itu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Warren Buffet memiliki pandangan soal gimana caranya kamu kelola keuangan. Investasi yang terbaik yang dapat dilakukan adalah gak hanya berkutat pada investasi uang. 

“Sejauh ini, investasi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah pada diri sendiri,” ujarnya. 

Kamu paham gak dengan yang dimaksud oleh Warren Buffet ini? Nah buat memulai investasi itu bisa dimulai dari diri sendiri. Kamu dapat meningkatkan keterampilan komunikasimu. Mengasah keterampilan komunikasi dapat meningkatkan “kelebihan” mu hingga 50 persen lho!

Jadi disaat kamu sudan meningkatkan kemampuan komunikasi otomatis nih kemampuanmu di bidang apapun bakal mengalami peningkatan. 

Selalu memulai dengan menabung 

kelola keuangan
Sering lah menabung, agar kamu nanti menuai hasilnya di kemudian hari, (Iustrasi/Shutterstock).

Salah satu perencanaan keuangan keuangan Tom Carley, mengatakan bahwa ada empat jalur utama untuk menjadi jutawan. Kalau kamu sejak kecil sudah diajarkan buat menabung, nah cara klasik ini merupakan salah satu gerbang kamu buat menuju sebagai jutawan bahkan miliarder. 

Ia telah menghabiskan waktunya buat mewawancarai deretan orang kaya di dunia buat meneliti keseharian kaum jetset sehari-harinya dari 233 orang kaya. Kamu tahu gak kalau setengah dari mereka ternyata sangat berhemat sekali, sebanyak 20 persen dari total penghasilannya. 

“Mereka mulai menginvestasikan tabungan mereka di awal dan terus melakukannya secara konsisten selama bertahun-tahun,” urainya. 

Mulai sekarang juga! Jangan ditunda-tunda

kelola keuangan
Mulai dari sekarang kelola keuanganmu, jangan pernah buat menunda-nunda, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu pengin menjadi orang yang kaya dan merdeka finansal, jangan pernah mencari alasan untuk menundanya. Lakukan sekarang juga lho jangan ditunda-tunda. 

“Satu-satunya faktor terpenting untuk menjadi orang kaya adalah memulainya,”  ujar ahli keuangan Ramit Sethi.

Hadi kamu mesti fokus dengan apa yang didapatkan dan mulai sekarang juga. Dari sini kamu mengetahui bagaimana menentukan tujuan tertentu dan membuat rencana tindakan untuk dapat mengumpulkan uang. 

Nah itu lho cara mudah buat kelola keuangan di tahun 2020. Gak sulit dan rasanya mudah sekali buat dilakukan demi masa depan yang cerah dan merdeka finansial, masa masih mau menumpuk utang, gimana? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →