9 Produk Pan Pacific Insurance Terbaik [Plus Premi dan Perluasannya]

Pan Pacific Insurance

Perusahaan asuransi Pan Pacific atau Pan Pacific insurance adalah salah satu perusahaan terbaik yang menangani asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor. Sebelumnya, perusahaan yang didominasi warna biru ini bernama PT Asuransi Inti Jaya.

Tahun ini, sudah terhitung Pan Pacific asuransi yang mereka miliki hadir selama 12 tahun di Indonesia. Meskipun tergolong masih muda, perusahaan ini telah menoreh segudang prestasi di pasar asuransi.

Meskipun baru berdiri pada tahun 1997, Pan Pacific Insurance telah memiliki banyak sekali pilihan asuransi yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Apa saja produk-produk yang ditawarkan?

Produk unggulan Pan Pacific Insurance

Meskipun baru berdiri belasan tahun, perusahaan ini memiliki banyak sekali produk asuransi yang dapat kamu pertimbangkan.

Selain itu, Pan Pacific insurance juga menoreh banyak sekali penghargaan di pasar asuransi. Salah satu penghargaan yang didapat adalah 1st rank of Best Insurance from Infobank 2013, Best General Insurance 2014, dan Best Sharia Insurance 2016.

Penghargaan sebanyak ini tentu sangat membantu untuk mempertimbangkan dalam memilih asuransi yang tepat untuk kamu dan keluarga. Produk asuransi Pan Pacific terdiri dari sembilan kategori berikut:

1. Pacific Auto Guard

Produk asuransi ini khusus melindungi kendaraan beroda empat dan lebih yang terdiri dari sedan, mini bus, truk, pick up, dan bus.

Perlindungan ini diberikan berdasarkan dua jenis, yaitu Comprehensive dan Total Lost Only (TLO). Ada pula penambahan perlindungan seperti santunan kecelakaan terhadap pengemudi/penumpang, bencana alam, dan huru hara.

2. Pacific Health Care

Asuransi kesehatan dari Pan Pacific menjamin lima macam, yaitu Rawat Inap, Rawat Jalan, Perawatan Gigi, Jaminan Melahirkan, dan Jaminan Kacamata.

Keunikan dari produk ini adalah sistem pembayaran yang menggunakan Show Card Provider dan Swipe Card yang bertujuan memberikan pelayanan lebih mudah.

Beda dengan produk yang lain, jaminan kacamata menggunakan sistem pembayaran reimbursement.

3. Pacific Home Care

Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap hunian dan properti lainnya seperti kantor, ruko, dan pabrik.

Ada dua jenis klaim yang dapat diajukan, yaitu FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft and Smokes) dan Properti Semua Risiko (Kebakaran, Petir, Huru Hara, Tanah Longsor, dan Pembersihan Puing-puing sebesar 10 persen).

4. Pacific Marine Cargo

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan khusus untuk kapal pengangkutan barang dari beberapa risiko vital.

Ada tiga macam risiko yang dapat ditanggung Pan Pacific yang juga disebut Institute Cargo Clauses. Setiap jaminan dibedakan dalam seri A, B, dan C berdasarkan jenis kerusakan yang didapat.

5. Surety Bond

Jenis asuransi juga biasa disebut dengan asuransi surat jaminan. Produk ini memberikan jaminan terhadap surat-surat berharga terhadap Penjamin (Surety) kepada Kontraktor (Principal).

6. Heavy Equipment

Tujuan dari adanya asuransi alat berat ini adalah memberikan perlindungan terhadap alat-alat berat pada saat masa perawatan, pemeliharaan, dan bahkan kerusakan.

Alat-alat berat yang dipertanggungkan biasanya berupa Excavator, Dump Truck, dan Mixture Compressor.

7. Money Insurance

Asuransi uang memberikan perlindungan kepada nasabahnya yang memiliki penyimpanan uang di brankas. Manfaat akan diberikan jika terjadi pencurian dan perampokan terhadap tempat penyimpanan tersebut.

8. Sharia Insurance

Pan Pacific juga memiliki asuransi syariah yang diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Pada produk asuransi syariah Pan Pacific, mereka memiliki lima macam perlindungan syariah yaitu Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor, Asuransi Syariah Kebakaran, Asuransi Syariah Alat Berat, Asuransi Syariah Pembayaran Multiguna, dan Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh.

9. Consumptive Credit Insurance

Program asuransi ini memberi jaminan terhadap kegagalan dalam membayar utang terhadap suatu peminjaman kepada Bank atau lembaga institusi non-bank.

Premi Pan Pacific Insurance

Premi asuransi Pan Pacific dipengaruhi sejumlah faktor, seperti jenis asuransi yang diambil, profil tertanggung (antara lain usia, jenis kelamin, pekerjaan, riwayat penyakit), serta jenis dan nilai harta benda atau aset yang diasuransikan. Cakupan pertanggungan juga bisa memengaruhi besaran premi yang dipilih.

Untuk mengetahui besaran premi Pan Pacific insurance, kamu bisa mengakses laman produk di situs resmi Pan Pacific atau lebih mudahnya kunjungi lifepal.co.id/asuransi/pan-pacific/ untuk mendapatkan diskon.

Cara Klaim Pan Pacific Insurance

Cara pengajuan klaim asuransi Pan Pacific disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki.

Misalnya, kamu memiliki polis asuransi kendaraan bermotor dan ingin mengajukan klaim, kamu bisa menghubungi Care Center 24 jam ke (021) 8098000 atau (021) 83704309.

Kamu juga bisa mengajukan klaim secara manual dengan datang langsung ke kantor Pan Pacific terdekat.

Sebelum mengajukan klaim, pastikan periode polis asuransi kamu masih berlaku dan jenis pertanggungannya lengkap.

Berikut ini syarat-syarat klaim Pan Pacific Insurance yang harus disiapkan.

  • Siapkan fotokopi KTP, SIM dan STNK.
  • Polis asuransi
  • Dokumen lain bila diperlukan

Setelah klaim dilaporkan secara lengkap dan detail, surveyor akan melakukan cek fisik kendaraanmu. Kemudian pihak Pan Pacific akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk perbaikan di bengkel rekanan.

Pengecualian asuransi mobil Pan Pacific Insurance

Meskipun asuransi mobil Pan Pacific terjangkau, jenis pertanggungan ini tidak menjamin:

1. Kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan oleh:

2. Penggunaan kendaraan untuk:

  • Menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, atau memberi pelajaran mengemudi
  • Mengikuti latihan, karnaval, perlombaan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan berkendara, pawai, kampanye serta unjuk rasa
  • Melakukan tindakan kejahatan
  • Hal-hal selain yang dicantumkan dalam polis

3. Perbuatan jahat yang dilakukan atau disebabkan:

  • Tertanggung sendiri
  • Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung
  • Orang yang tinggal bersama Tertanggung
  • Orang yang disuruh oleh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, atau orang dengan seizin atau sepengetahuan Tertanggung
  • Pengurus, pemegang saham, pegawai atau komisaris, jika Tertanggung merupakan badan hukum
  • Kelebihan muatan melebihi kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan

4. Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.

5. Kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang langsung maupun tidak langsung merupakan akibat dari, disebabkan atau ditimbulkan oleh:

  • Kerusuhan, penghalangan bekerja, pemogokan, huru-hara, tawuran, gerakan atau pembangkitan rakyat, kudeta, makar, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, terorisme, sabotase, penjarahan
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, angin topan, tsunami, banjir, hujan es, tanah longsor, genangan air, atau gejala geologi atau metereologi lainnya
  • Reaksi nuklir, termasuk tapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar kendaraan bermotor atau kepentingan yang dipertanggungkan

6. Kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, jika:

  • Disebabkan oleh tindakan yang disengaja oleh Tertanggung atau pengemudi pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan
  • Kendaraan bermotor dikemudikan oleh orang yang tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Kendaraan bermotor dikemudikan oleh orang yang berada di bawah pengaruh obat terlarang, minuman keras, atau bahan lain yang membahayakan
  • Kendaraan bermotor dikemudikan secara paksa meskipun secara teknis kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan
  • Kendaraan bermotor memasuki atau melewati jalan yang tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk kendaraan bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu lintas

Perluasan pertanggungan dalam asuransi mobil Pan Pacific Insurance

Jika kamu memiliki polis asuransi mobil Pan Pacific, kamu bisa menambahkan beberapa jaminan perluasan ke premi asuransi kamu, seperti:

  • Accident Driver (Personal Accident/PA)
  • Cost of Treatment (Medical Expense/Medex)
  • Flood & Cyclone (Flood & Winstorm)
  • Liability to the Three Parties (Third Party Liability / TPL)
  • Passenger Personal Accident (Personal Accident / PA)

Itulah hal-hal menarik dari asuransi Pan Pacific. Sudah terbukti sekali bahwa perusahaan ini sudah membantu banyak nasabah dalam penanganan asuransi kesehatan dan asuransi umum.

Oleh karena itu, produk asuransi ini perlu dipertimbangkan demi melindungi kamu dan keluarga dari risiko finansial.