Kenali Jasa Pegadaian Saat Kepepet Duit

Dalam dunia perutangan, sepertinya sulit melakoni anjuran miliarder Donald Trump maupun Robert T Kyosaki, penulis buku Rich Dad and Poor Dad kalau dalam kondisi butuh dana cepat. Keduanya menganjurkan niatan pinjam duit ke bank mesti memastikan kondisi keuangan lagi baik. Padahal yang namanya butuh dana cepat kemungkinan disebabkan kondisi keuangan lagi seret.

Untungnya, meminjam ke bank bukan satu-satunya solusi. Masih ada jurus lain yang bisa dipilih.

Apalagi kalau bukan dengan cara menggadaikan barang atau aset. Asalkan barang atau aset itu berharga, ada tempat yang biasa jadi rujukan menggadaikan.

Tempat itu adalah Pegadaian. Badan usaha milik pemerintah ini menjadi prioritas utama sebagain masyarakat dalam menyelesaikan masalah keuangan. Tengok saja mottonya, “Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah.”

Kegiatan Pegadaian memang berurusan dengan gadai-menggadai barang. Entah itu barang elektronik, kendaraan bermotor, logam mulia, dan lain sebagainya. Enaknya berhubungan dengan Pegadaian itu adalah prosedurnya yang praktis dan tak berbelit-belit.

Misalnya saja niat gadai perhiasan emas. Caranya gampang banget. Cukup bawa perhiasan plus suratnya bersama KTP dan fotokopi. Terus isi formulir yang telah disediakan.

 

Nantinya petugas akan memeriksa dulu emasnya untuk diberi penilaian harga yang wajar. Prosesnya paling maksimal 15 menit. Tapi tergantung panjang antrean ya.

Sedangkan kalau gadai barang elektronik mensyaratkan kuitansi pembelian dan tentunya membawa barang yang mau digadaikan itu. Sementara jika kendaraan bermotor maka yang mesti dibawa adalah BPKB-nya.

[Baca: Utang dengan Jaminan BPKB? Kenali Dulu Hak-Hak Hukum Anda]

Bagi kendaraan yang masih dalam status kredit, ya wassalam. Artinya tak bisa dikredit lantaran BPKB-nya masih jadi jaminan di bank atau leasing.

Kenali Jasa Pegadaian Saat Kepepet Duit

Berikutnya, petugas akan memeriksa semua persyaratan itu. Jika sesuai ketentuan, maka petugas akan menilai barang-barang tersebut dan barulah diketahui berapa maksimal uang yang bisa dipinjam. Prosesnya bisa sampai 20 menitan.

Tapi menggadaikan barang di Pegadaian tetap ada biaya yang mesti dilunasi. Sebut saja biaya administrasi yang besarannya 1 persen dari jumlah pinjaman.

Terus ada pula bunga. Pegadaian menyebutnya sewa modal yang terdiri dari empat golongan berdasarkan besaran uang pinjaman. Makin besar uang yang dipinjam, maka makin besar pula pengenaan sewa modalnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →