Kenali Manfaat Kartu Kreditmu: Points Rewards vs Cash Back

kartu kredit bebas iuran tahunan

Sudah bukan rahasia lagi, kartu kredit bikin hidup lebih simpel. Mau bayar tagihan air atau listrik bulanan, bisa pakai kartu kredit. Beli gadget terbaru, bisa juga nyicil pakai kartu kredit.

Karena banyaknya kegunaan ini, tak jarang orang sampai punya lebih dari satu kartu kredit. Alasannya, selain ingin mempermudah transaksi keuangan, mereka mengincar manfaat berupa ganjaran atau rewards dari setiap penggunaan kartu ajaib itu.

Secara umum, rewards kartu kredit dibedakan menjadi dua, yaitu berbentuk poin (poin rewards) dan cash back. Mana yang paling pas dengan kebutuhanmu, mari simak penjelasan points rewards vs cash back berikut ini:

Poin Rewards

Kalau dulu kalian pas sekolah sering ngelanggar aturan, pasti gampang memahami apa itu poin rewards. Hehehe… Beberapa sekolah menerapkan pengenaan poin setiap kali siswanya ngelanggar aturan.

Misalnya telat masuk, kena poin 10. Gak ngerjain PR, kena 50. Kalau di kartu kredit, poin ini didapat kalau pemiliknya memakai kartu kredit itu untuk bertransaksi dengan syarat tertentu.

Contohnya membayar belanjaan di supermarket, setiap pembelanjaan Rp 2.000 mendapat 1 poin. Kalau total belanjaan Rp 200.000, berarti dapat 100 poin.

Beda penerapan poin di sekolah dan kartu kredit adalah kalau poin di sekolah sudah terkumpul sampai jumlah tertentu, siswa dikenai sanksi. Tapi kalau pengguna kartu kredit bakal dapat ganjaran menguntungkan, misalnya:

  • Diskon belanja
  • Voucher
  • Hadiah barang, misalnya handphone.

Kalau rewards dari penggunaan kartu kredit untuk penerbangan disebut mileage. Cara kerjanya mirip dengan poin. Mileage bisa didapat lewat transaksi apa pun yang sudah ditentukan, terutama penerbangan.

Misalnya beli tiket pesawat, dan transaksi belanja menggunakan kartu kredit tertentu, seperti Citibank Garuda Indonesia.  Poin dari kartu kredit reguler juga bisa ditukar dengan mileage.

Mileage yang dikumpulkan biasanya ditukarkan dengan fasilitas yang terkait dengan travel, contohnya:

  • Diskon tiket pesawat
  • Upgrade kursi di pesawat
  • Gratis bagasi
  • Diskon hotel

Tapi mileage bisa juga ditukar dengan rewards non-travel. Di antaranya adalah diskon belanja dan voucher.

Setiap bank penerbit kartu kredit punya aturan sendiri-sendiri soal pengumpulan dan penukaran (redemption) poin rewards. Bahkan ada juga yang menerbitkan kartu kredit khsus buat yang gemar mengoleksi poin, seperti Citi Rewards Cards.

Yang pasti, poin ini biasanya ada masa kedaluwarsanya alias bisa hangus. Jadi lihat syarat dan ketentuan soal poin rewards kartu kredit kalian di bank penerbit masing-masing.

Cashback

Cashback bisa diterjemahkan sebagai pengembalian uang tunai. Dalam soal kartu kredit, cashback adalah bonus yang diberikan kepada pengguna kartu kredit yang menggunakan kartu itu untuk bertransaksi dengan merchant tertentu sesuai syarat dan ketentuan.

Misalnya Erafone menjual Samsung Galaxy S6 seharga Rp 10 juta dengan cash back 10 persen. Berarti kalau membelinya pengguna kartu mendapat bonus sebesar 10 persen x Rp 10 juta= Rp 1 juta yang dikembalikan ke kredit saldonya.

Selain transaksi langsung seperti tersebut di atas, cash back juga bisa diberikan lewat akumulasi transaksi dalam jangka waktu tertentu. Contohnya belanja di supermarket sebanyak 5 kali dalam sebulan dengan minimal belanja Rp 100 ribu per transaksi.

Transaksi di pom bensin juga bisa mendapat cash back. Cocok banget program ini di tengah harga BBM yang sedang naik.

Seperti poin rewards, ada juga bank yang menerbitkan kartu kredit khusus program cash back. Contohnya Sinarmas Cashback Visa Platinum.

Baik poin rewards maupun cash back adalah manfaat kartu kredit yang sangat membantu keuangan pengguna kartu tersebut. Tapi harus diingat, penggunaan kartu kredit harus disesuaikan dengan gaya hidup dan kondisi keuangan.

Soalnya ada juga yang mengejar rewards saja tanpa mempedulikan kemampuan keuangannya. Perilaku seperti itulah yang bisa menjatuhkan pengguna kartu kredit ke jurang utang yang dalam.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →