Kost di Daerah Jakarta Selatan Terkenal Mahal? Ini 6 Penyebabnya

Kebanyakan kost Jakarta Selatan terkenal mahal karena emang rata-rata hadir dengan konsep elit. Cuma aja, harganya bikin elus dada banget, lho!

Gimana gak, ada kos-kosan di daerah Kemang misalnya dibanderol dengan harga sampai belasan juta per bulan. Itu kos-kosan, bukan apartemen. Sangat fantastis kan harganya?

Secara rata-rata, kalau kamu menyusuri daerah Kemang, misalnya di Jalan Benda atau Bangka, maka kamu bakal dapetin harga kosan sekitar Rp 3 jutaan per bulan.

Dengan tarif segitu, kamu bakal dapat kos-kosan yang layak namun gak wah banget sih. Namun, kalau di bawah angka itu, biasanya kamu harus pasrah dengan kondisi dan fasilitas yang seadanya.

Jadi, bayangin aja berapa gaji yang harus kamu peroleh bila ingin tinggal, misalnya di daerah Kemang, Jakarta Selatan?

Ini 6 Dalang Harga Kost Jakarta Selatan Gak Masuk Akal

Melihat harga yang fantastis tersebut, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sih harga kost Jakarta Selatan gak masuk akal gituh? Yuk, kita bahas di artikel ini.

kost jakarta selatan
Daerah Jakarta Selatan kini didominasi gedung-gedung perkantoran. (pexels)

1. Pusat bisnis, khususnya perkantoran

Kota Jakarta Selatan sebagian besar didominasi oleh pusat bisnis. Misalnya aja, daerah Mampang Prapatan, Kuningan, dan Setiabudi. Kamu bisa lihat berbagai gedung tinggi meramaikan daerah tersebut.

Orang-orang, bahkan dari luar daerah, banyak yang bekerja di daerah tersebut. Biar mengefektifkan waktu berangkat mereka, akhirnya banyak yang memilih buat ngekos di daerah ini. Banyak permintaan, maka harga pun bisa “dimainkan”, bukan?

Kini, bukan cuma daerah Mampang Prapatan maupun Setiabudi yang dijadikan daerah perkantoran. Daerah Kemang yang notabene dikenal dengan rumah-rumah elitnya pun sekarang sering kali dijadikan kantor. Bahkan, rumah Pondok Indah yang selama ini “cuma” dijadikan hunian pun mulai dibangun gedung perkantoran.

2. Pusat hiburan

Tingginya populasi di daerah tersebut tentu jadi ladang buat para pebisnis untuk membangun beragam tempat hiburan. Gitu juga sebaliknya.

Cukup banyak daerah Jakarta Selatan yang punya pusat hiburan. Kamu pasti mudah banget temukan restoran, kafe, maupun bar. Kemudian, cukup banyak pula mal di kota ini. Bahkan, mal-mal besar seperti Kota Kasablanka, Kuningan City, Gandaria City Mall, PIM hingga mal elit Pacific Place.

3. Banyak ekspatriat

Gak dipungkiri bahwa daerah selatan Jakarta emang didominasi oleh ekspatriat. Bahkan, daerah Kemang sedari zaman dahulu, khususnya sejak 1965 emang ditinggali banyak kaum ekspat, lho.

Alasannya, para ekspatriat ini menyukai daerah Jakarta Selatan, khususnya Kemang yang masih asri dan lebih nyaman.

Peluang ini pulalah yang membuat banyak pemilik kos-kosan mematok harga yang cukup tinggi. Apalagi si eskpatriat sendiri gak merasa masalah dengan harga tersebut lantaran gaji mereka yang kebanyakan emang di atas rata-rata.

4. Jakarta Selatan punya banyak daerah prestise

Alasan selanjutnya adalah prestise. Rangkuman dari beberapa alasan yang udah disebutkan di atas bikin kost Jakarta Selatan pun berikan prestise bagi penghuninya.

Coba aja kamu sebutkan kalau kamu kost di Kemang. Lawan bicara kamu bakal berdecak kagum karena pasti udah tahulah ya kalau kost di sana cukup mahal.

Prestise tersebutlah yang bikin banyak orang rela menggelontorkan sedemikian besar dana buat tinggal di sana. Tentu selain apabila dia emang kerja di daerah tersebut.

5. Pembangunan infrastruktur sedang digencarkan

Yap! Infrastruktur yang lengkap di suatu daerah tentu jadi faktor kuat buat menaikkan harga properti di sana, termasuk juga buat sewa.

Beberapa daerah Jakarta Selatan emang sedang gencar-gencarnya dibangun infrastruktur seperti jalan, moda transportasi, dan sebagainya. Yang paling anyar dan udah kelar adalah daerah Mampang-Kuningan yang udah dibuatkan terowongan alias underpass.

Jalur LRT pun dibangun melalui daerah-daerah Jakarta Selatan. Kemudian, kamu pun bakal dengan mudah menemukan pembangunan jalan layang di area ini.

6. Fasilitas kost Jakarta Selatan rata-rata eksklusif

Dengan segala kelengkapan daerah Jakarta Selatan itu, tentu pemilik kost pun berlomba-lomba buat merenovasi kos-kosan mereka. Rata-rata kost yang ada di Jakarta Selatan pun akhirnya terkenal eksklusif dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Kamu boleh survei sendiri deh gimana lengkapnya fasilitas kost di sana. Gak cuma memberikan fasilitas AC, tetapi juga tersedia fasilitas kolam renang dan bahkan kafe. Kamar pun sangat nyaman dengan tempat tidur berkualitas, fasilitas televisi, tv kabel, air panas, dan sebagainya.

Kenapa bisa gitu? Salah satunya banyak permintaan terhadap fasilitas tersebut. Jadi ya laku-laku aja meski harganya gak masuk akal. Si penghuni merasa gak keberatan karena apa yang dia dapatkan sepadan.

Jadi, gimana? Tertarik buat tinggal di kost Jakarta Selatan? Bila kamu kerja di daerah ini, kamu pilih ngekos atau tetap pergi-pulang ke rumah aja nih?

Sebenarnya kamu bisa kok ngekos di daerah ini dengan memilih kost yang gak gitu mahal. Lah kok bisa? Bukannya daerah selatan ini terkenal gak masuk akal banget harga kosnya?

Eits, jangan menyamaratakan semuanya dong! Daerah selatan itu luas, Bro dan Sis. Gak semua kost di Jakarta Selatan, bahkan Kemang sekalipun yang mahal pakai banget. Asalkan kamu tahu triknya!

Yuk, lanjut baca artikel ini biar tahu gimana cara dapat kost yang terjangkau di daerah Jakarta Selatan.

Trik Dapat Kost Harga Terjangkau di Selatan Jakarta

1. Jangan pusingin fasilitas

kost exclusive jakarta selatan
Kalau kamu mau fasilitasnya sekeren ini, ya siap-siap dana deh. (pexels)

Tentu aja kamu perlu kompromi soal fasilitas bila pengin tinggal di daerah selatan Jakarta namun dengan harga terjangkau.

Kalau kamu pengin dapat fasilitas berupa AC, televisi, air panas, dapur yang lengkap, ada rooftop pula plus kolam renang, ya siap-siap aja. Siap-siap apa? Tentu aja siap dana yang gak sedikit.

Kamu sebenarnya tetap bisa kok tinggal di daerah dekat kantor kamu saat ini dengan harga yang sesuai gaji. Dengan catatan, pilihlah kost yang seadanya.

Contoh di daerah selatan Jakarta, kamu masih bisa temukan beberapa kost yang ‘nyempil’ dengan fasilitas kasur dan kipas angin aja. Jadi, kamu bisa bayar dengan harga sangat murah.

Kalau pengin lebih nyaman, kamu bisa pilih kost dengan fasilitas cukup AC dan kasur aja. Selebihnya kan kamu bisa isi sendiri dengan cara cicil beli perabotan satu per satu bila gak merepotkan. Hitung-hitung investasi perabotan bila nanti punya rumah sendiri.

2. Cari di gang-gang sempit yang gak masuk mobil

Hampir setiap daerah di Jakarta Selatan pasti punya lokasi dengan gang sempit. Mobil pun gak bisa masuk ke dalam. Tentu faktor tersebut bikin harga properti termasuk sewa di sana pun jauh lebih murah daripada seharusnya.

Nah, kamu bisa lirik tuh daerah-daerah tersebut. Dengan catatan, kamu gak perlu bawa kendaraan ke kos ya. Lagian ngapain juga bawa kendaraan pribadi berupa mobil kalau kamu toh bisa jalan ke kantor. Sekaligus hemat pengeluaran bensin kan jadinya?

3. Cari yang dekat sekolah atau kampus

Biasanya kost yang berada di dekat sekolah atau kampus dibanderol lebih murah, karena target pasarnya emang pelajar. Kalau pemilik kost emang gak keberatan buat menampung karyawan, kamu bisa deh kost di situ.

Cuma aja kamu mesti siap dengan konsekuensi jam malam. Kebanyakan kost di daerah sekolah atau kampus biasanya menerapkan penguncian gerbang di jam tertentu, misalnya jam 10 malam ke atas.

4. Kost di daerah ‘pinggiran’

Misalnya kamu kerja di daerah Rasuna Said, maka kamu bisa pilih kost di daerah Mampang yang gak gitu jauh. Atau, kamu yang kerja di Kemang, kamu bisa pilih daerah Fatmawati atau Pondok Labu.

Jarak antara kost dan kantor emang harus ditempuh dengan kendaraan dan butuh waktu sekitar 15 menit sampai 20 menit. Namun, masih masuk akal banget dan cukup efektif kamu tempuh setiap paginya.

Kalau kamu pengin kost Jakarta Selatan yang fasilitasnya lengkap namun dengan harga lebih terjangkau, kamu bisa terapkan cara ini.

Asal tahu aja, kost dengan fasilitas lengkap di daerah Kemang Raya misalnya. Di sana kamu harus bayar sampai Rp 4,5 juta. Namun, kalau kamu agar ‘minggir’ dikit ke Cilandak, seperti Fatmawati atau lebih jauh dikit ke Pondok Labu, maka kamu bisa dapat hampir setengah harga.

Asyik, kan?

Jadi, siapa bilang kost Jakarta Selatan selalu mahal? Iya, benar rata-rata emang mahal, namun gak semuanya, kok. Kamu bisa berkompromi dikit dengan fasilitas atau ‘minggir’ dikit.

Makanya, yuk cerdas memilih kosan!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →