Alasan Kenapa Mobil Listrik Tidak Kena Ganjil Genap

kenapa mobil listrik tidak kena ganjil genap

Mungkin beberapa dari kamu penasaran, kenapa mobil listrik tidak kena ganjil genap. Padahal, yang membedakan dengan mobil lainnya hanya bahan bakarnya saja.

Hal ini lantaran adanya peraturan yang tertulis di Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Selain karena aturan plat nomor ganjil genap tersebut, keistimewaan mobil listrik juga disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini ulasannya untuk kamu. 

Kenapa mobil listrik tidak kena ganjil genap?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, alasan kenapa mobil listrik lolos ganjil genap adalah adanya peraturan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019. 

Selain itu, mengutip informasi dari detik.com, mobil listrik tidak kena ganjil genap karena dianggap memiliki emisi yang rendah. Hal ini juga termasuk upaya mendukung program dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara melalui aturan ganjil-genap.

Nantinya, mobil listrik akan ditandai dengan plat nomor khusus, yakni ada lis warna biru pada bagian platnya. Sehingga, memudahkan pengecekan oleh petugas lalu lintas. 

Untuk saat ini, mobil listrik yang baru ada di Indonesia adalah mobil merek BMW, Tesla, dan juga Hyundai. 

Sebagai informasi, kendaraan yang bebas ganjil genap adalah kendaraan yang full energinya dari listrik. Untuk kendaraan hybrid di mana bahan bakar masih bercampur dengan bensin, maka tetap mengikuti aturan ganjil genap. 

Dasar peraturan kenapa mobil listrik tidak kena ganjil genap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dasar peraturan untuk mobil listrik yang kebal ganjil genap adalah Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Sesuai dengan pasal 4 ayat 1 Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019, ada 13 kendaraan yang bebas aturan ganjil genap, termasuk mobil listrik. Berikut ini daftarnya:

Kendaraan dengan tanda khusus yang membawa penyandang disabilitas

  1. Ambulans
  2. Kendaraan pemadam kebakaran
  3. Angkutan umum plat nomor warna dasar kuning 
  4. Kendaraan yang bahan bakarnya listrik
  5. Sepeda motor
  6. Kendaraan pengangkut bahan bakar minyak atau gas
  7. Kendaraan pimpinan Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia, seperti Presiden atau Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MA, MK, hingga BPK
  8. Kendaraan dinas plat nomor warna dasar merah, TNI, dan POLRI
  9. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta tamu negara 
  10. Kendaraan darurat yang menolong kecelakaan lalu lintas
  11. Kendaraan pengangkut uang dari BI, antar bank, atau untuk pengisian ATM
  12. Kendaraan untuk kepentingan khusus yang dikawal oleh POLRI

Apabila kamu mengendarai kendaraan yang termasuk ke dalam 13 kriteria di atas, maka kamu akan terbebas dari aturan ganjil-genap. 

Kelebihan mobil listrik

Selain terbebas dari aturan ganjil genap, ada banyak kelebihan lain dari mobil listrik yang perlu kamu tahu. 

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Melalui peraturan tersebut pemerintah memang sedang menggenjot perubahan ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan. Berikut ini beberapa kelebihan mobil listrik. 

1. Pajak murah

Kelebihan utama dari mobil listrik adalah biaya pajak yang murah dibandingkan dengan mobil konvensional lainnya. 

Sebagai contoh, pajak mobil listrik untuk mobil Hyundai Ioniq Electric jumlahnya tidak sampai Rp1 juta per tahun, loh!

Lalu, di wilayah DKI Jakarta, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor gratis dan PKB hanya dikenakan 10 persen saja. Bagaimana, tertarik?

2. Ramah lingkungan

Untuk kamu yang mendambakan udara bersih, membeli mobil listrik bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. 

Diketahui jika mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas yang menyebabkan polusi udara. Jadi, bisa dibilang mobil ini ramah lingkungan.

3. Perawatannya tidak ribet

Untuk mobil konvensional, tentunya membutuhkan perawatan rutin, seperti ganti oli, dan penggantian spare part lainnya.

Namun, jika kamu membeli mobil listrik, perawatannya sangat minim, bahkan tidak membutuhkan pelumas mesin seperti oli mobil.

Perawatan yang biasanya dilakukan seperti penggantian kapas rem saja hingga penggantian air radiator. 

4. Torsi instan

Kelebihan lain dari mobil listrik adalah memiliki torsi instan yakni laju mobil yang lebih lincah dan juga gesit saat menginjak pedal akselerator. 

Hal ini berbeda dengan mobil konvensional yang baru mencapai puncak torsi ketika putaran mesin tertentu. 

5. Kabin lebih senyap

Kelebihan lain dari mobil listrik adalah kabin lebih senyap karena tidak ada proses pembakaran pada mesin. 

Jadi, suara yang dihasilkan hampir tidak ada dan pengalaman berkendara kamu semakin nyaman. 

Kekurangan mobil listrik

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, namun tetap saja ada beberapa kekurangan mobil listrik yang perlu kamu perhatikan. 

1. Harga mahal

Mengingat produsen mobil listrik masih sangat terbatas, jadi hanya merek mobil tertentu saja yang tersedia. Akibatnya, harga mobil yang ditawarkan pun lebih mahal.

Mobil listrik termurah yang ada di Indonesia yakni merek DFSK Gelora E dengan harga Rp 469 jutaan.

Selain merek tersebut, ada mobil Hyundai, Tesla, dan BMW yang pastinya harganya di atas Rp 500 juta.

2. Tempat mengisi baterai terbatas

Untuk tempat pengisian baterai mobil listrik, tempatnya pun masih sangat terbatas dan hanya ada di beberapa kota besar.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan kamu yang akan bepergian ke daerah-daerah terpencil karena tempat pengisian mobil listrik masih terbatas.

3. Waktu cas lama

Seperti halnya barang elektronik, untuk melakukan pengecasan mobil listrik juga membutuhkan waktu yang lama, yakni selama 5-6 jam.

Tentunya hal ini akan merepotkan terutama jika kamu akan bepergian dalam waktu yang lama. Berbeda dengan bahan bakar bensin yang proses pengisiannya hanya lima menit saja. 

4. Harga baterai mahal

Kekurangan lain dari mobil listrik adalah harga baterainya yang mahal. Sama seperti produk elektronik lainnya, baterai pada mobil listrik juga harus diganti dalam jangka waktu pemakaian tertentu. 

Meskipun ketahanan baterai ini bisa mencapai 8 tahun, namun bukan tidak mungkin bisa lebih cepat.  Jadi tetap harus mempersiapkan budget lebih untuk penggantian baterai mobil listrik, ya.

 

Tips dari Lifepal! Untuk kamu yang memang ingin berkontribusi terhadap lingkungan, kamu bisa memulainya dengan mobil listrik.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan, termasuk tidak terkena aturan ganjil genap hingga pajak mobil yang lebih murah. 

Namun, jika kamu tinggal jauh dari kota besar, sebaiknya pertimbangkan lagi karena tempat pengisian baterai masih sangat terbatas. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Penting memiliki asuransi mobil

Meskipun perawatan mobil listrik terbilang minim, namun sebaiknya kamu tetap memiliki asuransi mobil untuk berjaga-jaga, ya. 

Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi apabila mobil listrik kamu mengalami masalah, seperti baret, penyok, dan lain sebagainya.

Tabungan dan aset-aset kamu pun akan aman dan kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya servis mobil. Sebab biaya servis mobil memang tidak murah. Cek produk asuransi mobil terbaik di Lifepal!

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar kenapa mobil listrik tidak kena ganjil genap

Alasan kenapa mobil listrik lolos ganjil genap adalah adanya peraturan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019.

Mobil listrik dianggap memiliki emisi yang rendah. Hal ini juga termasuk upaya mendukung program dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara melalui aturan ganjil-genap.

Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.