5 Pilihan Kerja di Rumah buat Ciptakan Penghasilan Tambahan

Kerja di rumah

Kerja di rumah merupakan impian setiap orang. Kamu bisa mendapat pemasukan sekalipun menghabiskan waktu lebih banyak di rumah.

Terlebih kini kecanggihan teknologi membuat semuanya menjadi mudah. Kerja di rumah semakin mudah, praktis, dan tidak merepotkan.

Semua tersambung lewat ponsel, meeting dapat dilakukan via Hangout atau Zoom. Bahkan, memberikan tugas bisa melalui email atau chat serta koordinasi antartim bisa lewat Whatsapp.

Penasaran, pekerjaan apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah? Berikut ini daftarnya.

  • Freelancer
  • Ikuti kontes atau lomba online
  • Tester aplikasi
  • Reviewer
  • Menjadi reseller

1. Freelancer

Menjadi pekerja lepas atau freelancer adalah salah satunya. kamu bisa bebas mengambil beberapa proyek yang mampu kamu kerjakan, atau senangi pekerjaannya.

Namanya saja sudah freelance, kamu dibebaskan dari mengisi absensi, berpakaian formal atau bahkan bertemu langsung dengan klien.

Banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu pilih, mulai jadi penulis, desain grafis, editor video hingga fotografer.

Lalu, sebelum memulai menjadi freelancer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar banyak yang minat dengan jasa kamu sebagai freelancer.

  • Perbanyak pengalaman
    Pengalaman bekerja di berbagai proyek dan klien yang mempunyai nama besar jadi daya tarik sendiri yang membuat kamu mudah dapat proyek.

    Untuk itu, baiknya jika masih pemula ambilah semua proyek yang ada. Selain untuk menambah portfolio, proyek tersebut juga bisa jadi ladang kita untuk semakin berkembang.

  • Buat profil yang meyakinkan
    Setelah mengerjakan banyak projek dengan berbagai klien, sebaiknya kamu juga meng-upgrade profil kamu. Biar apa profil ini? Tujuannya jelas yaitu sebagai branding identitas dan kemampuan kamu sebagai freelancer.
  • Sesuai kapasitas
    Kerjakan proyek yang memang kamu mampu kerjakan. Jangan pernah memilih hanya karena berani kasih harga tinggi namun kamu tidak mampu mengerjakannya.

    Hal ini selain hasilnya tidak akan maksimal, klien juga kemungkinan akan pergi dan ini membuat rating/reputasi kamu buruk.

    Namun, walaupun begitu, bukan berarti kamu harus menurunkan tarif serendah-rendahnya. Ketahuilah harga jasa freelance yang kamu geluti, baik sebagai pemula maupun yang sudah pro. Hal ini karena menurunkan tarif bakal bikin kamu kurang termotivasi karena merasa terbebani.

  • Komunikasi yang baik
    Klien adalah raja, untuk itu komunikasi antar freelance dan klien tentulah harus baik. Selalu melaporkan perkembangan pekerjaan kamu sebelum mendekati deadline.

    Walaupun klien adalah raja, kamu juga tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada klien soal syarat dan batasan dalam pekerjaannya.

    Bagaimana pun lebih baik revisi sebelum deadline daripada harus buru-buru memperbaiki revisi saat mentok deadline.

2. Ikuti kontes atau lomba online

Banyak sekali kontes atau lomba online yang bisa kamu ikuti secara langsung. Mulai dari yang diadakan Pemerintah hingga swasta sering sekali menggelar lomba blog, video, atau desain logo yang hadiahnya lumayan besar.

Waktu yang diperlukan juga kadang lumayan panjang sekitar 1 – 2 bulan sehingga kamu bisa ikut banyak kontes sekaligus dalam sebulan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jika menjadi pemenang, prestasi ini bakal jadi nilai plus dan daya tarik tersendiri dalam portofolio kamu. Sebab level karya yang kamu buat sudah sampai tahap juara kontes atau lomba dengan juri-juri terbaik.

Tentu jangan lupa dengan hadiahnya yang berupa uang serta piagam khusus. Hadiah uangnya juga sering pula jumlahnya luar biasa untuk lomba tulisan atau desain logo sebuah lembaga/instansi.

Bahkan, jika karya kamu disukai pihak yang menggelar lomba, bisa saja kamu direkrut menjadi timnya atau karyawan langsung.

Jika kalah dalam lomba, tentunya kamu tidak akan menerima hadiah uang. Namun, hal ini bisa disiasati dengan cara meng-upload hasil karya kamu di marketplace asset digital.

Misalnya, lomba foto atau desain grafis (logo), kamu bisa menaruhnya di Shutterstock atau platform lainnya.

Kelak jika ada yang memakai karya kamu, uang akan otomatis masuk ke rekening pribadi kamu. Hal serupa juga bisa dilakukan bagi videographer yang meng-upload videonya di YouTube. Dengan begitu, karya kamu tidak ada yang sia-sia.

3. Tester aplikasi

Di era serba digital seperti ini, perusahaan startup berkembang dan menjadi semakin banyak. Banyak sekali aplikasi yang diluncurkan yang tujuannya untuk mempermudah hidup manusia.

Nah, sebelum peluncuran aplikasi baru atau pengembangan aplikasi biasanya menggunakan bantuan software quality assurance atau software tester.

Tugasnya banyak. Selain melakukan tes kualitas aplikasi, mereka juga mengecek adanya bug atau kesalahan dalam aplikasi. Seorang tester aplikasi biasanya membutuhkan dua metode, yaitu manual testing dan automation testing.

Sayangnya, untuk posisi ini, kamu harus memiliki skill khusus untuk menguasai bahasa pemrograman. Ini karena dalam pekerjaannya, kamu harus membaca script untuk mengetahui berapa banyak bug yang ada di dalamnya. 

4. Reviewer

Sama seperti menjadi investor, seorang reviewer juga membutuhkan gawai dan jaringan internet yang cukup. Hal ini karena seorang reviewer harus selalu rajin tampil di depan kamera dan rutin mengomentari sebuah produk tertentu. 

Tentunya untuk mengawali pekerjaan ini, kamu harus membeli beberapa produk yang tengah hits agar banyak orang yang minat menonton review kamu.

Hal ini karena masyarakat masih banyak yang senang jajan baik makanan, pakaian maupun hal lainnya yang tengah viral.

Rasa penasaran terkait barang atau rasa makanan tersebut yang jadi penyebabnya reviewer ini banyak ditunggu-tunggu.

kamu akan mendapatkan uang dari review yang kamu lakukan, ditambah produk itu sendiri secara gratis. Tentu tawaran ini sangat menarik, selain merasakan makanan dan memakai barang yang tengah hits, kamu juga punya penghasilan sendiri.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Menjadi reseller

Menjadi pengusaha adalah salah satu pekerjaan yang juga bisa dilakukan di rumah. Namun bagi kamu yang mau berdagang tapi tak punya modal, bisa loh menjadi reseller. Kerja di rumah menjadi reseller juga kini banyak digandrungi ibu muda. 

Sistemnya kamu menghubungkan atau mencari pembeli untuk beberapa produk, kemudian untuk memperoleh barang tersebut kamu bisa membelinya di toko lain.

Istilahnya kamu menjadi penghubung atau dropship sebuah barang. Kerja di rumah menjadi reseller gak akan membuat kamu repot.

Kamu tak perlu memikirkan soal packing barang, pengiriman ke kurir dan tak memerlukan gudang untuk menyimpan stok barang.

Sambil rebahan di kamar, uang masuk ke dalam rekening pribadi kamu tanpa memerlukan sedikitpun modal. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai kerja di rumah. Beberapa bahkan tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya.

Ke depannya jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah ini akan semakin banyak dan berkembang.

Hal ini karena hidup akan semakin cepat dan mobile, teknologi semakin maju, dan kebiasaan masyarakat juga akan berevolusi sehingga untuk meraih cuan tak perlu lagi berjuang di dalam kantor, memiliki atasan dan mengorbankan banyak waktu di luar rumah. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →