17 Ide Kerja Sampingan Online Tanpa Modal dengan Penghasilan Menjanjikan

kjerja sampingan online tanpa modal

Kerja sampingan online tanpa modal saat ini banyak dicari-cari oleh orang. Maklum saja, selain memberikan penghasilan tambahan yang menjanjikan, kerja sampingan model begini gak ribet dan gak menyita banyak waktu.

Selama ini, kerja sampingan rata-rata mengharuskan kamu mesti hadir. Coba aja kamu bayangkan, pulang kerja penginnya langsung ke rumah, eh, malah mampir dulu buat menunaikan kewajiban di tempat kerja lainnya.

Enaknya sih kamu dapat penghasilan lebih tiap bulannya. Gak enaknya work life balance jadi terganggu. Bisa-bisa, gara-gara kelamaan melakoni pekerjaan ini, kesehatan mentalmu juga ikut terganggu. Gak menutup kemungkinan, fisikmu drop dan kamu bisa jatuh sakit. Oleh karena itu kamu penting untuk mengantongi asuransi jiwa.

Demi menjaga proteksi keuanganmu, sebagai pencari nafkah perlu lho memiliki asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, kamu sudah memberikan proteksi keuangan pribadi. Selain itu, asuransi jiwa memberikan manfaat berupa uang santunan apabila pemegang polis mengalami musibah hingga meninggal dunia.

Makanya kerja sampingan itu pilihan alternatif buat yang mau tambah penghasilan. Namanya aja online, jadi gak diwajibkan hadir. Berikut, tujuh belas kerja sampingan online tanpa modal yang dijamin kasih penghasilan plus-plus.

1. Penulis artikel

Kamu merasa punya wawasan yang luas dan cukup mumpuni dalam menulis? Gak ada salahnya buat pilih kerja sampingan yang satu ini, penulis artikel.

Sekarang ini kebutuhan artikel untuk blog atau media online kian banyak lho. Soalnya artikel alias content menunjang performa website.

Udah gitu munculnya artikel di suatu website secara terus-menerus menandakan kalau website itu dinamis. Apalagi kalau artikel itu bagus secara SEO, bisa banyak mendatangkan visitor.

Terus berapa bayaran buat penulis artikel online? Harga artikel 600 kata bahasa Indonesia yang standar biasanya Rp50 ribu. Makin bagus kualitasnya, harganya makin mahal, bisa sampai Rp100 ribu.

Rata-rata yang jago nulis malas terima job dari dalam negeri. Mereka lebih memilih terima dari luar negeri. Soalnya bayarannya bisa dua kali lipat, bahkan lebih. Proyek-proyek menulis bisa kamu dapatkan di situs-situs seperti Freelancer, Upwork, Guru, Projects, dan Sribulancer.

2.  Jadi reseller 

Siapa bilang jualan harus punya barang dan toko, sekarang cuma modal laptop, ponsel pintar, dan jaringan internet saja kamu sudah bisa berbisnis. Caranya, kamu bisa beli barang-barang secara online, misal beli barang di luar negeri. Terus, kamu bisa menjual kembali barang tersebut lewat media sosial dengan harga jual yang menguntungkan. Komoditas yang paling laku dijual biasanya barang elektronik, sepatu, dan baju branded.

3. Ikut survei online

Kerja sampingan online yang ini gak butuh effort yang besar banget lho. Gimana gak enteng? Soalnya kamu cuma diminta mengisi survei.

Mekanismenya mudah kok. Kamu cuma perlu registrasi di salah satu website penyedia survei online. Terus nantinya kamu ikuti aturan main pengisian surveinya. Mudah, kan?

Penghasilannya sendiri kamu dapatkan dengan mengumpulkan poin atau reward karena mengisi survei online. Poin tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan uang. Makin banyak poin yang terkumpul, makin besar penghasilan yang kamu terima.

Nih beberapa website yang kasih bayaran buat yang ikutan survei online. Mulai dari ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, hingga SurveyOn.

4. Input data online

Sama dengan survei online, kerja sampingan online yang ini juga gampang banget dilakukan. Kamu cuma perlu memasukkan atau input data dari satu sumber ke dalam file atau sebaliknya.

Bayaran input data online cukup menggiurkan. Per proyeknya kamu bisa dibayar mulai dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

Kalau coba googling pakai kata “kerja online input data”, kamu bakal menemukan beberapa situs yang sediakan pekerjaan ini. Kamu juga bisa cari langsung di situs-situs penyedia kerjaan sampingan semisal Sribulancer atau Freelancer.

5. Jasa desain grafis 

Buat kamu yang doyan corat-coret atau desain, cocok banget jadi desain grafis lepas. Untuk menjaring klien gampang banget kok tinggal pasang karya-karya terbaikmu di media sosial. Tapi untuk menjaring lebih banyak lagi, kamu bisa memajangkan karya di situs-situs kreatif seperti Kreavi, Behance, Dribbble, dan masih banyak lagi. Biaya jasa ini tergantung, kalau kamu sudah dikenal sebagai desainer yang andal, kamu bisa dibayar sampai puluhan juta rupiah untuk satu desain.

6. Tutor online 

Kerja sampingan online berikutnya adalah membuka jasa tutor online. Sekarang zaman udah makin canggih, kamu belajar gak harus bertatap muka langsung dengan guru atau tutornya, tapi lewat video call juga bisa.

Tapi yang menggunakan ini biasanya mereka-mereka yang bekerja di industri pendidikan informal, misal tempat les bahasa Inggris atau les matematika. Kamu bisa mengajarkan ilmu yang kamu punya ke rekan-rekan terdekat dulu saja.

7. Mengevaluasi iklan

Kamu ingin mendapatkan uang US$5 setiap harinya? Kamu bisa mendapatkanya dengan mengevaluasi iklan.

Kerja sampingan yang satu ini cuma mengharuskan kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait iklan yang tayang di media sosial. Begitu udah terdaftar sebagai social media evaluator, kamu nantinya bakal dikirimi 20 iklan setiap hari.

Dari iklan tersebut, ada pertanyaan-pertanyaan yang mesti kamu jawab. Kalau kamu berhasil mengevaluasi 20 iklan, nantinya kamu bakal menerima US$5. Dikalikan 30 hari, berarti kamu dapat US$150. Itu berarti sebulan kamu bisa kantongi Rp2,18 juta. Mantap, kan!

8. Jasa edit foto dan video 

Kamu memiliki latar belakang yang mumpuni di dunia media, bisa mengedit foto dan video bisa buka jasa editan. Kamu juga gak perlu modal kamera mahal kok, kan cuma edit doang, jadi cukup laptop yang digunakan sehari-hari dan software aja bisa itu bisnis jalan. Jasa edit foto dan video juga tergantung dari keperluannya. Kalau untuk keperluan korporat biasanya bayarannya bisa lebih mahal.

9. Menyediakan jasa translate

Beruntunglah buat kamu yang predikat berbahasa asingnya udah kategori native. Dengan kemampuan yang spesial tersebut, kamu bisa manfaatkan buat kerja sampingan online dengan menjadi penyedia jasa translate alias penerjemahan.

Asal tahu aja nih. Kebutuhan akan jasa translate ini cukup terbilang tinggi. Apalagi keberadaan perusahaan asing yang berinvestasi di sini cukup banyak. Bisa dipastikan mereka perlu interpreter yang bisa menerjemahkan berbagai dokumen.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu udah bisa melakoni kerja sampingan ini. Bayarannya, seperti dikutip dari HPI, satu halaman jadi ukuran A4 dengan jumlah 250 kata dihargai Rp200 ribu.

10. Admin media sosial 

Kamu pandai merangkai kata-kata? Salah satu Kerja sampingan online yang menjanjikan buat kamu adalah menjadi admin media sosial. Banyak perusahaan-perusahaan kecil yang mencari-cari jasa ini.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Jasa admin media sosial biasanya memiliki tugas untuk membuat sebuah caption, atau kata-kata interaktif di platform media sosialnya demi meningkatkan produk mereka.  Bayarannya kalau di lihat di Sribulancer bisa mencapai Rp2 juta per bulan.

11. Agen asuransi

Selanjutnya kamu juga bisa menjadi agen asuransi. Kerja sampingan yang satu ini gak melulu harus dilakukan tatap muka, kamu bisa melakukannya melalui sambungan internet untuk menghubungi calon nasabah.

Asuransi kesehatan menjadi salah satu produk yang banyak dicari oleh masyarakat belakangan ini terkait dengan pandemi virus Covid-19 yang terus menyebar. Oleh karena itu, ini bisa menjadi kesempatan yang baik buat kamu menjalani pekerjaan sampingan online tanpa modal ini.

Untuk penghasilannya sendiri mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan tergantung banyaknya klien yang didapat.

Punya pertanyaan lain seputar agen asuransi? Cek Tanya Lifepal untuk melihat pertanyaan populer seputar agen asuransi.

12. Menjadi Influencer

Pengin mendapatkan bayaran dari endorse dan iklan? Kamu bisa mencoba profesi sampingan sebagai influencer lho! Terdapat banyak pilihan tema yang bisa dipilih mulai dari kuliner, keuangan, hingga motivator.

Modal utama dalam menjadi seorang influencer adalah keahlian dalam berbicara dan menguasai ilmu yang dibagikan kepada penonton. Instagram, Facebook dan Youtube adalah platform digital paling tepat untuk kamu memperkenalkan diri di media sosial.

Pendapatan seorang influencer berkisar di angka Rp 100 ribu hingga Rp 2 jutaan per bulannya.

13.  Youtuber

Masih memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa mencari kerja sampingan tanpa modal sebagai Youtuber. Udah banyak contoh Youtuber asal Tanah Air yang sukses dan mendapatkan penghasilan cukup banyak setiap bulannya.

Angkanya juga lumayan bervariasi, ada yang mendapatkan ratusan ribu Rupiah hingga puluhan juta Rupiah tergantung jumlah penonton dan subscriber yang dimiliki.

14. Gamer online

Kamu juga bisa mendapatkan uang dari bermain game dengan cara meningkatkan level karakter dan mengumpulkan barang berharga yang ada dalam sebuah permainan. Lalu setelah terkumpul banyak, kamu bisa menjual karakter tersebut di media sosial.

Hal semacam ini udah lumrah terjadi di kalangan gamers Tanah Air maupun internasional untuk menambah penghasilan tambahan. Nominal yang didapatkan berkisar di angka Rp 250 ribu sampai Rp 1 jutaan per karakter yang terjual.

Kalau mau lebih serius lagi, kamu bisa mencoba menjadi atlet E-Sport yang tentunya penghasilannya lebih besar lagi. Tertarik mencoba?

15. Jual barang bekas

Barang-barang yang gak terpakai di sekelilingmu bisa dimanfaatkan sebagai pendapatan tambahan. Caranya dengan menjualnya di online shop seperti Tokopedia, Shopee maupun Bukalapak.

Umumnya barang-barang tersebut berupa baju, celana, sepatu atau topi. Cuan yang dihasilkan sangat tergantung dari harga barang tersebut dan kondisinya ya.

Kisaran uang uang bisa didapatkan berada di angka Rp 100 ribuan hingga Rp 1 jutaan tergantung berbagai faktor.

16. Jasa pembuat website

Di masa pandemi virus Covid-19 ini, banyak pengusaha atau pedagang kecil yang ingin memanfaatkan produk atau jasanya lewat website internet. Jika kamu mempunyai keahlian dalam membuat website, bisa nih digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pertama-tama kamu bisa menawarkan jasa ini ke teman terdekat. Lalu bila hasilnya memuaskan, bisa mengiklankan secara gratis di akun media sosial pribadi.

Pemasukan yang bisa kamu dapatkan dari kerja sampingan online tanpa modal ini berkisar Rp 250 ribuan hingga Rp 2 jutaan per proyek.

17. Dropshipper

Terakhir kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai dropshipper. Mirip-mirip dengan reseller, yang membedakan antara kedua pekerjaan ini adalah kalau reseller umumnya para pedagang menyetok produk yang dijual di gudang atau rumah, sedangkan dropshipper hanya membantu memasarkan tanpa perlu menyetok barang terlebih dahulu.

Uang yang bisa kamu kumpulkan dengan menjadi dropshipper berkisar di angka Rp 500 ribuan hingga Rp 2,5 jutaan per bulannya.

Nah, itulah tadi 17 kerja sampingan online tanpa modal yang kasih penghasilan yang menjanjikan. Dengan tekad yang keras dan konsisten dalam berusaha, pasti kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →