Gaji Barista Kopi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki

gaji barista

Maraknya kedai kopi besutan anak muda Indonesia alias buatan lokal atau franchise asing membuat kebutuhan para pengusaha di industri ini banyak merekrut barista. Lantas, berapa gaji barista di kedai kopi? 

Pola konsumsi kopi yang telah berubah menjadi gaya hidup milenial juga turut menjadikan bisnis kedai kopi semakin marak. Di Indonesia, tingkat konsumsi kopi terus alami peningkatan setiap tahun, dengan demikian kebutuhan akan profesi barista kopi juga terus meningkat.

⚠️Risiko kerja bisa datang kapan saja. Lindungi keluarga kamu dengan asuransi jiwa terbaik di Lifepal, hemat 25%!
 

Meski begitu, untuk menjadi seorang barista memang gak sembarangan, kamu harus memiliki keahlian dalam meracik minuman kopi sehingga menciptakan rasa yang begitu menggugah selera. 

Berapa sih gaji barista kopi?

Besaran gaji barista kopi di Indonesia memang gak ada acuan pastinya, namun demikian profesi barista kopi ini juga sama kaya seorang pilot. Semakin tinggi jam terbang dan semakin banyak pengalaman dan pengetahuannya, maka akan semakin tinggi juga bayaran atau gaji yang diterima.

Bagi barista pemula, besaran gaji yang didapatkan bisa setara dengan Upah Minimum Regional (UMR) masing-masig daerah. Tetapi jika bekerja di coffee shop yang sudah memiliki nama besar dan pelanggan banyak tentu akan mendapatkan bayaran lebih tinggi. 

Apalagi jika sudah memiliki sertifikat, bayaran yang diterima tentu akan lebih besar lagi. Bahkan, gak jarang barista yang sudah memiliki jam terbang tinggi bisa mendapatkan penghasilan lebih besar lagi karena sering diundang dalam acara talkshow untuk mengisi acara sebagai pembicara seputar kopi dan mengajarkan cara basic dalam meracik kopi.

Sementara itu, berdasarkan data dari website penyedia informasi pekerjaan dan lowongan yakni Indeed, gaji rata-rata untuk barista adalah Rp2.683.668 per bulan di Indonesia. 

Perkiraan gaji didasarkan pada 214 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan Barista, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir. 

Sedangkan kisaran gaji terendah ada pada angka Rp763.000 dan tertinggi Rp5.763.000. Sementara itu, buat kamu yang memiliki jam terbang meracik kopi sudah sangat lama dan bersertifikat, maka bisa mengantongi gaji mulai dari Rp7 juta sampai Rp10 juta.

Jadi cocok gak sih milenial kerja sebagai barista?

Bagi orang yang memiliki ketertarikan tinggi soal kopi dan hobi mengonsumsi kopi, serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah lelah, maka bekerja sebagai barista kopi bisa menjadi pilihan. 

Sebab, bekerja dalam kedai kopi membutuhkan energi yang tidak sedikit karena melayani pelanggan tidak sedikit setiap waktunya. 

Meski begitu, kamu harus memiliki kemampuan wajib sebagai seorang barista. Apa saja?

Kemampuan wajib dimiliki barista

Peningkatan konsumsi kopi berdampak pada semakin dibutuhkannya profesi barista kopi. Gak heran profesi ini merupakan pekerjaan yang banyak dicari generasi muda dan para mahasiswa, sebab banyak ingin mengetahui lebih dalam cara pembuatan kopi secara profesional.

Namun demikian, minim pengalaman dan pengetahuan tentang kopi bisa menghambat bagi mereka yang mengincar profesi ini. 

Solusinya adalah belajar secara mandiri melalui internet dan otodidak membuat kopi di rumah untuk sendiri. Dengan belajar sendiri secara perlahan pasti akan mulai memahami dan mengerti tentang kopi dan cara pembuatan minuman kopi yang benar.

Gaji Barista Kopi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki
Gaji Barista Kopi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki

Bukan hanya belajar aja, bagi yang berminat mencari kerja sampingan barista juga perlu meluaskan networking atau jaringan.

Buat kamu yang tertarik menjadi barista, berikut ini beberapa keterampilan yang wajib dimiliki.

Keterampilan non-teknis 

Sebelum memulai berkecimpung sebagai barista, tentu saja yang harus kamu miliki adalah keterampilan non-teknis (soft skills), di antaranya:

Ramah

Berkepribadian ramah tentu sangat dibutuhkan barista. Pasalnya, kamu bisa berhubungan langsung dengan pelanggan. 

Selalu mengutamakan pelayanan terbaik

Seorang barista harus memahami produk yang disajikan adalah hal krusial bagi pelanggan. Karena itu, seorang barista harus dapat berkomunikasi baik dan berusaha memberikan yang terbaik pada pelanggan. 

Bekerja sama baik dengan tim 

Selain bisa berkomunikasi baik dengan pelanggan, menjalin komunikasi yang baik antar karyawan juga dapat memudahkan kerja sama dengan tim.

Bisa memecahkan masalah 

Sebagai calon barista, kamu harus bisa memecahkan masalah secara kreatif sehingga bisa menjadi nilai tambah. 

Keterampilan teknis

Sebagai calon barista, kamu dapat melaksanakan uji coba praktek secara langsung untuk memastikan dan mengukur kemampuan keterampilan teknis alias hard skill

Memiliki wawasan mengenai kopi 

Sebagai seorang barista, kamu harus memiliki wawasan mengenai dunia kopi. Mulai dari asal mulanya hingga proses roasting.   

Penyajian kopi 

Kamu juga harus memahami dengan baik cara maupun teknis apa saja yang familiar bagi seorang barista saat menyajikan kopi. Pasalnya, di setiap kedai kopi memiliki acuan yang berbeda-beda.

Familiar memakai mesin espresso 

Sebagai barista, kamu juga harus familiar menggunakan mesin Espresso dan menyajikan Espresso. 

Kamu harus mengetahui alat-alat apa saja yang pernah digunakan untuk menyajikan Espresso. Atau berapa rasio espresso yang variatif (4-6 ons) dengan rasio susu pada penyajian espresso.

Penyajian susu 

Proses steaming milk dan dalam menyajikan Latte Art tidak hanya bergantung pada kemampuan barista, tetapi juga jam terbang kamu. 

Ikuti sertifikasi dan pelatihan

Selain memiliki kemampuan soft skills dan hard skills, gak ada salahnya untuk mencoba kursus atau sertifikasi untuk profesi sebagai barista. 

Gaji Barista Kopi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki
Gaji Barista Kopi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki

Di Indonesia sudah banyak kok lembaga maupun instansi yang membuka pelatihan ataupun sertifikasi untuk barista kopi, di antaranya Caswell’s Coffee Lab, Indonesian Coffee Academy, Esperto Barista Art, Anomali Coffee, Fulcaff Barista Training, ABCD School of Coffee.

Dengan sertifikasi dan pelatihan tersebut, pastinya keahlian dan pengetahuan tentang kopi bisa meningkat. Sebab dalam pelatihan biasanya berisi materi ilmu menyeduh kopi, hal fundamental terkait dengan barista, seperti menggiling kopi, membuat espresso, dan memanaskan susu.

Selain itu, belajar tentang asal usul biji kopi dan proses jual beli biji kopi, coffee cupping dan tasting. Pelatihan intensif dalam membuat espresso, menggiling biji kopi dan tamping. Seluk beluk peralatan  pembuat kopi hingga customer service.

Nah, itulah tadi informasi gaji barista yang menjanjikan hingga kemampuan wajib dimiliki seorang barista. 

Masih mau tahu lebih banyak tentang gaji barista dan cara mengelola penghasilan? Lihat pertanyaan populer seputar gaji dan mengelola pendapatan di Tanya Lifepal.

Hitung menabung bulanan dengan kalkulator tabungan Lifepal

Sebelum melengkapi diri dengan asuransi jiwa, tentu saja kamu harus menyisihkan uang di tabungan. 

Masih bingung juga menghitung berapa yang harus kamu sisihkan dalam sebulan? Jangan bingung, kamu bisa memanfaatkan kalkulator tabungan dari Lifepal berikut ini. 

Pertama, masukkan jumlah tabungan yang kamu miliki saat ini, kemudian, berapa target tabungan yang ingin kamu raih, dan dalam jangka waktu berapa lama target tersebut ingin kamu tetapkan.

Pertanyaan seputar gaji barista