Pengin Kerja Sampingan sebagai Barista Kopi? Segini Lho Besaran Gajinya

Pekerjaan sampingan sebagai barista kopi berapa sih besaran gajinya?

Zaman sekarang gak heran sih kalau banyak milenial memiliki kerja sampingan demi mendapatkan penghasilan tambahan. Nah kalau memiliki kerja sampingan sebagai barista di coffee shop, berapa sih besaran gajinya? 

Kamu tahu dong saat ini yang namanya minuman kopi baik itu besutan anak muda Indonesia alias buatan lokal atau franchise asing banyak digemari kaula muda di Jakarta. Melihat “seksinya” bisnis minuman kopi kekinian maupun kedai kopi, bisa nih dijadikan ladang bagi kamu mendapatkan uang tambahan. 

Gimana caranya? Ya dengan mencari kerja sampingan di kedai kopi misalkan sebagai barista. Untuk menjadi seorang barista memang gak sembarangan, kamu mesti memiliki keahlian dalam meracik minuman kopi sehingga menciptakan rasa yang begitu menggugah selera. 

Pola konsumsi kopi yang telah berubah menjadi gaya hidup milenial juga turut menjadikan bisnis kedai kopi semakin naik daun. Di Indonesia sendiri tingkat konsumsi kopi terus alami peningkatan setiap tahun, dengan demikian kebutuhan akan profesi barista kopi juga terus meningkat.

Bahkan, pemerintah sendiri pernah mengadakan program Workshop Racik Kopi yang merupakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi kepada barista (peracik kopi) otodidak. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang kopi, juga memotivasi generasi muda untuk tertarik untuk membuka usaha di bidang perkopian yang pada akhirnya dapat membuka lapangan kerja baru.

Kerja sampingan barista kopi

Memiliki pekerjaan paruh waktu sebagai barista kopi
Memiliki pekerjaan paruh waktu sebagai barista kopi, (Shutterstock).

Melirik kerja sampingan sebagai barista kopi bisa kamu pertimbangkan lho demi mendapatkan uang tambahan. Nah gak ada salahnya nih kamu menjalani profesi sebagai barista kopi meskipun paruh waktu. 

Peningkatan konsumsi kopi berdampak pada semakin dibutuhkannya profesi barista kopi. Gak heran profesi ini merupakan pekerjaan yang banyak dicari generasi muda dan para mahasiswa, sebab banyak ingin mengetahui lebih dalam cara pembuatan kopi secara profesional.

Namun demikian, minim pengalaman dan pengetahuan tentang kopi bisa menghambat bagi mereka yang mengincar profesi ini. Solusinya adalah belajar secara mandiri melalui internet dan otodidak membuat kopi di rumah untuk sendiri. Dengan belajar sendiri secara perlahan pasti akan mulai memahami dan mengerti tentang kopi dan cara pembuatan minuman kopi yang benar.

Selain itu, bukan hanya belajar aja nih, bagi yang berminat mencari kerja sampingan barista juga perlu meluaskan networking atau jaringan. Misalnya dengan sering-sering nongkrong di coffee shop, pintar bergaul dengan orang-orang pemilik kedai kopi bisa jadi jalan pintas buat mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai barista kopi.

Cari part time di coffee shop

Mencari kerjaan paruh waktu di coffee shop terdekat
Mencari kerjaan paruh waktu di coffee shop terdekat, (Shutterstock).

Kemudian, bisa juga ambil kerja sampingan atau part time di kedai kopi. Biasanya di kedai kopi banyak yang memberikan pelatihan-pelatihan cara membuat kopi, dan mempelajari jenis-jenis biji kopi. 

Sebab ada juga pemilik kedai kopi yang tidak mempermasalahkan pengalaman kerja, karena sebagian besar coffee shop bersedia untuk melatih seseorang menjadi barista yang handal.

Jika memilih kerja sampingan sebagai barista kopi, hal yang harus diperhatikan adalah pembagian jam kerja, kalau memiliki ikatan pekerjaan sebagai karyawan tentu bisa memilih jam saat pulang kantor ataupun setiap akhir pekan. Sebab gak jarang para coffee shop yang menerima pekerjaan paruh waktu atau part time sebagai barista maupun waitress atau pelayan di kedai kopi mereka.

Kerja sampingan sebagai barista juga akan mendapat manfaat berupa pengalaman dan skill. Setiap perusahaan ketika menerima seorang pegawai pasti akan melakukan pelatihan dan peningkatan skill, nah bagian ini bisa menjadi kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan baik jika mengambil kerja sampingan.

Bila sudah memiliki pengalaman dan skill, gak ada salahnya untuk mencoba kursus atau sertifikasi untuk profesi sebagai barista. Di Indonesia sudah banyak kok lembaga maupun instansi yang membuka pelatihan ataupun sertifikasi untuk barista kopi, di antaranya Caswell’s Coffee Lab, Indonesian Coffee Academy, Esperto Barista Art, Anomali Coffee, Fulcaff Barista Training, ABCD School of Coffee.

Ikuti sertifikasi dan pelatihan

Mencari workshop sebagai barista kopi di coffee shop
Mencari workshop sebagai barista kopi di coffee shop, (Shutterstock).

Dengan sertifikasi dan pelatihan tersebut, pastinya keahlian dan pengetahuan tentang kopi bisa meningkat. Sebab dalam pelatihan biasanya berisi materi ilmu menyeduh kopi, hal fundamental terkait dengan barista, seperti menggiling kopi, membuat espresso, dan memanaskan susu.

Selain itu juga belajar tentang asal usul biji kopi dan proses jual beli biji kopi, coffee cupping dan tasting. Pelatihan intensif dalam membuat espresso, menggiling biji kopi dan tamping. Seluk beluk peralatan  pembuat kopi hingga customer service.

Berapa sih gaji barista kopi?

Berapa sih besaran gaji seorang barista kopi?
Berapa sih besaran gaji seorang barista kopi?, (Shutterstock).

Besaran gaji barista kopi di Indonesia memang gak ada acuan pastinya, namun demikian profesi barista kopi ini juga sama kaya seorang pilot. Semakin tinggi jam terbang dan semakin banyak pengalaman dan pengetahuannya, maka akan semakin tinggi juga bayaran atau gaji yang diterima.

Bagi barista pemula, besaran gaji yang didapatkan bisa setara dengan Upah Minimum Regional (UMR) masing-masig daerah. Tetapi jika bekerja di coffee shop yang sudah memiliki nama besar dan pelanggan banyak tentu akan mendapatkan bayaran lebih tinggi. 

Apalagi jika sudah memiliki sertifikat, bayaran yang diterima tentu akan lebih besar lagi. Bahkan, gak jarang barista yang sudah memiliki jam terbang tinggi bisa mendapatkan penghasilan lebih besar lagi karena sering diundang dalam acara talkshow untuk 

mengisi acara sebagai pembicara seputar kopi dan mengajarkan cara basic dalam meracik kopi.

Sementara itu, berdasarkan data dari website penyedia informasi pekerjaan dan lowongan yakni Indeed, gaji rata-rata untuk Barista adalah Rp2.683.668 per bulan di Indonesia. Perkiraan gaji didasarkan pada 214 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan Barista, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir. 

Sedangkan kisaran gaji terendah ada pada angka Rp 763.000 dan tertinggi Rp 5.763.000.

Jadi cocok gak sih milenial kerja sampingan barista?

Cocok gak sih milenial memiliki pekerjaan sebagai barista
Cocok gak sih milenial memiliki pekerjaan sebagai barista, (Shutterstock).

Bagi orang yang memiliki ketertarikan tinggi soal kopi dan hobi mengkonsumsi kopi, serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah lelah, maka mengambil kerja sampingan sebagai barista kopi bisa menjadi pilihan. Sebab bekerja dalam coffee shop membutuhkan energi yang tidak sedikit karena melayani pelanggan tidak sedikit setiap waktunya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)