Hasilkan Banyak Uang, 5 Kerja Sampingan Ini Bisa Dilakukan Saat Malam Hari

Wanita bekerja part time

Kerja sampingan menjadi salah satu cara terbaik bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan bulanan. Maklum saja, seringkali kebutuhan justru lebih besar ketimbang pemasukan.

Pasalnya memang gak bisa dipungkiri kalau semakin bertambahnya usia, maka tanggung jawab juga akan  bertambah. Misalnya saja, saat sudah menikah dan punya anak, pengeluaran yang sebelumnya gak ada, kini malah jadi pengeluaran bulanan paling besar.

Itulah mengapa, banyak orang yang memilih untuk melakukan pekerjaan sampingan meskipun mereka sudah memiliki pekerjaan tetap. Nah, kamu yang sudah memiliki pekerjaan tapi ingin menambah pundi-pundi kekayaan dengan kerja sampingan, caranya tuh mudah banget yakni dengan melakoni side job tersebut di malam hari alias setelah pulang kerja.

Akan tetapi, kamu tetap harus dapat membagi waktu dengan bijak untuk keluarga dan terutama diri sendiri. Percuma aja dong giat cari duit tapi ujung-ujung terkapar di rumah sakit karena kelelahan. Lalu kerja sampingan apa saja yang bisa dilakukan pada malam hari? Berikut lima di antaranya:

1. Les privat

Pengajar privat wanita
Pengajar privat wanita

Les privat menjadi salah satu kerja sampingan yang cukup menjanjikan buat para pekerja. Pasalnya, jenis pekerjaan tersebut terbilang fleksibel atau kamu bisa mengatur jadwal sendiri. Misalnya tiga hari dalam satu minggu di jam 19.00 hingga 21.00. 

Akan tetapi, kerja sampingan yang satu ini gak bisa dilakoni oleh setiap orang karena kamu harus benar-benar memahami mata pelajarannya. Kamu juga gak perlu keluar modal besar yaitu hanya untuk biaya transportasi ke tempat murid. Sedangkan uang yang kamu dapatkan terbilang lumayan banget lho.

Misalnya, kamu punya lima murid dan untuk satu murid dengan empat kali pertemuan kamu mendapat bayaran Rp 500 ribu. Maka, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi uang sebesar Rp 2,5 juta.

2. Desain grafis

Desain Grafis (Shutterstock).
Desain Grafis (Shutterstock).

Buat kamu yang memiliki keahlian menggambar dan juga mendesain, kamu bisa menjajal peruntungan kerja sampingan sebagai desain grafis. Kamu bisa mengambil job yang sesuai dengan jadwal kamu. Enaknya lagi, kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut saat malam hari. Jadi tidak mengganggu pekerjaan kamu di kantor.

Untuk bayarannya pun beraneka ragam tergantung dengan tingkat kerumitan gambarnya. Semakin rumit desain-nya, maka semakin tinggi pula bayaran yang kamu dapatkan. Tapi untuk jasa desain grafis biasanya dipatok mulai dari Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Lumayan banget kan untuk uang tambahan setiap bulan?

3. Penulis lepas atau editor

Editor (Shutterstock).
Editor (Shutterstock).

Kini banyak sekali perusahaan yang mencari penulis lepas hingga editor. Pasalnya kini zaman juga sudah beralih ke era digital di mana segala hal bisa didapatkan lewat internet. Gak heran kalau banyak perusahaan yang ingin mendobrak popularitasnya di Google.

Jadi kalau kamu memiliki kemampuan dalam bidang tulis menulis, segera manfaatkan untuk meraup banyak pundi-pundi kekayaan. Kamu juga bisa mengerjakan kerja sampingan sebagai penulis lepas atau editor artikel saat pulang kerja di malam hari.

Bayaran yang bisa kamu kantongi juga lumayan banget lho karena kamu akan mendapat bayaran per artikel. Semakin banyak artikel yang kamu kerjakan, semakin besar pula rupiah yang mengalir ke rekening kamu. Misalnya, untuk satu artikel kamu mendapat bayaran Rp 100 ribu dan dalam satu bulan kamu bisa memproduksi artikel hingga 30. Maka, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi uang sekitar Rp 3 juta.

4. Video editor

Video editor
Video editor

 

Kini banyak orang yang mulai beralih mendapatkan uang dari YouTube. Makanya gak heran kalau kerja sampingan menjadi video editor tengah banyak diburu orang. Gak cuma itu aja, kini banyak perusahaan terutama di industri kreatif yang membutuhkan jasa video editor. Enaknya lagi nih, kamu juga gak perlu tuh capek mondar mandir mengambil gambar. Kamu hanya perlu menunggu video dikirim via email.

Kamu hanya perlu menggunakan laptop yang memadai dan bisa dikerjakan saat pulang kerja. Dalam satu bulan, kamu bisa mengantongi uang sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

5. Admin sosial media

Admin sosial media (Shutterstock).
Admin sosial media (Shutterstock).

Tak bisa dipungkiri kalau sosial media memang tengah berkembang pesat. Banyak orang yang tajir dari sosial media, mulai dari online shop hingga selebgram.

Tingginya permintaan klien, membuat banyak pihak yang membuka lowongan sebagai admin sosial media freelance. Jadi, kamu hanya membuat content plan kemudian diberikan ke klien, jika disetujui kamu tinggal posting sesuai jadwal.

Untuk kisaran fee yang kamu dapatkan bisa di angka Rp 3 juta per bulan. Kalau kamu handle dua klien, maka dalam sebulan kamu bisa mendapatkan uang sekitar RP 6 juta.

Kenapa kerja sampingan penting?

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya, kenapa perlu melakoni kerja sampingan? Jawabannya sederhana banget kok yaitu agar memiliki penghasilan tambahan yang dapat menjamin masa depan menjadi lebih baik.

Kalau biasanya kamu menyisihkan uang sebesar Rp 1 juta per bulan ke tabungan dan tidak punya investasi. Dengan kerja sampingan, kamu bisa menabung dalam jumlah yang lebih besar dan tentu saja punya investasi.

Lagipula ketimbang waktu kamu habis hanya untuk nongkrong yang bahkan bisa menghabiskan uang, gak ada salahnya untuk mencari kerja sampingan kan? Tapi ingat, kamu tetap harus membagi waktu dan istirahat yang cukup. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →