Kerugian Macet Jakarta Rp 65 Triliun, Di Peringkat Berapakah Ibu Kota Indonesia?

macet jakarta

macet jakarta

Macet Jakarta menimbulkan kerugian hingga Rp 65 triliun pada 2020. Angka kerugian macet di Jakarta ini adalah hasil hitung-hitungan yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kedua lembaga tersebut sebelumnya melakukan studi bersama dan merilis hasil studinya tahun 2004. Ada pun kerugian macet Jakarta yang sebesar Rp 65 triliun meliputi biaya operasi kendaraan tambahan sebesar Rp 28,1 triliun dan dana dihabiskan waktu perjalanan lebih lama sebesar Rp 36,9 triliun.

Walaupun nilai kerugiannya menurut studi Bappenas dan JICA terbilang besar, angka kerugian macet di Jakarta lebih besar lagi lho kalau mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Gubernur Anies menyebut nilai kerugian macet di Jakarta telah mencapai Rp 100 triliun. Sungguh angka kerugian yang amat fantastis!

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyikapi perbedaan nilai kerugian macet di Jakarta dengan mengatakan perlunya penyelesaian masalah macet di ibu kota. Secara global, Jakarta bukan kota satu-satunya yang menghadapi persoalan macet. 

Ada beberapa kota di dunia yang berstatus sebagai kota paling macet di dunia. Kota-kota mana aja itu? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Gaji hingga Rp 90 Jutaan, tapi 15 Negara Ini Biaya Hidupnya Tertinggi di Dunia

Daftar kota paling macet di dunia, macet Jakarta masuk peringkat berapa?

macet jakarta
Ini dia daftar kota-kota termacet di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Data The TomTom Traffic Index menjadi salah satu rujukan yang digunakan buat memantau level macet di kota-kota besar di dunia, termasuk macet Jakarta. Data ini memasukkan 403 kota yang tersebar di 56 negara dan 6 benua.

Dari mana data yang digunakan The TomTom Traffic Index buat mengukur level macet di kota-kota besar? Perhitungan level macet dalam The TomTom Traffic Index menggunakan data yang diperoleh dari data GPS anonim yang dikumpulkan lewat perangkat navigasi, sistem in-dash, dan smartphone.

Berikut ini adalah daftar kota-kota paling macet di dunia serta level macetnya, termasuk level macet Jakarta.

Peringkat dunia Kota termacet Negara Level macet
1 Mumbai India 65 persen
2 Bogota Kolombia 63 persen
3 Lima Peru 58 persen
4 New Delhi India 58 persen
5 Moskwa Rusia 56 persen
6 Istanbul Turki 53 persen
7 Jakarta Indonesia 53 persen
8 Bangkok Thailand 53 persen
9 Kota Meksiko Meksiko 52 persen
10 Recife Brazil 49 persen
11 Bukares Rumania 48 persen
12 Saint Petersburg Rusia 47 persen
13 Kiev Ukraina 46 persen
14 Dublin Irlandia 45 persen
15 Lodz Polandia 44 persen
16 Novosibirsk Rusia 44 persen
17 Kairo Mesir 44 persen
18 Chongqing China 44 persen
19 Tel Aviv Israel 42 persen
20 Zhuhai China 42 persen

Sebagai informasi, level macet pada tabel di atas merepresentasikan jumlah waktu perjalanan ekstra dirasakan pengemudi sepanjang tahun. Misalnya aja level macet mencapai 36 persen. Itu berarti waktu perjalanan tambahan mencapai 36 persen lebih dari perjalanan rata-rata.

Tabel di atas menunjukkan dengan jelas kalau Kota Mumbai di India menjadi kota paling macet peringkat pertama di dunia dengan level macet 65 persen. Level macet di Jakarta sendiri mencapai 53 persen yang menempatkannya berada di peringkat tujuh.

Belum diketahui secara pasti berapa nilai kerugian macet di kota-kota yang level macetnya di atas Jakarta. Namun, gak salah kalau beranggapan nilai kerugian kota-kota tersebut lebih besar ketimbang yang ditanggung Jakarta. 

Mudah-mudah aja Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat punya solusi jitu buat menyelesaikan persoalan macet Jakarta. Semoga aja! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis