Gak Efektif, Tapi 4 Kesalahan Cara Menabung Ini Masih Sering Dilakukan

Gak sedikit orang yang bertanya-tanya kenapa nominal uangnya di tabungan gak juga bertambah padahal udah sering banget nabung. Apa cara menabung mereka salah?

Ya emang sih secara logika gak mungkin banget ada orang sering nabung tapi duitnya gak bertambah-tambah. Tapi nyatanya banyak orang yang mengalami hal seperti itu lho. Alasannya ya karena mereka melakukan kesalahan menabung.

Karena itu sebaiknya kamu menghindari kesalahan cara menabung tersebut biar gak sia-sia juga hasilnya. Apa aja sih kesalahan menabung? Berikut empat di antaranya:

1. Menabung dari uang sisa

Nabung dari uang sisa. (Shutterstock)
Nabung dari uang sisa. (Shutterstock)

Gak sedikit orang yang menabung dari uang sisa. Mungkin mereka berpikiran, lebih baik menabung dari uang sisa dibanding gak sama sekali.

Tapi tahukah kamu kalau strategi itu ternyata dapat membuat kamu merasa memiliki uang lebih sehingga secara gak langsung akan membuatmu membelanjakan penghasilan secara berlebihan.

Karena itu, disarankan agar kamu menyisihkan sejumlah uang di awal bulan yang memang dikhususkan untuk ditabung. Dengan demikian, kamu udah ada di jalur yang benar agar target menabungmu tercapai.

2. Cuma punya satu rekening

Cuma punya satu rekening. (Shutterstock)
Cuma punya satu rekening. (Shutterstock)

Tahukah kamu, mencampurkan uang anggaran pengeluaran bulanan dan tabungan ke dalam satu rekening itu adalah kesalahan besar.

Kebiasaan buruk tersebut nyatanya membuat kamu jadi gak disiplin untuk menabung karena sulit membedakan mana uang yang boleh dan gak boleh dibelanjakan.

Karena itu, sebaiknya kamu membuka rekening baru khusus untuk uang tabunganmu. Bahkan akan lebih baik kalau kamu tidak membuat kartu ATM untuk rekening baru itu. Tujuannya supaya kamu gak tergoda menggunakan uang yang ada di rekening tabunganmu tersebut.

3. Nominalnya gak disiplin

Nominalnya gak disiplin. (Shutterstock)
Nominalnya gak disiplin. (Shutterstock)

Bisa menabung secara rutin sebenarnya udah bagus banget lho. Tapi nyatanya hal itu tidaklah cukup, karena kamu perlu mengubah kegiatan menabungmu menjadi sebuah kebiasaan yang gak menyiksa.

Selain itu, kamu juga harus menabung uang dalam nominal yang sama. Kenapa?

Hal tersebut bertujuan untuk membuat kamu lebih disiplin dalam menabung. Gak hanya itu, cara menabung itu juga bisa memudahkanmu untuk menentukan anggaran bulanan.

Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan lebih teratur dan jauh dari kata morat marit apalagi punya tumpukan utang.

4. Target menabung pendek

Target menabung pendek. (Shutterstock)
Target menabung pendek. (Shutterstock)

Perlu diketahui kalau target menabung yang pendek seperti untuk membeli sepatu baru atau buat nonton konser sebenarnya bukanlah cara menabung yang baik.

Ya, memang sih terkadang kita memerlukan sebuah target agar lebih disiplin dalam menabung. Tapi alangkah baiknya kalau kamu punya target jangka panjang seperti untuk membeli rumah atau membangun usaha saat pensiun nanti. Hal ini penting agar kamu terus memiliki motivasi dan terdorong untuk terus menabung.

Lagipula target menabung yang pendek juga akan membuat kamu kehilangan motivasi dan bikin kondisi keuanganmu jadi gak stabil lho.

Nah, itu dia empat kesalahan cara menabung yang masih sering dilakukan banyak orang. Kalau kamu adalah salah satunya, yuk mulai perbaiki caramu dalam menabung.

Oiya, selain menabung, kamu juga bisa lho terjun ke investasi agar keuanganmu bisa lebih terjamin di masa depan. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →