Jangan Sampai Terulang! Manajemen Finansial Seperti Ini Bikin Kamu Tekor Sepanjang Tahun

Kesalahan manajemen finansial yang sering orang lakukan setiap tahunnya adalah menggabungkan antara uang pribadi dan usaha.

Kesalahan manajemen finansial yang sering orang lakukan setiap tahunnya adalah menggabungkan antara uang pribadi dan usaha.

Perihal mengatur manajemen finansial adalah hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan. Sebab untuk melaksanakannya membutuhkan ketekunan dan tekad yang bulat dari diri sendiri. Kalau gak upaya tersebut akan berbuah sia-sia.

Bagi orang indonesia, kebiasaan untuk mengelola finansial secara benar dan tepat mungkin masih terbilang minim. Itu bisa dilihat dari literasi keuangan yang relatif rendah jika dibandingkan negara lainnya seperti di Singapura dan Jepang.

Gak aneh mangkanya belakangan ini kita sering mendengar kasus pinjaman uang online dimana nasabah gak mampu membayar utangnya. Dimana ujung-ujungnya harus menggunakan debt collector untuk membayar secara paksa.

Bukan cuma mengintimidasi secara fisik, hal itu juga bisa menunda kamu untuk menjadi orang yang sukses kedepannya lho!

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja yuk kesalahan manajemen finansial yang harus kamu hindari di tahun ini, melansir dari Finance Monthly.

1. Selalu menghindari asuransi

Manajemen Finansial
Asuransi (Shutterstock).

Investasi itu ada berbagai jenis gak hanya melulu soal saham, emas dan juga properti. Salah satu jenis lainnya yang gak kalah penting adalah asuransi.

Meski uang yang harus kamu bayarkan jumlahnya banyak bisa sampai jutaan rupiah per bulan, asuransi bisa mengcover biaya gak terduga yang harus dikeluarkan di waktu tertentu seperti saat mengalami kecelakaan ataupun menderita penyakit serius.

Oleh karena itu ada baiknya untuk memperbaiki manajemen finansial mulai dari menggunakan asuransi kesehatan dan jiwa. Sekarang ini udah banyak kok perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam polis sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Gak menyiapkan dana darurat

Manajemen Finansial
Dana Darurat (Shutterstock).

Tips atur manajemen finansial berikutnya supaya keuangan tetap stabil adalah dengan menyiapkan dana darurat. Seringkali kita memilih untuk mengalokasikan dana darurat untuk kebutuhan lainnya yang sebetulnya gak penting-penting amat.

Contohnya seperti berbelanja dan menambah anggaran kebutuhan dasar. Padahal dana darurat itu penting jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan uang secara mendadak.

Skenario terburuk dari kesalahan ini adalah dengan meminjam uang ke pihak lain yang bisa menimbulkan kerugian lebih besar.

3. Telat bayar kredit dan utang

Manajemen Finansial
Daftar utang (Shutterstock).

Siapa dari kamu yang suka telat bayar utang dan kewajiban bulanan? Kalau kebiasaan buruk tersebut masih terjadi sampai sekarang sebaiknya segera diubah karena bisa berdampak buruk ke isi dompet kamu.

Telat membayar kartu kredit biasanya akan menimbulkan bunga yang jumlahnya variatif, begitupun dengan abonemen telepon dan listrik bulanan. Ada biaya tambahan yang harus kamu bayarkan lebih sebagai denda.

Bila terus-terusan dibiarkan kamu bakal mengalami kerugian yang jumlahnya cukup banyak lho! Biasakan untuk membayar kebutuhan tepat pada waktunya agar manajemen finansial bisa sehat.

4. Gaya hidup yang melebihi pendapatan

Manajemen Finansial
Gaya hidup mewah (Shutterstock).

Permasalahan seperti ini sering dialami oleh masyarakat metropolitan yang sulit mengendalikan arus uang karena bergaul dengan teman yang suka  ‘hedon’.

Alangkah baiknya kamu mengontrol pembelian yang kurang perlu seperti berbelanja dan mengevaluasi ulang biaya-biaya apa yang bisa ditekan setiap bulannya supaya gak membebani pendapatan bulanan.

5. Menggabungkan antara rekening pribadi dan usaha

Manajemen Finansial
Rekening keuangan (Shutterstock).

Sebagian dari kamu mungkin ada yang bekerja sekaligus memiliki usaha sampingan untuk mendapatkan pemasukan lebih. Salah satu kesalahan yang rutin dilakukan adalah menggabungkan antara uang pribadi dan usaha.

Risiko yang bisa terjadi bila kamu gak memisahkan kedua hal ini adalah sulit menabung dan jika ada kebutuhan mendadak susah membedakan mana yang dialokasikan untuk pribadi serta menjalankan usaha.

Nah itulah 5 kesalahan manajemen finansial yang sering dialami oleh masyarakat setiap tahunnya. Sehubungan dengan momen tahun baru yang masih fresh , ada baiknya kamu mengubah kebiasaan buruk di atas ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis