Keuangan Amburadul Habis Lebaran? Saatnya Install 5 Aplikasi Ini

Habis lebaran biasanya keuangan kita cenderung amburadul karena pengeluaran tak terduga di sana sini. Untungnya, kini ada aplikasi pengatur keuangan.

Sebetulnya sih apa yang dilakukan aplikasi ini sama seperti orang yang atur keuangan. Bedanya ya cuma dia berbentuk aplikasi aja.

Apa aja sih aplikasi pengatur keuangan itu? Berikut ulasannya:

1. Money Lover Expense Manager

aplikasi pengatur keuangan
Money Lover Expense Manager (gappsforpc)

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengin punya asisten keuangan pribadi. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan seperti Budget, Savings, dan Events, kamu bisa atur cash flow sendiri.

Misalnya di fitur Budget. Pengeluaran-pengeluaran seperti makanan, transportasi, dan hiburan bisa kamu sesuaikan. Kamu pun bisa menyisihkan berapa besaran dana buat tabungan dan berapa lama waktunya lewat fitur Savings.

Buat kamu yang suka berpergian, pas banget nih. Tinggal aktifkan fitur Events. Nantinya pengeluaran-pengeluarannya bisa kamu atur sendiri.

Kalau nantinya pengeluaran udah mencapai limit yang kamu tentukan, peringatan bakal muncul dari aplikasi ini.

Aplikasi Money Lover Expense Mananger bisa kamu install lewat Android, Windows, dan Apple.

2. MoneyControl Expense Tracking

aplikasi pengatur keuangan
MoneyControl Expense Tracking (amazon)

Aplikasi pengatur keuangan ini dirancang buat atur keuangan berdasarkan gaji kamu setiap bulan. Masukkan besaran gaji di kolom Budget, kemudian masukkan pengeluaran pada kolom Expense. Semuanya dilakukan lewat menu Entries.

Saat masukkan pengeluaran, nanti kamu bakal diberi pilihan beberapa kategori. Misalnya, Rents, Food, Clothes, dan lain-lain.

Di aplikasi ini juga kamu bisa merekam transaksi perbankan yang kamu lakukan. Mulai dari transfer hingga pemakaian kartu kredit.

Akhir bulan nanti kamu bisa lihat gimana sih pengeluaranmu selama sebulan. Apakah boros apa berhasil hemat.

3. Toshl Finance Budget & Expense

aplikasi pengatur keuangan
Toshl Finance Budget & Expense (androidwidgetcenter)

Dulu, kalau pakai komputer yang OS-nya Windows XP, pasti menyadari keberadaan Office Assistant yang bentukannya mirip klip kertas. Di aplikasi pengatur keuangan ini kamu juga bakal bertamu asisten, tapi bentuknya menyerupai monster lucu berwarna merah.

Monster tersebut nantinya berperan sebagai pengingat kondisi keuangan kamu. Dengan gitu, kamu bisa disiplin mengelola keuangan.

Aplikasi ini cukup diminati banyak orang dengan jumlah install-an sampai satu juta lebih. Desainnya pun simpel dan lucu. Udah gitu customer service-nya responsif banget.

4. Monefy – Money Manager

aplikasi pengatur keuangan
Monefy – Money Manager (droidviews)

Simpel dan gampang digunakan kayaknya layak disematkan buat aplikasi pengatur keuangan yang satu ini. Tampilan yang terlihat soft dan jernih, bikin kita nyaman dalam jalankan aplikasi ini.

Kamu bisa melihat semua pengeluaran yang tercatat dalam tampilan chart bulat yang menyerupai donat. Di chart tersebut tertera persentase pengeluaranmu menurut kategori.

Pengin install Monefy di smartphone kamu? Install aja lewat Google Play Store, App Store, dan Microsoft Store.

5. Mint

aplikasi pengatur keuangan
Mint (pcworld)

Enaknya aplikasi pengatur keuangan ini adalah tersedianya fitur Accounts di dalamnya. Di fitur Accounts, rekening bank, portofolio investasi, kredit, dan giro nantinya jadi satu. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Credit Score buat mengukur seberapa sehat kredit kamu.

Sama seperti aplikasi yang udah ada, Mint juga membagi-bagi pengeluaran ke beberapa kategori. Aplikasi ini juga bakal mengirimkan peringatan seandainya pengeluaran kamu udah berbahaya.

6. Wallet

aplikasi pengatur keuangan
Wallet (appgrooves)

Aplikasi ini pada dasarnya mirip-mirip dengan aplikasi pengatur keuangan lainnya. Misalnya, dapat terhubung ke rekening bank ataupun kartu kredit.

Bedanya, aplikasi ini menawarkan sejumlah keunggulan, seperti automatic bank updates, mengimpor atau input manual transaksi perbankan, hingga sharing akun yang kamu punya.

Melalui Wallet, kamu juga bisa mengatur keuangan jangka panjang sampai sepuluh tahun ke depan.

Di dalam negeri sejumlah bank udah kerja sama dengan Wallet, seperti Bank BCA, Bank Mandiri, dan Danamon.

Dari enam aplikasi di atas, udah ada belum yang pengin kamu install? Atau malah udah ada?

Sebenarnya, kunci utama pengaturan keuangan bakal sukses ya tergantung gimana disiplinnya kamu. Karena itu, kamu kudu tahu karakter keuanganmu seperti apa.

Dari situ kamu bisa tentukan mana aplikasi pengatur keuangan yang paling sesuai.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →