Modal Gratis dan Produk Bervariasi, Ini 5 Keuntungan Bisnis Dropshipper Ketimbang Offline Store

Membuka bisnis dropshipper dijamin hasilkan cuan gede dan minim modal

Bisnis dropshipper belakangan banyak dilirik oleh orang yang tengah mencari pundi-pundi tambahan. Metode bisnis ini memang memiliki kelebihan ketimbang kamu membuka offline store atau toko. Menekuni jenis usaha sebagai dropshipper, memang gak kalah menggiurkan lho!

Istilah dropshipper sendiri merupakan metode bisnis di mana kamu menawarkan barang ke konsumen lebih dulu lalu jika mendapatkan order, nantinya diteruskan ke supplier atau distributor. Setelah itu supplier atau distributor yang menerima order akan mengirimkan barang ke tangan konsumen.

Selama ini mungkin kita mengetahui membuka usaha itu harus dengan modal yang besar karena perlu menganggarkan sebagian dana untuk sewa tempat dan Sumber Daya Manusia. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan modal guna menyetok barang yang pengin dijual.

Hal ini membuat banyak orang mengurungkan niat untuk menjadi wirausahawan. Seiring perkembangan teknologi yang cepat, sekarang ini sudah banyak cara untuk memulai usaha dengan memanfaatkan internet, dari usaha dagang hingga jasa.

Nah daripada bingung mending kita simak langsung aja nih kelebihan bisnis dropshipper dibandingkan membuka toko offline yang terbilang konvensional, cek saja di sini ya.  

1. Bisnis dropshipper bisa dimulai tanpa modal

Tanpa modal kamu udah bisa menjalankan bisnis ini dan bercuan lho
Tanpa perlu mengeluarkan modal gede, namun hasilnya cukup bikin dompet tebal, (Shutterstock).

Keuntungan paling menggiurkan dari usaha yang satu ini adalah kamu gak perlu modal materiil untuk memulainya. Sebab yang kamu butuhkan hanya modal internet untuk mengiklankan produk-produk yang bakal dijual lewat katalog di akun medsos.

Ada banyak media sosial yang teruji ampuh memperkenalkan dagangan kamu seperti Instagram, Tokopedia maupun Bukalapak. Enak banget bukan?

2. Produk yang ditawarkan bervariasi

Berbisnis ini cukup menawarkan produk yang variatif
Membuka bisnis ini kamu bisa menjual barang cukup variatif lho, (Shutterstock).

Jika membuka bisnis konvensional kamu hanya bisa membuka satu bidang usaha saja maka dengan dropshipper mampu menjual berbagai macam produk.

Contohnya di awal menjual peralatan rumah tangga, di toko yang sama kamu juga bisa memasukkan etalase komponen komputer. Jadi popularitas yang sudah dikumpulkan gak terbuang secara sia-sia untuk meyakinkan calon pembeli atau konsumen.  

3. Punya koneksi bisnis yang luas

Memiliki banyak koneksi saat membuka bisnis ini
Dijamin kamu bakal memiliki banyak koneksi saat menjalankan usaha ini, (Shutterstock).

Bisnis dropshipper mengharuskan kamu memiliki koneksi yang banyak kepada para penjual produk atau biasa disebut juga distributor. Hal ini sangat berguna apabila produk yang kamu jual habis di satu tempat dan terpaksa harus mencari di tempat lain. 

Pastinya kamu gak mau dong memiliki citra usaha yang sudah dibangun capek-capek harus jatuh karena permasalahan ini terjadi. 

4. Bisa mendapatkan diskon lebih dari distributor

Mendapatkan banyak diskon bisa banget kamu dapatkan dari distributor
Mendapatkan banyak diskon bisa banget kamu dapatkan dari distributor, (Shutterstock).

Masih memiliki keterkaitan dengan poin ketiga, berbisnis dropshipper juga memungkinkan kamu mendapatkan diskon dari distributor yang sudah kenal dekat. Apalagi misalkan barang yang kamu jual terbilang sangat banyak.

Sebaiknya kamu juga mencoba menanyakan apabila menjual dalam kuantitas besar terdapat potongan harga supaya cuan yang dikumpulkan bisa semakin melimpah.

5. Bisnis ini minim risiko jika gagal

Risiko kecil saat menjalankan bisnis ini
Risiko kecil saat menjalankan bisnis ini, (Shutterstock).

Salah satu ketakutan terbesar jika membangun usaha pastinya adalah mengalami kegagalan dan terpaksa bangkrut. Modal yang sudah kamu keluarkan jutaan rupiah pastinya menyisakan rasa pedih dalam hati saat usaha terpaksa gulung tikar. 

Lain cerita jika mencoba bisnis dropshipper, kamu bisa dikatakan aman dari yang namanya kerugian besar. Karena seperti yang sudah dikatakan di atas, kamu gak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulainya.

Nah itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis dropshipper. Gimana, setelah melihat artikel di atas apa kamu mulai niat memulai usaha? Hari gini mulai produktif dan hasilkan cuan dong! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →