Awas Terjebak! Ini Keuntungan dan Kerugian Belanja Online

belanja online

Siapa sih yang gak suka belanja online? Fenomena yang terus berkembang di masyarakat dalam 1 dekade belakangan ini semakin hari semakin banyak aja peminatnya dibandingkan dengan membeli barang langsung secara retail.

Harus diakui kepopuleran e-commerce di Tanah Air seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada meningkatkan tingkat konsumerisme sebagian besar orang-orang. Gak cuma penduduk dengan tingkat ekonomi menengah atas, yang tergolong di tingkat menengah dan menengah ke bawah juga ikut terpengaruhi akibat tren ini.

Bahkan dalam  beberapa tahun kedepan tingkat pertumbuhan e-commerce akan terus meningkat sampai angka US$ 82 miliar pada tahun 2025 menurut Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, melansir dari Okezone.

Meskipun demikian hal ini ternyata memiliki beberapa dampak baik dan buruk untuk masyarakat.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja yuk dampak positif dan negatif dari belanja online berikut, melansir dari Every Dollar.

Kelebihan belanja online

Belanja online (Ilustrasi by Shutterstock)

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan dari online shop dibandingkan dengan offline yaitu:

1. Praktis dan efisien

Hal pertama yang bikin belanja online itu terasa begitu nagih adalah kepraktisannya untuk dijalankan. Kamu gak perlu butuh  hal ribet selain smartphone aja untuk melakukan kebiasaan yang satu ini.

Biasanya belanja di internet dilakukan saat mengisi waktu kosong seperti ketika naik kendaraan umum, menunggu teman dan juga beristirahat di kasur rumah.

Selain praktis, online shop juga menawarkan efisiensi waktu yang sangat cepat. Gak sampai 5 menit pun kamu udah bisa melakukan transaksi dan tinggal menunggu barangnya sampai ke rumah.

2. Hampir semua produk yang diinginkan ada

Kamu pasti pernah merasa kesal pergi ke suatu tempat dan gagal menemukan barang yang dicari, kan? Kejadian kaya gitu kemungkinan kecil terjadi jika kamu berbelanja di media sosial. Sebab kamu tinggal mencari dan melihat apakah produk yang dicari dijual apa gak.

Bisa dibilang hampir semua produk yang dijual di pasaran offline bisa kamu cari di online shop. Rumah atau mobil sekalipun sekarang banyak diiklankan di internet.

3. Banyak promo diskon dan cashback

Kelebihan selanjutnya dari belanja online adalah banyak promo yang ditawarkan oleh e-commerce. Strategi marketing seperti ini terbukti ampuh untuk menarik minat pelanggan terhadap suatu brand.

Contohnya seperti Tokopedia dan Bukalapak yang seringkali mengadakan cashback kisaran 1 sampai 10 persen setiap kali kita belanja.

4. Mudah membandingkan harga 

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari belanja online adalah bisa dengan mudah membandingkan harga satu dengan yang lain. Sekarang ini banyak fitur yang disediakan oleh e-commerce untuk menilai suatu produk seperti fitur bintang dan popularitas toko penjual.

Kerugian belanja online

Belanja online (Ilustrasi by Shutterstock)

Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang bisa berdampak pada diri kamu yaitu:

1.  Menjadi konsumerisme

Kekurangan pertama dari belanja online adalah kebiasaan ini bisa memupuk rasa konsumerisme dalam diri sendiri. Karena kemudahan yang diberikan oleh online shopping.

Seringkali tanpa sadar kamu berbelanja produk-produk yang sebetulnya bukan kebutuhan melainkan hanya keinginan semata.

2. Gak bisa melihat barangnya secara langsung

Kerugian kedua yang bisa kamu rasakan jika membeli produk secara online adalah gak bisa melihat barang secara langsung seperti di retail. Hal ini meningkatkan risiko barang yang kamu beli cacat atau rusak ketika sampai dirumah.

Gak sedikit cerita dimana para pembeli mengeluhkan barang yang dibelinya rusak kepada penjual. Kalau udah gini biasanya orang menjadi trauma untuk berbelanja secara online lagi di internet.

3. Menunggu pengiriman selama beberapa hari

Kalau di toko retail kamu bisa langsung membawa barang yang pengin dibeli, beda ceritanya jika belanja online di internet. Kamu harus menunggu beberapa hari untuk bisa melihat barangnya.

Sekarang ini terdapat beberapa layanan antar jemput barang yang bisa sampai hanya dalam hitungan jam. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan risiko harga pengiriman yang relatif lebih mahal.

4. Bisa kena tipu

Kerugian terakhir yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja online adalah terkena modus penipuan online. Yang dimaksud disini adalah produk yang ditampilkan di katalog gak sesuai dengan apa yang dikirimkan.

Gak sedikit penjual yang masih melakukan hal semacam itu di Tanah Air guna mencari untung semata. Jadi kamu harus lebih hati-hati dan teliti lagi ya!

Nah itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa kamu alami ketika belanja online. Sebaiknya kamu bijak dalam hal yang satu ini supaya manfaatnya bisa maksimal. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →