Ada di Mana-Mana, Ini Kisah Sukses 5 Rumah Makan Padang Terpopuler

RM Padang Sederhana. (Tempo/Bernard Chaniago)

Resto Padang bisa dibilang jadi resto favorit masyarakat Indonesia sehari-hari. Bahkan, ada survei yang menyebutkan bahwa salah satu resto padang terkenal, yakni RM Padang Sederhana jadi restoran favorit Indonesia mengalahkan KFC.

Bangga banget dong! Pasalnya, restoran asli Indonesia dengan menu-menu yang Indonesia banget bisa mengalahkan franchise kuliner luar negeri.

Restoran Padang ini begitu diminati masyarakat Indonesia karena rasanya yang memang sesuai lidah orang Indonesia. Kemudian, kebanyakan resto Padang menyajikan makanan dengan porsi yang bikin kenyang. Jadi, saat keluar uang buat makan di sana, kita merasa puas banget!

Nah, bicara restoran Padang, kamu pasti bakal ingat beberapa nama besar. Contoh aja yang udah disebutkan di paragraf awal, yaitu RM Padang Sederhana. Kemudian, ada pula Simpang Raya, Pagi Sore, Sari Bundo, dan yang dari kota Medan ada Restoran Garuda.

Melihat nama-nama tersebut, pernah gak terpikir kenapa mereka bisa sesukses itu? Yuk, kita kupas satu per satu rahasia sukses dan kisah kelima resto Padang terpopuler se-Indonesia tersebut.

1. RM Padang Sederhana

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RM. Sederhana Sengeti (@rmsederhana_sengeti) on Sep 6, 2018 at 6:14am PDT

MoneySmart pernah membahas soal cerita sukses di balik RM Padang Sederhana. Franchise ini didirikan oleh seorang lelaki bernama Bustaman. Awalnya, rumah makan Padang yang didirikan pria kelahiran 1955 tersebut di daerah Jakarta Pusat memang sederhana banget.

Rumah makan tersebut sempat mengalami jatuh-bangun. Bahkan, perselisihan usaha di antara saudara pernah mewarnai perjalanan rumah makan ini. Namun, berkat ketekunan, usaha Bustaman gak sia-sia. Kini, RM Padang Sederhana berdiri di berbagai kota di Indonesia.

Salah satu trik yang bisa ditiru dari RM Padang Sederhana adalah konsep franchise yang dia kembangkan. Dengan cara kemitraan ini, pemilik restoran bisa menekan modal dalam membangun restoran baru. Akan tetapi, restoran tersebut bisa tersebar ke berbagai daerah karena sistem kemitraan.

2. Restoran Simpang Raya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Simpang Raya (@simpangraya) on Mar 5, 2016 at 9:46pm PST

Hampir sama dengan RM Padang Sederhana, Restoran Simpang Raya pun udah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan beberapa kota lain di Pulau Jawa. Restoran Padang ini didirikan oleh Muhammad Noor Datukmaharajo di Bukittinggi, kota Padang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Tahun 1976 jadi ekspansi pertama buat Simpang Raya. Muhammad Noor Datukmaharajo mendirikan Simpang Raya di daerah Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Salah satu strategi kesuksesan Simpang Raya adalah memberikan pelayanan yang ramah. Saat memasuki restoran tersebut, pelanggan bakal segera disambut. Selain itu, menu-menu yang dihadirkan benar-benar otentik.

Oh ya, mereka punya menu andalan berupa ayam pop yang rasanya khas banget melekat pada brand Simpang Raya.

3. Restoran Pagi Sore

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Restaurant PagiSore Pekanbaru (@pagisore_pekanbaru) on May 11, 2018 at 10:18am PDT

Jumlah restoran Padang satu ini emang gak sebanyak dua resto sebelumnya. Namun, Pagi Sore pun terbilang bukan pemain baru. Sebab, Pagi Sore udah berdiri sejak tahun 1973. Kini, kamu bisa temukan Restoran Pagi Sore di DKI Jakarta dan Palembang.

Ciri khas Restoran Pagi Sore terletak pada menu rendangnya. Bukan cuma rendang sapi tetapi juga ayam. Gak salah kalau restoran tersebut mengusung motto “Jagonya Rendang”.

Benar aja, saat menyajikan beragam menu, pelayan bakal menempatkan rendang tersebut di bagian paling mudah dijangkau. Bahkan, tepat di depan pelanggan. Dengan gitu, harum khas rendang tersebut langsung menyeruak ke hidung.

Strategi ini tentu jadi cara jitu untuk mempromosikan menu utama kepada pelanggan. Apalagi, rasa rendang Pagi Sore memang benar-benar enak. Gak salah deh kalau menu rendang Pagi Sore legendaris banget.

4. RM Sari Bundo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RM Sari Bundo (@saribundo_rm) on Jun 2, 2018 at 11:23pm PDT

Nama Sari Bundo terbilang udah cukup lama hadir di bisnis rumah makan Padang, yaitu sejak tahun 1968. Emang sih ekspansinya gak sebanyak RM Padang Sederhana. Namun, pelanggan Sari Bundo banyak yang berasal dari pejabat lho. Salah satu adalah mantan presiden B. J. Habibie.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Bahkan, RM Sari Bundo yang berada di daerah Jalan Juanda, Jakarta, sering dapat pesanan dari Istana Negara.

Apa sih kunci kesuksesan RM Sari Bundo yang didirikan oleh Nanny Zaenuddin dan ibunya itu? Mulai dari pemimpin sampai dengan karyawan di restoran tersebut punya motto “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Hal ini bikin karyawan berdedikasi buat bekerja di sana.

Selain kualitas rasa dari hidangan mereka, manajemen yang baik jadi kunci sukses RM Sari Bundo.

5. Restoran Garuda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by restorangaruda (@restorangaruda) on Mar 31, 2017 at 7:10pm PDT

Restoran Garuda awalnya berdiri di kota Medan. Restoran tersebut pun jadi salah satu restoran paling ikonik dan wajib dikunjungi saat seseorang berkunjung ke Medan. Namun, seiring berjalannya waktu, resto Padang tersebut berekspansi hingga ke Jakarta, Lampung, bahkan Singapura.

Restoran Garuda didirikan oleh Bakhtar pada tahun 1976. Jangan kaget, karena pendiri Restoran Garuda tersebut awalnya adalah pedagang kain lho.

Strategi yang bikin Restoran Garuda sukses jadi salah satu ‘pemain’ rumah makan Padang yang disegani adalah riset pasar. Saat mau membangun cabang, riset pasar dari manajemen Restoran Garuda begitu mendalam. Bahkan, mereka berani berinvestasi buat beli lahan restoran tersebut bila bisnis mereka dianggap udah stabil.

Kemudian, jumlah kebutuhan juru masak pun disesuaikan dengan jumlah pengunjung. Selain itu, seleksi penerimaan chef-nya pun benar-benar ketat. Mereka yang jadi chef, awalnya harus jadi asisten juru masak terlebih dahulu. Dengan begitu, Restoran Garuda bisa beri pelayanan terbaik dari tangan-tangan chef yang sudah terlatih.

Wah! Patut diacungkan jempol ya kelima restoran Padang yang disebutkan di artikel ini.

Sebagian besar restoran Padang tersebut ternyata gak didirikan oleh orang-orang berlatar belakang dari keluarga kaya raya. Namun, strategi khas yang mereka gunakan benar-benar mampu bikin brand mereka tenar hingga sekarang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →