Diusung Jadi Wakil Jokowi, Ini Perjalanan Karier Tuan Guru Bajang

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama/18

TGB Zainul Majdi atau lebih sering disapa sebagai Tuan Guru Bajang sedang jadi buah bibir dalam dunia politik Indonesia. Salah satunya karena isu yang kencang banget kalau pejabat asal Nusa Tenggara Barat ini bakal jadi cawapres Jokowi.

Namanya gak seketika itu aja mencuat. Kamu harus tahu kalau perjalanan politik dan karier pria kelahiran 1972 ini ternyata emang patut dapat acungan jempol. Gimana gak, hartanya aja udah miliaran Rupiah, padahal dari sisi usia ya TGB masih terhitung muda.

Jadi, terlepas dari siapa yang kamu jagokan pada pemilu mendatang, ada beberapa kisah sukses TGB yang patut ditiru nih. Simak yuk.

Lulus S3 Waktu Muda

Flashback ke perjalanan pendidikan TGB, bisa dibilang pria kelahiran Lombok Timur ini rajin banget menuntut ilmu. Terbukti, dia merupakan lulusan S3 dari kampus terkenal di Timur Tengah sana: Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Tahun 1995, TGB Zainul Majdi lulus sarjana dari universitas yang sama. Dia mengambil jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Fakultas Ushuluddin.

Masa kecilnya dihabiskan di Mataram dengan mengenyam pendidikan sekolah dasar di SDN 3 Mataram yang kini menjadi SDN 6 Mataram. Kemudian, dia menyelesaikan pendidikan setara SMP cuma dalam dua tahun aja.

TGB mampu menghafal 30 juz Al-Qu’ran cuma dalam waktu setahun ketika bersekolah di Ma’had Darul Qur’an Wal–Hadits Pancor, Lombok Timur.

Dari situlah dia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi sampai S3 di Kairo. Gelar doktor diraih pada tahun 2010 lalu, atau ketika masih berusia 38 tahun.

Perjalanan Karier Hingga Jadi Tokoh Politik

Tuan Guru Bajang sebetulnya merupakan gelar yang diberikan oleh masyarakat Sasak, masyarakat adat yang ada di NTB.

Tuan berarti haji, guru artinya pengajar, dan bajang muda. Gelar tersebut diperoleh Zainul Majdi karena dia emang mengabdi sebagai ulama dan masih berusia muda pula.

Zainul Majdi udah menjadi pendakwah sejak tahun 1999. Bahkan dia merupakan pengurus besar organisasi kemasyarakatan Islam di Lombok bernama Nahdlatul Wathan. TGB Zainul Majdi juga jadi rektor di Institut Agama Islam Hamzanwadi Selon.

Perjalanan karier Tuan Guru Bajang Zainul Majdi gak sampai situ aja. Dia terjun ke dunia politik dengan bergabung sebagai pengurus Partai Bulan Bintang.

Pada tahun 2004, TGB berhasil menjadi anggota DPR buat periode 2004-2009. Namun, di tahun 2008, dia mundur sebagai anggota legislatif dan maju sebagai gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dia memenangkan pilgub tersebut dan menjabat dari tahun 2008 sampai 2013.

Kemudian, di tahun 2013, dia terpilih lagi sebagai gubernur. TGB berhasil jadi gubernur termuda yang terpilih dua periode berturut-turut.

Gak heran sih TGB disukai oleh masyarakat. Salah satu buktinya adalah TGB Zainul Majdi mendapatkan predikat gubernur terbaik dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2017 lalu. Predikat tersebut disabet karena kerja TGB yang dinilai mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan korupsi.

Gak cuma itu aja lho. Keuangan pemerintah Nusa Tenggara Barat yang dipimpin oleh TGB juga berhasil menyabet predikat WTP alias Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak tujuh kali berturut-turut. Hal ini cuma bisa diperoleh karena pengelolaan birokrasi yang baik.

Keren deh!

Mengintip Harta Kekayaan TGB Zainul Majdi

Kesuksesan karier berbanding lurus dengan harta kekayaan. Itu juga yang dialami TGB Zainul Majdi.

Berdasarkan data Laporan Hasil kekayaan Pejabat Negara yang dirilis KPK tahun 2013 lalu, Tuan Guru Bajang punya harta kekayaan sebanyak Rp 11,4 miliar. Angka tersebut meningkat dari tahun 2010 lalu yang cuma Rp 5,5 miliar.

Total, Zainul Majdi telah melapor hartanya ke KPK sebanyak empat kali.

Selama menjadi gubernur, TGB punya aset properti berupa tanah dan bangunan yang bernilai Rp 7,3 miliar. Lahan pertanian pun ia punya. Nilainya mencapai Rp 200 juta.

TGB Zainul Majdi juga memiliki aset lainnya yang gak disebutkan sebesar Rp 294 juta. Kemudian, ada surat-surat berharga senilai Rp 989 juta, dan giro beserta kas lainnya yang mencapai Rp 4,8 miliar.

TGB juga punya dua kendaraan pribadi yang masing-masingnya bernilai sekitar Rp 350 juta.

Angka tersebut tentu cukup besar buat tokoh yang masih tergolong muda.

Perjalanan karier Tuan Guru Bajang yang udah disebutkan tadi jelas patut dapat apresiasi. Citranya yang baik bikin dia sukses menjabat dua periode di daerah asalnya.

Apapun pilihan karier dan politik TGB Zainul Majdi ke depannya, semoga bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia ya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →