Kisah Inspiratif 5 Orang Ini Bisa Membangkitkan Daya Juang Meraih Kesuksesanmu

Membangkitkan daya juang

‘Ita, gue gak ngantor ah hari ini, perut agak gak enak nih.’ Ujar Lia lewat telepon. ‘Yaelah Li, sebulan ini lo udah berapa kali absen? Yakin sakit beneran apa males?’ Jawab Ita sambil geleng-geleng kepala melihat tingkah rekan sekerjanya yang sering bolos keerja.

Eits, kamu berasa nih sering ngelakuin seperti apa yang Lia lakuin ya? Kalau iya ayo deh mulai intropeksi diri, kenapa daya juangmu selemah itu. Katanya mau naik gaji? Katanya mau dipromosiin bos? Tunjukkin dong kalau kamu layak.

Biar semangat dan termotivasi lagi, bangkitkan deh daya juang kamu dalam meraih sukses dengan menyimak kisah inspiratif dari kelima orang ini.

1. Jack Chen

Siapapun yang berpapasan dengan Jack Chen pasti gak akan mengira bahwa penyandang tuna netra ini punya profesi. Yup, Jack Chen sampai saat ini bekerja sebagai penasehat produk untuk Google dan mengawasi persoalan hukum terkait Chrome.

Membangkitkan daya juang
Dengan keterbatasan fisik ini, Jack Chen bisa membuktikan ke dunia kalau dia bisa menghadapi tantangan yang ada. (Jack Chen/TeknTrend)

Kehilangan penglihatan gak lantas bikin Jack jadi pribadi yang manja dan menyerah pada keterbatasan fisik. Ia bahkan menggunakan transportasi kereta dari rumahnya di New Jersey ke kantornya yang terletak di New York.

Jack memiliki gelar di bidang ilmu komputer dari Harvard dan Berkeley loh. Sebelumnya Jack juga pernah magang di sebuah operator seluler di AS dan pernah menjadi teknisi sistem di Xanboo Inc.

2. Linda Bove

Sosok inspiratif berikutnya adalah seorang artis Amerika yang kehilangan indera pendengarannya alias tuna rungu. Wah, hebat ya, kok bisa jadi artis? Yup, Linda Bove jadi seorang artis yang fenomenal karena keterbatasannya.

Gadis tuna rungu ini sukses membuktikan ia dapat menjadi seorang bintang. Linda mengambil peran penting dalam Linda the Librarian pada sebuah program televisi Sesame Street mulai tahun 1971 – 2003.

Membangkitkan daya juang
Nggak ada yang bisa menghalangi Linda Bove untuk jadi seorang bintang. (Linda Bove/Zimbio)

Kamu tahu gak sih, program ini merupakan program terlama yang pernah ditayangkan dan diperankan oleh seorang gadis tulis.

Terlahir dengan kondisi yang terbatas fisik gak menyurutkan semangat juang dalam diri Linda. Ia selalu berusaha untuk tetap bisa berkarir dan bermanfaat bagi banyak orang. Wah, ini nih daya juang yang wajib kita teladani supaya bisa sukses ya.

3. Anthony Robles

Laki-laki yang satu ini bernama Anthony Robles dari Arizona State University. Dan ia hanya memiliki satu kaki. Apakah Anthony lalu hidup dengan mengharap belas kasihan orang lain? Oh tentu saja gak.

Ia melawan kondisi fisiknya yang terbatas itu dengan menjadi seorang atlet gulat kelas berat. Terlahir hanya dengan satu kaki ternyata gak sanggup menghentikannya menjadi juara nasional. Tentu saja Anthony berjuang keras untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Membangkitkan daya juang
Lahir dengan satu kaki, tapi Robles bisa menang dan menjadi juara. Keterbatasan fisik juga nggak bakal menghalangi seseorang untuk terus berlatih. (Anthony Robles/Daily Sports)

Apakah kita yang dikaruniai dengan fisik lengkap masih mau mencari-cari alasan atau menyerah dengan permasalahan yang kerap menghadang? Malu dong ah!

4. Nick Vujicic

Tokoh inspiratif yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu atau pernah membaca kisahnya. Nick Vujicic, pria yang lahir pada tahun 1982 di Melbourne, Australia, terlahir dengan kondisi fisik yang bakal menyayat hati siapapun yang melihatnya.

Membangkitkan daya juang
Nggak ada yang mustahil di dunia ini. Kamu pun bisa sukses, dengan belajar dari Nick Vujicic (Nick Vujicic/AttitudeisAttitude)

Nick terlahir dengan tetra-amelia syndrome atau sebuah cacat fisik yang menyebabkan penderitanya gak memiliki anggota gerak di tubuhnya. Tak memiliki tangan dan kaki. Kamu bisa bayangkan, betapa berat hidup yang dijalani seseorang dengan keterbatasan fisik demikian.

Walau sempat berjuang melalui masa-masa yang penuh dengan depresi dan kesendirian, lama-kelamaan Nick mulai bisa menerima. Ia hidup dengan kondisi tubuh yang gak sempurna. Hingga pada suatu hari, di usianya yang ke 17 tahun, Nick mendirikan sebuah organisasi non-profit bernama ‘Life without limbs.’

Nick sukses menjadi seorang motivator sejak berusia 19 tahun dan berkeliling dunia. Ia berusaha menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk percaya dan mencintai diri sendiri. Ia juga sukses menulis empat buku motivasi.

5. Srikanth Bolla

Kisah pemuda asal India ini mungkin bisa bikin kita ternganga takjub dan tersentuh. Sebagai seorang anak yang lahir dalam kondisi tuna netra, kisah awal hidup Srikanth sangat menyentuh. Beberapa teman dan kerabat meyarankan agar Srikanth dibuang oleh orangtuanya karena miskin.

Namun orangtuanya tetap memelihara dan mencintai Srikanth. Sedari kecil Srikanth berjuang untuk memperoleh pendidikan yang layak walau banyak yang menghalangi. Ia gak menyerah dan akhirnya berhasil lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat dan lulus pada 2012.

Membangkitkan daya juang
Kunci fundamental dari sebuah kesuksesan itu adalah semangat, jangan mudah menyerah dan jangan berhenti belajar. Percaya deh. (Srikanth Bolla/NDTV)

Setelah lulus, Srikanth kembali ke India dan bertekad mendirikan perusahaan yang akan mempekerjakan orang-orang berkebutuhan khusus seperti dirinya. Tekadnya berhasil! Di usianya yang masih terbilang belia, Srikanth telah sukses mendirikan sebuah perusahaan.

Gak main-main loh, nilai perusahaannya sebesar US$7,5 juta atau setara dengan Rp 100 milyar.

Mungkin masih banyak sosok-sosok inspiratif seperti di atas yang bisa kita temukan. Belajarlah dari semua orang, bahkan dari mereka yang memiliki keterbatasan.

Orang-orang di atas telah menjadi bukti nyata betapa pencapaian hidup gak bisa dihalangi oleh fisik yang gak lengkap. Yang dibutuhkan untuk sukses adalah tekad sekuat baja dan daya juang yang pantang pulang sebelum menang. So, semangat lagi dong!
Yang terkait artikel ini:

[Baca: Yuk Belajar dari 5 Orang Ini yang Malah Sukses Setelah Ditolak]

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

[Baca: Kisah 6 Orang Ini Berhasil Buktikan Kalau Sukses Gak Dibatasi Usia]

[Baca: Kamu Mau Hidup Sukses? Belajar dari Etos Kerja Orang Tua Kita Yuk]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →