Dari Penjaga Toko Jadi Crazy Rich! di Antara 4 Orang Ini, Ada yang Hartanya Rp 22 Triliun

Kisah inspiratif Daniel Mananta salah seorang crazy rich yang pernah jadi penjaga toko (Instagram/@vjdaniel)

Kembali lagi di kisah inspiratif pada hari ini. So, kali ini kita akan membahas kisah-kisah orang sukses atau para selebriti yang dulu sempat bekerja sebagai seorang penjaga toko.

Menjadi penjaga toko bukan hal yang mudah. Selain harus menangani arus transaksi, mereka juga harus tahu soal ketersediaan barang yang dijual ke konsumen.

Bisa dibilang, ini adalah pekerjaan yang cukup ribet. Butuh yang namanya kejelian dan kecermatan ketika memutuskan bekerja sebagai penjaga toko.

Di balik itu, banyak pula pelajaran atau hal yang bisa kamu dapatkan di sini. Salah satunya, cara mengelola bisnis ritel.

Berikut, deretan nama-nama orang sukses yang dulunya sempat bekerja sebagai penjaga toko. Yuk, simak kisah inspiratif mereka di sini:

1. Yongki Komaladi

Yongki Komaladi (Instagram/@yongki_komaladi)
Yongki Komaladi (Instagram/@yongki_komaladi)

Pasti kamu tahu dong dengan sepatu bermerek Yongki Komaladi. Nama Yongki diambil dari nama desainer sekaligus founder brand ini.

Pria yang lahir dengan nama Kwok Joen Sian ini merupakan anak ke-14 dari 15 bersaudara. Orangtuanya merupakan seorang pengusaha di bidang bangunan yang cukup mapan.

Yongki pun bisa kuliah di Singapura berkat orangtuanya. Namun, belum setahun kuliah dia harus pulang ke Indonesia karena sang bunda wafat.

Sekembalinya ke Tanah Air, dia bekerja sebagai penjaga butik pakaian impor milik orangtua angkatnya. Kabarnya, butik yang terletak di Duta Merlin Jakarta Barat itu memang jadi tempat yang dikunjungi orang-orang kaya Indonesia.

Dari situ, Yongki bertemu dengan orang-orang yang berhasil meyakinkan dirinya seorang yang cocok berkarier di dunia model. Alhasil, Yongki mencoba dan berhasil jadi model kaca mata bersama aktor senior Ray Sahetapy.

Ketika namanya makin populer, Yongki memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sepatu menggunakan mereknya sendiri.

Dia mulai nol, namun riset pasarnya gak tanggung-tanggung. Untuk promosinya, dia nekat menggelar kerja sama dengan stasiun-stasiun televisi ternama.

Tapi siapa sangka, saat ini produk dari perusahaannya kian jadi kebangaan Indonesia. Dia pun berhasil menerima penghargaan di International Footwear Design Competition. Kamu pun bisa menemukan outlet-outlet Yongki Komaladi dengan mudah di mal.

Baca juga: Yongki Komaladi, Kisah Sukses si Penjaga Butik Populerkan Sepatu Lokal

2. Daniel Mananta

Daniel Mananta (Instagram/@vjdaniel(
Daniel Mananta (Instagram/@vjdaniel(

Pria yang akrab disapa VJ Daniel ini juga punya kisah inspiratif sangat menarik. Siapa sangka, pembawa acara sekaligus artis top yang satu ini juga pernah bekerja sebagai penjaga toko.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Daniel memang berasal dari keluarga mapan. Namun, sang ayah gak lantas memanjakan putranya.

Saat belum terjun di dunia hiburan, Daniel membantu ayahnya mengurus sebuah toko pakaian impor di Pasar Pagi Mangga Dua. Toko baju itu pun tergolong sukses pada masanya.

Dari situlah, Daniel bisa sekolah dari TK hingga SMP bersekolah di Tarakanita, Pluit, hingga melanjutkan stud jenjang SMA di Perth, Australia.

Di era 1990 hingga 2000-an awal, MTV emang jadi saluran televisi yang digandrungi anak-anak gaul. Saat itu, MTV menggelar audisi VJ bertajuk MTV VJ Hunt. Dari sekitar enam ribu kontestan, Daniel Mananta pun tampil sebagai pemenang.

Dari situlah Daniel mulai populer dan punya banyak penggemar. Hingga saat ini, dia masih masuk dalam jajaran selebriti papan atas.

Baca juga: Ada yang Nyamar Jadi Crazy Rich! 4 Penipu Ulung Ini Berhasil Membohongi Dunia

3. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi (Instagram/@robertadhiksp)
Sofjan Wanandi (Instagram/@robertadhiksp)

Pengusaha beken yang punya kisah inspiratif ini sangat dipandang di Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). Dia juga cukup terkenal di dunia perpolitikan Indonesia.

Siapa sangka, saat SMP dia punya kehidupan yang bisa dibilang cukup keras. Dia sudah biasa berdagang, dan selain bersekolah juga menjaga toko kelontong serta binatu milik ayahnya.

Semasa muda, Sofjan sempat aktif di gerakan-gerakan politik yang akhirnya menuntunnya ke penjara. Namun, ketika Soeharto naik takhta, beliau menduduki kursi DPR.

Pada 1974, dia turut serta mengembangkan Grup Pakarti Yoga dan Tri Usaha Bakti yang merupakan grup usaha Angkatan Darat. Dia pun aktif dalam dunia bisnis otomotif,  PT Anugerah Daya Laksana.

Grup usahanya di bidang otomotif berkembang hingga menjalin kerja sama dengan Yuasa Corporation of Japan. Sejak itulah produk-produk Gemal Group dipasarkan di negara-negara lain. Dia disinyalir memiliki kekayaan senilai Rp 8 triliunan.

4. Kuncoro Wibowo

Kuncoro Wibowo (Instagram/@firdaus_taupik)
Kuncoro Wibowo (Instagram/@firdaus_taupik)

Kamu tahu Ace Hardware? Pria yang dulunya cuma pedagang di Glodok inilah yang mendirikan jaringan ritel raksasa itu. Kisah inspiratif beliau juga sangat menarik buat disimak.

Ayah Kuncoro, Wong Jin, adalah seorang pedagang perkakas di Glodok. Dia memiliki toko kecil yang luasnya 3×3 meter saja.

Kuncoro dan saudara-saudaranya sudah terbiasa membatu sang ayah jaga toko sepulangnya dari sekolah. Toko itupun tutup pada pukul 17.00 WIB.

Di usia 16 tahun, Kuncoro sudah handal dalam hal berdiskusi dengan para supplier yang memasok barang ke tokonya. Dia sudah jalan-jalan ke luar negeri untuk mengunjungi pameran-pameran bisnis sekaligus bernegosiasi dengan para supplier setempat.

Singkat cerita di tahun 1980, dia mendirikan PT Kawan Lama Sejahtera di Glodok Jaya. Perusahaan inilah yang akhirnya jadi cikal bakal Ace Hardware. Di tahun 1995 berdirilah PT Ace Hardware Indonesia, Tbk yang digawanginya bersama sanak saudara.

Perkembangannya pun sangat pesat. Selain jadi raksasa, Ace Hardware mengantarkan Kuncoro Wibowo menjadi salah satu orang terkaya di Tanah Air. Kekayaanya mencapai Rp 22 triliun lho!

Itulah kisah inspiratif dari para konglomerat yang merupakan mantan penjaga toko. Intinya, jangan menyepelekan profesi yang satu ini, karena ketika sukses mereka bisa jadi crazy rich di Tanah Air. (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →