Dari Alas Roban Sampai Pernah Dilempari Saat Manggung, Ini Kisah Husein “Idol”

husein alatas

Masih ingat Husein “Idol” alias Husein Alatas runner Up Indonesian Idol tahun 2014? Lama tak terdengar kabarnya, Husein Alatas ternyata masih aktif berkarier di dunia seni. 

Nama Husein melejit usai lolos babak spektakuler Indonesian Idol bersama Virzha dan Nowela. Namun, Virzha tereliminasi, Nowela jadi juara pertama dan Husein juara kedua alias runner up.

Hingga saat ini, Husein ternyata masih aktif berkarier di dunia seni. Meski begitu, sebagai publik figur, pria kelahiran 1989 ini ternyata sempat hidup susah. 

Ingin tahu bagaimana perjuangan karier Husein Alatas di dunia musik? Pria berkepala plontos itu menceritakan kisah inspiratifnya kepada Lifepal di Ruangopi milik gitaris band Pendulum, Turi Kaliandra, 10 Oktober 2019. Yuk, disimak: 

1. Alas Roban

husein alatas
Alas Roban

Karier profesional Husein Alatas di dunia musik dimulai dari band bernama Alas Roban yang menjadi band terfavorit dalam Gudang Garam Rock Competition. Saat itu, Log Zhelebour (Logiss Record) menawarkan Alas Roban masuk ke dapur rekaman.

Sekadar diketahui, Logiss Record adalah label rekamannya band-band rock Indonesia. Salah satu band yang masuk dalam label ini adalah Jamrud. Namun, Log Zhelebour selaku pemilik label itu mengganti nama Alas Roban menjadi Log Guns.

Karena satu dan lain hal, vokalis mereka yaitu Ito mengundurkan diri. Mereka pun melakukan audisi vokalis baru, dan terpilihlah bocah berusia 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA yaitu Husein Alatas. 

Baca juga: Afgan hingga Via Vallen, 5 Penyanyi Indonesia Ini Pernah Gagal di Ajang Pencarian Bakat! g

Husein Alatas
Log Guns

“Di akhir 2007 kita masuk Logiss Record, dan tahun 2008 awal kita ngerilis album pertama kita yang berjudul Hits Maker,” papar Husein Alatas kepada Lifepal.

Launching album mereka digelar di EX yang berlokasi di Plaza Indonesia. Hanya saja, tempat ini sudah dihentikan operasionalnya pada tahun 2014.

2. Dilempar air seni saat manggung hingga tur bersama Skidrow

Husein Alatas
Dilempar air seni saat manggung hingga tur bersama Skidrow (Instagram/@husein_al_atas)

Pengalaman pahit pernah dirasakan Husein saat manggung bersama Log Guns. Pria 30 tahun itu pernah dilempari penonton yang tidak menyukai aksinya di atas panggung.

Gue itu pernah lho, manggung sama Log Guns Cimahi. Dan gue ditimpukin air kencing di botol sama tanah men. Di sana memang lagi hujan, kebayang dong tanah-tanah itu dilemparin ke atas panggung,” kenang Husein.

Begitulah cerita Husein saat mengenang peristiwa mengenaskan di Lapangan Brigif, Cimahi, saat Log Guns jadi band pemuka Jamrud.

Meski band ini adalah band major label, kehidupan di dunia musik mah keras! Tapi hal itu gak menyurutkan semangat Husein yang saat itu masih berusia 18 tahun mundur dari dunia hiburan.

Tapi, perjuangan itu cukup berbuah manis. Saat Skidrow datang ke Indonesia, Log Guns terpilih jadi opening act. Mereka pun ikut tur dengan band rock legendaris itu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Bermusik selama tiga tahun hanya dapat honor Rp 2 juta!

Husein Alatas
Bermusik selama tiga tahun hanya dapat honor Rp 2 juta!(Instagram/@husein_al_atas)

Meski main bersama band dari label besar selama tiga tahun, tapi Husein hanya mendapat honor yang kecil. Yaitu, Rp 2 juta. Kok bisa? Apa pasal?

“Saat itu Log Guns vakum, dan asal lu tahu honor tur gue sama Skidrow itu seharga gitar akustik Yamaha APX 500 hahaha..,” ungkapnya.

“Kalau gue bilang akustik doang, entar orang nyangkanya gitar akustik merek Martin. Nah ini gue pertegas akustiknya Yamaha,” sambungnya sambil berkelakar.

Saat ini, APX 500 II harganya sudah Rp 3 jutaan. Namun, pada tahun 2010 harganya memang masih Rp 2 jutaan.

Karena band ini vakum lama, Husein sama sekali gak dapat pemasukan. Hingga akhirnya dia pun kuliah mengambil jurusan broadcasting di Akom RTVI Global Media. 

4. Jualan nomor kartu perdana

husein alatas
Jualan nomor kartu perdana (Instagram/@husein_al_atas)

Di tengah kiprah bermusiknya, Log Guns sempat vakum bermusik. Kondisi itu membuat Husein Alatas yang masih sangat muda jadi bingung dari mana dia bisa cari penghasilan kalau bandnya juga lagi sepi panggung.

Tak kehilangan ide, Husein pun berjualan nomor perdana kepada teman-temannya di kampus untuk mencari uang tambahan.

“Dulu tuh ya, pas gue masih kuliah. Gue sempat jadi kayak semacam sales promotion boy (SPB), gue beli kartu perdana di mal Ambassador terus gue jual-jualin ke teman kuliah gue yang sekelas,” ceritanya.

5. Children of Gaza

husein alatas
Children of Gaza (Instagram/@husein_al_atas)

Untuk kamu yang ngefans sama Husein pasti kamu tahu dengan nama band metal ini. Tapi buat kamu yang belum tahu, band ini adalah sebuah band indie beraliran Middle East Metal. 

“Setelah gue ketemu sama Idrus, sepupu gue yang saat itu bergabung di band OZRYEL. Gue pun tertarik untuk bikin band metal juga, dan dia akhirnya ngebantuin gue untuk bikin konsep sekaligus nyari nama buat band ini, jadilah Children of Gaza alias COG,” jelasnya.  

Di tahun 2010, COG terbentuk dan berkat showmanship Husein yang cukup baik, dan musik yang sangat ear catchy, band yang bermarkas di Bekasi ini jadi punya massa. 

Dari sini, Husein pun bisa dapat penghasilan yang cukup signifikan, berhubung dalam sepekan COG bisa manggung di lebih dari empat tempat. 

Hal itu pulalah yang membuatnya mantap untuk resign dari Log Guns dan Logiss Record. Namun, siapa sangka kariernya di dunia indie malah moncer.

Selain di COG, Husein juga pernah bergabung di beberapa band lain. Sebut saja seperti Invictus (progressif metal) dan Wolfgang. Namun, dia juga resign dari dua band tersebut.

6. Indonesian Idol 

husein alatas
Indonesian Idol (Instagram/@husein_al_atas)

Tepat pada tahun 2014, Husein memutuskan ikut audisi Indonesian Idol dengan membawakan lagu “Smoke on the Water” karya Deep Purple. Membawakan lagu itu dengan suaranya yang khas, Husein pun berhasil memukau para juri.

Hingga akhirnya, dia berhasil memetik kesuksesan yang sebenarnya di dunia hiburan saat ini.

Meski begitu, Husein membantah anggapan yang menyebutkan ajang pencarian bakat menentukan kesuksesan seseorang. 

Indonesian Idol itu adalah ajang yang hanya akan dilewati delapan bulan dan setelah itu selesai, ajang yang sebenarnya baru akan dimulai,” tegasnya.

“Ajang itu hanya akan membantu kita mengepakkan sayap agar kita bisa terbang. Tapi sukses atau tidaknya kita untuk terbang, tergantung dengan apakah kita mau mengepakkan sayap kita sendiri,” lanjutnya. 

Intinya, gak ada yang bisa menjamin seorang bisa sukses kecuali dari diri sendiri. Ajang pencarian bakat atau prestasi lain sifatnya hanya membantu, selebihnya kita sendiri yang berjuang. Setuju gak?

Itulah sekilas obrolan bersama Husein Alatas. Selain kisahnya di dunia musik, masih banyak cerita inspiratif lainnya tentang Husein yang belum kamu ketahui. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →