Kisah Sukses NAH Project, Brand Sneakers Lokal yang Dipakai Jokowi

NAH Project (instagram @nah.project)

Bicara soal brand sneakers atau sepatu bersol karet, kebanyakan dari kita lebih ingat sama Nike, Adidas, atau Skechers. Merek-merek tersebut adalah buatan luar negeri. Nah, kalau buatan dalam negeri, kamu pernah dengar gak brand NAH Project?

Perlu diakui, brand sneakers lokal masih belum terlalu terdengar gaungnya dibandingkan brand luar. Padahal, soal kualitas, sneakers lokal sebenarnya gak kalah lho sama merek luar. Cuma aja, kadang merek luar masih dianggap lebih berprestise ketika dikenakan.

Tapi, hal itu pun gak selamanya benar. Prestise gak prestise itu relatif. Buktinya, Jokowi, yang notabenenya orang nomor satu di Indonesia aja mengenakan produk dalam negeri tersebut. Logikanya, pastinya Jokowi udah percaya sama kualitas brand tersebut, gak asal pakai aja.

A post shared by NAH Project (@nah.project) on Jul 23, 2018 at 10:08pm PDT

Coba dulu intip akun Instagram Nah Project. Lihat deh model-modelnya yang kece habis! Jangan lupa lihat salah satu sepatu yang dikenakan oleh Jokowi. Pasti kamu bakal suka. Selain keren saat dikenakan, kamu pun patut bangga buat pakai produk negeri sendiri.

Nah, bicara soal NAH Project ini, yuk kita cari tahu siapa pendirinya dan gimana cerita suksesnya hingga produknya dikenakan oleh Presiden Indonesia.

Modal Awal Usaha “Cuma” Rp 5 Juta

A post shared by NAH Project (@nah.project) on Jul 10, 2018 at 2:10am PDT

Pendiri NAH Project, Rizky, menuturkan kalau modal awal usaha sepatu sneakers ini “cuma” Rp 5 juta aja. Modal tersebut digunakan buat kebutuhan operasional aja. Sementara itu, biaya produksi dia akali dengan “utang” ke vendor karena kebetulan dia kenal sama vendor tersebut.

Singkatnya, biaya produksi ditanggung dulu oleh vendor. Kemudian, kalau udah dapat untung dari penjualan maka Rizky bakal bayar ke vendor.

Modal awal Rp 5 juta tersebut pun merupakan patungan Rizky dan teman-temannya. Sebelumnya, mereka sempat usaha jualan pakaian. Produk-produk lama tersebut mereka jual dan kemudian dikumpulkan buat jadi modal usaha sneakers ini.

Sebelum akhirnya memilih produk sneakers sebagai produk utama mereka, ternyata NAH sempat berfokus pada sepatu formal. Namun, melihat habit pelanggan mereka yang lebih memilih sepatu-sepatu warna cerah dan bersol karet, akhirnya NAH banting setir ke produk sneakers.

Selain karena pelanggan lebih suka sneakers, mereka menilai persaingan sneakers lokal masih terbilang minim. Merek sneakers lokal yang diingat oleh banyak orang Indonesia masih sedikit banget kan? Atau, jangan-jangan kamu sendiri gak tahu?

Pemasaran produk NAH Project sendiri baru melalui toko online di Instagram. Rizky berujar bahwa dia ingin punya pabrik sendiri. Namun, tentu butuh modal besar buat mencapai goal tersebut. Yang jadi konsentrasi pertama mereka saat ini adalah gimana bisa membangun toko offline.

Yang pasti, NAH Project menggunakan jasa perajin sepatu lokal 100 persen! Oh ya, usaha ini sendiri baru didirikan oleh Rizky dan tujuh temannya sekitar Oktober 2017 lalu. Terbilang baru namun udah bisa viral gitu ya?

Kok Bisa Sampai Dikenakan oleh Jokowi?

A post shared by NAH Project (@nah.project) on Aug 2, 2018 at 4:30am PDT

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Yang jadi pertanyaan pastilah, “kok bisa ya sepatu NAH Project ini dikenakan oleh Jokowi?”. Penasaran kan?

NAH Project sempat ikut pameran di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Di pameran tersebut, Kaesang hadir pula bersama brand Never Too Lavish yaitu jaket denim dengan peta Indonesia yang sempat dikenakan oleh Jokowi. Bisa dibilang, semuanya terhubung di situ.

Gak lama setelah pertemuan tersebut, tim NAH Project dapat telepon dari ajudan Jokowi. Saat itu, Jokowi memang sedang cari merek sneakers lokal. Beruntung banget, NAH direkomendasikan!

Saat itu, NAH Project diminta buat kirimkan katalog produk. Kemudian, tim NAH pun diminta buat kirimkan tiga produk sneakers.

Salah satu produk yang akhirnya dipakai oleh Jokowi adalah FlexiKnit v2.0. Padahal produk tersebut rencananya belum rilis, lho. Karena permintaan Istana Negara, tim NAH membuat produk tersebut dan mengirimkannya secara langsung.

Akhirnya, pada saat acara We The Fest, Jokowi mengenakan sneakers lokal tersebut. Rizky dan teman-temannya gak bisa mengungkapkan rasa bahagia karena produknya dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia.

Rizky sendiri menyadari bahwa merek NAH Project belum bisa disejajarkan dengan merek sneakers ternama dunia. Namun, dia menjamin sepatu tersebut sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia.

Cool!

Produk NAH yang dikenakan oleh Jokowi pun gak lebih dari Rp 500 ribu, lho. Kamu bisa beli sneakers tersebut dengan dana Rp 415 ribu aja!

Kisaran harga produk-produk NAH sendiri berada di angka Rp 300 ribuan sampai Rp 400 ribuan. Kini, dalam satu bulannya, NAH bisa memproduksi sekitar 3.000 pasang sepatu dengan penjualan sekitar 2.000 pasang sampai 3.000 pasang.

Tertarik buat coba sneakers 100 persen lokal Indonesia ini? Yuk, lihat akun Instagram mereka, di laman NAH Project. Semoga ke depannya makin banyak merek Indonesia yang disukai oleh warga negaranya sendiri, atau malah mendunia.

Sukses buat NAH Project!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →