Mengalami Depresi? Segini Biaya Konsultasi Psikolog dan Penyembuhannya!

Biaya konsultasi psikolog

Biaya konsultasi psikolog

Biaya konsultasi psikolog yang cukup menguras kantong membuat banyak masyarakat urban mengabaikan pergi ke ahli untuk mendapatkan bantuan. Padahal, kini banyak dari mereka mengalami masalah kesehatan mental.

Padahal, kalau disadari, biaya konsultasi psikolog masih lebih murah ketimbang pengeluaranmu saat nongkrong di kafe kekinian.

Pasalnya, memang masih sedikit orang yang aware dengan kesehatan mental mereka. Padahal, jika tidak segera diatasi, masalah mental bisa sangat mengancam hidup. Salah satunya, menyebabkan bunuh diri.

Karena itu, tak bisa didampik banyak orang yang nekat mengakhiri hidup karena menderita depresi. Seperti yang dialami artis Korea Sulli yang mengakhiri hidupnya karena depresi pada Oktober 2019 lalu.

Itulah mengapa pentingnya peduli pada kesehatan mental untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan. Lagipula, biaya konsultasi psikolog juga gak semahal yang kamu bayangkan kok.

Semakin mengulur waktu untuk bertemu pakar, justru hanya akan membuat gangguan mentalmu semakin parah dan ujung-ujungnya biaya yang harus digelontorkan akan lebih mahal.

Pengin tahu berapa bujet yang harus kamu keluarkankan saat diketahui menderita gangguan mental? Berikut ini rinciannya:

1. Biaya konsultasi psikolog

Biaya konsultasi psikolog
Biaya konsultasi psikolog

Kini banyak sekali lembaga yang memang khusus mengatasi masalah kejiwaan atau mental. Untuk biaya yang harus dibayar biasanya berbeda-beda di setiap wilayah.

Seperti di salah satu yayasan psikolog yang berada di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Biaya konsultasi dipatok Rp 200 ribu untuk durasi waktu selama 60 menit. Untuk penambahan jam selanjutnya kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu per 30 menit.

Tingginya tingkat penderita yang mengalami masalah gangguan mental membuat kamu bisa melakukan reservasi atau buat janji dengan psikolog secara online. Biaya yang harus dikeluarkan dibanderol mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 800 ribu. 

Tak hanya dapat mengetahui rating psikolognya, kamu juga bisa leluasa memilih lokasi dan waktu konsultasi.

Untuk jadwal konsultasinya juga biasanya akan direkomendasikan oleh psikolog yang bersangkutan. Tujuannya agar psikolog mengetahui perkembangan mentalmu dalam waktu-waktu tertentu.

Nah, untuk menghemat biaya banyak cara kok yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, memersiapkan hal apa saja yang ingin kamu bahas dengan psikolog.

Ingat, konsultasi dengan psikolog bukan hanya sekedar curhat tapi juga mencari solusi dari persoalan yang kamu hadapi. Bahkan, ada baiknya kalau kamu me-list apa saja yang akan didiskusikan untuk menghemat waktu. 

Pasalnya, semakin lama konsultasi, maka akan semakin besar pula biaya yang harus kamu gelontorkan.

Baca juga: Penting, Maksimalkan BPJS Buat Menunjang Kesehatan Jiwa! Gini Caranya

2. Berobat ke dokter

Biaya konsultasi psikolog
Berobat ke dokter

Tak hanya dapat membuat penderita ingin melakukan aksi bunuh diri, seseorang yang mengalami ganggungan kesehatan mental juga akan lebih sering sakit karena terlalu banyak pikiran yang membuatnya stres hingga depresi.

Kalau gak cerdik mengatur gaya hidup dan pola pikir, akan membuatmu mengeluarkan uang lebih untuk biaya berobat ke dokter.

Bukan cuma rentan terserang flu, kamu juga akan mudah merasa lelah, susah tidur alias insomnia hingga gangguan menstruasi akibat hormon yang tidak stabil.

Uang yang dikeluarkan juga sudah pasti gak sedikit apalagi kalau kamu jadi langganan rumah sakit. Jangan sampai deh

Karena itu, cobalah untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan perbanyak makan sayur dan buah serta olahraga pagi agar pikiran lebih fresh.

Baca juga: Biar Dompet Gak “Tongpes”, Efisiensi Biaya Kesehatan Bisa Kamu Mulai dengan Konsumsi Ini!

3. Biaya lainnya

Biaya konsultasi psikolog
Biaya lainnya

Seseorang yang menderita gangguan mental umumnya disebabkan banyak pikiran serta tekanan ekstrem. Karena itu, biasanya psikolog akan menyarankan untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat penderita bahagia seperti berlibur atau berkumpul dengan sahabat.

Aktivitas tersebut tentu saja dapat menguras kantong. Apalagi, kalau kamu belum memiliki rencana itu sebelumnya. Bukan hanya tabungan yang terkuras, bisa-bisa gaji juga bisa ludes dalam sekejap.

Itulah beberapa biaya yang harus persiapkan untuk mengatasi masalah kesehatan mentalmu. Tapi, disarankan agar kamu tidak mengulur-ulur waktu sebelum kamu dirujuk ke psikiater dan diminta untuk mengonsumsi obat.

Baca juga: Asuransi Gangguan Jiwa: Kenapa Orang Cenderung Malas Periksakan dan Bagaimana Penanganannya

Tak hanya harga obatnya yang mahal, kamu juga bisa-bisa ketergantungan obat dan hal itu tentu saja tidak baik untuk tubuh kamu. (Editor: Chaerunnisa)