Kiwoom Sekuritas dan Cara Daftarnya [Fee Transaksinya]

Kiwoom Sekuritas

PT Kiwoom Sekuritas Indonesia (KSI) atau Kiwoom Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang menjadi bagian dari DaouKiwoom Group. Dengan kata lain, KSI juga merupakan anak perusahaan Kiwoom Securities Co., Ltd yang berkantor pusat di Korea Selatan. 

Saat ini KSI memiliki satu kantor pusat dan dua kantor cabang di Mangga Dua dan Surabaya. Ini masih ditambah dengan dua galeri yang berada di Cengkareng dan Bandung.

Profil Kiwoom Sekuritas

KSI telah terdiri di Indonesia sejak Desember 1995 silam. Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara Indonesia dengan Korea, nama awal dari Kiwoom adalah PT. Dongsuh Kolibindo Securities. 

Dongsuh Kolibindo Securities berada di bawah kontrol penuh perusahaan korea dengan nama PT Pratama Abadi Industri pada tahun 1999. 

Barulah pada tahun 2011, perusahaan ini diambil alih oleh Kiwoom dengan kepemilikan saham mayoritas. Pada Februari 2011 perusahaan ini langsung membuka kantor di dua kota besar di Indonesia yaitu dua di Jakarta dan satu di Surabaya. 

Sejak tahun diambil alih oleh Kiwoom, KSI telah melayani klien dari lokal hingga klien dari Korea Selatan. Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan investasi saham, KSI juga meluncurkan aplikasi trading online yang diberi nama HERO. 

KSI juga memiliki anak usaha yang bernama Kiwoom Investment Management Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengelolaan dana nasabah dalam bentuk reksadana. 

Keunggulan Kiwoom Sekuritas

Kiwoom menawarkan berbagai layanan investasi, seperti perantara pedagang efek (ekuitas dan pendapatan tetap), safekeeping service dan securities agent service

Untuk mempermudah layanan kepada nasabahnya, Kiwoom menyediakan dua layanan yang bersifat offline dan online. Berikut keunggulan Kiwoom termasuk dalam pelayanan dan teknologi yang dimiliki. 

1. Sistem home trading (HERO)

Layanan untuk nasabah agar bisa melakukan trading langsung dari rumah. Sistem trading dari Kiwoom ini memiliki kecepatan tinggi dan performa tinggi sehingga mudah sekali untuk melakukan trading atau perdagangan. 

Aplikasi ini hanya perlu di-download di komputer dan dipergunakan secara langsung oleh nasabah.

2. Sistem mobile trading (HERO S)

Mobile trading system dari Kiwoom yang bisa ditampilkan di smartphone. Di mana pun dan kapan pun kamu dapat dengan mudah melakukan trading.

Meski begitu, kamu yang selama ini lebih banyak bertransaksi di PC Komputer juga tidak akan kesulitan untuk mengakses data pasar dan bertransaksi. Sebab Hero S dan Hero dapat sinkronisasi secara otomatis. 

3. Layanan manajemen aset

Layanan yang diberikan melalui PT Kiwoom Investment Management Indonesia. Layanan ini menyediakan produk investasi berupa reksadana. Nasabah Kiwoom selain bisa membeli saham juga bisa mengakses reksadana. 

Cara membuka rekening efek di Kiwoom Sekuritas

Tertarik untuk membuka rekening efek di Kiwoom? Sayangnya, perusahaan sekuritas ini hanya bisa melayani pembukaan secara offline, artinya kamu harus datang langsung ke kantor mereka. Berikut ini cara membuka rekening efek di Kiwoom.

  • Datang ke kantor pusat atau kantor cabang atau galeri Kiwoom Sekuritas
  • Buat jadwal pertemuan dengan tim costumer service. Pastikan kamu mengunjungi sesuai dengan area tinggal kamu, semisal Jakarta atau Surabaya.
  • Lengkapi syarat yang telah ditentukan 

Saat membuka rekening efek, jangan lupa bawa seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan antara nasabah individu dan institusi sangatlah berbeda, berikut rincian kelengkapan data untuk pembukaan rekening efek di Kiwoom:

Individu

  • Mengisi akun pendaftaran
  • Menyertakan contoh buku tabungan dari Bank BCA atau Bank CIMB Niaga
  • Salinan identitas diri
  • Salinan identitas NPWP

Institusi atau perusahaan

  • Mengisi akun pendaftaran
  • Menyertakan contoh buku tabungan perusahaan dari Bank BCA atau Bank CIMB Niaga
  • Surat kuasa untuk melakukan transaksi
  • Salinan Izin Usaha (SIUP)
  • Salinan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Salinan anggaran dasar perusahaan dan perubahannya
  • Salinan surat keputusan notaris dari Menteri Kehakiman
  • Salinan laporan keuangan yang diaudit selama 2 tahun terakhir
  • Salinan identitas diri pimpinan perusahaan KTP atau paspor
  • Salinan NPWP perusahaan

Setoran awal Kiwoom Sekuritas

Nasabah yang menggunakan aplikasi HERO bisa membuka dan menggunakan akunnya tanpa menyetorkan terlebih dahulu deposit awal ke Rekening Dana Nasabah (RDN).

Nah, ketika hendak transaksi jual beli saham, nasabah wajib melakukan deposit dana yang besarannya disesuaikan dengan jumlah saham yang ingin dimiliki nasabah.

Aturannya, pembelian saham itu minimal sebanyak 1 lot yang mana 1 lot itu sama dengan 100 lembar. Sementara besaran dana dihitung dengan mengalikan 100 lembar saham ke harga per lembar saham.

Biaya transaksi atau fee Kiwoom Sekuritas

Sama seperti perusahaan sekuritas lainnya, Kiwoom juga membebankan biaya transaksi kepada para nasabahnya. Berikut ini besaran fee transaksi di Kiwoom Sekuritas untuk penggunaan HERO

  • Transaksi beli: 0,15 persen
  • Transaksi jual: 0,25 persen

Fee untuk pengguna konvensional atau yang melakukan transaksi dengan cara telepon, yaitu transaksi beli sebesar 0,25 persen dan transaksi jual sebesar 0,35 persen.

Apakah berinvestasi saham menjadi pilihan yang tepat?

Banyak jenis investasi yang bisa menjadi pilihan dalam mengamankan atau meningkatkan nilai uang.

Dari pilihan berinvestasi di pasar uang yang minim risiko, tapi raihan profit yang minim hingga berinvestasi di pasar modal yang raihan profit tinggi, tapi tinggi risikonya.

Cari tahu profil risiko investasimu agar kamu yakin kalau berinvestasi saham menjadi pilihan yang tepat dalam kuis berikut ini.

Daftar perusahaan sekuritas terbaik lainnya di Indonesia

Selan Kiwoom Sekuritas, ada banyak perusahaan-perusahaan sekuritas lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berinvestasi saham. 

Berikut ini daftar pilihan beserta ulasan dari Lifepal.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang sekuritas ataupun asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar Kiwoom Sekuritas

Apa itu Kiwoom Sekuritas?

PT Kiwoom Sekuritas Indonesia (KSI) atau Kiwoom Sekuritas adalah perusahaan broker saham yang menjadi bagian dari Kiwoom Securities Co., Ltd yang berkantor pusat di Korea Selatan.

KSI sendiri telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1995 silam. Kini mereka memiliki kantor cabang di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Cengkareng.

Apa itu Kiwoom Asset Management?

Kiwoom Asset Management adalah anak usaha dari KSI yang bergerak di bidang penyedia jasa pengelolaan investasi dalam bentuk reksadana.

Kiwoom Asset Management atau PT Kiwoom Investment Management Indonesia (KMI) telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sejak tahun 2000 silam.

Di mana alamat PT Kiwoom Sekuritas Indonesia?

Kiwoom memiliki kantor pusat di DKI Jakarta, alamatnya berada di Treasury Tower, SCBD, Jenderal Sudirman, Jakarta.

Selain di Jakarta, Kiwoom juga memiliki kantor cabang di Bandung, Surabaya, dan Cengkareng.

Apa itu Kiwoom HERO?

Kiwoom HERO adalah aplikasi perangkat komputer dari Kiwoom Sekuritas yang memungkinkan nasabah untuk melakukan trading saham secara online.

Selain HERO, Kiwoon juga memiliki satu buah aplikasi trading online lainnya yaitu HERO S. Bedanya, kalau HERO dikhususkan untuk perangkat komputer, HERO S dikhususkan untuk perangkat ponsel pintar.

HERO S bisa diunduh secara gratis di perangkat Android dan juga iOS. Keberadaan aplikasi ini tentu sangat memudahkan nasabah untuk bertransaksi jual beli saham secara mudah, cepat, dan fleksibel.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →