Cara Klaim Asuransi Adira Lengkap & Syaratnya [Terbaru]

asuransi mobil

Asuransi mobil memang jadi satu-satunya cara yang efektif untuk melindungi mobilmu. Namun, bukan berarti ketika punya asuransi maka apapun kerugiannya pasti bisa diklaim lho.

Dalam asuransi kendaraan, kita pasti pernah mendengar jenis all risk dan total lost only. TLO adalah jenis asuransi yang siap memberikan ganti rugi bila mobilmu hilang, atau mengalami kerusakan hingga gak mungkin diperbaiki.

Sementara itu all risk ya sesuai dengan namanya yang kalau diartikan adalah “semua risiko”. Asuransi ini menawarkan ganti rugi segala macam kerusakan, besar atau cuma baret-baret di bodi.

Cara klaim asuransi mobil disesuaikan dengan polis yang kamu miliki. Selain itu, cara klaim asuransi mobil juga tergantung pada risiko atau kerusakan yang dialami kendaraan.

Kebijakan perusahaan juga turut andil dalam cara klaim asuransi mobil. 

Terlepas dari apakah itu all risk atau TLO, ada sejumlah penyebab yang membuat pihak asuransi gak mau memberikan pertanggungan terhadap kerugian yang kamu alami. Mau tahu apa saja penyebabnya? Yuk cari tahu di sini.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Tiba waktunya untuk mengklaim asuransi mobil kamu, umumnya cara melakukan klaim asuransi mobil di sebuah perusahaan asuransi satu dengan yang lain sama. Ada sejumlah persyaratan dan kondisi yang memungkinkan untuk bisa dilakukan klaim asuransi.

Maka sebelum klaim, ketahui dahulu cara klaim asuransi mobil di perusahaan tersebut. Kamu bia cek buku polis atau situs resmi perusahaan untuk mengetahui cara klaim asuransi mobil. Berikut cara klaim asuransi mobil dengan cepat dan tidak ditolak perusahaan asuransi.   

1. Cara klaim asuransi mobil lecet

Sebelum kamu mengklaim asuransi mobil yang lecet, pastikan asuransi mobil yang dimiliki adalah jenis asuransi yang menanggung all risk atau Asuransi All Risk. Sebab hanya asuransi tersebut yang menanggung risiko mobil lecet.

Berikut tahap-tahap cara klaim asuransi mobil lecet, pertama saat mobil mengalami lecet, kamu harus segera menghubungi perusahaan asuransi paling lama 2×24 jam setelah kejadian atau peristiwa terjadi. Kebijakan perusahaan asuransi memang berbeda-beda terkait waktu yang diterima saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet.

Hanya saja, semakin cepat melakukan klaim asuransi mobil lecet maka semakin baik. Jadi sebaiknya tidak menunda setelah kejadian tersebut. Saat menghubungi pihak asuransi nantinya, customer service perusahaan asuransi meminta kamu mengunduh formulir klaim.

Kamu harus mengisinya lengkap untuk disertakan dengan kronologis peristiwa lecetnya mobil tersebut. Kemudian lampirkan bukti mobil lecet kamu dengan foto sesaat setelah mengalami kejadian. Foto harus jelas pada bagian mobil yang mengalami lecet, sebagai saran ambil beberapa foto.

Ada sejumlah perusahaan asuransi yang juga meminta surat keterangan dari polisi untuk dilampirkan dalam dokumen yang akan dikirim.

Apabila ada pihak ketiga, maka kamu juga harus Lampirkan pula data dari pihak ketiga.  Pihak ketiga yang dimaksut bisa orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Jika sudah syarat sudah lengkap, kamu tinggal datang ke bengkel yang merupakan rekanan dari perusahaan asuransi. 

2. Cara klaim asuransi mobil baret 

Apabila mobil terkena baret, kamu juga bisa mengklaimnya lewat asuransi mobil yang kamu miliki. Begini rincian cara klaim asuransi mobil baret.

Pastikan dulu apakah asuransi yang kamu miliki adalah Asuransi All Risk. Sebab dengan memiliki polis asuransi tersebut maka kamu bisa mengklaimnya.

Selanjutnya pastikan juga bahwa kendaraan tersebut memang terbaret. Ini terlihat dari garis yang menonjol dan cukup dalam di kendaraan. Untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut terbaret maka kamu bisa lebih dahulu mengelap kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut terbaret.

Jika sudah yakin segera hubungi perusahaan asuransi dan jelaskan peristiwa yang membuat mobil kamu terbaret. Sangat baik agar menghubungi perusahaan asuransi di bawah lima hari setelah kejadian berlangsung.

Saat melakukan klaim pastikan urusan administrasi telah lengkap berikut juga dengan dokumen penunjang dari kepolisian atau pihak ketiga. Jika berkas lengkap, tambahkan dengan foto penunjang yang memotret garisan baret di mobil.

Selanjutnya, bawa ke bengkel resmi rekanan asuransi. Penggantian kerusakan akan dilakukan sesuai dengan polis yang mengikat jadi ketika mendapatkan perbaikan harus dengan persetujuan perusahaan asuransi. 

3. Cara klaim asuransi mobil kredit 

Mobil kamu masih dalam kredit dan hendak melakukan klaim asuransi karena hilang, rusak atau lecet? Kamu bisa melakukannya dengan mudah, berikut cara klaim asuransi mobil kredit.

Apabila mobil hilang, maka langkah pertama cara klaim asuransi mobil yang harus kamu lakukan adalah menghubungi pihak leasing atau multifinance. Jelaskan secara rinci kronologis peristiwa yang terjadi, ikuti petunjuk dari pihak leasing. Biasanya mereka akan meneruskannya ke pihak asuransi, tetapi terlebih dahulu kamu harus melengkapi sejumlah syarat dalam proses klaim asuransi tersebut.

Jika sudah menghubungi leasing datang ke kantor polisi dan minta surat keterangan terkait peristiwa yang menimpa kamu. Sangat baik jika kamu menghubungi leasing atau kantor polisi sesaat setelah kejadian. Apabila terbentur hari libur, kamu bisa lebih dahulu datang ke kantor polisi.

Pengaduan ke kantor polisi sekaligus memblokir STNK kendaraan dan mendapat surat keterangan kehilangan kendaraan. Selanjutnya, siapkan berkas-berkas seperti: data diri, formulir pengajuan klaim hingga dan surat penunjang lain baik dari kepolisian atau pihak ketiga. Datangi ke kantor cabang multifinance terdekat dan serahkan dokumen tersebut.

Proses selanjutnya, pihak asuransi akan melakukan wawancara kepada pemilik kendaraan, saksi yang berada di tempat kejadian perkara atau mendatangi keluarga pemilik kendaraan. Khusus mereka yang didatangi keluarga pemilik kendaraan biasanya untuk kasus tertentu misalnya kendaraan hilang.

Jika mobil lecet atau rusak biasanya perusahaan asuransi akan meminta tambahan dokumen dari pihak ketiga. Selanjutnya perusahaan asuransi lewat leasing akan mengarahkan kamu untuk menuju bengkel rekanan mereka.

Dengan mengikuti cara klaim asuransi mobil ini, dipastikan klaim kamu gak ditolak karena sudah sesuai prosedur!

4. Cara klaim asuransi mobil all risk 

Seperti kita ketahui, Asuransi All Risk adalah jenis perlindungan yang diberikan untuk kendaraan yang mengalami risiko yang luas tapi tetap sesuai yang tercatat di dalam polis. Risiko yang dilindungi antara lain: kendaraan terbakar, tergores hingga rusak. Makin luas perlindungan yang diberikan jika menyertakan sejumlah risiko perlindungan tambahan.

Bagi kamu yang ingin melakukan klaim pada asuransi all risk ini, berikut cara klaim asuransi mobil all risk yang tidak akan ditolak. Pertama adalah dengan melapor terlebih dahulu klaimnya ke perusahaan asuransi.

Sambil kamu juga menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti: form klaim dan foto yang diambil saat kejadian terjadi. Dokumen yang diperlukan biasanya seperti: data diri, kelengkapan untuk memperkuat bukti peristiwa juga diminta surat dari kepolisian. Pastikan foto yang diambil memperlihatkan gambar kerusakan atau kejadiannya.

Seluruh dokumen tersebut dikirim ke perusahaan asuransi sambil menunggu analisa dan penilaian klaim yang diajukan. Selanjutnya akan ada proses penggantian kerugian yang dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang dialami atau diminta untuk mendatangi bengkel rekanan perusahaan asuransi untuk dilakukan perbaikan.

Gampang bukan cara klaim asuransi mobil all risk?

5. Dokumen yang dibutuhkan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu syarat yang harus dipenuhi agar klaim asuransi tidak ditolak adalah kelengkapan dokumen. Dokumen tersebut harus segera dikirim sesaat setelah kejadian terjadi.

Jadi, selain mengetahui cara klaim asuransi mobil, kamu juga harus tahu dokumen apa saja yang harus dilengkapi. Dengan begitu klaim bakal diterima perusahaan asuransi mobil.

Kebijakan perusahaan asuransi berbeda-beda untuk batas maksimal pengajuan klaim setelah peristiwa kerusakan terjadi. Hanya saja paling bagus adalah satu minggu sebelum kejadian tersebut berlangsung.

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk mengklaim asuransi mobil: 

  • Form klaim 
  • Foto-foto yang memperlihatkan kerugian atau kerusakan kendaraan 
  • Salinan SIM 
  • Salinan STNK yang berlaku
  • Salinan KTP  
  • Surat keterangan dari polisi 
  • Surat pemblokiran STNK dari polisi 
  • Surat kuasa yang ditandatangani di atas materai, jika memang segala urusan klaim harus diwakili oleh ahli waris atau keluarga atau orang lain.  

6. Contoh cara klaim asuransi mobil Autocillin 

Autocillin memudahkan pelanggannya untuk urusan klaim asuransi kendaraan dengan datang ke kantor cabang Adira Insurance dan lewat platform seperti: telepon ke customer services, sms/wa hingga lewat aplikasi. Sebagai pengingat, selama proses klaim berlangsung Anda harus tetap membayar premi asuransinya ya, jangan sampe absen meski sedang mengajukan klaim.

Cantumkan nomor polis, identitas lengkap beserta formulirnya dan dokumen penunjang. Setelahnya kirim ke kantor cabang Adira Insurance. Selanjutnya tim Adira Insurance akan menganalisa lebih lanjut klaim sesuai dengan pertanggungan yang ada.

Berikut contoh cara klaim asuransi mobil Autocillin

  • Terjadi kerugian atau peristiwa kerugian berlangsung 
  • Melapor ke Autocillin selambat-lambatnya tiga hari saat kejadian berlangsung. 
  • Mengisi dan menandatangani Laporan Kerugian (LK) 
  • Melengkapi dokumen klaim 
  • Autocillin Inspektor akan melakukan cek fisik dan foto kendaraan 
  • Penerbitan SPK ke Autocillin Garage jika kejadiannya adalah mobil mengalami rusak 
  • Perbaikan kendaraan di Autocillin Garage dengan membawa SPK 
  • Sedangkan untuk klaim kendaraan hilang melengkapi dokumen seperti: Surat Keterangan Hilang dari Polisi dan Kaditserse, Surat Blokir STNK, Surat Subrogasi.

Gampang bukan cara klaim asurnasi mobil Autocillin?

7. Contoh cara klaim asuransi mobil Garda Oto 

Cara klaim asuransi mobil Garda Oto saat ini melayani digital lewat aplikasi. Aplikasi yang disebut dengan Garda Mobile Otocare bisa memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan klaim tanpa harus datang ke kantor cabang.

Tentunya, cara klaim asuransi mobil ini terbilang simpel dan gak ribet.

Meski begitu, bagi yang ingin berbicara langsung ke customer service atau datang ke kantor cabang juga bisa dilakukan. Hanya saja yang membedakan dengan cara klaim lewat aplikasi adalah bisa memantau secara real time.

Berikut contoh cara klaim Asuransi Mobil Garda Oto: 

  • Lapor dan isi formulir klaim via aplikasi Garda Mobile Otocare. Pastikan laporan maksimal 5 hari setelah kejadian. 
  • Surveyor akan memeriksa kerusakan kendaraan dan menentukan rencana perbaikan. 
  • Pelanggan mendapatkan Surat Perintah Kerja elektronik atau e-SPK. 
  • Mobil dijemput dari tempat pelanggan untuk diantar ke bengkel di wilayah layanan Garda Oto Digital.  
  • Mobil yang selesai diperbaiki dijemput dari bengkel ke tempat pelanggan di wilayah Jakarta. 
  • Untuk kendaraan yang hilang, prosedurnya adalah datang ke cabang Asuransi Astra atau Garda Center lalu lengkapi dokumen yang diperlukan dengan tambahan dokumen seperti: Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda setempat (untuk kendaraan hilang), Surat blokir STNK (untuk kendaraan hilang), formulir interview (untuk kendaraan hilang), formulir bersedia disurvei (untuk kendaraan hilang). 
  • Selanjutnya petugas Garda Oto akan melakukan survei dan menganalisa klaim jika dianggap perlu untuk kendaraan hilang biasanya akan diinvestigasi oleh lembaga investigasi independen.

Selama memenuhi syarat pengajuan klaim, cara klaim asuransi mobil Garda Oto gak bakal ditolak deh!

Tips Menghindari Klaim Asuransi Mobil Ditolak

 

Kita sering mendengar, membaca dan mungkin mengalami sendiri kondisi dimana klaim asuransi yang ditolak. Sehingga memunculkan anggapan sulit untuk mengajukan klaim asuransi. Padahal anggapan tersebut salah. 

Asalkan syarat dan ketentuannya telah lengkap dan kita bisa membuktikan tidak melakukan pelanggaran, maka urusan klaim bisa sangat mudah. Berikut sejumlah tips agar terhindar dari penolakan cara klaim asuransi mobil.  

1. Pengendara di bawah umur

Meski telah memenuhi semua prosedur cara klaim asuransi mobil, bisa jadi klaim kamu ditolak gara-gara hal ini. Pihak asuransi tidak akan menyetujui klaim jika pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan adalah anak di bawah umur, maka jangan heran kalau klaim asuransi mobil bakal ditolak.

Hal ini tertuang jelas dalam Undang-Undang no  22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjelaskan, anak di bawah 17 tahun dilarang mengemudikan kendaraan.

Dan mereka yang boleh mengemudi, harus memiliki Surat Ijin Mengemudi. Hal itu pun diatur dalam Pasal 281.

Jika saja mobil dikemudikan anakmu yang di bawah umur, apa yang bakal kamu lakukan jika dia bernasib seperti putra Ahmad Dhani, Abdul Qadir Jaelani? Sudah mobilnya hancur lebur, eh karena melanggar hukum gak bisa diklaim deh.

Jadi, jangan sampai prosedur cara klaim asuransi mobil yang sudah terpenuhi gagal karena gak punya SIM atau di bawah umur!

2. Modifikasi

Beberapa orang mungkin pengin terlihat mobilnya keren agar asik kalau dipakai buat mejeng. Tapi, urusan modifikasi juga aturannya lho dan gak bisa sembarangan.

Penambahan beberapa aksesori memang bisa menghanguskan asuransi, terutama aksesori yang menguras aki. Agar hal itu gak terjadi padamu, maka para modifikator seharusnya melaporkan adanya penambahan aksesori non-standar ke pihak asuransi.

Ketika harga aksesorinya sudah di atas Rp10 juta, biasanya bakal ada penambahan premi lho. Oleh karena itu, jangan asal pasang aksesori kalau gak mau rugi ya.

Dengan kondisi ini, cara klaim asuransi mobil yang udah kamu penuhi bakal ditolah deh!

3. Mobil dipinjam dan dibawa lari

Jangan salah, asuransi gak mau mengcover kehilangan mobil jika peristiwanya seperti ini. Ini sama saja dengan penggelapan, bukan pencurian atau kehilangan karena paksaan.

Hal serupa pun berlaku untuk para pebisnis rental mobil dan parkir valet. Mengapa demikian? Karena si pemilik mobil sudah memberikan izin kalau mobilnya bakal dikemudikan orang lain. 

Lain halnya jika mobil dipinjam teman untuk ke mal, lalu mobilnya hilang. Si peminjam bisa membuat laporan dari kepolisian yang nantinya bakal dilampirkan untuk klaim asuransi.

Dengan alasan ini, cara klaim asuransi mobil yang udah kamu penuhi gak bakal diterima perusahaan asuransi!

4. Kecelakaan saat kelebihan muatan

Misalnya nih, kamu naik mobil Avanza yang didesain untuk mengangkut tujuh penumpang. Namun karena ada 3 temanmu mau nebeng, alhasil 10 orang ada di mobilmu.

Dan apesnya di tengah jalan kamu terkena musibah tabrakan. Tabrakannya pun gak nanggung-nanggung karena kerusakan mobilmu sampai 40 persen. Percaya gak percaya itu gak bisa dicover asuransi mobil lho.

Hal itu sudah diatur di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Jadi gak usah mencak-mencak ya kalau memang gak bisa klaim, meski kamu sudah memenuhi kriteria cara klaim asuransi mobil.

5. Menerjang banjir

Sekalipun kamu mengasuransikan mobilmu dengan asuransi all risk, belum tentu pihak asuransi sepakat untuk mengcover kerusakan karena kamu menerjang banjir. Kok gitu?

Sekalipun kamu memenuhi syarat cara klaim asuransi mobil all risk, lho! Karena banyak asuransi yang memasukkan banjir dalam klausul force majeur atau bencana besar, yang gak bisa jadi dasar klaim pertanggungan.

So, sebelum memutuskan untuk deal dengan satu asuransi, ada baiknya kamu ketahui dulu produk asuransi yang kamu tuju dengan baik. Beberapa asuransi yang menerima klaim banjir dan bencana alam adalah Adira Insurance dan Garda Siaga Asuransi Astra.

6. Kecelakaan saat ikut pawai

Nah, berhubung sebentar lagi pemilu dan pemilihan presiden nih. Mohon dipikir dua kali ya ketika mau ikutan kampanye dengan menggunakan mobil pribadimu. Karena apabila ada kerusakan, itu jelas gak bisa di-cover.

Hal itu disebabkan karena ketika mobil dipakai buat pawai, mobil itu dianggap gak digunakan sewajarnya oleh pihak asuransi. Lain halnya kalau mobilnya dipakai mudik.

Jadi, jangan lakukan hal ini jika kamu gak bisa mendapatkan klaim walaupun telah memenuhi syarat cara klaim asuransi mobil.

7. Kerusakan karena huru-hara atau sabotase teroris

Kerusakan karena peristiwa ini juga terkadang gak dicantumkan dalam polis standar. Padahal kerugiannya bisa besar sekali, bisa jadi mobilmu rusak total atau sampai terbakar.

Bila kamu mau hal ini masuk ke dalam pertanggungan, maka biasanya ada penambahan paket pertanggungan yang harus kamu lakukan. Dan ketika kamu ingin mengklaim, jangan lupa untuk menyertakan foto.

8. Kerugian masuk dalam pengecualian polis

Saat membeli polis asuransi, pastikan kamu telah membaca seluruh isi polis dengan cermat. Jangan sampai ada yang terlewat dan apabila tidak memahami kalimat yang ada di dalam polis, lebih baik bertanya ke agen atau customer service untuk menjelaskannya.

Jangan lewatkan juga bagian dari pertanggungan atau risiko yang akan dikaver. Pastikan juga syarat atau pengecualian yang ada di dalam polis terkait risiko yang ditanggung. Ini penting supaya di masa depan ketika hendak melakukan klaim tidak terjadi masalah. 

9. Kerusakan sudah pernah terjadi sebelumnya

Kejujuran adalah modal penting dalam pembelian polis asuransi. Perusahaan asuransi akan selalu menanyakan riwayat kepemilikan kendaraan dan memantaunya.

Maka, saat membeli polis asuransi pastikan lebih dahulu sudah memberikan informasi kepada perusahaan asuransi tentang riwayat kendaraan. Sebab di masa depan jika melakukan klaim terhadap kerusakan yang sudah pernah terjadi sebelumnya kemungkinan akan ditolak. 

10. Polis lapse

Hal penting lain agar klaim asuransi mobil tidak ditolak adalah masa berlaku polis. Pastikan kalau polis asuransi mobil masih berlaku atau tidak dalam keadaan polis lapse.

Sebagai informasi, polis lapse adalah kondisi ketika asuransi tidak dapat diambil manfaatnya karena statusnya batal atau tidak aktif lagi. Salah satu penyebabnya adalah karena nasabah atau pemegang polis tidak membayarkan polis lagi.  

Itulah tujuh penyebab mengapa klaim asuransi mobil kamu ditolak. So, ada baiknya untuk selalu berhati-hati ketika kamu menggunakan mobilmu. Bukan berarti mentang-mentang udah ada asuransi, jadi bebas pakai.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →