5 Klub Sepak Bola Dunia Ini Harga Sahamnya Paling Mahal, Ada Tim Favorit Kamu?

Klub-sepak-bola-Blog

Kepopuleran klub sepak bola di dunia membuat industri satu ini menjadi magnet tersendiri untuk beragam golongan masyarakat. Itu bisa dilihat dari beberapa nama tim yang udah mencatatkan namanya di pasar modal.

 Belakangan ini kita digegerkan dengan munculnya nama klub bola Tanah Air, yakni Bali United yang udah masuk ke lantai Bursa Efek Indonesia.

Sontak, berita itu disambut positif berbagai pihak mulai dari suporter, PSSI bahkan sampai pelaku jual beli saham. Penyebabnya, mereka menjadi klub pertama yang berhasil IPO di Asia Tenggara. Keren banget, kan?

Meski demikian, ternyata udah ada beberapa nama tenar dunia yang duluan merumput di bursa efek dunia. Penasaran siapa aja mereka? 

Yuk, langsung aja kita lihat lima klub sepak bola dunia yang kepemilikannya bisa kamu beli, seperti dikutip dari ADVFN.

1.  Manchester United – Rp 249 ribuan per lembar

Klub Sepak Bola
Klub Sepak Bola Manchester United

Siapa sih yang gak kenal sama klub sepak bola dunia satu ini? Udah mengoleksi 20 piala liga Inggris, 12 gelar FA Cup serta dua kali juara liga champion Eropa menjadikan ketenarannya sejajar dengan Barcelona dan Real Madrid.

Tim yang udah berdiri dari tahun 1878 dan dijuluki Si Setan Merah ini mulai menjajakan kakinya di bursa New York Stock Exchange (NYSE) pada 2012 lalu.

Jika kamu tertarik membelinya, harga satu lembar sahamnya mencapai Rp 254 ribuan. Menarik bukan harga yang ditawarkan?

Baca juga: Deretan Orang Kaya Indonesia di Balik Klub-klub Bola Internasional

2.  Borussia Dortmund – Rp 134 ribuan per lembar saham

Klub Sepak Bola
Klub Sepak Bola Borussia Dortmund

Borussia Dortmund  merupakan klub sepak bola dunia yang berasal dari Jerman. Dia adalah musuh bebuyutan Bayern Munchen. Prestasinya mulai kembali bersinar setelah diasuh Jorgen Klopp dari tahun 2008 sampai 2013 lalu.

Meski gak sebesar Munchen, prestasi yang diraihnya cukup membanggakan. Mereka tercatat berhasil empat kali juara piala Jerman, delapan kali juara liga Jerman, dan satu kali juara liga champion tahun 1997. 

Nama Borussia Dortmund berhasil merumput di bursa efek Xetra Jerman pada tahun 2002. Harga saham per lembarnya mencapai Rp 134 ribuan dengan kode BVB.

3.  Juventus – Rp 24 ribuan per lembar saham

Klub Sepak Bola
Klub Sepak Bola Juventus

Datang dari Italia ada klub sepakbola Juventus. Tim berjuluk Si Nyonya Tua ini dalam beberapa tahun belakangan emang memiliki prestasi yang lumayan kinclong terutama di liga lokal.

Gimana gak dalam delapan musim terakhir mereka berhasil mendominasi peringkat satu liga Serie A dengan mudahnya melewati Napoli, As Roma dan duo Milan. Dengan trofi sebanyak itu, pihak manajemen yakin Juventus bakal ngacir di pasar modal.

Pada tahun 2001, tim besutan Maurizio Sarri ini berhasil IPO di bursa efek Italia dengan kode JUVE. Per lembar sahamnya diperjual belikan seharga Rp 24 ribuan. Jauh lebih murah dibandingkan Manchester United. 

4. Lazio – Rp 20 ribuan per lembar saham

Klub Sepak Bola
Klub Sepak Bola Lazio

Dari kota Roma, Italia, muncul nama Lazio yang menjadi klub Italia yang memiliki histori perjalanan bola yang lumayan panjang. Berdiri tahun 1910, Lazio memiliki koleksi trofi bergengsi seperti 7 piala Coppa Italia dan 2 piala liga Serie A. 

Musuh abadi dari AS Roma ini udah melangkahkan kakinya di bursa efek Italia sejak tahun 1998. Menjadikan dirinya klub Italia pertama yang sukses berkecimpung di pasar modal.

Lazio memiliki harga saham sekitar Rp 20 ribuan per lembarnya. Berbeda sedikit dengan Juventus yang nominalnya Rp 24 ribuan.

5. AS Roma – Rp 8 ribuan per lembar saham

Klub Sepak Bola
Klub Sepak Bola AS Roma

Kembali lagi dari Italia, ada AS Roma. Tetangga dekat Lazio ini gak mau kalah sama rekan sekotanya Lazio. Dari sisi prestasi mereka juga telah mencantumkan namanya di beberapa gelar seperti sembilan kali Coppa Italia, dan tiga kali juara liga Italia Serie A.

AS Roma mulai dipasarkan secara publik pada tahun 2006 dengan kode indeks ASR di bursa efek Italia.

Nominal per lembarnya menjadi yang termurah dibandingkan klub sepak bola dunia lainnya, yakni cuma Rp 8 ribuan aja per lembar. 

Harga kelima saham klub tersebut diambil pada tanggal 26 Juni 2019 yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Itulah lima klub sepak bola dunia yang dijual go public di pasar modal dunia. Dari kelima nama tersebut ada jagoan kamu gak, guys? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →