Fungsi, Cara Kerja, dan Harga Kondensor AC Mobil

kondensor ac mobil

Kondensor AC mobil adalah salah satu komponen yang penting untuk menyejukkan udara di dalam mobil. Ketika bepergian, tentu tanpa adanya AC (Air Conditioner) mobil, udara akan terasa panas, bukan?

Hal inilah yang membuat kondensor harus ada untuk menjalankan AC mobil. Pengertian kondensor adalah suatu alat dengan jaringan pipa yang digunakan untuk mengubah uap (gas) menjadi cair.

Tanpa adanya alat kondensor, maka AC mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Kegunaan kondensor yang utama adalah sebagai penukar kalor atau kita kenal sebagai panas.

Sebelum mengetahui lebih jelas tentang kondensor AC mobil, mulai dari fungsi, cara kerja, harga hingga cara merawatnya, mari simak fungsi dari kondensor terlebih dahulu.

Fungsi kondensor

Kegunaan dari kondensor memang sudah diketahui, tetapi masih ada fungsi kondensor lain, yaitu mampu menurunkan suhu pada refrigerant ketika terjadi proses kondensasi.

Jika suhu pada refrigerant berhasil turun, cairan akan keluar melalui lubang AC dan mobil pun jadi terasa dingin. Ini terjadi akibat kondensor yang menyerap panas freon dan mengubah wujud semula gas menjadi cair.

Singkatnya, bila kondensor tidak ada, maka freon tidak akan berubah menjadi cair dan hawa dingin AC tak akan tersalurkan ke dalam mobil.

Fungsi kondensor AC mobil

Setelah mengetahui fungsi kondensor, ada pun fungsi kondensor AC mobil dengan penjelasan lebih lengkap, diantaranya:

Dapat mengeluarkan hawa panas

Salah satu resiko berkendara menggunakan mobil adalah terjebak macet di jalan. Karena berbeda dengan motor yang dapat menyalip kendaraan lain, mobil harus menetap dan menunggu sampai lalu lintas jalan kembali lancar.

Bayangkan jika keadaan seperti itu AC mobil tidak nyala, rasanya pengap sekali, ‘kan? Nah, dengan fungsi kondensor dapat mengeluarkan hawa panas, kamu tak perlu khawatir akan merasa pengap.

Pembuangan gas pada kondensor terjadi ketika adanya perubahan freon dari gas menjadi cair. 

Mampu mengubah gas menjadi cairan

Dalam komponen kondensor AC mobil, gas refrigerant dapat diubah menjadi cairan freon. Biasanya komponen kondensor AC mobil tersebut terletak di radiator.

Letaknya di radiator ini dilakukan, agar udara saat mobil bergerak dapat diserap dan diproses kembali guna membantu kinerja AC lebih dingin.

Menukarkan panas

Kalor atau panas yang semula berwujud gas bisa diubah menjadi cair berkat bantuan dari komponen refrigerant.

Saat ingin mengubah gas ke cair, umumnya udara sangat dibutuhkan untuk pendinginan AC mobil. Sedangkan untuk membuang atau melepaskan panasnya, komponen AC seperti kipas yang akan melakukan hal tersebut.

Kedua komponen di atas harus berjalan dengan baik dalam hal menukarkan panas menjadi dingin. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen, AC mobil dapat terhambat.

Cara kerja kondensor AC mobil

Kondisi dari kondensor AC mobil wajib diperiksa pemilik kendaraan, supaya kejadian kerusakan dapat dihindari.

Tak hanya itu, sebagai pemilik mobil, kamu juga wajib tahu cara kerja kondensor AC mobil dengan tujuan bila ada sesuatu yang salah, kamu bisa mengerti dan segera memperbaikinya.

1. Kompresi freon menjadi gas

Cara kerja kondensor AC mobil pertama adalah kompresi freon menjadi gas. Perubahan freon menjadi gas dengan suhu dingin dan tekanan tinggi dilakukan oleh kompresor mobil.

Kinerja AC mobil dimulai dari proses kompresi freon menjadi gas, kemudian selanjutnya dilakukan penyerapan panas freon oleh kondensor AC mobil.

2. Penyerapan panas freon

Saat panas freon telah diserap oleh kondensor AC mobil, nantinya freon akan berubah wujud cair. Guna memaksimalkan proses penyerapan panas, maka penggunaan kipas sangat dibutuhkan.

Jika proses tersebut sudah selesai, freon akan menghembuskan ke luar AC lewat receiver dryer dan sirip-sirip.

3. Penghembusan freon ke luar AC

Proses penghembusan dan pengubahan freon akan terjadi secara berulang selama AC di mobil nyala. Freon yang sudah melewati proses tersebut, nantinya berubah menjadi udara dingin pada AC mobil.

Harga kondensor AC mobil

Di bawah ini terdapat perkiraan harga kondensor AC mobil dari beberapa merek. Contohnya seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Hyundai, dan Nissan. Berikut pembahasannya.

Harga kondensor AC mobil Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil besutan pabrik otomotif terkenal, Toyota. Jenis mobil ini termasuk dalam daftar kendaraan mobil paling banyak dipakai masyarakat, terutama yang sudah berkeluarga.

Perkiraan harga kondensor di pasaran pada mobil Toyota Avanza, yaitu antara Rp600 ribu sampai Rp800 ribuan. 

Harga kondensor AC mobil Honda HRV

Mobil Honda HRV merupakan mobil SUV pilihan keluarga yang punya spesifikasi memuaskan untuk berjalan-jalan. Honda HRV juga terkenal di kalangan pecinta otomotif, karena bahan bakar dan biaya perawatannya tidak terlalu memberatkan.

Perkiraan harga kondensor di pasaran pada mobil Honda HRV antara Rp650 ribu sampai Rp900 ribu.

Harga kondensor AC mobil Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau pada awal peluncuran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2016.

Karena hal tersebut, beberapa masyarakat memilih Daihatsu Sigra sebagai kendaraannya. Bukan hanya karena penawaran menarik dari segi harga, Daihatsu Sigra juga punya pilihan varian beragam.

Perkiraan harga kondensor di pasaran pada mobil Daihatsu Sigra antara Rp550 ribu sampai 1 jutaan.

Harga kondensor AC mobil Hyundai Avega

Merupakan mobil keluaran dari pabrik otomotif terkenal di Korea, Hyundai Avega menjadi mobil dengan desain yang menarik, harga terjangkau, dan fitur yang canggih.

Perkiraan harga kondensor di pasaran pada mobil Hyundai Avega antara Rp650 ribu sampai Rp850 ribu.

Harga kondensor AC mobil Nissan Livina

Nissan Livina adalah mobil yang memiliki kabin lapang dan harga terjangkau. Dipasaram terdapat tiga pilihan varian untuk Nissan Livina. 

Mobil berjenis MPV ini memang mirip Mitsubishi Xpander, tetapi berkat grille ukiran V-motion, Nissan Livina tampil lebih beda.

Untuk perkiraan harga kondensor di pasaran pada mobil Nissan Livina pun cukup terjangkau antara Rp575 ribu sampai Rp800 ribu.

Cara merawat kondensor AC mobil

Bagi kamu yang ingin keadaan mobil tetap sejuk dan nyaman, merawat kondensor AC mobil penting dilakukan secara rutin. Proses perawatan kondensor AC mobil pun mirip dengan perawatan intercooler AC mobil. Beberapa langkahnya antara lain sebagai berikut:

  • Buka AC mobil menggunakan peralatan perbaikan lengkap
  • Carilah bagian kondensor AC mobil
  • Lakukan penyemprotan pada bagian kondensor AC mobil dengan air
  • Lap bagian basah pada kondensor secara perlahan supaya tidak rusak
  • Pasang kembali AC mobil
  • Tips dari Lifepal! Fungsi kondensor AC mobil secara keseluruhan adalah mengubah gas freon menjadi cairan, sehingga hawa dingin dapat tersalurkan ke dalam kendaraan.

    Karena hal itu, sebagai pemilik mobil kamu perlu mengecek kondensor secara berkala di bengkel ac mobil terdekat, agar kesejukkan di dalam mobil tetap terjaga.

    Selain itu, pengecekkan ini juga bermanfaat menjaga sirkulasi udara. Simak pula ulasan mengenai bagian AC mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

    Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

    Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

    Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

    Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

    Pertanyaan seputar kondensor AC mobil

    Kondensor adalah suatu alat dengan jaringan pipa yang digunakan untuk mengubah uap (gas) menjadi cair. Fungsi kondensor, yaitu mampu menurunkan suhu pada refrigerant ketika terjadi proses kondensasi.
    Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%