Tertarik Menjadi Konsultan IT Perlu Paham Paketan Skill Ini

beli aplikasi android

Konsultan IT adalah seorang ahli di bidang teknologi yang bertugas membantu memecahkan permasalahan manajemen perusahaan, mulai dari memberikan usulan hingga mencari solusi untuk keamanan dan keberlangsungan pengembangan sistem.

Mungkin banyak orang mengira bahwa seorang konsultan IT memiliki pekerjaan yang sama dengan profesi pakar IT pada umumnya yang mana tidak jauh dari operasi komputer, software, maupun jaringan. Namun pada kenyataannya, seorang konsultan IT memiliki beberapa tugas lain yang lebih spesifik.

Apa Saja Tugas Seorang Konsultan IT?

Konsultant IT

Sistem dan alur kerja seorang konsultan IT bervariasi, tergantung pada permintaan klien. Misalnya, mengusulkan pengembangan sistem berdasarkan strategi IT yang sejalan dengan kebijakan manajemen perusahaan atau meningkatkan manajemen perusahaan melalui pengoptimalan sistem.

Jika diminta untuk merancang sistem, seorang konsultan IT harus terlibat dalam segala hal, mulai dari desain hingga pengembangan serta verifikasi terhadap sistem. Namun biasanya konsultan IT bekerja sama dengan tim di masing-masing bidang untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, seorang konsultan IT harus mampu mencapai standar yang tinggi dan memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami potensi masalah dan mengembangkan solusi. 

Memiliki manajemen waktu yang baik dan mampu melakukan banyak tugas sangat penting serta memiliki keterampilan komunikasi yang kuat untuk memahami kebutuhan dan persyaratan klien. Ini dia beberapa tugas spesifik yang biasa dikerjakannya.

  • Mengembangkan rencana aksi, termasuk skala waktu dan sumber daya yang diperlukan.
  • Memantau sistem dan jaringan komputer dalam suatu organisasi.
  • Bekerja sama dengan insinyur perangkat lunak dan anggota support IT.
  • Menganalisis masalah potensial dan menyajikan solusi secara tertulis atau lisan.

Apa Saja Peran Konsultan IT?

Peran seorang konsultan IT adalah menjadi spesialis teknis yang berfokus pada integrasi teknologi informasi ke dalam bisnis dan menunjukkan kepada klien bagaimana menggunakan teknologi IT dengan lebih efisien demi membantu mencapai tujuan dan target.

Ini dapat dilakukan dengan memperkenalkan solusi teknis dan platform perangkat lunak baru untuk infrastruktur IT saat ini dengan tujuan meningkatkan proses dan profitabilitas. Konsultan IT biasanya menjembatani antara tim teknis dan anggota staf sesuai dengan arahan klien berupa model dan strategi bisnis yang diterapkan.

Namun, peran konsultan IT tidak berhenti sampai di situ  sebagaimana masih ada beberapa alur tugas dengan pembagian tugas sebagai berikut.

  • Konsultan yang bertanggung jawab atas perumusan strategi dalam bidang IT, turut mencakup organisasi, perencanaan, dan sistem kerja IT.
  • Digital Consultant yang membuat perencanaan untuk meningkatkan bisnis dengan menggunakan Big Data, Web Marketing, dan aplikasi mobile.
  • Konsultan PMO (Project Management Office), mengacu pada divisi manajemen pendukung proyek, divisi audit untuk proyek, atau project support department yang merupakan salah satu sistem pengoperasian yang berorientasi pada efisiensi biaya.
  • Konsultan yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur, outsourcing, manajemen aset dalam bidang IT.
  • Konsultan yang bertanggung jawab terhadap kebijakan keamanan dan manajemen terhadap risiko yang mungkin terjadi dan berkaitan di bidang IT.
  • Business Analyst (BA), biasa juga disebut sebagai manajemen di bidang IT. Pada umumnya bertugas menganalisis secara profesional pengoperasian sistem. Seperti strategi manajemen, pelatihan kerja sama, dan memberikan proposal atau perencanaan yang jelas dan memenuhi kebutuhan klien.
  • Konsultan pengenalan yang bertugas menyiapkan syarat dan ketentuan, memastikan kemajuan rencana pengembangan dan memeriksa spesifikasi yang telah disiapkan oleh analis, dan memastikan penyesuaian yang diinginkan oleh klien.

Kemampuan yang Diperlukan sebagai Konsultan IT

Konsultant IT

Kemampuan yang diperlukan seorang konsultan IT sangat beragam, tergantung pada kebutuhan dan permintaan klien. Meskipun tidak perlu mencakup semuanya, ini dia beberapa kemampuan umum yang harus dimiliki oleh konsultan IT.

1. Pengalaman

Seorang konsultan IT yang sering menghadapi tantangan dari berbagai perusahaan dan terbiasa mengemban tanggung jawab atas sejumlah tugas akan lebih disukai oleh klien. Pasalnya, mereka memiliki pengalaman lebih banyak untuk dapat menyelesaikan proyek.  

2. Pengetahuan khusus

Berkutat dengan manajemen strategi perusahaan, membuat konsultan IT tidak hanya perlu memiliki kemampuan di bidang teknologi, namun keahlian dalam bidang manajemen pun penting dikuasai.

3. Kemampuan memecahkan masalah

Dalam menjalankan tugasnya, kemampuan mengidentifikasi masalah dan solusi dalam manajemen bisnis sangat penting dimiliki menggunakan kemampuan berpikirnya secara logis.

4. Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk mengelola operasi bisnis, seperti bekerja sama dengan tim, anggota pengembangan, dan anggota lainnya dari berbagai divisi. Sama halnya saat berinteraksi dengan klien ketika memecahkan permasalahan. Teknik untuk menyampaikan informasi secara akurat adalah krusial dalam hal ini.

5. Pengalaman pengembangan proyek

Untuk dapat menjalankan proyek dengan lancar, dibutuhkan beberapa kemampuan untuk memeriksa pengembangan dan mendukung dalam proses uji coba atau memeriksa spesifikasinya. Selain itu, desain dokumen untuk mengklarifikasi masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya pun menjadi perhatian utama. Pengalaman dan pemahaman terhadap alur serta pengembangan sistem juga bekal yang penting dimiliki.

Beberapa tahun terakhir, pentingnya peran teknologi dalam berbagai bidang semakin meningkat sehingga kebutuhan akan jasa seorang konsultan IT pun turut meningkat. Tertarik menekuni profesi ini? Mari mulai dengan mempelajari beberapa kemampuan penting di atas, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →