Angsuran Rumah Pakai KPR BRI, Syarat Mudah dan Cepat!

syarat pengajuan kpr bri

Kredit perumahan BRI kini jadi salah satu incaran para pencari rumah karena suku bunga KPR BRI sangat kompetitif. Selain itu, syarat pengajuan KPR BRI juga relatif lebih mudah dibandingkan bank lain. 

Selain suku bunga yang murah dan syarat pengajuan KPR BRI yang mudah, BRI dikenal punya jaringan bank yang luas. Jangkauan bank satu ini mencapai pelosok Indonesia.

Jangkauannya saja luas, apalagi pilihan rumah buat KPR-nya dong. Oh ya, bank pemerintah ini pun ngasih KPR bersubsidi. Berikut rangkuman keunggulan KPR BRI yang mesti kamu ketahui:

  • Biaya provisi 1 persen aja dari total pinjaman.
  • Jangka waktu angsuran sampai dengan 20 tahun.
  • DP cuma 10 persen dari total harga rumah.
  • Dilindungi oleh asuransi jiwa dan kebakaran.

KPR BRI dan syarat pengajuannya yang mudah

Kalau kamu lagi mencari KPR yang memberikan kemudahan, KPR BRI lah solusinya. Kamu dijamin punya hunian idaman. Eits, bukan cuma rumah saja lho, kamu juga bisa kredit apartemen, condotel, ruko bahkan rukan.

Lalu, kondisi rumah yang seperti apa yang ditawarkan? Jadi kredit kepemilikan rumah BRI Berlaku untuk pembelian rumah baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain. Lengkap banget, ya!

Ada dua jenis kredit kepemilikan rumah BRI yang bisa kamu pilih, yaitu subsidi dan non-subsidi. Tentunya kedua jenis tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tertarik dengan kredit kepemilikan rumah BRI, salah satu jalannya biar kamu bisa dapetin adalah dengan memenuhi persyaratan yang diberikan, dari melengkapi formulir hingga melampirkan dokumen yang diminta. Nah, persyaratan lebih lanjut bisa dilihat di bawah.

Macam-macam KPR BRI

Ada dua macam kredit kepemilikan rumah BRI yang ditawarkan yaitu KPR BRI Subsidi dan Non-subsidi

KPR BRI Subsidi

Siapapun bisa memiliki hunian idaman tanpa memandang latar belakang pekerjaan dan penghasilan. 

Nah, KPR BRI subsidi diperuntukkan buat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kamu perlu tau kalau KPR jenis ini sudah disesuaikan dengan aturan pemerintah yang berlaku.

KPR BRI Non-subsidi

Berbeda dengan jenis yang di atas, KPR BRI non-subsidi ditujukan buat masyarakat yang berada di luar lingkup MBR. ketentuan bunga KPR ini adalah bunga floating (mengambang). 

Program tersebut bisa digunakan untuk membeli rumah komersil, baru maupun bekas tapi dengan syarat pengembang harus sudah bekerja sama dengan BRI.

Macam-macam bunga KPR BRI

Gak afdol kalau bahas KPR tapi gak bahas bunganya. Untuk itu, yuk kita cermati bersama jenis bunga yang ditawarkan BRI melalui KPR-nya.

Bunga KPR BRI beragam besarnya. Bunga yang berlaku untuk KPR non-subsidi, adalah 6,5% (fixed 1 tahun pertama) dan 9,5% (fixed 3 tahun pertama). 

Besar suku bunga setelah masa fixed-nya habis adalah bunga mengambang (floating) yang mengikuti kebijakan Bank Indonesia. Masa tenor cicilan KPR di bank BRI bisa mencapai 20 tahun, lho.

Suku bunga KPR bank BRI subsidi adalah 5% hingga masa tenor selesai.

Syarat pengajuan kredit perumahan BRI

Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi bila pengin mengajukan kredit perumahan BRI:

  • Isi formulir aplikasi KPR BRI
  • Warga Negara Indonesia
  • Membuka rekening BRItama
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Lokasi tempat tinggal/ lokasi bekerja/ usaha/ praktik debitur berada di kota dimana KC / KCP berada
  • Lampirkan dokumen yang diminta buat kelengkapan aplikasi kredit.

Sementara itu, dokumen buat pengajuan KPR, antara lain:

  • Fotokopi Kartu Tanpa Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pas foto terbaru pemohon suami dan istri (bila udah menikah)
  • Surat keterangan gaji

Khusus buat calon peserta KPR subsidi BRI, kamu perlu lampirkan dokumen berikut:

  • Fotokopi SK terakhir pegawai tetap
  • Surat keterangan gaji per bulan atau slip gaji
  • Surat keterangan atau rekomendasi dari perusahaan (bila perlu)
  • Serahkan surat permohonan.

Dokumen pengajuan KPR BRI

Ada beberapa dokumen pengajuan KPR BRI yang berbeda bagi tiap nasabah. Hal ini dikarenakan dokumen yang dibutuhkan digolongkan berdasarkan jenis pekerjaan dari tiap nasabah. Untuk lebih jelasnya berikut tabel rincian dokumen yang dibutuhkan oleh nasabah.

Dokumen/Jenis Pekerjaan Karyawan Wirausaha Profesional
Form Aplikasi Kredit
Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Cerai
Pas Foto Terbaru Pemohon & Pasangan
Fotokopi Slip Gaji Terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan X X
Fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap X X
Fotokopi Tabungan/Giro di BRI/Bank Lain min. 3(tiga) Bulan Terakhir
Fotokopi SPT Pph Ps.21
Fotokopi NPWP
Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan Berikut Perubahannya, SIUP, TDP & SITU X X
Fotokopi Izin-izin Praktek X X
Fotokopi SHM/SHGB/ dan IMB

Biaya mengajukan KPR BRI

Saat kamu mengajukan KPR BRI, kamu akan diwajibkan melakukan pembayaran berupa:

  • Biaya provisi 1% dari total pinjaman 
  • Biaya administrasi 0,1% dari total pinjaman yang telah disetujui 
  • Biaya asuransi 
  • Biaya akad.

Trik agar aplikasi KPR kamu cepat disetujui

Nah, biar aplikasi kredit perumahan BRI kamu cepat disetujui, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Penuhi persyaratan bank

Yang pasti kamu mesti penuhi persyaratan bank. Sebagai contoh, kamu harus penuhi syarat batasan minimal usia. Kemudian, yang gak boleh dilupakan adalah maksimum angsuran per bulan yang emang gak melebihi 30 persen dari gaji kamu.

Maksimum jumlah angsuran tersebut udah termasuk cicilan kamu yang lainnya ya. Contoh, cicilan kendaraan ataupun utang lainnya.

Lengkapi dokumen yang diminta

Kamu pun harus melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak bank. Jangan tinggalkan satu dokumen pun saat proses pengajuan KPR.

Jadi, kamu gak perlu repot buat mengirimkan dokumen ataupun aplikasi kamu malah ditolak oleh bank.

Pahami segala aturan yang ada

Kamu mesti pahami segala aturan yang ada. Contoh, suku bunga KPR tersebut berlaku buat tahun pertama aja atau seterusnya.

Selanjutnya, kamu pun perlu siapkan bujet buat biaya-biaya lainnya selain DP rumah. Misalnya aja, biaya notaris, biaya pajak penjualan atau pembelian, biaya provisi, dan biaya asuransi.

Dengan paham aturan dan syarat pengajuan KPR, kamu pun jadi lebih mudah buat dapet persetujuan bank deh.

Kenapa harus KPR BRI?

Ada beberapa keunggulan yang buat kamu harus pilih KPR BRI jika mau kredit rumah. Lalu apa aja sih keunggulannya?

Pembayaran mudah

Semakin mudah melakukan pembayaran KPR BRI dengan Automatic Fund Transfer (AFT) / Automatic Grab Fund (AGF) yaitu transfer dana yang dilakukan secara otomatis. 

Jadi kamu gak perlu ribet lagi mencari-cari ATM atau bahkan telat bayar cicilan rumah karena gak sempat bayar. Dengan sistem AFT dan AGF kamu cuma perlu duduk manis di rumah maka sistem bank akan melakukan penarikan secara otomatis dari rekening nasabah untuk pembayaran angsuran rumah.

Proses cepat

Cepatnya proses pengajuan KPR BRI hanya berkisar 5 hingga 10 hari kerja saja, hal ini untuk mengetahui apakah aplikasi permohonan kredit rumah disetujui.

Suku bunga kompetitif

Banyaknya pilihan suku bunga dan fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Biaya uang muka dan kredit sangat ringan, untuk uang muka biayanya mulai dari 10 persen. 

Aman dengan asuransi

Kredit rumah tapi gak dilengkapi asuransi? Duh bahaya banget kalo sampe ada musibah yang menimpa rumah kamu. Memang pasti kita gak ada yang mau tertimpa musibah, tapi bukankah lebih baik jika punya perlindungan ekstra terhadap rumah impian kamu. 

Nah dengan menggunakan KPR BRI cicilan rumah kamu sudah terlindungi oleh Asuransi Jiwa Kredit serta Asuransi Kerugian atau Kebakaran. Tentunya hal ini bisa buat kamu lebih tenang ketika mengambil cicilan rumah.

Pinjaman Dana Besar

KPR BRI baiknya emang nggak nanggung-nanggung. Kenapa begitu? Karena kredit untuk dana pinjaman KPR bisa diberikan hingga Rp 5 miliar. Kemudian dana yang diperoleh dari pengajuan kredit perumahan melalui KPR BRI yaitu 90 persen dari nilai agunan yang kamu ajukan. Gimana? Makin dibuat tergiurkan dengan tawaran KPR BRI.

Jangka waktu panjang

Jangka waktu angsuran minimal 8 tahun dan maksimal hingga 20 tahun. Kamu bisa mencicil angsuran secara santai untuk punya rumah impian dengan keluarga tercinta.

Hal yang diperhatikan untuk menghitung KPR

Jika kamu ingin tahu hal apa aja sih yang dibutuhkan ketika menghitung cicilan KPR. Yuk lihat ulasan di bawah ini.

Harga rumah

Faktor utama dalam pengajuan pinjaman adalah jumlah pinjaman itu sendiri. Sebab yang menentukan besaran jumlah plafon pinjaman yang kamu ajukan adalah harga rumah yang ingin kamu beli. Untuk menghitung simulasi KPR kamu perlu tahu harga rumah yang ingin kamu beli dan ajukan untuk pinjaman KPR.

Down payment

Seperti yang selama ini kita ketahui, bahwa bank tidak memberikan 100 persen harga rumah yang kita ajukan. Pembiayaan bank paling tinggi di kisaran 80 persen dan 90 persen dari harga rumah.

Sistem perhitungannya adalah semakin besar DP yang kamu berikan maka semakin kecil jumlah pinjaman yang perlu diambil, begitupun sebaliknya.

Plafon pinjaman

Cara mengetahui plafon pinjaman yaitu harga rumah dikurangi jumlah DP. Itulah jumlah plafon pinjaman kamu. Ketika menggunakan kalkulator KPR jumlah plafon pinjaman adalah faktor utama yang perlu kamu input. Tanpa jumlah plafon kamu tidak akan bisa menggunakan kalkulator kredit rumah.

Tenor

Tenor merupakan lama waktu kamu mencicil KPR. Pada KPR BRI tenor yang diberikan bisa sampai 20 tahun. Namun memilih lama waktu cicilan kembali lagi pada kemampuan keuangan kamu. Semakin lama tenor semakin kecil angsuran perbulannya begitu pun sebaliknya.

Bunga

Suku bunga merupakan komponen penting dalam menghitung KPR. Berapa bunga yang ditetapkan? Dan jenis suku bunga seperti apa yang digunakan. 

Cara menggunakan simulasi KPR BRI

Jika kamu sudah memenuhi semua unsur tersebut, maka kamu sudah bisa melakukan simulasi perhitungan biaya KPR perbulan di website resmi BRI. Caranya seperti berikut:

  • Masuk ke halaman web resmi BRI. https://bri.co.id/kpr-bri 
  • Kemudian pilih menu cicilan KPR
  • Pada tahap ini kamu diminta mengisi jumlah pinjaman yang akan diajukan. Nilai minimal pinjaman adalah Rp 50 juta dan maksimalnya hingga Rp 10 miliar.
  • Selanjutnya pilih tenor atau jangka waktu peminjaman. Tenor yang diberikan mulai dari 1 sampai maksimal 20 tahun.
  • Berikutnya adalah mengisi kolom suku bunga. Pada tahap ini suku bunga tidak dapat diubah yaitu menggunakan suku bunga efektif sebesar 5 persen. Ada hal yang perlu kamu pahami mengenai suku bunga. Setelah jangka waktu fixed rate berakhir, suku bunga yang berlaku adalah suku bunga floating rate. Jadi bisa berubah-ubah sesuai dengan pasar.
  • Terakhir, klik hitung, Maka kamu sudah dapat perincian simulasi pembayaran KPR BRI setiap bulannya.

Mudah bukan cara menggunakan simulasi KPR BRI? Sekarang Lifepal akan coba memberi contoh jika kamu mengambil pinjaman sebesar Rp 600 juta dengan tenor 10 tahun. Berikut hasil penghitungannya:

Jumlah pinjaman : Rp 600.000.000

Tenor : 10 tahun

Suku bunga efektif: 5%

Maka estimasi angsuran yang harus kamu bayarkan adalah Rp 6.363.930 setiap bulannya.

Tapi perlu diingat ya, bahwa perhitungan ini belum 100% tepat. Sebab perhitungan ini hanyalah sebuah simulasi atau perkiraan biaya cicilan perbulan saja. Dan perhitungan ini belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Demi membuat nasabah merasa nyaman dan aman, saat melakukan pengajuan juga pembayaran angsuran. KPR BRI memberikan fasilitas yang memanjakan para nasabahnya, diantaranya:

  • Semakin nyaman dengan sistem pembayaran di KPR BRI yang sudah dilakukan secara otomatis. Dengan menggunakan Automatic Fund Transfer (AFT)/ Automatic Grab Fund (AFG).
  • Selain itu nasabah akan merasa lebih aman karena terdapat fasilitas Asuransi Jiwa Kredit dan Asuransi Kerugian/Kebakaran.

Proses pengajuan KPR BRI sudah terbilang cepat, karena hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 hari saja untuk tahu pengajuan disetujui atau tidaknya. Sedangkan lama waktu pencairan adalah 14 hari kerja setelah pengajuan.

Jika tertarik mengajukan KPR BRI, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dari tempat tinggal kamu. Berikut daftar kantor cabang BRI yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan pengajuan KPR.

Cabang Alamat
Bagan Batu Jalan Sudirman Komplek Business Center No. A10-A13, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Pekanbaru

Telepon: (0765) 551897

BINTARO Jalan MH Thamrin CBD Blok A-02 No.7 Kelompok Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jakarta 3

Telepon: (021) 74861251

BIREUEN Jalan Kolonel Husen Yoesof I No. 1-2 Biruen, Banda Aceh

Telepon: (0644) 21126, 22044

BLANGPIDIE Jalan Persada Desa Keude Siblah, Blang Pidie, Banda Aceh

Telepon: (0659) 91127

KEDIRI Jalan KJP Slamet A No. 35-37, Kediri, Malang, Jawa Timur

Telepon: (0354)773307

KUALA SIMPANG Jalan Tengku Panglima Polem No. 23-24, Kelurahan Kuala Simpang, Kecamatan Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Banda Aceh

Kode Agen : -

Telepon: (0641) 333366

KUTACANE Jalan Iskandar Muda No. 14, Kutacane, Banda Aceh

Telepon: (0629) 21031

LANGSA Jalan Darussalam No.1 Langsa, Banda Aceh

Telepon: (0641) 21033

MADIUN Jalan Pahlawan No. 50 Madiun, Malang, Jawa Timur

Telp : (0351)454133

MEULABOH Jalan Gajah Mada No. 70 A-B Meulaboh, Banda Aceh

Telepon: (0655) 7551961

SIGLI Jalan Prof A. Madjid Ibrahim, Banda Aceh

Telepon: (0653) 21306

TAKENGON Jalan Yos Sudarso No. 164, Takengon, Banda Aceh

Telepon : (0643) 21294

TAPAKTUAN Jalan Habib M. Syarief No. 25 Kelurahan Hulu, Kecamatan Tapaktuan, Banda Aceh

Telepon: 081270200949

WARU Komplek Pertokoan Gateway Aloha Blok B-07, Jalan Raya Waru Waru, Kecamatan Gedangan Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur.

Telepon: (031)8554627

Itulah beberapa lokasi kantor cabang BRI yang bisa kamu kunjungi. Lokasi tempat tinggal, lokasi bekerja, lokasi usaha atau praktek pastikan harus berada sama dengan lokasi kantor cabang BRI yang kamu datangi. Jadi pastikan tidak salah datang ke kantor cabang yang bukan di daerahmu ya!

Punya rumah memang impian setiap orang, apalagi untuk mereka yang baru saja berumah tangga. Nah, KPR BRI bisa dijadikan pertimbangan buat kamu biar cepat dapat hunian.

Jangan lupa pelajari juga syarat pengajuan KPR BRI dan besaran bunganya. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →