KPR Mandiri Syariah Pilihan Tepat Memilki Rumah Idaman

kpr mandiri syariah

Mau punya rumah, tapi kepikiran gak bisa bayar cicilan kalau ambil sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Niat hati mau bayar tunai, tapi sadar gak punya uang sebanyak itu dalam waktu singkat. Pada akhirnya dari kedua pilihan itu, hasil yang didapat cuma buat kamu makin bingung. 

Tenang aja! Kamu bisa jadikan KPR Mandiri Syariah sebagai solusi mengatasi keraguan untuk memiliki rumah impianmu. Kok bisa gitu? Sebab, fitur yang ditawarkan oleh KPR Mandiri Syariah berbeda dengan KPR Bank Konvensional lainnya.

Dengan menggunakan KPR jenis syariah, kamu dipermudah mengatur keuangan dalam jangka panjang untuk masa depanmu. Sering kali, debitur kewalahan menggunakan KPR bank konvensional ketika suku bunga tetap berakhir. 

Karena jika suku bunga tetap telah selesai, maka bunga pinjaman pada angsuran berikutnya akan berfluktuasi mengikuti besaran bunga pasar. Yuk cari tahu lebih jelas dan lengkap mengenai fitur dan keuntungan gunakan KPR Mandiri Syariah.

Pembiayaan Griya Berkah

Bank Mandiri Syariah merupakan salah satu bank yang menyediakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bernama Pembiayaan Griya Berkah. Sesuai dengan namanya, Pembiayaan Griya Berkah ini menggunakan sistem murabahah atau jual beli jadi pastinya sesuai dengan hukum syariah.

Akad murabahah sendiri dalam sistem KPR merupakan akad jual beli antara bank dan nasabah. Dalam hal ini bank bertugas membeli barang yang dibutuhkan misalnya rumah. Kemudian bank menjualnya kembali kepada nasabah sesuai harga pokok dengan ditambahkan keuntungan margin yang disepakati.

Dengan begitu sistem yang digunakan sudah sesuai dengan hukum syariah, yaitu jual beli layaknya pedagang dan pembeli. Karena berpegangan pada prinsip syariah maka tidak ada bunga dalam KPR Mandiri Syariah, yang ada hanyalah margin yaitu keuntungan yang telah disepakati dari awal.

Jenis pembiayaan KPR Mandiri Syariah

Sudah tahu dasar mengenai KPR jenis syariah, sekarang kita beralih ke jenis pembiayaannya. Apa aja sih yang disediakan oleh KPR Mandiri Syariah? Ternyata Pembiayaan Griya Berkah gak hanya disediakan untuk nasabah yang ingin membeli rumah baru aja. Berikut adalah jenis-jenis pembiayaan yang disediakan KPR Mandiri Syariah:

  • Rumah yang sudah tersedia (ready stock) dan indent (Developer Rekanan)
  • Take over (pemindahan fasilitas KPR)
  • Pembelian apartemen ready stock
  • Multiguna beragunan rumah (Refinancing)

Tipe Margin pada KPR Mandiri Syariah

Jika pada KPR Bank Konvensional terdapat suku bunga fix dan floating. Berbeda dengan KPR Bank Mandiri Syariah, pada jenis ini yang diterapkan ada sistem margin. Di mana keuntungan ditetapkan di awal kesepakatan murabahah.

Berikut adalah tabel berisi tipe margin yang ditawarkan oleh KPR Mandiri Syariah.

Margin Keterangan
6.2% Penawaran spesial untuk PNS/ASN, Karyawan BUMN dan pembelian rumah baru dari developer rekanan
7.25% Promo khusus untuk Karyawan tetap yang telah bekerja lebih dari satu tahun
9.5% Cicilan tetap sampai dengan lunas untuk jangka waktu pinjaman 1 s.d. 5 tahun

Nah jadi margin mana yang akan kamu pilih dan sesuai dengan kebutuhanmu?

Fasilitas dan keunggulan KPR Mandiri Syariah

Setelah menyimak jenis pembiayaan dan tipe margin yang ditawarkan, kamu merasa KPR Mandiri Syariah sesuai dengan kebutuhanmu? Biar semakin yakin, Lifepal akan kasih unjuk fasilitas dan keunggulan yang diberikan KPR Mandiri Syariah. Lihat benefit yang akan kamu dapat di bawah ini.

Angsuran ringan

Gak perlu khawatir lagi dengan angsuran yang setiap bulannya berfluktuasi bikin kamu jadi gak tenang. Dengan menggunakan KPR Mandiri Syariah dijamin angsuran yang kamu bayar bersifat tetap hingga jatuh tempo pembiayaan.

Proses pengajuan mudah

Kalau biasanya KPR Bank konvensional lain dalam proses permohonan memakan waktu lama ditambah banyaknya berkas yang harus dipenuhi. Berbeda dengan Pembiayaan Griya Berkah dari Mandiri Syariah yang mengedepankan layanan terbaik membuat proses pengajuan dengan kebutuhan dokumen jadi lebih mudah dan ringkas.

Lebih fleksibel

Fleksibel untuk pembiayaan rumah baru atau rumah dari tangan kedua. Kemudian biaya lainnya dapat dicicil selama masa pembiayaan berlangsung. Selain itu biaya appraisal yang diberikan KPR Mandiri Syariah bisa sampai Rp 1.5 Miliar.

Bebas penalti

Tidak ada biaya denda yang dikenakan KPR Mandiri Syariah. Mulai dari biaya keterlambatan hingga biaya pelunasan diawal semua bebas dari penalti.

Karena tidak ada denda maka dialokasikan sebagai dana ta’zir dan ta’widh yaitu dana sosial yang nantinya akan disumbangkan kepada orang-orang yang tidak mampu. Jadi jika kamu membayar dana ta’zir karena keterlambatan bayar atau percepatan pelunasan. Maka sama saja dengan kamu bersedekah.

Hadiah Porsi Haji

Kurang baik apalagi KPR Mandiri Syariah sama kamu. Kredit rumah dengan minimal plafon Pembiayaan Griya Rp 300 juta, berikut catatan pembayaran angsuran lancar selama 2 tahun. Kamu berkesempatan dapat hadiah Porsi Haji senilai Rp 25 juta. Keren banget kan!

Margin khusus

Terdapat margin khusus bagi kamu yang berstatus pegawai ASN dan BUMN.

Metode pembayaran praktis

Dengan menggunakan metode pembayaran auto debit dari rekening tabungan Mandiri Syariah. Nasabah tidak perlu lagi kesusahan dan repot dalam urusan bayar membayar, karena angsuran akan secara otomatis ditarik saat waktu bayar tiba.

Plafon dan tenor maksimal

Pembiayaan Griya Berkah menyediakan plafon tinggi hingga Rp 5 Miliar, dengan tenor maksimal 20 tahun. Jadi kalau merasa pendapatan tidak cukup untuk mengambil rumah dengan kredit jangka pendek, kamu bisa menambah tenor hingga maksimal 20 tahun.

Bekerja sama dengan ratusan developer

Untuk memudahkan nasabah mencari rumah impian. Bank Mandiri menyiasatinya melalui cara bekerjasama dengan lebih dari 300 developer. Dengan demikian nasabah akan lebih mudah memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhannya untuk ditempati.

Syarat dan ketentuan pengajuan KPR Mandiri Syariah

Melihat banyaknya fasilitas dan keuntungan yang diberikan Bank Mandiri Syariah tentu makin buat kamu gak sabar ingin cepat-cepat mengajukan KPR ini. Pembiayaan Griya Berkah memiliki syarat dan ketentuan dalam pengajuan KPR sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) cakap hukum
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo pembiayaan.
  • DP atau uang muka minimal 5 persen dari plafon yang diajukan, atau sesuai ketentuan BI.
  • Besar cicilan yang diambil tidak melebihi 40 persen dari penghasilan bulanan bersih debitur.
  • Pencairan pembiayaan baru bisa diberikan jika proses pembangunan rumah sudah mencapai 50 persen. Total maksimal pencairannya mencapai 50 persen.
  • Jenis pekerjaan yang diperbolehkan melakukan pengajuan KPR yaitu karyawan tetap dengan minimal 2 tahun bekerja di perusahaan yang minimal sudah berdiri selama 5 tahun. Wiraswasta, profesional, bahkan pekerja di luar negeri juga bisa mengajukan KPR dengan catatan terdapat kantor cabang di Indonesia dan terakhir staff legal dari kantor hukum.
  • Jenis pekerjaan yang tidak bisa mengajukan KPR yaitu freelancer, pengusaha kos-kosan, karyawan kontrak.
  • Gaji penghasilan minimal Rp 5 juta / bulan, sudah termasuk gaji gabungan suami dan istri.

Dokumen pengajuan KPR berdasarkan pekerjaan

Selain syarat yang harus kamu penuhi ada juga dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan untuk pengajuan KPR Mandiri Syariah. Dokumen yang dibutuhkan digolongkan dalam 3 bagian berdasarkan pekerjaan debitur, sebagai berikut:

Dokumen Syarat KPR Bank Mandiri Syariah Karyawan Wiraswasta Profesional
Form aplikasi KPR
KTP (fotokopi)
NPWP (fotokopi)
Kartu Keluarga dan Surat Nikah (fotokopi)
Rekening Koran / Tabungan 3 bulan terakhir (fotokopi)
Rekening telepon dan listrik
Surat Pernyataan Nasabah mengenai fasilitas pembiayaan yang telah diterima maupun yang sedang dalam proses pengajuan permohonan di bank manapun
Slip Gaji asli / Surat Keterangan Gaji 3 bulan terakhir X X
Laporan Keuangan 2 tahun terakhir X X
Rekening koran / tabungan perusahaan X X
Rekap penjualan X X
Surat Ijin Praktek / Ijin Operasi (fotokopi) X X
Akte SIUP, TDP, NPWP, Perusahaan, Akte pendirian dan perubahannya (fotokopi) X X
Dokumen properti (fotokopi) :

  • SHM / SHGB (fotokopi)
  • IMB
  • Denah bangunan

LTV KPR Mandiri Syariah

Maksimum Loan to Value atau LTV KPR Mandiri Syariah adalah 70 persen. Dengan begitu jika kamu membeli rumah seharga Rp 400 juta maka plafon yang cair sebesar Rp 280 juta, dengan rumus hitung LTV x harga rumah = 70% x Rp 400 juta.

Dari nilai LTV yang telah ditetapkan oleh Bank Mandiri Syariah maka minimal harga rumah untuk mengajukan KPR yaitu Rp 214.3 Juta. Di bawah ini adalah rasio LTV KPR dan Take Over Mandiri Syariah.

LTV KPR Mandiri Syariah
Properti Tipe Properti (m2) Ke-1 Ke-2 Ke-3 dst
Rumah Tipe > 70 70% 60% 50%
Tipe 22 – 70 70% 60% 60%
Apartemen Tipe > 70 70% 60% 50%
Tipe 22 – 70 80% 70% 60%
Tipe ≤ 22 70% 60% 60%
Ruko / Rukan 70% 60% 60%

 

LTV Take Over KPR Mandiri Syariah
Properti Tipe Properti (m2) Ke-1 Ke-2 Ke-3 dst
Rumah Tipe > 70 70% 60% 50%
Tipe 22 – 70 70% 60% 60%
Apartemen Tipe > 70 70% 60% 50%
Tipe 22 – 70 80% 70% 60%
Tipe ≤ 22 70% 60% 60%
Ruko / Rukan 70% 60% 60%

Biaya pendukung KPR Mandiri Syariah

Selain biaya pokok yaitu biaya cicilan setiap bulannya ada bermacam biaya pendukung yang harus kamu keluarkan. Salah satunya yaitu biaya DP yang merupakan selisih dari harga rumah dengan pinjaman yang diberikan KPR Mandiri. Kemudian biaya pendukung lainnya antara lain:

  • Biaya administrasi: 1 persen dari plafon kredit
  • Biaya appraisal:
    • Gratis untuk plafon kredit kurang dari Rp 1.5 miliar
    • Berkisar Rp 1 juta – Rp 2 juta, bila plafon kredit lebih dari Rp 1.5 miliar.
  • Biaya notaris:
    • Cek sertifikat = Rp 250.000
    • APHT = Rp 2.5 juta – Rp 5 juta (tergantung plafon kredit)
    • Pajak penjual dan pembeli = berdasarkan harga properti
  • Biaya asuransi jiwa : Biaya ditentukan berdasarkan umur debitur pemohon KPR
  • Biaya asuransi kebakaran: Biaya ditentukan berdasarkan nilai bangunan hasil appraisal Bank Mandiri Syariah

Langkah pengajuan KPR Mandiri Syariah

Bila semua persiapan di atas sudah kamu penuhi, maka yang selanjutnya dilakukan adalah mengetahui langkah tepat melakukan pengajuan KPR Mandiri Syariah. 

Tentu hal ini dilakukan agar proses pengajuan berlangsung lancar tanpa kendala. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut ini:

1. Tentukan lokasi rumah

Pastikan memilih lokasi rumah yang ingin kamu beli dengan tepat. Sebab jika kamu salah pilih rumah, ini dapat menghambat kamu mendapat persetujuan dari KPR Bank Mandiri Syariah. 

Beberapa pengajuan rumah yang ditolak oleh KPR Mandiri Syariah adalah rumah dekat kuburan, rel kereta, hingga di pinggir kali atau sungai. Kamu harus pastikan rumah yang kamu pilih tidak termasuk dalam kriteria yang ditolak.

2. Persiapkan uang muka

Lokasi rumah yang tepat sudah didapatkan, maka selanjutnya pastikan uang muka yang kamu miliki cukup. Kamu harus menyiapkan uang muka setidaknya 20 persen dari harga jual properti yang mau kamu beli. Misalnya rumah yang mau kamu beli harga jualnya Rp 400 juta, maka kamu harus menyiapkan uang muka sebesar Rp 80 juta.

3. Lakukan simulasi hitung KPR

Cara menentukan perkiraan cicilan perbulan yang harus kamu bayarkan adalah dengan melakukan simulasi hitung KPR. Untuk melakukan simulasi hitung KPR kamu membutuhkan jenis margin, harga beli properti, uang muka dan lama pinjaman yang kamu ajukan. 

Dengan begitu kamu sudah dapat melakukan simulasi hitung KPR. Selanjutnya kamu bisa gunakan kalkulator simulasi di website resmi milik Bank Mandiri Syariah. Sebagai catatan hasil yang didapat dari perhitungan ini, merupakan biaya perkiraan dari cicilan yang akan kamu bayar. 

Jadi bukan berarti hasil hitung simulasi ini 100% tepat. Karena perhitungan dalam simulasi ini belum ditambah dengan biaya-biaya lainnya.

4. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Sebelumnya telah dijelaskan syarat dan dokumen apa aja sih yang harus dipenuhi. Nah saat masuk ke tahap langkah pengajuan, dokumen-dokumen tersebut harus kamu lakukan pengecekan ulang perihal kelengkapannya. Selain kelengkapannya, pastikan juga data pada dokumen fotokopi yang kamu bawa terlihat jelas. 

Sebab tak sedikit nasabah yang ditolak pengajuannya oleh Bank Mandiri Syariah karena kurangnya dokumen atau tidak jelasnya data yang tertera pada dokumen yang diminta. 

5. Pilih cara pengajuan

Jika semua cara tadi sudah clear, lanjut ke pemilihan cara pengajuan. Terdapat dua cara pengajuan KPR Mandiri Syariah.

Pengajuan secara offline

Kamu bisa mendatangi kantor cabang Bank Mandiri Syariah, pilih yang terdekat dengan domisili kamu. Selanjutnya mengisi formulir pengajuan. Semua berkas yang sebelumnya telah disebutkan wajib kamu bawa untuk memenuhi syarat pengajuan KPR. Jika proses pengajuan sudah selesai kamu bisa tunggu status pengajuan apakah diterima atau sebaliknya. Status pengajuan bisa kamu terima kurang dari 14 hari kerja.

Pengajuan secara online

Melalui situs resmi Bank Mandiri Syariah, kamu juga bisa melakukan pengajuan KPR lho! Caranya dengan mengunjungi situs www.mandirisyariah.co.id , kemudian klik menu di pojok kanan atas. Pilih Consumer dilanjutkan dengan memilih Pembiayaan Konsumen dan klik Pembiayaan Griya Berkah.

Dengan mengikuti langkah ini kamu sudah dapat mengajukan KPR Mandiri Syariah serta dapat menggunakan kalkulator perhitungan KPR bulanan. Sama seperti pengajuan secara offline, pengajuan online juga tetap harus menunggu status pengajuan diterima atau ditolak.

Tabel angsuran KPR Mandiri Syariah

Berikut ini adalah simulasi tabel angsuran KPR Mandiri Syariah dengan hutang pokok mulai dari Rp.50 juta hingga Rp 2 Miliar. Dan jangka waktu atau tenor mulai dari 8 tahun hingga 15 tahun.

Pokok Hutang Jangka Waktu
8 Tahun 10 Tahun 15 Tahun
50.000.000 694.194 694.194 463.506
100.000.000 1.388.387 1.187.018 927.012
200.000.000 2.776.774 2.374.035 1.854.025
300.000.000 4.165.161 3.561.053 2.781.037
400.000.000 5.553.548 4.748.071 3.708.049
500.000.000 6.941.935 5.935.088 4.635.062
700.000.000 9.718.709 8.309.124 6.489.087
1.000.000.000 13.883.871 11.870.177 9.270.124
2.000.000.000 27.767.741 23.740.354 18.540.247

Itulah beberapa fitur dan keunggulan jika kamu menggunakan KPR Mandiri Syariah sebagai solusi memiliki rumah impian. Jika masih ada yang ingin kamu konsultasikan, Lifepal siap bantu kamu mencari solusi dan menyelesaikan kegundahan kamu ketika mengambil KPR. 

Kamu juga bisa menghubungi call center Bank Mandiri Syariah di 14040 jika ingin bertanya lebih lanjut. Semangat mencari rumah impian!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →