KPR Murah dengan Bunga Rendah 2020, Cek 5 Pilihannya

pilihan bank kpr murah

KPR murah dengan bunga rendah adalah yang paling dicari saat ini oleh para pasangan baru menikah. Bahkan tak hanya pasangan menikah saja, mereka yang masih single pun sudah banyak yang terpikirkan untuk membeli rumah dengan sistem KPR dengan tujuan sebagai investasi untuk kebutuhan di masa depan.

Keuntungan membeli rumah dengan sistem KPR, kamu nggak perlu lagi khawatir mengeluarkan uang banyak untuk membeli rumah secara kontan. 

Namun perlu diketahui bahwa mencari rumah dengan sistem KPR itu susah-susah gampang karena banyaknya pilihan kredit rumah yang ditawarkan oleh lembaga perbankan.

Nah untuk itu Lifepal akan bantu cari tahu, bank mana aja yang menyediakan KPR murah dengan bunga rendah. Berikut akan dijelaskan mengenai daftar KPR, jenis bunga, sampai cara hitung cicilan KPR perbulan. Yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian KPR

KPR adalah singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah. Jadi dengan kata lain, KPR adalah produk pembiayaan untuk memiliki rumah dengan sistem kredit. Pembiayaan ini ditawarkan oleh lembaga keuangan dan perbankan. 

Biasanya bank akan memberikan plafon mulai dari 85 persen sampai 90 persen dari harga rumah yang ingin kamu beli. Maka kamu cukup mempersiapkan setidaknya 30 persen dari harga rumah sebagai uang muka.

Daftar bank dengan 5 pilihan KPR murah

Salah satu yang menjadi pertimbangan ketika mengajukan KPR adalah bank yang menyalurkan KPR. Hal ini disebabkan karena, bank sangat berpengaruh terhadap kualitas KPR dan terutama bunga KPR yang dikenakan. 

Jika sampai salah pilih bank, alih-alih bukan mendapatkan rumah, tapi malah rumah kamu bisa disita karena tidak sanggup membayar cicilan bulanan yang ternyata terlalu mahal.

Untuk itu, Lifepal telah mendata bank mana saja yang menyediakan KPR murah dengan bunga yang pastinya ringan. Jadi kamu bisa langsung cek aja daftar bank dengan KPR murah di bawah ini.

1. KPR murah Bank BRI

Bank BRI merupakan salah satu bank yang menawarkan KPR dengan bunga rendah. Jenis pembiayaan KPR yang disediakan Bank BRI adalah KPR BRI nonsubsidi dan KPR BRI bersubsidi. 

Suku bunga KPR BRI

KPR non subsidi Bank BRI memiliki penawaran yang menarik, yaitu diberikan bunga fixed untuk 1 tahun pertama hanya sebesar 6,5 persen aja.

Sedangkan untuk bunga fixed 3 tahun sebesar 9,5 persen. Jika masa fixed ini sudah berakhir maka akan secara otomatis diberlakukan suku bunga floating. KPR BRI ini selain bunganya ringan, kelebihan lainnya yaitu masa tenor yang panjang hingga 20 tahun. Jadi pasti cicilan rumah perbulannya juga ikut mengecil dan sudah mendapat asuransi.

2. KPR murah Bank BCA

Dengan memanfaatkan KPR dari Bank BCA, kamu nggak hanya bisa membeli rumah baru loh! Rumah seken atau untuk kebutuhan renovasi (Multiguna) juga bisa menggunakan pengajuan KPR dari BCA. Sama seperti Bank BRI, tenor yang ditawarkan oleh KPR ini juga panjang yaitu sampai 20 tahun.

Suku bunga KPR BCA

Suku bunga yang ditawarkan bank BCA dalam jenis Fix Rate yaitu fixed 1 tahun dikenakan bunga 7 persen. Jika suku bunga fixed 2 tahun menjadi 7,5 persen, fixed 3 tahun dikenakan 8 persen. Dan untuk suku bunga dengan masa fixed 5 tahun menjadi 8,5 persen per tahunnya.

Sedangkan jika menggunakan jenis suku bunga Fix & Cap, untuk periode fixed 3 tahun suku bunganya sebesar 8 persen dan periode cap 2 tahun menjadi 9 persen. Baik suku bunga jenis fix rate dan fix & cap jika masa fixed berakhir. Suku bunga akan secara otomatis berubah menjadi suku bunga floating yakni sebesar 11 persen.

3. KPR murah Bank Maybank

Layanan KPR yang disediakan Maybank memberikan kemudahan pinjaman dengan bunga tetap di awal dan transparan berdasarkan SBN 12 hingga di akhir pinjaman. Berikut tabel yang menjabarkan suku bunga yang berlaku di KPR Maybank baik untuk rumah baru maupun seken.

Jenis properti

Fix Rate Floating Rate
Primary 8,50% fix 2 Tahun

(min. tenor 5 tahun)

SBN 12 bulan + 5,50%

Primary

8,90% fix 5 Tahun

(min. tenor 8 tahun)

SBN 12 bulan + 5,50%

Secondary

8,50% fix 2 Tahun

(min. tenor 5 tahun)

SBN 12 bulan + 6,00%

Secondary

8,90% fix 5 Tahun

(min. tenor 8 tahun)

SBN 12 bulan + 6,00%

Dari tabel tersebut bisa dilihat bahwa pada awal pinjaman akan diberlakukan suku bunga fix rate atau bunga tetap. Fix rate ini hanya berlaku selama jangka waktu yang telah ditentukan, setelah bunga fix rate berakhir akan berlaku floating rate sesuai dengan yang tertera di tabel. 

Dengan suku bunga yang rendah ini kamu akan jauh lebih mudah untuk membeli rumah baru atau seken.

Syarat umum pengajuan KPR Maybank

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun pada saat jatuh tempo pinjaman.
  • Memiliki penghasilan rutin per bulan
  • Lama bekerja minimal 2 tahun
  • Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja dan objek jaminan harus berada di wilayah operasional Maybank

4. KPR murah Bank BTN

Bank BTN memberikan fasilitas KPR untuk pembelian rumah baru maupun rumah bekas. Pembelian rumah ini bisa kamu lakukan melalui developer ataupun non-developer. Selain itu kamu juga bisa melakukan take over KPR dari bank lain dengan bantuan Bank BTN. 

Suku bunga KPR Bank BTN

Fix Rate

Suku Bunga

Keterangan

2 tahun

8,88%

Berlaku Untuk Plafon Rp 250 Jt s.d. Rp 1,5 Milyar untuk debitur fixed income

3 tahun

8,88%

Untuk Nasabah Prioritas Bank BTN atau menggunakan payroll/kolektif ASN/BUMN/TNI-POLRI

2 tahun

9,49%

Berlaku Untuk maksimal kredit di bawah Rp 250 Jt

Selain suku bunganya yang rendah, cicilan per bulan yang diberikan KPR BTN juga bisa menjadi ringan karena tenor yang diberikan Bank BTN cukup panjang, yaitu hingga 25 tahun tanpa syarat. Selain itu, nasabah juga sudah diberikan perlindungan asuransi.

Kamu juga bisa memilih KPR BTN Syariah jika menginginkan pembiayaan yang mengikuti syariat dengan pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS).

5. KPR murah Bank Mandiri

Lebih lengkap dari 4 produk KPR sebelumnya, Bank Mandiri menyediakan fasilitas KPR untuk pembelian rumah tinggal, ruko, rukan hingga apartemen. Selain itu Bank Mandiri juga memberikan fasilitas seperti take over, top up, angsuran fleksibel hingga angsuran berjenjang. Tenor atau jangka waktu yang diberikan rata-rata sama dengan ketiga bank sebelumnya yaitu hingga 20 tahun. 

Bank Mandiri juga memberikan keringanan dalam pembayaran uang muka. Selain uang muka ringan, suku bunga yang ditetapkan juga terbilang rigan. Berikut adalah tabel yang menjelaskan mengenai suku bunga KPR Bank Mandiri.

Fix Rate

Suku Bunga
1 tahun

8,99%

3 tahun

9,99%

Selanjutnya, jika masa suku bunga fix telah berakhir, akan secara otomatis diberlakukan suku bunga floating.

Syarat umum pengajuan KPR Mandiri

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Umur 21 tahun sd 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun (professional/wiraswasta) saat kredit berakhir
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, dengan masa kerja/usaha minimal 1 (satu) tahun (pegawai) atau 2 (dua) tahun (profesional/wiraswasta)
  • Sejumlah dokumen yang harus dipenuhi.

Mengenai aturan penentuan suku bunga pinjaman dan pembiayaan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan Suku Bunga Dasar Kredit (SDBK) yang mengikat bagi setiap instansi perbankan di Indonesia.

SDBK digunakan sebagai pedoman bagi setiap instansi terkait dalam menentukan bunga pinjaman atau kredit kepada nasabahnya.

Jenis bunga KPR yang berlaku di Indonesia

Pada umumnya bank menawarkan dua jenis suku bunga KPR yaitu suku bunga tetap (fixed rate) dan mengambang (floating rate). Namun ada beberapa bank yang juga menawarkan suku bunga dibatasi (capped). 

Agar lebih mudah memahami ketiga jenis suku bunga KPR tersebut, berikut penjelasannya.

Fixed rate

Fixed rate atau bunga tetap adalah jenis bunga yang dikenakan ke debitur dengan besaran bunga tertentu dan selama tenor yang telah ditentukan juga. 

Misalnya kamu mendapat fixed rate 7,5 persen selama dua tahun, maka dalam dua tahun pertama suku bunga yang kamu bayarkan tetap yaitu 7,5 persen. Sedangkan untuk tahun ketiga dan seterusnya berubah menjadi suku bunga floating.

Floating rate

Jika kamu menggunakan suku bunga floating pada KPR yang kamu ambil. Maka suku bunga akan terus berfluktuasi karena mengikuti suku bunga pasar. 

Suku bunga KPR tetap (fixed rate) dan mengambang (floating rate) adalah dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman yang sering digunakan dalam dunia perbankan.

Capped

Untuk suku bunga jenis ini, memang tidak digunakan kebanyakan bank, namun ada baiknya kamu juga tahu apa itu suku bunga capped. 

Suku bunga capped sebenarnya hampir sama dengan suku bunga floating, namun bedanya adalah capped dibatasi. 

Intinya pada suku bunga jenis capped, bunga akan mengambang mengikuti pasar seperti floating rate, namun suku bunga capped hanya bisa naik hingga nilai bunga maksimal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Misalnya, kamu mendapat suku bunga capped maksimal 10 persen, maka jika suku bunga di pasar mengalami kenaikan 11 sampai 12 persen, suku bunga yang kamu bayarkan tetap 10 persen. Sedangkan jika suku bunga turun menjadi 6 persen, suku bunga kamu juga ikut turun. 

Metode hitung bunga KPR

Setelah sudah mengetahui KPR murah dari bank mana yang cocok sama kamu, sekarang waktunya cari tau cara menghitung bunga pada KPR. Pada umumnya ada tiga metode atau cara dalam perhitungan bunga KPR.

  • Menghitung dengan metode efektif.
  • Menghitung dengan metode flat.
  • Menghitung dengan metode anuitas.

Menghitung dengan metode efektif

Pada metode efektif besaran bunga yang akan kamu bayar ditentukan berdasarkan perkalian tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman. Dengan begitu, setiap bulannya saldo pinjaman kamu akan berkurang sesuai dengan pelunasan cicilan. 

Maka pada metode ini, kamu akan membayar bunga KPR yang setiap bulan besarnya akan semakin menurun karena mengikuti sisa saldo pinjaman kamu.

Kalkulator ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kisaran cicilan KPR dengan bunga efektif.

Menghitung dengan metode flat

Beda hal lagi jika menggunakan metode flat. Bank KPR kamu akan menghitung bunga berdasarkan pokok pinjaman di tahap awal. Jadi jika menggunakan metode ini kamu harus membayar bunga dengan besaran yang sama setiap bulan. 

Hal ini disebabkan karena faktor pengali dari bunga tidak berubah. Maka dari itu, angsuran pokok dan bunga kpr pun tidak berubah atau tetap.

Untuk mendapatkan perkiraan berapa bujet cicilan KPR dengan bunga flat, coba hitung dengan kalkulator bunga flat berikut.

Menghitung dengan metode anuitas

Metode anuitas merupakan modifikasi dari metode efektif. Metode ini mengatur besaran angsuran pokok dan bunga yang dibayar akan selalu sama setiap bulannya. 

Supaya total angsuran sama setiap bulannya, maka besaran bunga harus disesuaikan berdasarkan jumlah angsuran pokok yang berubah tiap bulannya.

Simulasi hitung sederhana cicilan KPR

Berikut ini merupakan simulasi hitung sederhana untuk melihat cicilan KPR per bulan dibandingkan dari suku bunga dan tenor yang diambil. 

Baims membeli properti baru seharga Rp700 juta. Kemudian sesuai ketentuan, membayar DP sebesar 30% dari harga jual properti, yaitu sebesar Rp210 juta. Baims memilih suku bunga periode fixed 5 tahun dengan besaran 8,90% dengan tenor 15 tahun.

Jadi setelah dihitung, Baims harus membayar cicilan rumahnya kira-kira sebesar Rp4.940.799 selama 5 tahun pertama. Sedangkan mulai dari tahun keenam dan selanjutnya akan dikenakan suku bunga floating sesuai ketentuan.

Itulah beberapa daftar bank yang menyediakan layanan KPR murah. Sekarang kamu hanya perlu menimbang-nimbang lagi manakah yang paling sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Jangan lupa, saat kamu sudah mendapatkan rumah impianmu nanti, selalu lindungi dengan asuransi rumah terbaik. Dengan adanya manfaat proteksi dari asuransi rumah, pengeluaran renovasi rumah yang mahal akibat musibah dadakan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Berkat adanya pertanggungan dari asuransi rumah pula, barang berhargamu di rumah yang hilang atau rusak akibat pencurian akan diganti rugi juga.

Jika masih ingin berkonsultasi terkait kebutuhan finansialmu lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Lifepal.

FAQ seputar KPR murah

KPR subsidi adalah layanan kredit rumah yang disediakan oleh bank sebagai bagian dari program pemerintah atau Jamsostek.

Fasilitas ini ditujukan untuk memfasilitasi kepemilikan atau pembelian rumah sederhana sehat untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Pada KPR bersubsidi, bagian yang akan dikenakan potongan adalah suku bunga kredit atau uang muka.

KPR nonsubsidi adalah layanan kredit rumah yang disediakan oleh bank dengan syarat yang sesuai ketentuan umum dengan tingkat suku bunga regular yang ditetapkan oleh bank bersangkutan. Perlu diketahui bahwa suku bunga tiap bank tidak sama.
KPR Syariah adalah layanan kredit rumah yang akadnya menggunakan prinsip syariah, yaitu murabahah (jual-beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerja sama sewa). Telah banyak bank di Indonesia baik milik pemerintah atau swasta yang menggunakan KPR jenis ini.
Ada biaya-biaya tertentu yang dikenakan ketika melakukan pengajuan KPR selain DP/uang muka, yaitu provisi bank, biaya appraisal, biaya asuransi kebakaran, biaya notaris, biaya premi asuransi jiwa selama masa kredit.
Keuntungan dari mengajukan KPR adalah kamu tidak perlu lagi menyediakan dana besar secara tunai untuk membeli rumah. Kamu hanya perlu menyediakan DP kira-kira 30 persen dari harga rumah yang mau kamu beli.

Sebagaimana KPR memiliki tenor pelunasan yang panjang, besaran cicilan yang dibayar bisa dibarengi dengan ekspektasi jika penghasilan kamu meningkat.

Plafon pinjaman adalah besaran pinjaman yang ditunjukkan dalam bentuk persentase dari harga rumah yang ingin dibeli. Jadi semakin besar plafon pinjaman, maka semakin semakin kecil uang muka yang harus dibayar. Plafon pinjaman maksimum diberikan bank berkisar pada 70% hingga 90% dari harga rumah.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →