Kredit Handphone Tanpa DP – Tanpa Kartu Kredit

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
kredit handphone

Kredit handphone bisa jadi salah satu cara untuk memiliki ponsel impian. Kredit handphone juga menjadi alternatif yang banyak dipilih orang agar membeli handphone yang mahal terasa lebih ringan dan terjangkau.

Pasalnya, memiliki handphone kini sudah seperti kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Tak hanya untuk berkomunikasi, handphone juga akan membantu memudahkan kita dalam urusan pekerjaan, pembayaran, dan lainnya.

Dulu kredit HP hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki kartu kredit. Namun, seiring perkembangan teknologi sekarang kredit handphone menjadi lebih mudah. Kamu bahkan bisa kredit handphone tanpa DP tanpa kartu kredit.

Ada beberapa penyedia kredit yang menawarkan kemudahan kredit ponsel secara online. Skema kredit yang ditawarkan pun beragam dengan bunga bersaing.

Apa itu kredit handphone online?

Kredit handphone online bisa kamu manfaatkan melalui beberapa aplikasi. Dengan memilih cara ini, kamu tak perlu repot-repot datang ke gerai handphone. Cukup buka situs atau e-commerce yang menyediakan cara pembelian handphone secara kredit. Prosesnya pun tak memakan waktu lama.

Penyedia kredit online ini banyak yang telah bekerjasama dengan berbagai merchant. Beberapa di antara penyedia kredit handphone online yang pasti sudah pernah kamu dengar namanya.

Cara kredit handphone online

Untuk bisa mengajukan kredit handphone online, kamu hanya perlu memilih ponsel yang kamu inginkan di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya.

Ketika melakukan check out, pilihlah metode pembayaran secara kredit yang disediakan. Tanpa kartu kredit, berikut ini beberapa aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk kredit HP.

Kredivo

Kredivo menawarkan kemudahan kredit handphone tanpa DP tanpa kartu kredit. Dengan aplikasi yang berslogan “Beli Sekarang, Bayar Nanti” kamu bisa mengambil kredit HP online dengan tenor mulai dari satu, tiga, enam, hingga 12 bulan.

Kredivo mematok bunga flat sebesar 2,95 persen. Tapi, kamu juga bisa terbebas dari bunga ini jika mengambil tenor 30 hari saja.

Sebelum menggunakan aplikasi Kredivo untuk kredit ponsel, kamu harus menginstall aplikasi Kredivo yang tersedia di Google Playstore dan Apple App Store. Setelah mendaftar kamu akan diminta memenuhi seluruh syarat kredit handphone Kredivo berikut ini.

Syarat kredit handphone Kredivo:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap minimal Rp3.000.000 per bulan
  • Bukti penghasilan melalui akun internet banking, rekening gaji, NPWP, atau BPJS Ketenagakerjaan
  • Jumlah pinjaman berkisar antara Rp1,5 juta – Rp30 juta
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan
  • Memiliki akun Facebook aktif yang bisa dihubungkan ke aplikasi Kredivo
  • Foto KTP dan selfie di aplikasi Kredivo
  • Bukti tempat tinggal melalui akun e-commerce yang aktif digunakan bertransaksi.

Jika kredit ponsel yang kamu ajukan disetujui, selanjutnya kamu akan diminta memilih cara pembayaran cicilan bulanan. Ada dua alur proses pembayaran cicilan Kredivo dengan ketentuan berbeda yang bisa kamu pilih.

Cicilan express

Jika memilih cara pembayaran menggunakan cicilan ekspres, kamu tidak perlu menyediakan dokumen bukti tempat tinggal dan bukti slip gaji.

Tetapi, kamu wajib memberikan akses atas satu akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi dan satu akun internet banking dari rekening gaji. Lalu persetujuannya tinggal tunggu paling lama 1×24 jam.

Cicilan reguler

Untuk cicilan reguler, kamu wajib melengkapi persyaratan dengan mengunggah dua jenis dokumen, yaitu:

  • Bukti tempat tinggal

Bisa berupa Kartu Keluarga / STNK / Tagihan TV Kabel, Tagihan Telepon / Tagihan Kartu Kredit

  • Bukti penghasilan

Seperti Slip Gaji / Surat Gaji Kantor / Rekening Koran / Laporan Pajak Terbaru

Setelah mengaktifkan akun Kredivo dan limit pinjaman disetujui, kamu pun bisa melakukan kredit handphone Kredivo tanpa kartu kredit.

Simulasi kredit handphone Kredivo

Misalnya, kamu ingin kredit HP Oppo seharga Rp2 juta di Kredivo. Maka berikut ini simulasinya dengan tenor 3, 6, atau 12 bulan yang bisa kamu pilih sesuai bujetmu.

Tenor kredit 30 hari 3 bulan 6 bulan 12 bulan
Suku bunga per bulan 0% 2,60% 2,60% 2,60%
Cicilan per bulan Rp718.670 Rp385.340 Rp218.670
Total pembayaran Rp2 juta Rp2.156.010 Rp2.312.040 Rp2.624.040

*dapat disesuaikan

Akulaku

Akulaku juga merupakan aplikasi cicilan online yang bisa kamu gunakan untuk kredit handphone. Hanya saja, kredit handphone Akulaku wajib menyediakan down payment (DP) atau uang muka.

Jika sudah melakukan checkout untuk kredit handphone, kamu akan diminta untuk membayarkan DP tersebut dalam waktu 1 x 24 jam. Jika ternyata pembelianmu ditolak tapi sudah terlanjur membayar DP, maka DP akan di-refund oleh pihak Akulaku.

Selain itu, Akulaku juga menerapkan suku bunga yang disesuaikan dengan jangka waktu kredit HP. Jadi, semakin cepat tenor yang kamu pilih, suku bunga yang dikenakan pun akan semakin kecil.

Syarat kredit handphone Akulaku

Tertarik untuk mengambil kredit ponsel Akulaku? Kamu hanya perlu menginstal aplikasi Akulaku yang ada di Google Playstore dan Apple App Store. Sebelum bisa mengajukan kredit di Akulaku, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki KTP
  • Berusia 18 hingga 50 tahun
  • Domisili di Pulau Jawa
  • Memiliki penghasilan tetap setiap bulan yang dibuktikan dengan slip gaji
  • Memiliki akun Facebook atau LinkedIn.

Setelah aktivasi akun dan pengajuanmu disetujui, ada limit yang ditetapkan pihak Akulaku untuk cicilanmu sebesar Rp2.000.000 hingga Rp9.000.000. Nilai ini akan bergantung pada kelengkapan dokumen yang kamu berikan.

Jika ternyata harga handphone yang kamu inginkan lebih besar dari limit pinjaman, maka kamu perlu membayar perbedaan antara harga HP dengan limit pinjaman dengan dibebankan pada uang muka yang lebih besar.

Simulasi kredit handphone Akulaku

Saat kamu memutuskan untuk kredit HP Xiaomi seharga Rp1.699.000, maka berikut ini simulasi kreditnya dengan tenor 3, 6, 9, atau 12 dengan bunga yang disesuaikan.

Harga HP Rp1.699.000

Tenor kredit  3 bulan  6 bulan 9 bulan 12 bulan
Suku bunga per bulan  9,05% 17,35% 25,07% 32,17%
Cicilan per bulan Rp617.592 Rp332.284 RP236.111 Rp187.133
Total pembayaran  Rp1.852.776 Rp1.993.704 Rp2.124.999 Rp2.245.596

*dapat disesuaikan

Home Credit

Home Credit kini juga menyediakan kredit HP tanpa jaminan dengan bunga yang rendah. Hampir sama dengan Akulaku, Home Credit juga mewajibkan pembayaran DP di setiap kredit handphone. Semakin besar DP yang kamu setorkan di awal, maka nominal cicilan bulanannya pun bisa lebih ringan.

Namun, umumnya Home Credit menawarkan kredit ponsel yang dibeli secara offline seperti di Electronic Solution, Hypermart, Lotte Mart, Erafone, atau Oke Shop. Kredit handphone Home Credit pun menawarkan tenor paling lama di antara lainnya, yaitu hingga 18 bulan. Sementara kalau soal bunga, Home Credit termasuk yang kerap memberikan promo bunga mulai dari 0 – 0,99%.

Untuk kamu yang ingin mengajukan kredit ponsel di Home Credit, bisa dengan cara mengunjungi toko mitra Home Credit atau mengunduh aplikasi Home Credit yang ada di Google Playstore dan Apple App Store.

Syarat kredit handphone Home Credit

  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun bila sudah menikah
  • Bertempat tinggal di area layanan Home Credit
  • Memiliki penghasilan tetap.

Usai melengkapi seluruh pesyaratan, kamu akan langsung bisa menggunakan aplikasi untuk mengajukan kredit ponsel yang kamu inginkan.

Langkah-langkah kredit handphone Home Credit

Jika memilih membeli handphone di Toko Mitra Home Credit dan mengajukan kredit langsung di sana, begini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan dokumen wajib seperti KTP dan Dokumen Pendukung Lainnya
  2. Ajukan cicilan kredit handphone yang ingin kamu beli kepada Sales Agent Home Credit
  3. Sales Agent akan menginformasikan jumlah Uang Muka dan cicilan bulanan
  4. Jika kamu setuju, Sales Agent akan memproses pengajuan kredit handphone dengan memasukkan data kamu ke dalam sistem aplikasi online Home Credit.
  5. Dalam waktu 3 menit kamu akan diberitahu apakah kredit handphone kamu disetujui atau tidak oleh pihak Home Credit
  6. Jika kredit handphone Home Credit disetujui, Sales Agent akan menjelaskan mengenai perjanjian pembiayaan, informasi cicilan bulanan dan cara membayar cicilan.

Setelah melewati langkah-langkah tersebut, kamu pun bisa langsung membawa pulang ponselmu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kredit handphone Home Credit, kamu bisa mengunjungi situs www.homecredit.co.id.

Simulasi cicilan HP Home Credit

Untuk memudahkan kamu memahami kredit handphone Home Credit, berikut contoh simulasi apabila kamu ingin kredit HP Oppo seharga Rp2,6 juta di Home Credit:

Harga Hp Rp2.600.000

Tenor Kredit 6 bulan 9 bulan 12 bulan 15 bulan 18 bulan
Suku bunga per bulan 15,25% 21,26% 26,47% 31,03% 35,06%
Uang muka 10%* Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000
Cicilan per bulan Rp419.738 Rp301.457 Rp246.617 Rp216.509 Rp198.367

*uang muka bisa disesuaikan

Indodana

Aplikasi P2P Lending Indodana menawarkan kredit HP online tanpa tanpa DP tanpa kartu kredit melalui aplikasi. Kamu pun bisa memilih handphone yang kamu inginkan langsung di aplikasi Indodana dan membayarnya secara kredit.

Dengan Indodaba, kamu bisa kredit HP online selama maksimum enam bulan untuk berbagai merek ponsel. Setelah memilih ponsel yang akan dibeli di aplikasi Indodana, kamu akan diminta memilih cara pembayaran dengan cicilan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Jika semua syarat sudah lengkap dan pengajuan kredit ponselmu disetujui, maka tak butuh waktu lama untuk ponsel yang kamu beli dikirim ke rumah.

Syarat kredit handphone Indodana

  • Berusia di atas 21 tahun
  • Memiliki KTP,
  • Foto Selfie di aplikasi Indodana
  • Memiliki akun Internet Banking & BPJS aktif
  • Memiliki pekerjaan tetap
  • Memiliki akun bank atas nama sendiri.
  • Domisili di wilayah wilayah pelayanan Indodana, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat,Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, dan Kalimantan.

Keuntungan membeli handphone secara kredit

Selain prosesnya yang cepat dan tidak memakan banyak waktu, membeli handphone secara kredit juga memberikan beberapa keuntungan untuk kamu. Terutama bagi kamu yang hobi memanfaatkan promo, diskon, dan cicilan bunga rendah.

Cashflow stabil

Dengan kredit handphone, kamu bisa menjaga cashflow bulananmu tetap stabil. Jika dibandingkan membeli ponsel secara tunai di satu waktu tanpa menabung lebih dulu, kredit handphone adalah cara yang lebih aman.

Misalnya, saat ini uang yang kamu memiliki sejumlah Rp10 juta. Jika membeli handphone Samsung secara tunai seharga Rp7 juta, maka uangmu hanya akan tersisa sedikit.

Sementara jika memilih kredit HP, biaya yang dibayarkan hanya angsuran bulanan sekaligus bunga yang telah ditetapkan saja. Dana lainnya yang tersisa cukup banyak masih bisa digunakan untuk membiayai keperluan lain atau sebagai dana darurat.

Cara ini tentunya lebih ringan dan aman dibandingkan kamu menghabiskan seluruh tabungan untuk mendapatkan handphone tapi tidak mampu memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Harga lebih murah

Banyaknya penyedia layanan kredit handphone membuat banyak aplikasi berlomba-lomba memberikan harga miring untuk menarik minat para pembeli. Mulai dari promo bunga cicilan rendah, diskon, cashback, hingga event-event seperti Hari Raya atau akhir tahun. Semua itu bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan kredit ponsel yang lebih murah.

Sehingga, meski terdapat bunga sekalipun dalam cicilan kredit ponselmu setiap bulan, kalau dihitung-hitung kamu tetap mendapatkan harga yang lebih murah dengan promo yang ditawarkan kredit handphone daripada membelinya secara tunai.

Proses cepat

Dengan memilih kredit handphone, kamu bisa mendapatkan HP impianmu lebih cepat. Dibandingkan jika kamu memilih untuk menabung terlebih dahulu.

Apalagi jika kamu termasuk yang menganggap handphone sebagai bagian dari gaya hidup. Tentu nggak mau dong ketinggalan tren ponsel terbaru hanya karena uangnya belum terkumpul, bukan?

Selain itu, seiring perkembangan dan inovasi di bidang fintech, proses kredit handphone kini bisa jadi lebih cepat. Kamu tak lagi harus menunggu berhari-hari hanya untuk mengetahui apakah pengajuan kreditmu disetujui atau tidak. Dalam hitungan menit saja, ponsel yang kamu inginkan bisa segera dikirimkan.

Hitung cicilan per bulan kredit handphone online tanpa DP tanpa kartu kredit

Setelah mengetahui tentang kredit handphone serta keuntungannya, kamu kini bisa mempertimbangkan mana kredit HP terbaik dan pas untuk kamu.

Nah, untuk memudahkan kamu mengetahui kira-kira berapa jumlah cicilan bulanan untuk melunasi handphone yang kamu beli, yuk coba hitung menggunakan kalkulator bunga flat dari Lifepal berikut ini!

Selain besar cicilan beserta bunga tersebut, kamu juga perlu mempertimbangkan tarif tambahan yang mungkin diterapkan oleh para penyedia kredit handphone. Cermati harga handphone yang kamu inginkan di toko atau e-commerce berbeda dan skema cicilan yang ditawarkan.

Kalau kamu sudah yakin akan mengambil kredit ponsel yang diinginkan, yuk segera lengkapi persyaratannya. Simak juga tips berikut ini ya!

Cara agar kredit handphone disetujui

Meski prosesnya mudah dan cepat, tetap saja banyak orang yang menemukan kendala sehingga pengajuan kredit HP-nya ditolak. Untuk itu, simak tips berikut ini dan terapkan agar kredit HP pasti disetujui.

Lengkapi seluruh syarat yang dibutuhkan

Kelengkapan datamu akan jadi salah satu pertimbangan yang cukup berpengaruh pada keputusan apakah kredit HP-mu akan diterima atau ditolak. Mulai dari KTP, slip gaji, hingga surat keterangan domisili pastikan sudah lengkap ketika kamu mengajukan kredit. Semakin lengkap datamu, semakin mudah kredit ponsselmu disetujui.

Isi data dengan jujur

Meski kebanyakan data yang diminta adalah data umum dan terkesan sepele, tetap saja kamu harus mengisinya dengan jujur. Begitu juga ketika diminta mencantumkan akun Facebook-mu. Dengan mengisi data secara jujur, kamu sudah membuat pihak penyedia kredit handphone online percaya kamu bisa menyelesaikan cicilan dengan baik.

Tidak sedang di-blacklist leasing/BI

Ini jadi faktor yang sangat penting ketika kamu mengajukan kredit. Tak hanya untuk kredit handphone, tapi juga kredit barang-barang lainnya. Pastikan namamu terbebas dari blacklist. Sebab, meski kamu memiliki uang untuk melunasi cicilan, tapi bila namamu sudah di-blacklist oleh leasing atau BI, maka otomatis kredit handphone-mu tak akan disetujui.

Pastikan riwayat kredit baik

Memiliki riwayat kredit baik menandakan kamu punya komitmen yang baik untuk melunasi angsurannya. Pastikan kamu selalu membayar kredit tepat waktu dan menyelesaikan setiap cicilan dengan baik. Bila riwayat kreditmu baik, maka pihak penyedia kredit pun tidak akan ragu-ragu menyetujui pengajuan kredit ponselmu.

Memiliki pekerjaan atau penghasilan Tetap

Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap menjadi syarat utama sebelum mengambil kredit ponsel. Bagi kamu yang baru bekerja, sebaiknya ajukanlah kredit HP setelah kamu bekerja lebih dari tiga bulan. Bagi kamu yang berwirausaha, pastikan penghasilanmu setidaknya lebih besar daripada nilai cicilan bulanan serta bunganya.

Lindungi diri dengan asuransi saat kredit handphone

Untuk melindungi aset berhargamu, seperti ponsel, maka sebaiknya kamu memiliki perlindungan diri lewat asuransi.

Salah satunya, asuransi rumah, yaitu asuransi yang memberikan perlindungan finansial jika terjadi kerugian atau kerusakan pada properti rumah. Dengan asuransi rumah, maka segudang risiko yang berpotensi merusak rumah, misalnya banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga pencurian dapat teratasi.

Gak cuma asuransi rumah, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi jiwa. Seperti diketahui, asuransi jiwa memiliki manfaat untuk mengelola risiko keuangan keluarga.

Misalnya, ketika kamu sedang melakukan cicilan kredit HP, tapi mengalami kecelakaan atau berhenti kerja. Nah, uang santunan yang diberikan bisa menggantikan sumber penghasilan yang hilang akibat kondisi tersebut. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk memiliki asuransi jiwa. 

Itu dia semua informasi yang kamu butuhkan terkait kredit ponsel. Kalau kamu membutuhkan saran mengenai cara menyusun anggaran pribadi atau keluarga yang ideal, kamu bisa konsultasi secara gratis di Lifepal!

Pertanyaan seputar kredit handphone

Kredit HP adalah pembiayaan pembelian HP dengan cara mencicil. Ini bisa jadi cara solutif untuk kamu yang ingin membeli handphone namun memiliki dana yang terbatas.
Bisa, dengan kemajuan Fintech kini pengajuan kredit handphone bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui aplikasi.
Jika kamu membeli handphone secara online, maka bisa memilih metode pembayaran kredit yang disediakan. Biasanya kamu akan diminta untuk menginstall aplikasi penyedia kredit tersebut dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Sementara jika kamu ingin mengajukan kredit handphone secara offline, kamu hanya perlu mengunjungi toko rekanan kemudian isi formulir aplikasi yang tersedia dan ikuti proses selanjutnya.

Secara umum, persyaratan yang dibutuhkan adalah Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun atau 19 tahun jika sudah menikah. Memiliki KTP, pekerjaan, serta penghasilan tetap.
Beberapa penyedia kredit handphone online memberikan fasilitas cicilan tanpa DP. Namun, ada pula yang meminta bukti pembayaran DP terlebih dahulu sebelum pengajuan kredit disetujui.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →