Kredit Kendaraan di Bank Saja Bila Modal DP-nya Besar

jaminan bpkb kendaraan

Fasilitas kredit mobil seolah jadi oasis bagi mereka yang penghasilannya pas-pasan. Tinggal berangkat ke showroom, pilih mobil yang disukai, dan tentukan jenis kreditnya. Simpel dan praktis. Inilah alasan kenapa kredit mobil banyak disukai calon konsumen demi merealisasikan punya mobil idaman.

 

Banyak perusahaan leasing atau bank yang siap memberi kredit pembiayaan mobil. Ini soal selera saja mau memilih lewat bank atau leasing.

 

Khusus dari leasing, sebaiknya pelajari lebih dulu reputasinya. Cek dengan seksama rekam jejaknya dalam memberi pembiayaan kredit mobil.

 

Tapi bagi yang lebih nyaman lewat bank, ada sisi positifnya. Utamanya adalah beban bunga kredit mobil lewat bank lebih rendah dari leasing.

 

Rata-rata besaran bunga kredit mobil dari bank antara 4-7 persen saja. Bandingkan dari leasing yang bisa mencapai 13 persen tergantung dari kebijakan masing-masing leasing. Yang tak kalah penting, biaya administrasi yang berlaku di bank juga lebih rendah.

 

Keunggulan berikutnya, kredit mobil di bank lebih fleksibel jika suatu hari nanti ada masalah dengan angsuran. Nasabah bisa mengajak pihak bank bernegosiasi atau bank yang akan aktif membuka pembicaraan.

 

Langkah itu dilakukan untuk mencari solusi atau menjadwalkan ulang angsuran yang tertunggak. Bank tidak akan serta merta menyita kendaraan jika nasabahnya mengalami kesulitan dalam cicilan.

 

Meski begitu, kredit mobil di bank juga ada kekurangannya. Yang paling berasa adalah prosesnya yang relatif lebih lama dan detail karena ketat akan persyaratan.

 

Bagi sebagian orang, mengurus kredit mobil di bank itu ribet dan panjang. Situasi ini yang membuat sebagian calon pembeli mobil menyerah dan berpaling ke lembaga pembiayaan lain. Padahal, selama bisa memenuhi persyaratan, semua bakal lebih mudah.

 

Berikutnya adalah pengajuan kredit mobil ke bank mesti Kredit Kendaraan di Bank Saja Bila Modal DP-nya Besardilakukan sendiri alias tak bisa diwakilkan. Ini tentu saja menyita waktu di mana calon pembeli mobil mesti meluangkan waktu ke bank. Beda dengan beberapa perusahaan leasing yang kadang lebih aktif mendatangi calon pembeli dan siap membantu pengurusan administrasinya.

 

Yang tak kalah penting adalah besaran uang mukanya yang sesuai aturan main dari pemerintah dan Bank Indonesia.

 

Lewat Surat Edaran No 14/10/DPNP tanggal 15 Maret, diputuskan kalau down payment (DP) kendaraan roda empat untuk keperluan non produktif minimal 30 persen. Sedangkan Kemenkeu juga mengeluarkan aturan soal DP lewat SK No 43/ PMK.010/2012.

 

Dengan begitu, calon pembeli mesti menyiapkan uang muka yang relatif besar jika mengajukan kredit mobil di bank. Tapi sebenarnya ini bisa menguntungkan jika menyodorkan DP yang besar. Makin besar uang muka maka nilai pinjaman bisa lebih kecil. Ini sama saja mengurangi beban angsuran tiap bulan.

 

[Baca: Ini Aturan Kredit Kendaraan Bermotor yang Patut Diketahui]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →