Proses Kredit Mobil Bekas DP Ringan dan Tanpa DP

kredit mobil bekas tanpa dp

Masyarakat kini bisa membeli mobil bekas dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengajukan kredit mobil bekas murah dengan uang muka atau DP (down payment) ringan.

Malah, beberapa lembaga pembiayaan, seperti leasing, sudah punya produk baru berupa kredit mobil bekas tanpa DP. 

Rata-rata DP yang perlu disiapkan untuk memboyong sebuah mobil bekas sekitar 20-30 persen dari harganya. Contoh, sebuah mobil bekas Toyota Agya 2016 dijual dengan harga Rp100 juta.

Artinya Anda perlu menyiapkan DP sebesar Rp20-Rp30 juta. Sementara sisanya akan menjadi pokok kredit.

Begini praktik kredit mobil bekas dengan DP/tanpa DP

Kredit mobil bekas murah dengan DP ringan dinilai membantu masyarakat yang belum memiliki dana untuk membeli mobil baru.

Kemudahan ini berbentuk pembayaran cicilan atau diangsur tiap bulan selama beberapa tahun. 

Terlepas dari kemudahan untuk membeli mobil bekas pilihan, terdapat beberapa hal yang musti diantisipasi dahulu. Khususnya mengenai kualitas mesin dan berbagai faktor kekurangan dari sebuah unit bekas, misalnya:

  • Bekas mengalami tabrakan. 
  • Terendam banjir atau tertimpa bencana alam lainnya.
  • Odometer sudah diputar.
  • Surat-surat yang tidak lengkap atau bahkan berstatus mobil bodong.

Jika sudah memastikan mobil bekas yang hendak dibeli, barulah Anda bisa mengajukan kredit kepada lembaga pembiayaan, seperti leasing ataupun bank. Prosesnya semudah dan sesederhana itu. 

Mengurus kredit mobil bekas di leasing

Selanjutnya, pihak bank atau leasing akan menganalisis kemampuan finansial Anda. Apakah Anda layak menjadi debitur berdasarkan standar yang sudah mereka tetapkan.

Salah satu rahasia sukses kredit mobil bekas disetujui adalah hasil dari kalkulasi angsuran bulanan jangan sampai melebihi sepertiga dari pendapatan bulanan.

Contohnya, jika cicilan mobil selama empat tahun dengan angsuran Rp2 jutaan, artinya pendapatan Anda harus sama atau lebih dari Rp6 juta.

Jangan khawatir, bagi yang sudah menikah bisa menggabungkan antara pendapatan suami dan istri sehingga persentase kredit mobil bekas akan lebih tinggi untuk disetujui

Sementara jika Anda mengajukan kredit mobil bekas tanpa DP harus mempertimbangkan periode cicilan.

Rata-rata untuk produk kredit tanpa DP ini cukup lama hingga 7 tahun, namun dengan persyaratan yang lebih ketat. Cicilannya pun pasti lebih besar dibandingkan dengan kredit mobil dengan DP.

Simulasi kredit mobil bekas murah DP ringan/tanpa DP

Kredit mobil bekas dengan DP Kredit mobil bekas tanpa DP
Harga Mobil Rp100.000.000 Rp100.000.000
DP 30% 0%
Pokok Pinjaman Rp70.000.000 Rp100.000.000
Tenor Cicilan 5 Tahun 5 Tahun
Bunga 6% per tahun 6% per tahun
Angsuran Rp1.516.667 Rp2.166.667
Selisih Harga Rp21.000.000 Rp30.000.000

Dari simulasi tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa paling aman bagi Anda untuk mengajukan kredit mobil bekas dengan DP apabila memiliki pendapatan sekitar Rp5 jutaan per bulan.

Sedangkan jika memilih kredit mobil bekas tanpa DP, setidaknya Anda harus sudah memiliki pendapatan per bulan sekitar Rp6,5 jutaan dan dengan catatan tidak ada beban utang lain.

Untung rugi kredit mobil bekas tanpa DP/DP ringan

Bercermin dari tabel simulas di atasi, Anda bisa melihat selisih bunga yang perlu dibayarkan dalam waktu lima tahun. Bunga tersebut kemudian dibagi ke dalam angsuran sehingga membantu proses pelunasan.

Inilah salah satu keuntungan mengajukan kredit mobil bekas dengan DP rendah. Sedangkan jika mengajukan kredit mobil bekas tanpa DP, artinya Anda perlu menyiapkan lebih banyak dana.

Ada banyak yang harus Anda pertimbangkan ketika menentukan mana yang paling cocok bagi keuangan Anda di antara pilihan kredit dengan DP atau tanpa DP.

Akan lebih bijaksana jika Anda bersabar terlebih dahulu dengan cara menabung untuk mempersiapkan DP.

Namun, apabila kondisi yang tidak memungkinkan sehingga Anda harus cepat mengambil kredit mobil, silakan memilih kredit tanpa DP.

Meski begitu, pastikan bahwa Anda sudah mempertimbangkan segala sisi, terutama menyusun anggaran finansial setidaknya selama periode pencicilan hingga lunas.

Perlu diketahui bahwa sebelum mulai mengajukan kredit mobil, Anda harus mempersiapkan pengeluaran lain, seperti:

  • Pajak kendaraan tahunan dan lima tahunan. 
  • Biaya service rutin dan penggantian suku cadang.
  • Ongkos bensin harian.
  • Tarif tol jika diperlukan.
  • Ongkos parkir sebulan.

Diharapkan, pengelompokan dan kalkukasi biaya-biaya ini akan membantu dalam memutuskan kapan saat yang tepat untuk mengambil kredit mobil tanpa harus mengorbankan pemenuhan kebutuhan bulanan lain.

Daftar leasing yang menerima kredit mobil bekas 

Berikut sejumlah lembaga pembiayaan yang bisa menjadi referensi kamu dalam mengambil kredit mobil bekas. 

Adira Finance

Adira finance merupakan lembaga pembiayaan terkemuka yang menawarkan kredit mobil baru dan kredit mobil bekas. Jika kamu ingin mengajukan kredit mobil bekas tanpa DP, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman multiguna Maxi dengan tujuan membeli mobil bekas. 

Prinsipnya hampir sama dengan kredit pemilikan rumah atau KPR di mana pada kredit mobil bekas, BPKB dan faktur pembelian menjadi agunan pinjaman tersebut. 

Astra Credit Company (ACC Finance)

Astra Credit Company merupakan lembaga pembiayaan bagian dari PT Astra International. Dalam situs resminya, ACC Finance mengklaim melayani pembiayaan untuk hampir semua merek mobil bekas dan baru. 

Cimb Niaga Finance

CIMB Niaga Finance juga bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mengambil cicilan mobil bekas. Di CIMB Niaga Finance, kamu tinggal mengajukan pinjaman multiguna untuk mendapatkan dana tunai sebagai DP kendaraan. 

BCA Multifinance

BCA Multifinance memberikan fasilitas kredit mobil bekas dan kredit mobil baru. Perusahaan pembiayaan yang menjadi bagian dari Bank BCA ini menyediakan fasilitas Kredit Mobil Seken (KMS) yang hadir dengan beragam pilihan tenor dan DP.

Pastikan mobil yang dibeli telah dilengkapi asuransi, cari pilihan dengan ikuti kuis berikut

Asuransi mobil itu benar-benar membantu dalam meminimalkan pengeluaran untuk perbaikan mobil di bengkel. Miliki asuransi mobil yang sesuai bujet dengan ikuti kuis di bawah ini.

Hitung premi asuransi mobil tersebut, apakah pas bujet atau gak? Hitung dengan kalkulator premi asuransi mobil.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar kredit mobil bekas

Apakah bisa kredit mobil di Pegadaian?

Kredit mobil di pegadaian sangat memungkinkan karena Pegadaian memiliki program Pembiayaan Amanah yang berprinsip syariah. Program ini diperuntukan bagi karyawan swasta maupun negeri yang sudah bekerja selama dua tahun.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.