Kredit Mobil Bekas Menawarkan Cicilan Rendah

Leasing Mobil Bekas

Kredit mobil bekas adalah layanan pembiayaan dari bank ataupun lembaga keuangan untuk kreditur yang ingin membeli mobil bekas dengan cicilan rendah dan proses mudah. Umumnya dipilih oleh keluarga yang memang membutuhkan mobil dengan harga yang terjangkau.

Pengajuan kredit mobil bekas tetap harus melalui serangkaian pemeriksaan dan persetujuan. Umumnya, baik leasing maupun lembaga perbankan akan melihat jati diri dan riwayat nasabah terlebih dahulu, terutama kondisi keuangannya.

Kunci keberhasilan disetujuinya kredit adalah bila nasabah memiliki penghasilan yang cukup. Artinya, jumlah cicilan tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan. Jika setelah dihitung ternyata pendapatannya kurang dan tidak memiliki pekerjaan sampingan, maka besar kemungkinannya akan ditolak.

Kredit Mobil Bekas Melalui Leasing

Kredit Mobil Bekas Melalui Leasing

Kredit mobil bekas melalui leasing menjadi pilihan masyarakat karena lebih mudah dibandingkan dengan di bank. Untuk uang muka mobil bekas di bawah Rp100 juta saja dinilai terjangkau pula, rata-rata sekitar Rp10 juta. 

Tetapi tidak semua leasing punya kebijakan yang sama. Ada juga leasing yang ketat dengan aturan dari BI tentang uang muka 30 persen.

Suku bunga kredit mobil bekas yang ditetapkan leasing amat beragam. Tapi, rata-rata di atas 7 persen per tahun. Lain halnya pembiayaan dari bank yang bisa lebih rendah lagi, yaitu antara 5-7 persen per tahun. 

Tenor pembayaran rata-rata hingga empat tahun dengan suku bunga flat. Prosesnya juga mudah dan bisa diselesaikan dalam beberapa hari saja. 

Tabel Simulasi Kredit Mobil Bekas dari Leasing

  • Harga mobil bekas Rp100.000.000 tahun 2017
  • Uang muka Rp30.000.000 (30%)
  • Asuransi Comprehensive
  • Lokasi di Jabodetabek
  • Biaya provisi Rp750.000
  • Suku Bunga 12% per tahun
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Cicilan  Rp6.533.334 Rp3.616.667 Rp2.644.445 Rp2.158.334

Kredit Mobil Bekas Melalui Bank

Kredit Mobil Bekas Melalui Bank

Kredit kepemilikan mobil bekas dengan bunga rendah memang hanya bisa didapatkan melalui bank. Hanya saja soal pengajuan yang berpeluang diterima oleh bank pada umumnya adalah pembelian mobil secara pribadi dari pembeli ke pengguna dan bukan dari pembeli dari diler atau showroom mobil bekas. 

Seperti yang sudah disebutkan, suku bunga yang ditetapkan oleh bank lebih rendah dibandingkan dengan leasing. Alasan itulah yang membuat kredit kendaraan bermotor dari bank menjadi pilihan utama bagi masyarakat karena cicilannya yang lebih ringan.

Tabel Simulasi Kredit Mobil Bekas dari Bank

  • Harga mobil bekas Rp100.000.000 tahun 2017
  • DP Awal Rp30.000.000 (30%)
  • Asuransi Comprehensive
  • Lokasi di Jabodetabek
  • Biaya provisi Rp750.000
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Cicilan  Rp6.198.000 Rp3.295.900 Rp2.338.200 Rp1.866.700
Suku Bunga 6,25% 6,50% 6,75% 7%

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Mobil Bekas 

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Mobil Bekas 

Tidak ada salahnya memilih mobil bekas selama sesuai dengan kebutuhan yang lebih mendesak. Yang salah adalah jika Anda memaksakan membeli mobil baru padahal keuangan Anda sendiri tidak menyanggupinya. 

Terlepas dari itu, memilih mobil bekas pun dihadapkan kepada risiko. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan memiliki mobil bekas.

Kelebihan Memilih Mobil Bekas

  • Harga lebih murah dan terjangkau.
  • Proses lebih mudah.
  • Mobil bisa langsung digunakan.

Kekurangan Memilih Mobil Bekas

  • Suku bunga lebih tinggi daripada kredit mobil baru.
  • Harga jual mengalami penurunan.

Cicilan mobil bekas memang ringan, akan tetapi perhatikan juga kondisi keuangan Anda. Jangan sampai menambah beban utang baru. Jangan pernah membeli mobil hanya karena gengsi semata.  

Pastikan juga untuk tidak membeli mobil bekas yang terlalu tua. Direkomendasikan membeli mobil bekas dengan usia maksimal lima tahun agar tidak terlalu banyak ongkos yang dikeluarkan untuk servis dan penggantian suku cadang.

Sebagai saran, sebaiknya manfaatkan kredit untuk kebutuhan produktif, misalnya digunakan untuk mendukung usaha. Hindari melakukan pembelian dengan harga yang terlampau tinggi sehingga membuat angsurannya pun menjadi berat.

Pastikan dulu kondisi finansial Anda sedang baik sebelum mengajukan kredit mobil bekas. Sesuaikan harga mobil bekas dengan kemampuan finansial dan kebutuhan. Terutama jika sudah berkeluarga, Anda perlu menentukan bujet bulanan dengan dengan bijak dan memilih tipe mobil yang tepat agar muat untuk semua anggota keluarga. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →