Kredit Mobil Bekas – Simulasi, Cara Mengajukan, dan Keuntungannya

Leasing Mobil Bekas

Kredit mobil bekas adalah layanan pembiayaan dari bank ataupun lembaga keuangan yang diberikan kepada peminjam (debitur) untuk membeli mobil bekas. Umumnya, mobil second ini dipilih karena harganya lebih murah ketimbang mobil baru.

Pengajuan kreditnya tetap harus melalui serangkaian pemeriksaan dan persetujuan. Umumnya, baik leasing maupun lembaga perbankan akan melihat profil dan riwayat nasabah terlebih dahulu, terutama kondisi keuangannya.

Kunci keberhasilan disetujuinya kredit kendaraan bermotor adalah bila nasabah memiliki penghasilan yang cukup. Artinya, jumlah cicilan tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan.

Jika setelah dihitung ternyata pendapatannya kurang dan tidak memiliki pekerjaan sampingan, maka besar kemungkinannya akan ditolak.

Kamu yang sedang mencicil mobil bekas ini sebaiknya menambahkan proteksi kendaraan untuk mengurangi risiko finansial. Dengan begitu, keuangan kamu tetap terjaga, jika terjadi risiko berkendara.

Mau tahu lebih lanjut tentang pengaturan anggaran ketika mencicil mobil? Simak ulasan lebih mendalam oleh para ahli di Tanya Lifepal!

Daftar harga mobil bekas

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan mengambil kredit mobil bekas, berikut ini beberapa pilihan dengan cicilan di bawah Rp2 juta.

Meski harga berbeda-beda, tergantung jarak tempuh, transmisi, dan daerah, daftar berikut bisa jadi pertimbangan kamu yang mencari mobil bekas cicilan murah.

Jenis Harga DP Cicilan
Daihatsu Ayla X 1.0L M/T 2016 Rp74 juta Rp26,099 juta Rp1,336 juta
Nissan Evalia SV MT 2014 Rp83 juta Rp29,389 juta Rp1,498 juta
Toyota Agya G TRD M/T 2015 Rp84 juta Rp29,604 juta Rp1,516 juta
Nissan March 1.2L AT 2014 Rp88 juta Rp31,150 juta Rp1,587 juta
Daihatsu Sigra X 1,2L MT 2019 Rp90 juta Rp31,707 juta Rp1,623 juta
Mazda 2 R A/T 2011 Rp93 juta Rp33,365 juta Rp1,677 juta

Simulasi kredit mobil

Kamu yang pengin mengambil cicilan mobil baru atau bekas bisa menghitung sendiri cicilan bulanan yang kamu wajib bayar. Caranya gampang, kamu cukup menggunakan Kalkulator Cicilan Mobil dari Lifepal berikut ini.

Cara mengajukan kredit mobil bekas

Kredit mobil bekas bisa diajukan dengan dua cara yaitu melalui lembaga pembiayaan bukan bank (leasing) atau melalui bank. Sedikit tips, sebaiknya kamu mencari tahu suku bunga cicilan yang ditetapkan masing-masing lembaga, meskipun rata-rata suku bunga hampir sama.

Berikut ulasannya!

1. Kredit mobil bekas di leasing

Kredit mobil bekas melalui leasing menjadi pilihan masyarakat karena lebih mudah dibandingkan dengan di bank. Untuk uang muka mobil bekas di bawah Rp100 juta, cukup terjangkau sekira Rp10 juta.

Tetapi tidak semua leasing punya kebijakan yang sama. Ada juga leasing yang ketat dengan aturan dari BI tentang uang muka 30 persen.

Suku bunga kredit mobil bekas yang ditetapkan leasing amat beragam. Tapi, rata-rata di atas 7 persen per tahun. Lain halnya pembiayaan dari bank yang bisa lebih rendah lagi, yaitu antara 5-7 persen per tahun. 

Tenor pembayaran rata-rata hingga empat tahun dengan suku bunga flat. Prosesnya juga mudah dan bisa diselesaikan dalam beberapa hari saja. 

Tabel simulasi cicilan mobil bekas di leasing:

  • Harga mobil bekas keluaran 2017 Rp100 juta
  • Uang muka Rp30 juta (30%)
  • Asuransi Comprehensive
  • Lokasi di Jabodetabek
  • Biaya provisi Rp750 ribu
  • Suku Bunga 12% per tahun
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Cicilan  Rp6.533.334 Rp3.616.667 Rp2.644.445 Rp2.158.334

2. Kredit mobil bekas di bank

Kredit kepemilikan mobil bekas dengan bunga rendah memang hanya bisa didapatkan melalui bank. Namun, DP yang dikenakan sesuai aturan yaitu minimal 30 persen.

Namun, pengajuan yang berpeluang diterima oleh bank pada umumnya adalah pembelian mobil secara pribadi dari pembeli ke pengguna dan bukan dari pembeli dari dealer atau showroom mobil bekas.

Seperti yang sudah disebutkan, suku bunga yang ditetapkan oleh bank lebih rendah dibandingkan dengan leasing. Alasan itulah yang membuat kredit kendaraan bermotor dari bank menjadi pilihan utama bagi masyarakat karena cicilannya yang lebih ringan.

Tabel simulasi kredit mobil bekas di bank:

  • Harga mobil bekas tahun 2017 sebesar Rp100 juta
  • DP Awal Rp30 juta (30%)
  • Asuransi Comprehensive
  • Lokasi di Jabodetabek
  • Biaya provisi Rp750 ribu
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan
Cicilan  Rp6.198.000 Rp3.295.900 Rp2.338.200 Rp1.866.700
Suku Bunga 6,25% 6,50% 6,75% 7%

Kelebihan dan kekurangan mobil bekas

Tidak ada salahnya memilih mobil bekas asal sesuai kebutuhan dan kemampuan. Selama masih sesuai, kamu gak akan terbebani dengan pembayaran cicilan setiap bulannya. 

Terlepas dari itu, memilih mobil bekas pun dihadapkan kepada risiko. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan memiliki mobil bekas.

Kelebihan membeli mobil bekas

Berikut ini beberapa kelebihan mobil bekas yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam membeli kendaraan.

1. Harga lebih murah

Salah satu keunggulan dan daya tarik mobil bekas adalah harganya yang lebih murah. Inflasi memang memengaruhi daya beli masyarakat.

Tapi, inflasi ini berbanding terbalik dengan nilai penyusutan kendaraan bermotor. Semakin tua usia mobil, maka harganya semakin turun. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang mobil baru.

2. Mobil bekas bisa langsung dikendarai

Pelat nomor kendaraan itu agak lama turunnya. Jika kamu membeli mobil bekas, maka mobil bisa langsung kamu gunakan karena pelatnya sudah ada. Dengan begitu, kamu yang punya aktivitas tinggi, bisa langsung mengendarainya.

3. Syarat lebih simpel daripada mobil baru

Untuk memiliki mobil bekas saat ini sudah lebih mudah di beberapa rekan pembiayaan. Persyaratannya hanya dokumen pribadi seperti identitas diri dan slip gaji. Setelah itu, isi formulir dan jika disetujui kamu bisa langsung beli.

4. Sudah termasuk asuransi

Pengajuan kredit mobil bekas di beberapa rekanan pembiayaan tepercaya sudah termasuk asuransi mobil All Risk, lho! Dengan begitu, kamu akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

Kekurangan membeli mobil bekas

Berikut ini ulasan singkat mengenai kekurangan membeli mobil bekas. Pertimbangkan hal-hal di bawah ini agar kamu lebih bijak memilih mobil sesuai kebutuhan dan bujet kamu.

1. Kualitas mobil di bawah mobil baru

Hal ini menjadi kekurangan paling pertama yang wajib kamu pahami. Meskipun tampilan bodi mulus dan cat terlihat baru, kondisi mesin hingga kaki-kaki mobil pasti gak seperti baru.

Hal ini tidak terlepas dari cara mengemudi pemilik mobil sebelumnya, riwayat perawatan, dan sparepart yang diganti dengan kualitas kurang baik.

2. Potensi biaya perawatan dan perbaikan

Seperti yang disebutkan di atas, kita gak mengetahui cara mengemudi hingga riwayat perawatan mobil tersebut. Jika dilakukan asal-asalan, ada kemungkinan kamu bakal mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan dan perbaikan.

Makanya, banyak yang memilih membeli mobil bekas dari kenalan ketimbang membeli di tempat pembelian mobil bekas. Salah satu triknya, kamu bisa membawa mekanik profesional untuk mengetahui kondisi mobil.

Perhatikan hal ini saat membeli mobil bekas

Cicilan mobil bekas memang ringan, akan tetapi perhatikan juga kondisi keuangan kamu. Jangan sampai menambah beban utang baru. Jangan pernah membeli mobil hanya karena gengsi semata.

Pastikan juga untuk tidak membeli mobil bekas yang terlalu tua. Direkomendasikan membeli mobil bekas dengan usia maksimal lima tahun agar tidak terlalu banyak ongkos yang dikeluarkan untuk servis dan penggantian suku cadang.

Sebagai saran, sebaiknya manfaatkan kredit untuk kebutuhan produktif, misalnya digunakan untuk mendukung usaha. Hindari melakukan pembelian dengan harga yang terlampau tinggi sehingga membuat angsurannya pun menjadi berat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mobil bekas:

  • Pilih tempat membeli mobil bekas yang tepercaya dan memiliki tim untuk membantu mengecek mobil bekas.
  • Amati kondisi eksterior mobil seperti adakah lecet, baret, penyok, dan cat terkelupas.
  • Periksa kesehatan mesin seperti kelancaran pergantian transmisi, gas, dan rem.
  • Detail aksesoris dan interior mobil turut diperhatikan karena jika rusak parah, kamu bakal mengeluarkan bujet besar untuk memperbaikinya.
  • Kelengkapan surat-surat.
  • Pengecekan fisik ke Samsat.
  • Periksa kondisi kaki-kaki karena ada kemungkinan rusak akibat jalanan yang bergelombang.
  • Sesuaikan dengan kemampuan kamu untuk membayar dari DP hingga cicilan setiap bulan.
  • Hitung suku bunga yang ditawarkan agar kamu gak bayar terlalu besar dari harga asli kendaraan tersebut.

Tanya jawab

Adakah kredit mobil bekas syariah?

Ada berbagai pilihan bank syariah dan lembaga pembiayaan syariah yang bisa kamu pilih untuk kredit mobil bekas. Sebelum memilihnya, cek perizinan lembaga atau bank tersebut di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih aman.

Berapa suku bunga kredit mobil bekas?

Suku bunga kredit mobil baik baru atau second tergantung pada lembaga pembiayaan yang kamu pilih. Adapun kisaran bunga yang ditetapkan yaitu 5-7 persen untuk perbankan dan lembaga pembiayaan hingga 15 persen.

Bagaimana prosedur mengajukan kredit mobil bekas?

Prosedur mengajukan kredit mobil bekas cukup mudah yaitu:

  • Warga negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (ketika kredit lunas).
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan kebijakan tergantung daerah.
  • Setelah syarat terpenuhi, kamu tinggal mengajukannya ke bank atau lembaga pembiayaan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →