Tips Memilih Kredit Mobil Murah untuk Tipe Baru dan Bekas

kredit mobil murah untuk tipe baru dan bekas

Kredit mobil murah sampai saat ini masih banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Tak sedikit masyarakat yang mengincar cicilan mobil murah, baik keluaran terbaru maupun bekas. 

Sebelum memutuskan untuk kredit mobil baru maupun bekas, sebaiknya kamu membaca ulasan seputar tips bagaimana mengambil keputusan mengambil cicilan kendaraan roda empat. Ketika berencana mengambil kredit mobil baru maupun bekas yang lebih murah, sebenarnya ada plus dan minusnya. 

Selain itu, pastikan juga membeli asuransi mobil terbaik untuk memproteksi keuangan kamu dari kerugian jika mobilmu rusak nantinya.

Daripada penasaran, mendingan langsung saja kita baca ulasannya berikut.

Pengertian kredit mobil

Besarnya antusias masyarakat membeli mobil melalui kredit atau dengan sistem cicilan, membuat kamu perlu tahu, apa sih sebenarnya kredit mobil itu? Nah singkatnya, kredit mobil merupakan sebuah layanan dari lembaga keuangan yang ditujukan bagi mereka yang ingin membeli mobil dengan cepat dan murah.

Dalam hal ini jenis mobil yang bisa dikreditkan mencakup mobil baru dan mobil bekas. Kredit mobil berarti pembayarannya nanti melalui sistem cicilan setiap bulannya dengan biaya yang sudah disepakati sebelumnya oleh kedua pihak bersangkutan.

Membahas soal cicilan kendaraan, masih banyak yang khawatir apakah sistem cicilan mobil termasuk riba

Menurut Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, kredit adalah perkara jual beli yang termasuk dalam hal muamalah, sehingga halal untuk dilakukan. Saat ini juga ada banyak pilihan cicilan atau kredit mobil syariah yang murah. 

Melihat tren cicilan mobil tersebut, saat ini pangsa pasar kelas menengah ke bawah lagi getol digarap. 

Selain semakin banyak mobil-mobil murah seharga Rp90-Rp120 juta, produsen mobil juga sudah membuka peluang buat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan gaji Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan.

Namun, dengan gaji segitu sebaiknya kita lebih berhati-hati mengambil kredit mobil walau harganya murah. Kenapa? Simak penjelasan lengkap di bawah sini, yuk!

Pertimbangan memilih kredit mobil baru dan bekas murah

Dilihat dari tingginya kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil, kini mobil baru dan bekas bisa didapatkan melalui sistem kredit. Nah apa aja sih yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil baru atau bekas secara kredit?

1. Pilih tenor lebih lama untuk mengimbangi gaji bulanan

Memang cicilan mobil dengan tenor yang lama sangat menarik karena menawarkan angsuran bulanan yang lebih murah. Dengan demikian, angsuran kredit per bulan yang harus dibayarkan pun terkesan ideal untuk kita yang bergaji antara Rp3 jutaan sampai Rp5 jutaan. Meski begitu, usia mobil wajib dipertimbangkan juga ya.

Misalnya, kita mengambil tenor kredit mobil selama delapan tahun dengan harapan cicilan bisa menjadi lebih murah.

Asumsinya, kalau mobil dipakai buat harian, usia rata-rata mobil cuma sampai lima tahun. Kalau lebih dari itu, biasanya performa mesin mobil sudah sangat menurun dan harus berisiko turun mesin sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tentu saja gak murah.

Untuk memberikan gambaran lebih lengkap, berikut skemanya. 

Cicilan Daihatsu Ayla seharga Rp110 juta 
Tenor kredit 8 tahun
Bunga kredit mobil per tahun 6%
Uang muka 20% Rp22.000.000
Pokok utang (harga mobil – uang muka) Rp88.000.000
Cicilan mobil setiap bulannya Rp1.356.666 / bulan

2. Kredit Ballon Payment

Kredit Ballon Payment adalah program pembayaran pinjaman, di mana jumlah pembayaran cicilan mobil menjadi lebih ringan di awal karena pelunasan pinjaman dilakukan di akhir program. 

Nah, walau jumlah cicilan mobil setiap bulannya akan sangat murah, namun tagihan di akhir tenor bisa mencapai 50 persen dari total harga mobil. Tergantung program Kredit Ballon Payment yang diambil. Masih bingung? Simak skema cicilan berikut. 

Cicilan Daihatsu Ayla seharga Rp110 juta 
Tenor kredit 5 tahun
Bunga kredit mobil per tahun 6%
Uang muka 20% Rp22.000.000
Pokok utang (harga mobil – uang muka) Rp88.000.000
Bunga pinjaman selama 5 tahun  (Rp88.000.000 x 6%) : 60 bulan = Rp88 ribu per bulan
Cicilan per bulan selama tiga tahun (Rp110.000.000 x 30%) : 36 bulan + Rp88 ribu = Rp638 ribu per bulan 
Pelunasan di akhir tenor  Rp110.000.000 x 50% = Rp55.000.000 sekaligus

3. Bayar uang muka lebih tinggi

Cara paling ideal untuk membeli mobil dengan gaji Rp3 jutaan adalah membayar uang muka atau DP yang lebih tinggi. 

Sebab, dengan meningkatkan jumlah DP, iuran cicilan mobil setiap bulannya akan jauh lebih murah. Misal, jika umumnya DP yang harus dibayarkan adalah 20 persen, kita bisa tingkatkan menjadi 75 persen dengan skema perhitungan sebagai berikut.

Cicilan Daihatsu Ayla seharga Rp110 juta 
Tenor kredit 3 tahun
Bunga kredit mobil per tahun 6%
Uang muka 75% Rp82.500.000
Pokok utang (harga mobil – uang muka) Rp27.500.000
Cicilan mobil setiap bulannya Rp901.388 / bulan

Nah, dari tiga poin tadi, kita dapat mulai simpulkan apakah mampu membayar cicilan mobil dengan jumlah simulasi seperti di atas. 

Perlu diingat juga bahwa ketika membeli mobil akan ada pengeluaran untuk beli BBM, biaya servis mobil berkala, biaya tol, dan lain sejenisnya. 

Jika kita yakin mampu mencukupi segala pengeluaran tersebut setiap bulannya, maka tidak ada salahnya mengambil kredit mobil yang lebih murah sesuai kemampuan finansial kita.

Jenis suku bunga kredit mobil baru

Ketika memutuskan untuk membeli mobil baru dengan sistem kredit, itu artinya kamu harus paham mengenai jenis-jenis suku bunga yang terdapat pada kredit mobil. Berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis suku bunga pada kredit mobil baru.

Bunga tetap

Sesuai dengan namanya, pada jenis suku bunga tetap maka angka bunga yang dibayarkan tetap namun selama jangka waktu yang ditentukan. Misalnya jika kamu mengambil kredit mobil dengan tenor 5 tahun maka bunga yang dibayarkan bisa berbeda untuk dua tahun pertama dengan tiga tahun terakhir.

Bunga flat

Jenis suku bunga flat adalah jenis yang sering digunakan oleh lembaga pembiayaan kredit mobil baru. Sebab jenis bunga flat menerapkan besaran bunga yang sama dari awal hingga akhir masa kredit. Jadi dengan demikian besaran cicilan tiap bulannya akan selalu sama.

Bunga mengambang (Floating)

Jenis suku bunga ini biasa digunakan untuk para debitur yang memilih tenor pelunasan jangka panjang. Jadi maksud suku bunga mengambang di sini adalah bunga yang dibayarkan tiap bulannya akan disesuaikan dengan fluktuasi suku bunga di pasar.

Pertimbangan kredit mobil bekas murah

Selain kredit mobil baru, kamu juga bisa mengajukan cicilan mobil bekas yang tentunya lebih bisa dipertimbangkan karena harganya yang lebih murah. Namun perlu diketahui juga bahwa membeli mobil bekas memiliki risiko yang jauh lebih banyak daripada membeli mobil baru.

Tapi jika kamu cermat dalam memilih mobil bekas yang mau dibeli secara kredit, kamu bisa lebih untung daripada membeli mobil baru. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil kredit atau cicilan mobil bekas yang lebih murah.

1. Tempat mengambil kredit mobil

Tempat mengambil kredit mobil merupakan salah satu penentu dari kualitas mobil yang kamu beli. Kini sudah banyak leasing yang menawarkan kredit mobil bekas yang lebih murah, bahkan ada juga yang menjualnya secara perorangan langsung.

Tapi bila kamu kurang paham mengenai kondisi mobil bekas yang masih baik, disarankan untuk membeli mobil bekas di tempat yang sudah terpercaya. Apalagi, biasanya tempat penjualan mobil bekas yang sudah terpercaya akan memberikan asuransi tambahan. Jadi kamu gak perlu khawatir jika ternyata ada masalah pada mobil bekas yang kamu beli nanti.

Kemudian usahakan memilih mobil bekas dengan tahun keluaran mobil yang tidak terlalu jauh dari tahun kamu membeli. Hal ini agar kamu bisa tetap modis meskipun membeli mobil bekas ya.

2. Eksterior dan interior mobil

Bagian yang paling mudah untuk dinilai ketika memilih mobil adalah bagian eksteriornya. Kamu bisa melihat hal apa saja yang minus pada mobil bekas yang ditawarkan. Misalnya terdapat lecet, baret, penyok atau sejenisnya pada body mobil. Selanjutnya yang paling riskan dan harus kamu perhatikan adalah bagian interior. Mengapa demikian?

Sebab jika kamu salah pilih dan tidak memperhatikan bagian interior dengan benar, kemudian mendapati interiornya yang sudah rusak parah, tentu kamu sendiri yang rugi. Bukannya mendapat mobil dengan harga murah kamu malah akan melakukan penggantian interior yang biayanya tidak kecil.

3. Kesehatan mesin

Selain interior mobil, mengecek kesehatan mesin mobil juga sama pentingnya. Jika mesin mobil yang kamu beli rusak, itu artinya mobil tidak bisa kamu gunakan. Dan pastinya jika kamu ingin menggunakan mobil tersebut, kamu harus mengganti mesin mobilnya terlebih dahulu. 

Mengganti mesin mobil tidaklah murah, untuk itu disarankan mengecek kondisi mesin dengan mencoba berkeliling menggunakan mobil yang akan kamu beli. Pada kesempatan ini kamu akan bisa merasakan mana mobil dengan kondisi mesin yang baik atau malah sebaliknya.

4. Kelengkapan surat-surat

Surat kendaraan juga merupakan hal yang penting apalagi dalam hal kredit mobil bekas karena jika surat-suratnya tidak lengkap maka harga jual kembalinya nanti akan sangat murah. Hal ini berhubungan dengan memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jangan lupa untuk mencocokkan nomor kendaraan yang tertera pada STNK dengan yang ada di BPKB. 

5. Cek kembali dokumen

Cek kembali kelengkapan dokumen di kantor Samsat. Ini menghindari terjadinya pemalsuan nomor kendaraan yang ingin kamu beli. Jika nomor kendaraan yang terdapat di STNK dan BPKB sudah sesuai dan terdaftar di Samsat maka bisa dipastikan mobil bekas yang kamu beli secara kredit sudah aman.

6. Pilih yang sesuai kebutuhan

Jangan asal memutuskan untuk kredit mobil bekas karena murah deh ya. Pastikan mobil yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan utama. Bandingkan tiap jenis mobil dengan kisaran harga yang mirip, selanjutnya pilih yang paling sesuai. Selain itu pastikan bahwa dana yang kamu miliki juga sesuai untuk membeli mobil ini agar tidak ada kendala saat membayar cicilan. 

Lantas, apa yang harus dilakukan jika ingin mengambil kredit mobil? 

Syarat pengajuan cicilan mobil

Setiap perusahaan ritel umumnya memiliki persyaratannya masing-masing. Namun, buat kita karyawan aktif bekerja dan mendapatkan gaji setiap bulannya, berikut persyaratan umum yang bisa dijadikan referensi. 

  • Haruslah Warga Negara Indonesia (WNI). 
  • Lama kerja minimal satu tahun. 
  • Minimal usia adalah 21 tahun. 
  • Fotokopi Kartu Tanda Pengenal (KTP) yang mengajukan cicilan dan pasangan (jika ada). 
  • Fotokopi kartu keluarga (KK) dan akte nikah (jika ada). 
  • Fotokopi bukti tempat tinggal, misal tagihan rekening listrik, tagihan air (PDAM), dll. 
  • Fotokopi slip gaji setidaknya 2 hingga 3 bulan terakhir. 
  • Fotokopi NPWP. 
  • Usia maksimal ketika kredit lunas. Biasanya usia pensiun. 

Jika telah melengkapi persyaratan di atas, proses pengajuan leasing atau cicilan mobil akan selesai dalam waktu cepat, yaitu sekitar tiga hingga tujuh hari kerja. 

Setelah disetujui, pihak lessor atau penyedia kredit akan mengirimkan surat purchase order yang menyatakan pengajuan cicilan mobil telah disetujui. Untuk pengambilan unit mobil umumnya bisa dilakukan tiga hari kemudian. 

Sementara untuk mobil bekas, kita diwajibkan melakukan balik nama mobil atas nama sendiri, ya. 

Lantas, untuk mobil yang masih dalam masa kredit, apakah bisa melakukan balik nama? Tentu bisa! Namun, kita harus melengkapi persyaratan dokumen, seperti: 

  • Kartu Tanda Pengenal (KTP) dari orang yang mengajukan cicilan mobil. 
  • Melakukan cek fisik mobil di Samsat. 
  • STNK dan BPKB asli dari mobil tersebut. 
  • Mengisi formulir pendaftaran balik nama 

Itulah tadi beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan cicilan mobil dengan pendapatan Rp3 juta. 

Sebaiknya pikirkan matang-matang deh sebelum memutuskan memboyong mobil baru maupun bekas. Pasalnya, tak hanya harus menyisihkan uang untuk cicilan mobil, kamu juga perlu memikirkan biaya perawatan dan penggantian spare part mobil, serta pajak tahunan kendaraanmu.

Selain itu, akan lebih bijaksana bagi pemilik kendaraan melengkapi mobilnya dengan asuransi. Sebab, setiap pemilik kendaraan harus selalu siaga dengan risiko-risiko yang bisa menimpa mobil.

Nah sebelum mengajukan kredit, tentu kamu harus tahu cicilan yang perlu dibayar setiap bulannya. Yuk gunakan Kalkulator Angsuran Kredit Flat berikut ini supaya mudah menghitungnya!

 

Memilih asuransi kendaraan

Di masa sekarang ini, asuransi kendaraan sudah menjadi kebutuhan  yang harus dipenuhi bagi mereka pemilik kendaraan bermotor. Ini disebabkan dengan menggunakan asuransi, berkendara pasti akan lebih aman dan nyaman.

Di sini kamu perlu mengetahui kondisi kendaraanmu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan tahu mana jenis asuransi mobil yang tepat untuk kendaraanmu.

Karena jika salah memilih, bukan dapat perlindungan tapi malah bisa buat kamu merugi. Berikut Lifepal akan jelaskan dua jenis asuransi yang bisa kamu pilih sebagai pelindung kendaraanmu. Mana yang lebih cocok untuk mobil kamu?

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan ganti rugi jika kerusakan kendaraan di atas 75 persen. Bisa dibilang dalam hal ini kondisi kendaraan benar-benar rusak karena kecelakaan. Tahapannya pihak asuransi akan mengganti seluruh biaya perbaikan kendaraan hingga kembali seperti semula. Ganti rugi yang ditanggung tidak hanya kerusakan saja kehilangan kendaraan akibat pencurian juga ikut ditanggung.

Namun ada hal yang perlu kamu pahami, karena jenis asuransi TLO hanya mengganti kerusakan kendaraan di atas 75 persen. Maka jika kerusakan dibawah 75 persen pihak asuransi tidak akan mengklaim ganti rugi tersebut. Dengan begitu asuransi TLO merupakan asuransi yang paling murah preminya yakni hanya 1 persen dari harga kendaraan.

2. Asuransi all risk

Sesuai dengan namanya, asuransi all risk memproteksi lebih banyak risiko dibandingkan dengan asuransi Total Loss Only (TLO). Dengan begitu premi yang dibayarkan pada asuransi jenis ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi TLO.

Meskipun begitu asuransi all risk ternyata paling diminati oleh para pengguna kendaraan bermobil. Sebab tak sedikit pengguna kendaraan mobil berpikir bahwa jenis asuransi inilah yang memberikan perlindungan paling luas terhadap banyaknya resiko kecelakaan.

Resiko kecelakaan yang ditanggung pada asuransi ini yaitu tabrakan, terbalik, pencurian, tergelincir, kebakaran, tergores, terperosok, benturan, kecelakaan lalu lintas hingga perbuatan jahat. Jika kamu sudah memutuskan memilih jenis asuransi all risk yang selanjutnya harus kamu perhatikan adalah cara klaim dari asuransi mobil. Serta aspek apa saja yang dicover dalam asuransi ini.

Untuk mengetahui mana asuransi mobil yang kamu butuhkan, yuk ikuti kuis berikut:

Semoga ulasan di atas akan bermanfaat buat kamu yang sedang mempertimbangkan, apakah mau pilih kredit mobil baru atau lebih aman ambil cicilan mobil bekas yang lebih murah saja? 

Kalau kamu punya pertanyaan seputar asuransi, yuk tanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

FAQ seputar kredit atau cicilan mobil murah

Supaya cicilan bulan mobil kamu bisa terasa lebih ringan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Pilih tenor yang lebih lama. Dengan memperpanjang tenor pelunasan, maka cicilan bulanan mobilmu akan menjadi lebih rendah.
  • Bayar uang muka yang lebih besar. Dengan begitu, utang pokokmu akan berkurang banyak sehingga cicilan bulanan akan menjadi lebih ringan.
  • Pilih opsi pembayaran cicilan dengan cara Kredit Ballon Payment. Jadi untuk periode tertentu, cicilan mobil kamu akan terasa sangat ringan. Namun di akhir periode pelunasan, kamu harus membayar pelunasan dengan jumlah yang sangat besar.
Ada tiga jenis suku bunga yang bisa diterapkan pada pembayaran cicilan mobilmu, yaitu:

  • Bunga tetap, yaitu selama periode awal tertentu kamu diharuskan membayar cicilan dengan jumlah yang sama. Kemudian pada periode tertentu selanjutnya akan berubah.
  • Bunga flat, yaitu jumlah cicilan bulananmu dari awal sampai akhir berjumlah sama.
  • Bunga mengambang (floating), yaitu cicilan yang dikenakan akan mengikuti fluktuasi suku bunga pasaran.
Jangan hanya tergiur dengan harga yang lebih murah, kamu pun perlu cermat dalam memilih dealer yang menawarkan mobil bekas berkualitas. Kamu wajib pertimbangkan beberapa poin berikut.

  • Pilih dealer yang sudah memiliki reputasi bagus. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir diberikan mobil berkualitas rendah dan kamu juga bisa mendapatkan asuransi gratis.
  • Perhatikan eksterior dan interior mobil bekas pilihanmu. Bagian eksterior mungkin lebih mudah diperhatikan, tapi jangan sekali-sekali mengabaikan sisi interior juga ya karena biaya perawatannya tidak murah.
  • Cek kondisi mesin. Kamu bisa meminta untuk tes menyetir mobil yang mau dibeli beberapa saat di jalan raya. Jika kamu kurang paham dengan permesinan mobil, jangan ragu untuk meminta bantuan temanmu yang paham.
  • Cek kembali kelengkapan surat-suratnya dan pastikan semuanya asli.
  • Pilih yang sesuai kebutuhanmu jika menyangkut soal tampungan penumpang, jenis kendaraan, dan harga.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →