Kredit Motor BCA – Cek Syarat, Ketentuan, Simulasi dan Keuntungannya

kredit motor bca

Kredit motor BCA menjadi salah satu opsi untuk membantu kita mewujudkan kendaraan impian. Terlebih BCA sendiri sebenarnya memiliki salah satu produk perbankan yaitu pembiayaan kendaraan bermotor yang berada di bawah naungan anak cabang BCA, yakni Central Santosa Finance (CSF).

Central Santosa Finance secara khusus diluncurkan oleh BCA untuk membantu masyarakat memiliki motor impian. Tentu saja dengan biaya cicilan yang ringan serta berbagai keuntungan lain yang ditawarkan jika memilih tempat pembiayaan di BCA. 

Lantas apa saja syarat mengambil kredit motor di CSF yang menjadi anak cabang BCA? Untuk tahu informasi lengkapnya, simak ulasan berikut ini. 

Apa itu kredit motor BCA

Kredit motor BCA adalah salah satu tempat pembiayaan kendaraan bermotor yang menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan. Melakukan kredit di BCA sebenarnya sama halnya pada perusahaan leasing, pihak BCA yang diwakili oleh CFS akan membantu memberikan cicilan motor sesuai selera.

Jenis kendaraan yang bisa dicicil ini adalah merek-merek seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, dan lain-lain.

Dalam memberikan cicilan kendaraan bermotor, ada dua jenis KSM BCA 2021 yang bisa dijadikan pilihan. Dua cara kredit motor di BCA dalam produk KSM diantaranya adalah:

1. Pinjaman KSM BCA

Produk BCA ini merupakan layanan bagi nasabah BCA untuk mengajukan pinjaman dana dengan jaminan BPKB. Dengan kata lain pihak BCA akan memberikan fasilitas kredit multiguna dengan plafon sampai Rp10.000.000 serta tenor mulai dari 12, 24 hingga 36 bulan.

2. Pembiayaan motor KSM BCA

Sama seperti namanya, cicilan motor ini akan diberikan kepada nasabah bank BCA yang akan membeli kendaraan bermotor berbagai merek dan tipe. Faktor utama yang menentukan besarnya angsuran kredit motor di BCA ini adalah harga, merek, tipe, DP serta domisili nasabah tersebut.

Syarat kredit motor BCA

BCA menjadi salah satu tempat kredit kendaraan yang menawarkan berbagai kemudahan, keuntungan dan tentunya terpercaya. Berikut ini adalah syarat melakukan cicilan motor BCA. 

  1. Calon debitur merupakan warga negara Indonesia.
  2. Memiliki pekerjaan tetap dan minimal sudah bekerja selama 2 tahun.
  3. Usia minimal 18 tahun atau sudah menikah.
  4. Membawa fotocopy KTP yang masih berlaku.
  5. Fotocopy KK (Kartu Keluarga).
  6. Melengkapi fotocopy cover rekening BCA.
  7. Melampirkan mutasi rekening BCA selama 3 bulan terakhir.
  8. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  9. Fotocopy tagihan telepon ataupun listrik serta sertifikat rumah.

Perlu diingat karena merupakan salah satu produk pembiayaan kendaraan bermotor dari perbankan tentu kamu juga diwajibkan memiliki rekening BCA. Jika kamu seorang nasabah baru BCA yang kurang dari 1 bulan dan ingin melakukan kredit motor maka harus menyerahkan dokumen pendukung berupa fotocopy slip gaji, rekening listrik atau telepon, serta fotocopy sertifikat tanah.

Namun jika kamu seorang nasabah lama BCA maka hanya perlu menyiapkan fotocopy KTP, kartu keluarga, cover tabungan BCA, serta mutasi rekening. Jika semua persyaratan tersebut sudah siap kamu bisa langsung mengajukan kredit motor di BCA.

Tahapan cara kredit motor BCA

Jika kamu sudah melengkapi semua syarat, selanjutnya ada tahapan yang harus dilewati. Tahapan cara kreditnya adalah sebagai berikut.

1. Pilih area domisili

Langkah pertama kredit motor di BCA adalah memilih domisili. Bank BCA sampai hari ini sudah memberikan kemudahan cicilan motor di 3 wilayah domisili, yaitu Jakarta, Semarang, dan Medan.

2. Pilih merek kendaraan bermotor

Selanjutnya adalah memiliki merek kendaraan bermotor. Kamu bisa memiliki merek sesuai keinginan mulai dari Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki dan lain-lain.

3. Pilih tipe kendaraan

Selanjutnya tipe kendaraan, kamu bisa memilih tipe dan jenis motor sesuai dengan merek yang diinginkan. Biasanya berbagai merek ataupun brand juga memiliki tipe berbeda-beda.

4. Informasi harga dan uang muka

Setelah kamu memilih merek dan tipe kendaraan bermotor kamu akan diberikan informasi mengenai harga serta uang muka yang harus dibayarkan. Misalnya saja kamu memilih merek Honda dan bertipe New Beat ISS. Maka BCA akan langsung memberikan informasi harga serta DP yang harus dibayarkan.

5. Hitung simulasi kredit

Setelah kamu mengetahui harga dan uang muka maka tahapan selanjutnya adalah menghitung simulasi kredit. Kamu bisa memilih cicilan motor BCA mulai dari 12 bulan, 24, bulan sampai dengan 36 bulan.

6. Ajukan kredit di BCA online

Tahapan selanjutnya adalah mengajukan kredit pada BCA online. Sebenarnya kamu juga bisa mengajukan langsung kepada bank BCA namun keadaan pandemi seperti sekarang akan lebih baik jika tidak sering keluar rumah.

Untuk itu kamu bisa mengunjungi link berikut untuk mengajukan cicilan motor di BCA online.

7. Isi formulir aplikasi pengajuan

Tahapan kredit motor selanjutnya adalah mengisi formulir aplikasi. Isilah seluruh persyaratan yang dibutuhkan pada form pengajuan kredit motor BCA tersebut. Kemudian pihak BCA akan menerbitkan proses dan hasil pengajuan.

8. Pengajuan kredit via dealer

Disamping pengajuan kepada pihak BCA langsung kamu juga bisa lewat dealer sepeda motor yang sudah bermitra dengan BCA. Selanjutnya kamu tinggal menentukan DP dan tenor cicilan sesuai keinginan.

Keuntungan kredit motor BCA

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memilih tempat pembiayaan BCA diantaranya adalah.

  1. Tenor cicilan tiap bulan yang kamu bayarkan tetap.
  2. Pembayaran cicilan langsung auto debit dari rekening BCA kamu.
  3. Nasabah bisa melunasi cicilan lebih cepat dan mudah tanpa penalti sesudah masa angsuran keenam.
  4. Akan memperoleh asuransi Total Lost Only .
  5. Persyaratan dan proses pembelian kredit sepeda motor melalui BCA sangat mudah.

Simulasi kredit motor BCA

Sebelum memutuskan melakukan kredit, ada baiknya kamu mengetahui simulasi cicilannya terlebih dahulu. Perlu kamu tahu bahwa DP yang dikenakan adalah minimal 25% untuk cicilan kendaraan baru melalui BCA finance. 

Dan untuk kendaraan bekas BCA menerapkan DP minimal 30%. Jadi, siapkan uang muka lebih dulu jika ingin melakukan cicilan di BCA.

Kamu sebenarnya bisa menghitung tenor cicilan melalui akun resmi pada BCA finance. Tapi untuk lebih jelasnya berikut contoh simulasi cicilan.

Harga motor Beat ISS baru Rp16.000.000

DP 25% : Rp4.000.000

Asurasi : Combine

Zona wilayah : Jakarta

Cicilan perbulan yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 12 bulan adalah Rp1.080.000/bulan. Untuk tenor 24 bulan Rp560.000/bulan, sedangkan tenor 36 bulan Rp388.000/bulan.

Kamu dapat mencoba melakukan simulasi sendiri menggunakan Kalkulator Bunga Flat dari Lifepal yang biasanya dipakai untuk menghitung kredit kendaraan bermotor berikut ini. 

Itulah ulasan lengkap kredit motor BCA. Ada berbagai keuntungan sebagai nasabah BCA ketika ingin mengajukan cicilan motor di pembiayaan ini. Namun ingat, ketika kamu memilih tenor angsuran sebaiknya pilihlah yang paling rendah. 

Sebab ada bunga tiap bulan yang harus kamu bayarkan. Itu artinya jika kamu melakukan perencanaan keuangan yang baik dan sehat agar kebutuhan bulanan tidak terganggu ketika mengambil cicilan motor.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk pinjaman tunai dan usaha lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di
Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar kredit motor BCA