Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Motor Bekas Indonesia

Tahukah kamu, jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia! Kondisi itu disebabkan membeli kendaraan roda dua kini banyak kemudahan pilihannya dengan cicilan motor melalui leasing dan bank.

Seperti dilansir data Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) pada tahun 2018, angka kepemilikan motor telah mencapai separuh dari jumlah penduduk Indonesia.

Ini menjadi bukti bahwa motor adalah pilihan kendaraan pribadi yang paling populer. Pasalnya, untuk membeli kendaraan roda dua tersebut kini lebih mudah dengan pilihan kredit motor melalui leasing dan lembaga perbankan.

Sebelum membahas lebih jauh soal kredit kendaraan, masih banyak yang khawatir apakah cicilan ini termasuk riba?

Menurut Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, kredit adalah perkara jual beli yang termasuk dalam hal muamalah, sehingga halal untuk dilakukan. Saat ini juga ada banyak pilihan cicilan syariah, lho!

Secara umum, ada dua lembaga pemberi pinjaman dana beli motor, yaitu leasing dan perbankan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pengajuan cicilan kredit ini bisa dilakukan untuk pembelian motor baru atau motor bekas dengan syarat yang juga berbeda-beda.

Cicilan motor melalui leasing

Leasing dikenal di Indonesia sebagai lembaga penyedia jasa pembiayaan. Proses leasing ini dianggap lebih mudah. Sebab, ada staf leasing yang akan membantu kita selama pengajuan kredit berlangsung.

Meski begitu, suku bunga dari kredit motor leasing lebih tinggi ketimbang dari perbankan. Selain itu, ada juga beberapa biaya yang harus kita tanggung sendiri, seperti biaya fidusia biasanya sebesar Rp50 ribuan, biaya asuransi, dan biaya provinsi.

Begini perhitungan beli motor leasing

Tertarik mengajukan cicilan motor lewat leasing? Jelasnya, aturan kredit sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terutama terkait aturan uang muka sebesar 5-25 persen dari harga motor.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran OJK No47/SEOKK.05/2016 tentang jumlah uang muka pembelian kendaraan bermotor baik bagi perusahaan pembiayaan konvensional maupun syariah.

Leasing pada umumnya sudah memiliki tabel kredit motor tersendiri. Di dalam tabel tersebut sudah tertera harga motor, jumlah uang muka, tenor, dan angsuran yang harus dibayarkan.

Sebagai simulasi, harga Honda Beat CW tahun 2019 adalah sekitar Rp15.550.000. Dengan simulasi yang disediakan salah satu leasing secara online, didapat informasi berikut ini:

Cicilan motor Honda Beat CW tahun 2019

Tenor kredit

12 Bulan

24 Bulan

36 Bulan

Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Bunga kredit mobil per tahun

22,74%

39,71%

58,22%

Uang muka 15%

Rp2.332.500

Rp2.332.500

Rp2.332.500

Pokok utang (harga motor – uang muka)

Rp13.217.500

Rp13.217.500

Rp13.217.500

Cicilan mobil setiap bulannya

Rp1.351.929 per bulan*

Rp769.423 per bulan*

Rp580.907 per bulan*

*estimasi

Leasing ataupun lembaga keuangan lain tidak pernah menginformasi bunga yang ditetapkan. Tetapi dari simulasi tersebut bisa terlihat semakin lama durasi mencicil, maka bunga yang ditetapkan pun akan semakin besar meski terkesan pembayaran bulanan lebih rendah.

Syarat beli motor baru lewat leasing

Untuk syarat kredit lewat leasing pun terbilang mudah, dan gak ribet. Kita hanya perlu menyiapkan dokumen wajib seperti berikut ini:

  • KTP pemohon suami dan istri atau penjamin (jika sudah menikah).
  • Kartu keluarga atau surat nikah.
  • NPWP (Khusus untuk nilai kredit di atas Rp50 juta).
  • Bukti kepemilikan tempat tinggal.
  • Bukti keterangan penghasilan atau pendapatan, seperti slip gaji.
  • Membayar uang muka.

Namun, perlu diingat persyaratan di atas bersifat umum dan biasanya diminta ketika mengajukan kredit.

Tidak jarang syaratnya malah dipermudah dengan hanya menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga serta cukup dengan membayarkan uang muka.

Jika persyaratan di atas telah disetujui pihak leasing, maka proses pengajuan akan selesai dalam waktu sekitar tiga hingga tujuh hari kerja saja. Cepat, bukan?

Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Untung

Rugi

(+) Proses pengajuan yang mudah dan cepat.  

(+) Cocok untuk yang membutuhkan cicilan kendaraan bermotor dalam waktu cepat. 

(-) Suku bunga tinggi

Cicilan melalui bank

Selain leasing, sekarang juga sudah banyak bank yang menawarkan kredit motor. Berbeda dengan pilihan sebelumnya sebelumnya, suku bunga kredit perbankan lebih rendah. Bahkan, potongan bunganya bisa mencapai setengahnya dari leasing.

Hanya saja, proses pengurusannya lebih lama dan rumit. Sebab, pihak perbankan perlu benar-benar memastikan kemampuan bayar dari debitur, mulai dari penghasilan, status pekerjaan, apakah pernah masuk daftar blacklist Bank Indonesia (BI), dan lain sejenisnya.

Lantas, bagaimana skema perhitungan?

Begini perhitungan kredit motor bank

Untuk mengetahui penghitungannya, maka masih dengan contoh yang sama, yaitu Honda Beat CW tahun 2019 seharga Rp15.550.000, berikut skema perhitungannya:

Cicilan motor Honda Beat CW tahun 2019

Tenor kredit

12 Bulan

24 Bulan

36 Bulan

Bunga kredit mobil per tahun

11,09%

21,46%

32,54%

Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Cicilan Motor Leasing atau Bank: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Uang muka 15%

Rp2.332.500

Rp2.332.500

Rp2.332.500

Pokok utang (harga motor – uang muka)

Rp13.217.500

Rp13.217.500

Rp13.217.500

Cicilan mobil setiap bulannya

Rp1.226.924 per bulan*

Rp668.915 per bulan*

Rp486.624 per bulan*

*estimasi

Dari skema perhitungan di atas dapat dilihat bahwa cicilan motor Honda Beat CW tahun 2019 lebih murah dibandingkan leasing. 

Syarat beli motor baru lewat bank

Persyaratan pengajuan cicilan kredit motor melalui bank tidak berbeda jauh dengan leasing. Bahkan, syarat yang ditetapkan biasanya lebih banyak, di antaranya:

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi cover buku tabungan.
  3. Bukti rekening koran atau mutasi rekening.
  4. Fotokopi KTP pasangan.
  5. Fotokopi kartu keluarga.
  6. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan.
  7. Fotokopi rekening listrik/telepon/fotokopi sertifikat rumah.

Kerap kali terbesit pertanyaan “lebih baik yang mana, kredit melalui leasing atau bank?”. Jika dilihat dari suku bunga yang ditetapkan, kredit melalui perbankan jauh lebih ringan. Hanya saja prosesnya ketat dan bisa memakan waktu cukup lama.

Untung

Rugi

(+) Suku bunga rendah. 

(+) Cocok untuk yang tidak terburu-buru membutuhkan motor.

(-) Harus melewati pengecekan BI, sehingga prosesnya lebih lama

Hitung berapa cicilan motormu dengan kalkulator bunga flat Lifepal

Setiap perusahaan leasing dan bank yang menawarkan layanan kredit motor memiliki kebijakan pengenaan bunga bulanan dan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Namun untuk mendapatkan angka kisaran terkait berapa cicilan bulananmu jika memutuskan membeli motor secara kredit, cari tahu dengan kalkulator bunga flat berikut.

Menimbang untung dan rugi kredit motor

Pasti ada dua sisi dari sebuah keputusan termasuk ketika akan mengajukan kredit motor. Sebelum itu, simak dulu informasi di bawah ini:

Keuntungan

Kredit motor memang menjadi alternatif mudah dan murah untuk memiliki sebuah sepeda motor idaman. Bunga yang ditawarkan cukup beragam tergantung kepada merek motor, harga motor, serta tenornya.

Motor-motor kredit umumnya sudah terlindungi oleh asuransi kendaraan sehingga pemilik bisa lebih merasa aman dan nyaman karena motornya sudah diproteksi. Selepas masa cicilan, pemilik motor diharuskan membeli asuransi motor sendiri jika menginginkan perlindungan finansial.

Dengan biaya cicilan yang ringan, kamu bisa mengalokasikan dana ke pos-pos lainnya sehingga tidak akan mengganggu neraca keuangan bulanan.

Kerugian

Sebagian orang kerap kali tidak memperhitungkan biaya perawatan sebagai beban baru dalam pengeluaran bulanan. Karena itu, pastikan mempersiapkan dulu anggaran biaya perawatan sebelum mengajukan kredit motor.

Kredit motor bukan tanpa risiko. Jika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan sesuai jatuh tempo, maka terdapat denda yang harus dibayarkan. Bahkan, jika berturut-turut tidak membayar cicilan, kendaraan motor akan disita pihak kreditur.

Seperti yang bisa pelajari dari skema cicilan motor, bunga yang diberikan sangat tinggi, terutama jika tenor yang dipilih cukup lama.

Sehingga memilih untuk kredit motor dibutuhkan keputusan yang bijaksana mengingat selisih harga yang ada cukup besar.

Istilah-istilah kredit motor

Agar lebih memudahkan kamu dalam mengurus pengajuan kredit motor, ada baiknya kamu memahami istilah-istilah berikut ini. 

Dealer

Suatu badan atau perusahaan yang bertugas sebagai pendistribusi suatu brand merek tertentu kepada konsumen langsung. 

Leasing

Leasing motor adalah perusahaan pembiayaan yang berwenang menyediakan fasilitas penyediaan barang-barang modal yang digunakan oleh pengguna baik individu maupun institusi. 

Harga OTR 

Harga On the Road adalah harga kendaraan bermotor lengkap dengan STNK, BPKB, dan plat nomor.

Tenor

Tenor adalah jangka waktu yang diberikan yang disepakati untuk melakukan cicilan. 

Refinancing

Refinancing adalah pembayaran pinjaman yang ada dengan pinjaman yang baru. 

Demikianlah pembahasan seputar kredit motor pada leasing dan bank. Semoga dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan finansial terkait kredit kendaraan bermotor.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan lebih jauh seputar kredit atau cicilan motor, jangan ragu untuk bertanya di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar kredit motor di bank atau leasing

Apakah bisa kredit motor bekas?

Mengajukan
kredit motor bekas bisa saja dilakukan. Keuntungannya, cicilan bisa lebih murah dan pajak lebih ringan. Namun, ada pula kerugiannya yaitu kualitas motor yang bisa jadi tidak sesuai dengan ekspektasi dan proses merubah nama yang repot.

Apa manfaat punya asuransi motor?

Asuransi motor akan memberimu jaminan pelunasan tagihan servis dan perbaikan dalam berbagai skala kerusakan, mulai dari skala ringan dan berat serta bahkan jaminan ganti rugi jika motormu hilang akibat dicuri.