Cara Cerdas Membeli Mobil Kendaraan Bermotor Murah Secara Kredit

Kredit motor memang telah menjadi salah satu cara yang umum diterapkan oleh masyarakat di Indonesia, ketika mereka berkeinginan untuk memiliki suatu barang, namun mengalami kendala akibat uang yang dimiliki tidak sesuai dengan harga barang.

Siapapun dapat mengajukan kredit ini, asal telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan jenis kendaraan, Anda mempunyai pilihan untuk mengajukan kredit mobil dan atau kredit motor.

Sedangkan berdasarkan lembaga penyedia layanan kredit, Anda dapat mengajukan permohonan kredit kendaraan beroda dua pada pihak bank atau lembaga pembiayaan (leasing).

[Baca: Wajib Berilustrasi dalam Angka Sebelum Ambil Kredit Kendaran]

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit kendaraan ini, yakni:

Jenis Kendaraan

Penawaran berbagai jenis kredit kepemilikan kendaraan beroda dua makin bervariasi bersamaan dengan munculnya berbagai tipe kendaraan dengan kemampuan dan kapasitas.

Contohnya saja, kredit mobil murah dipromosikan bersamaan dengan hadirnya beberapa jenis mobil murah di pasaran.

Meski demikian, ‘murah’nya harga kendaraan beroda dua sebaiknya tidak dijadikan alasan utama mengapa Anda memutuskan untuk membeli kendaraan tersebut (secara kredit).

[Baca: Kadang Besaran Cicilan Brosur Kredit Motor Membuat Kita Terkecoh]

Pertimbangkan kembali mengenai kebutuhan Anda terhadap suatu jenis kendaraan. Apakah mendesak, atau dapat digantikan dengan jenis kendaraan lain seperti mobil bekas.

[Baca: Plus Minus Beli Mobil Bekas]

Sangat tidak disarankan untuk mengajukan kredit kendaraan roda empat atau dua hanya karena gengsi atau gaya hidup.

Jangan lupa pikirkan kembali tentang medan atau kondisi jalan dan lalu lintas di sekitar Anda, kesesuaian antara kapasitas mobil dengan jumlah anggota keluarga, serta aktivitas apa saja yang Anda lakukan.

Pembiayaan

Keputusan untuk memiliki atau membeli kendaraan roda dua sebaiknya dibuat berdasarkan penghitungan yang akurat tentang jumlah pendapatan dengan angsuran kredit kendaraan.

[Baca: Ketahui Hal Ini Sebelum Kredit Mobil]

Jika memiliki cukup dana untuk membayar uang muka pembelian kendaraan roda dua dan angsuran kredit mobil atau motor tidak melebihi 1/3 dari penghasilan, kondisi keuangan dalam posisi ideal untuk mengajukan kredit kepemilikan kendaraan beroda dua.

[Baca: Merenung Dulu Sebelum Kredit Motor]

Anda juga dapat memikirkan kembali membeli kendaraan beroda dua bekas atau second, jika kebutuhan terhadap kendaraan mendesak sementara dana yang Anda miliki tidak cukup untuk membayar uang muka maupun angsuran kendaraan beroda dua yang baru.

Jangan khawatir karena layanan kredit mobil bekas juga telah tersedia di beberapa lembaga penyedia layanan kredit.

Lembaga Pembiayaan Kredit

Ada dua jenis lembaga yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mengajukan permohonan kredit kepemilikan kendaraan beroda dua. Pertama, perbankan.

Dewasa ini bank telah secara aktif menawarkan berbagai produk, baik untuk kredit kendaraan roda dua, kredit kendaraan roda dua bekas, kredit mobil baru, maupun kredit mobil bekas.

Hanya saja perbankan menerapkan syarat dan ketentuan yang lebih strict agar suatu permohonan kredit kendaraan beroda dua dapat disetujui.

Kedua, lembaga pembiayaan (leasing). Biasanya leasing menjalin kerja sama dengan produsen kendaraan merek tertentu, baik melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) maupun dealer.

[Baca: Aturan Kredit Kendaraan Bermotor Sesuai Lembaga Pembiayaan-nya]

Jika Anda memutuskan mengajukan kredit kendaraan roda dua atau mobil pada leasing tertentu, maka periksa reputasi leasing serta syarat dan ketentuan dalam surat perjanjian kredit. Jangan sampai pembayaran angsuran kredit memberatkan Anda secara finansial.

Suku Bunga Kredit yang Tepat

Ini adalah satu hal penting lain yang wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum mengajukan permohonan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, baik pada pihak perbankan maupun leasing.

Setelah pengajuan kredit disetujui, Anda dibebani kewajiban untuk mengangsur kredit plus bunga kredit yang telah ditetapkan. Sedangkan suku bunga kredit yang diterapkan terdiri dari suku bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang (floating rate).

Sesuai dengan namanya, suku bunga tetap tidak mengalami perubahan meski sewaktu-waktu terjadi perubahan suku bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia), dan besarnya tidak melebihi dari perjanjian kredit yang telah disepakati.

Di sisi lain, Anda berpeluang diuntungkan jika suku bunga kredit yang diterapkan adalah suku bunga mengambang di mana suku bunga jenis ini besarnya dipengaruhi perubahan pada suku bunga SBI.

Namun, perubahan suku bunga SBI tidak dapat kita ketahui dengan pasti, dan bisa saja Anda akan mengalami kerugian jika suku bunga SBI mengalami peningkatan.

Kami dapat membantu memutuskan kredit kendaraan ini dengan suku bunga yang menguntungkan, sekaligus lembaga penyedia kredit terbaik untuk Anda. Selengkapnya, silakan kunjungi DuitPintar.com!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →