Mau Kredit Motor Honda Beat Tapi Gaji Cuma Rp 1,7 Jutaan? Gini Caranya

Begini caranya kredit motor Honda Beat. (Instagram/@welovehonda_id)

Percaya gak, kalau orang yang gajinya di kisaran Rp 1.750.000 tetap dinyatakan ideal untuk kredit motor Honda Beat. Tentunya, motor matic yang satu ini bisa kamu lirik jika memang kamu butuh kendaraan operasional sehari-hari.

Bukan rahasia lagi kalau Honda Beat memang jadi andalan banyak warga Jakarta. Selain itu, harganya pun murah, yaitu mulai dari Rp 15 jutaan hingga Rp 16 jutaan saja.

Itu sebabnya mengapa orang yang berpenghasilan Rp 1.750.000 per bulan dinyatakan ideal untuk kredit Honda Beat. Asalkan, mereka bisa memilih leasing yang bunganya ringan dan tenornya tiga tahun saja.

Astra Honda Motor meluncurkan motor matic ini pada 2008 untuk mengantisipasi pertarungan di segmen matic yang saat itu tengah memanas. Bayangin saja, Yamaha punya Mio, lalu Suzuki punya Spin.

Beat sendiri hadir dalam berbagai varian. Ada Beat eSP, Beat POP eSP, dan Beat Street eSP. Mesinnya sama, tapi warna, striping, dan desain cuttingnya saja yang beda.

Buat yang ingin terlihat agresif, mungkin Beat Street bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk Beat eSP dan Beat POP perbedaannya hanya di lampu depannya saja.

Penasaran dengan simulasi kredit motor Honda Beat untuk mereka yang bergaji Rp 1,7 jutaan? Simak ulasannya yuk di bawah ini.

Baca juga: Yang Kamu Musti Ketahui tentang Kredit Sepeda Motor

Simulasi kredit motor Honda Beat

Simulasi kredit motor Honda Beat. (Instagram/@welovehonda_id)
Simulasi kredit motor Honda Beat. (Instagram/@welovehonda_id)

Anggap saja, pilihanmu akhirnya jatuh pada Honda Beat POP CW yang pada Desember 2018 harganya Rp 15.050.000. Lantas, kamu berniat membayar DP (down payment) sebesar 20 persen saja dari harga jual, dan memilih tenor 36 bulan alias tiga tahun saja.

Maka kurang lebih, simulasi kredit motor Honda Beat POP CW-nya seperti ini

Harga on the road : Rp 15.050.000
DP : 15.050.000 x 20% = Rp 3.010.000
Pokok pinjaman : 15.050.000 – 3.010.000 = 12.040.000
Bunga : 1,5 persen per bulan (ilustrasi)

Total bunga: (pokok pinjaman x persentase bunga tiap bulan) x tenor tiga tahun

(12.040.000 x 1,5%) x 36 = 180.600 x 36 = 6.501.600

Total utang: 12.040.000 + 6.501.600 = 18.541.600

Cicilan per bulan: 18.541.600/ 36 = Rp 515.044

Nah, jelas banget kan kalau cicilan kredit motor Honda yang satu ini adalah Rp 515.044 per bulan. Cukup ideal dong kalau pendapatanmu ada di kisaran Rp 1.750.000. Asalkan kamu gak punya utang lain lho.

Baca juga: Kredit Mobil Baru Atau Beli Mobil Bekas Secara Cash? Ini Untung Ruginya

Fakta-fakta yang kudu dilihat sebelum kredit motor Honda Beat

Setelah tahu perhitungan simulasi kredit Honda Beat, maka selanjutnya kita bakal bahas lebih lanjut soal motor matic yang satu ini. Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Jadi, ketika membeli motor tentu kamu harus tahu dulu seluk beluk produknya kan.

Baca juga: OJK Setuju Kredit Mobil dan Motor Bisa DP 0 Persen

1. Honda Beat punya ground clearance yang lebih tinggi dari kompetitornya

Dalam segmen motor matic murah, Beat sejatinya punya saingan yaitu Mio M3 dan Suzuki Address. Untuk sektor kaki-kaki, Beat dibekali ban depan berukuran 80/90 – 14 M/ C 40 P dan ban belakang berukuran 90/90 – 14 M C 46 P.

Dan asyiknya nih, Beat ternyata punya ground clearance yang lebih tinggi ketimbang dua kompetitornya. Mio M3 cuma 135 mm sementara itu Suzuki Address 12 mm, dan Honda Beat 140 mm.

Walaupun terlihat sama, pada dasarnya skutik Honda yang satu ini memang lebih tinggi dari yang lain. Otomatis, Beat lebih aman ketika harus melewati gundukan atau polisi tidur yang tinggi. Gak bakal nggasruk deh pastinya.

Idealnya, ground clearance skutik memang ada di kisaran 125 hingga 135 mm. Ada yang bilang juga kalau ketinggian bisa gak stabil. Tapi ya itu lah yang namanya kelebihan dan kekurangan.

2. Paling irit dibanding kompetitornya

Selain jadi motor dengan ground clearance tertinggi, Beat juga merupakan motor paling irit di antara kompetitornya.

Motor ini dibekali mesin yang punya kapasitas 110 cc, tenaga maksimalnya 6,38 kw per 7.500 RPM. Sementara itu torsinya 9,01 nm per 6.500 RPM.

Buat yang mau kredit motor Honda Beat, motor ini memang punya mesin yang lebih kecil daripada Suzuki Address atau Yamaha Mio M3.  Kapasitas mesin yang kecil tentu berimbas juga ke konsumsi bensin bukan?

Tapi di samping itu, Beat juga menerima kritikan karena performa mesinnya dirasa kurang bertenaga. So, tertarik gak nih beli Honda Beat? Pilih yang irit atau yang bertenaga?

3. Motor terlaris tahun ini

Kabar baiknya nih, Honda Beat memang selalu memimpin pasar roda dua. Karena di samping harganya memang terjangkau, motor ini punya desain yang cukup beragam.

Gimana pendapatmu akan yang satu ini? Pasti aman dong seandainya kamu membeli motor yang notabenenya adalah motor best buy alias pilihan konsumen.

Pasalnya, otomatis suku cadangnya bakal selalu tersedia. Di samping itu, kebanyakan bengkel juga sudah terbiasa menyervis motor ini.

Ya kekurangannya paling gak eksklusif aja alias banyak kembarannya kalau dipakai di jalanan.

4. Bagasinya gak muat helm

Nah ini jadi kekurangan utama yang harus dicermati bagi mereka yang mau kredit motor Honda Beat. Bagasi Beat memang luas, tapi sayang bagasinya gak muat untuk meletakkan helm.

Jadi, mau gak mau helmnya harus ditaruh di spion atau dititipkan. Hal ini juga jadi mengurangi kepraktisan buat kamu yang biasa membawa dua helm ketika bepergian.

Itulah serba-serbi seputar Honda Beat yang harus diketahui pembeli. Mulai dari simulasi kredit motor Honda Beat hingga kelebihan dan kekurangannya.

Sebagai pembeli, tentu harus ada pertimbangan tersendiri untuk memilih tungganganmu. Apakah setiap yang irit pasti jadi pilihan? Belum tentu. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →