Kredit Pintar: Menawarkan Pinjaman hingga Rp8 Juta

smart credit

Kemudahan mendapatkan pinjaman tunai secara digital saat ini memudahkan kita yang sedang dalam membutuhkan uang cepat.

Apabila selama ini pinjaman tunai hanya dapat dilayani oleh lembaga keuangan seperti bank dan koperasi, kini lembaga keuangan lain yang juga dapat melayani pinjaman secara cepat dan mudah adalah financial technologi atau fintech.

Salah satu fintech yang melayani pinjaman uang secara tunai adalah Kredit Pintar. Bagi kita yang sedang punya kebutuhan mendesak dan butuh pinjaman uang, Kredit Pintar bisa jadi solusi.

Tapi sebelum memutuskannya, bagaimana jika kita coba mengenali Kredit Pintar lebih jauh, ya.

Apa itu Kredit Pintar?

Kredit pintar

Dalam situs web resminya, PT Kredit Pintar Indonesia adalah perusahaan fintech yang melayani pembiayaan jangka pendek kepada masyarakat. Lewat teknologi Artificial Intelligence (AI), Kredit Pintar mengeklaim mampu memberikan pelayanan cepat, efisien, dan terjamin dalam berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kredit Pintar dalam penyelenggaraannya telah memiliki izin usaha di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredit Pintar, dengan nama perusahaan Kredit Pintar Indonesia, telah bertanda surat izin usaha di OJK lewat KEP-83/D.05/2019 pada tanggal 30 September dengan jenis usaha konvensional.

Dengan mengantongi perizinan dari OJK, Kredit Pintar otomatis menaati serta mengikuti syarat dan peraturan sesuai Peraturan OJK 77 sebagai fintech berbasis teknologi peer to peer lending.

Tidak berhenti di situ, perusahaan ini turut menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Produk-Produk Keuangan yang Ditawarkan Kredit Pintar

Produk kredit pintar

Memberikan layanan pembiayaan secara digital, Kredit Pintar memiliki produk keuangan yang dapat dinikmati masyarakat. Saat ini, perusahaan menawarkan dua jenis layanan pinjaman, yakni pinjaman lewat aplikasi dan pinjaman tanpa aplikasi. Yang membedakannya adalah cara mengajukan pinjaman. Agar lebih jelas, simak penjelasan yang Lifepal ulas berikut ini.

1. Pinjaman lewat aplikasi 

Untuk mendapat layanan pinjaman dari Kredit Pintar, kita harus mengunduh aplikasinya di Google Store sebagaimana baru bisa digunakan di gawai berbasis Android. Kita hanya perlu mendaftar dan log in dengan mengisi nomor ponsel.

2. Pinjaman tanpa aplikasi  

Kredit Pintar melayani pinjaman tanpa aplikasi dengan cara masuk melalui laman situs website resminya langsung. Selanjutnya, kita hanya perlu membuka tautan https://capp.kreditpintar.com/coupon-homepage. Selanjutnya, kita mendaftarkan diri dengan memasukkan nomor ponsel pribadi yang aktif.

Meskipun keduanya berbeda tools, namun pada prinsipnya, kedua teknik membutuhkan persyaratan yang sama. Berikut juga besaran pinjaman yang diberikan tidaklah berbeda.

Hal-hal yang perlu diketahui saat kita memutuskan untuk melakukan pinjaman dari Kredit Pintar antara lain:

  1. Biaya penanganan layanan awal 5-15 persen yang bergantung pada jumlah total kredit tunai dan jangka waktu pembayaran. Perlu diingat, tidak ada biaya tambahan terkait lainnya.
  2. Jangka waktu peminjaman dinilai pendek, yakni selama 91 hari s/d 360 hari.
  3. Jumlah pinjaman uang hanya sampai Rp8.000.000.
  4. Bunga pinjaman tunai selama 91 hari tidak lebih dari 11 persen.

Agar lebih jelas soal gambaran pengembalian pinjaman, mari kita terapkan simulasi pinjaman berikut.

Apabila kita mengajukan pinjaman Rp3.000.000. Maka, jumlah yang wajib dikembalikan berikut dengan bunga adalah:

Rp3.000.000 (Rp3.000.000 x 0,165% x 91 hari)= Rp3.450.450

Perlu diketahui bahwa jumlah uang pinjaman yang diterima tidak sepenuhnya sama dengan yang kita ajukan dikarenakan kita harus dikenakan biaya servis dan lain-lain sesuai ketentuan.

Cara Mengajukan Pinjaman di Kredit Pintar

issue kredit pintar

Setelah kepastian izin usaha dan menghitung bunga yang harus dibayar, selanjutnya kita perlu mengetahui bagaimana cara mengajukan pinjamannya.

Seperti umumnya fintech yang lain, pengajuan pinjaman di Kredit Pintar tidak terlalu sulit asalkan sudah mengunduh aplikasi atau memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari situs web, selanjutnya kita hanya perlu mempersiapkan sejumlah persyaratan. Berikut tata cara pinjaman di Kredit Pintar.

  1. Pastikan usia kita sudah 18 tahun pada saat mengajukan pinjaman.
  2. Log in hanya dengan nomor ponsel pribadi yang aktif.
  3. Pilih jumlah pinjaman dan periode pembayaran yang diinginkan.
  4. Unggah semua informasi yang diminta dengan benar.

Oya, untuk mendapatkan layanan pinjaman di Kredit Pintar, dokumen yang dibutuhkan hanya KTP dan nomor rekening bank, jadi tidak perlu repot menyiapkan dokumen lainnya.

Pelunasan Pinjaman di Kredit Pintar

Tentu setelah mendapatkan pinjaman, kewajiban kita selanjutnya adalah melunasi pinjaman kita. Supaya pada penerapannya tidak memberatkan diri sendiri, tentukan tenor pelunasan secepat mungkin atau sesuaikan dengan kemampuan keuangan kita dilihat dari pendapatan bulanan.

Jangan lupa juga bahwa semakin lama waktu pengembaliannya, semakin besar bunga yang dikenakan.

Pelunasan pinjaman dari Kredit Pintar dilakukan dengan transfer dana melalui virtual account yang dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Membayar tagihan melalui transfer ATM, M-Banking, BluePay,
  • Pembayaran di semua cabang ALFA Group, seperti ALFA GROUP: Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan DAN+DAN.
  • Lewat pembayaran bank mitra Kredit Pintar, yaitu BCA, Mandiri, BRI, BNI.

Tips dan Cara Meminjam Uang di Fintech dengan Aman

Merujuk pada kasus pinjaman online yang marak terjadi bahkan menelan korban jiwa, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan bahwa melunasi pinjaman online harus dilakukan secara tepat waktu sesuai ketentuan yang disepakati. Jika sampai terjadi kelalaian, risiko yang dihadapi nasabah adalah pengenaan beban bunga tinggi.

Berikut tips dari OJK yang patut dipertimbangkan saat melakukan pinjaman online.

1. Pilih perusahaan yang terdaftar dan berizin di OJK

OJK selalu membarui daftar perusahaan fintech yang melayani pinjaman dana secara mudah dan cepat. Jadi, sebelum memutuskan melakukan pinjaman, cari tahu dahulu apakah perusahaan tersebut memang telah diverifikasi dan mendapatkan pengawasan dari OJK. Cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK.

2. Pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuan

Kita harus waspada dengan kemudahan yang ditawarkan perusahaan fintech dan hal yang harus kita bayar. Batasi pinjaman dana pada angka maksimal 30 persen dari total penghasilan pribadi. Selau simulasikan penghitungan kembali penghasilan kita saat harus mengembalikan pinjaman.

3. Lunasi cicilan tepat waktu

Lunasi cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang membengkak. Alasan yang sering kali dikemukakan saat membayar cicilan adalah lupa tanggal jatuh tempo. Sebenarnya, ini bisa dihindari dengan menjadwalkannya di ponsel atau kalender dinding disertai catatan tersendiri.

4. Hindari gali lubang tutup lubang

Niat seperti ini nyatanya berbahaya sebab dengan membayar pinjaman lama dengan pinjaman baru hanya akan membuat kita terlilit utang baru. Sebaiknya, kita senantiasa membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima gaji.

Maka dari itu, jangan malas untuk membandingkan hasil simulasi cicilan bulanan dengan pendapatan bulanan kita agar tidak terjadi ketimpangan cash flow.

5. Ketahui bunga dan denda pinjaman

Jangan sampai karena butuh cepat, kita mengabaikan besaran bunga dan risiko denda keterlambatannya. Jadi ada baiknya untuk melakukan survei ke beberapa fintech serupa sebagai referensi dalam mencari suku bunga yang terendah.

6. Pahami kontrak perjanjian

Baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan dan ajukan pertanyaan apabila belum jelas. Ini sebagai pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak baik setelah meminjam di fintech.

Demikian informasi soal fintech Kredit Pintar, semoga dapat membantu kita yang memang membutuhkan informasi soal pinjaman online melalui perusahaan fintech.

Oya, sekadar mengingatkan kembali, bersikaplah kritis dan selektif dalam memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Jangan sampai kita terjebak dengan cicilan pinjaman yang terlalu besar sehingga memberatkan keuangan pribadi, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →