Kredit Tanpa Agunan (KTA), Udah Tau 5 Biaya Selain Bunga Ini Belum?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu solusi yang dipilih kebanyakan orang saat terdesak dengan kebutuhan.

Nah, sebelum kamu mengajukan pinjaman KTA di bank. Sebaiknya pikirkan juga biaya lain selain bunga yang akan tanggung.

Karena itu disarankan agar kamu tetap waspada dan gak ceroboh. Apalagi ini urusannya soal utang ke bank. Gak mau kan kalau nantinya kamu berakhir di pengadilan karena gak bisa bayar utang.

Pasalnya beberapa kasus di mana saat akan melakukan pembayaran cicilan di tahun terakhir, ternyata perhitungan sisa utangnya beda dengan bank.

Setelah dicari tau ternyata ada biaya lainnya dari KTA yang terlewatkan dari hitungan. Mau komplein pun gak bisa karena jelas-jelas tertulis di data informasi KTA.

Kalau udah begitu, kamu kan yang rugi? Karena itu, sebelum memutuskan untuk teken kontrak sama bank, sebaiknya ketahui dulu yuk beberapa biaya selain bunga dari Kredit Tanpa Agunan berikut ini:

1. Biaya provisi/administrasi

kredit tanpa agunan (KTA)
Biaya provisi/administrasi (kreditgogo)

Biaya provisi atau administrasi umumnya langsung dipotong dari plafon pinjaman saat pengajuan KTA-mu diterima oleh bank.

Setiap bank memiliki biaya administrasi yang berbeda. Tapi biasanya berkisar antara 1 persen hingga 4 persen dari plafon.

Contohnya:

  • Plafon: Rp 10 juta
  • Biaya provisi: 3 persen

Jadi jumlah dana KTA yang akan diterima nasabah yaitu sebesar Rp 9,7 juta.

Tapi perlu kamu ketahui kalau ada bank yang menawarkan bunga KTA kecil tapi ternyata biaya provisinya besar. Karena itu, wasapadalah dengan biaya yang satu ini ya.

[Baca: Waspada Kredit Tanpa Agunan Ilegal yang Menawarkan Bunga Kecil]

2. Biaya asuransi

kredit tanpa agunan (KTA)
Biaya asuransi (mediainformasiislam)

Untuk biaya asuransi Kredit Tanpa Agunan ini bersifat opsional, boleh diambil dan juga tidak. Kalau nasabah ambil dan meninggal dunia, maka ahli waris tidak akan diminta untuk melanjutkan angsuran sampai lunas.

Akan tetapi kalau gak diambil dan nasabah meninggal, maka ahli waris berkewajiban untuk melunasi pinjaman.

Meski kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya asuransi tapi yang terpenting kamu gak membebankan utang ke keluargamu saat sudah meninggal.

Dan kalau ada anggota keluargamu mengambil pinjaman KTA, sebaiknya liat kontraknya apakah ia menggunakan asuransi atau gak. Jadi jika ada kejadian yang gak diinginkan, kamu sudah tau harus melakukan apa.

[Baca: Asuransi Kredit Tanpa Agunan Ada Supaya Kamu Bisa Tenang Saat Pinjam Duit Ke Bank]

3. Biaya tahunan

kredit tanpa agunan (KTA)
Biaya tahunan (infoperbankan)

Biaya Kredit Tanpa Agunan lain yang akan kamu tanggung adalah biaya tahunan. Biasanya biaya ini dikenakan per tahun berdasarkan periode pinjaman.

Besarnya biaya tahunan setiap bank juga bervariasi. Bahkan ada juga bank yang gak menetapkan biaya tahunan kepada nasabahnya.

Akan tetapi biaya tahunan yang ditetapkan bank umumnya berkisar antara 1 persen hingga 2 persen dari plafon pinjaman untuk tahun pertama. Dan di tahun selanjutnya nominalnya tetap misalnya Rp 50 ribu.

Contohnya:

  • Plafon: Rp 10 juta
  • Biaya tahunan: 2%  pada tahun pertama dan Rp 50 ribu untuk tahun kedua dan seterusnya
  • Periode pembayaran: 2 tahun

Jadi biaya tahunan di tahun pertama yaitu Rp 10 juta x 2 persen = Rp 200 ribu yang ditambah dengan jumlah cicilan di bulan ke-12.

Sedangkan di tahun berikutnya kamu hanya diharuskan membayar biaya tahun sebesar Rp 50 ribu.

4. Denda keterlambatan

kredit tanpa agunan (KTA)
Denda keterlambatan (pustaka.unand)

Jangan kaget saat melihat tagihan KTA-mu meledak di bulan ini karena bulan sebelumnya terlambat membayar.

Besarnya biaya denda keterlambatan biasanya ditentukan dengan nominal tertentu, misalnya Rp 100 ribu.

Karena itu disarankan agar kamu selalu membayar tepat waktu dan tidak terlambat biar terhindari dari biaya gak wajib tapi tetap bikin nyesek ini.

5. Biaya percepatan pelunasan

kredit tanpa agunan (KTA)
Biaya percepatan pelunasan (harianamanah)

Tiba-tiba dapat rezeki nomplok dari kantor dan ingat masih ada sisa utang KTA 2 bulan. Daripada uangnya habis buat belanja, kamu pun berniat mau melunasi sisa utang.

Nah, kalau kamu mau melunasi cicilan sebelum waktunya, bank biasanya akan memberikan biaya penalti yang besarnya berkisar antara 5-6 persen dari sisa tagihan.

Contohnya:

  • Plafon: Rp 10 juta
  • Biaya penalti: 5 persen
  • Sisa utang 2 bulan : Rp 3 juta

Maka, kamu harus membayar sebesar Rp 3.150.000 yaitu sisa utang x biaya penalti (Rp 3 juta x 5 persen).

Itu dia beberapa biaya yang harus kamu perhatikan saat memutuskan mengambil KTA. Meskipun kecil-kecil, tapi tetap saja yang namanya biaya akan menambah beban kamu.

Selain itu, bijaklah menentukan KTA dari bank mana yang kamu ambil. Jangan karena terdesak kebutuhan malah bikin kamu terlitit utang. Duh, amit-amit deh!

[Baca: 8 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Kamu Bisa Ditolak Bank]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →